Prodi Kedokteran Penerbangan FK UI, Hanya Satu di Asia

Anggraeni Puspitasari Agu 19, 2021 • 4 min read


Prodi Kedokteran Penerbangan FK UI-1

Artikel ini membahas tentang gambaran umum prodi Kedokteran Penerbangan di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Diketahui hanya satu prodi serupa di Asia dan lima jurusan sejenis di dunia.

--

Gengs, sejauh mana kamu tahu tentang tahapan menjadi seorang dokter, mulai dari kuliah di Fakultas Kedokteran hingga jadi dokter spesialis? Tentu, memilih pendidikan lanjutan spesialisasi ini pilihan, ya. Dari sekian banyak program spesialisasi, ada lho prodi Kedokteran Penerbangan, yang jadi satu-satunya di Indonesia bahkan Asia. Peminatan Kedokteran Penerbangan ini hanya ada di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Informasi lengkap mengenai prodi tersebut, yuk simak di bawah ini!

Program Pendidikan Dokter Spesialis Kedokteran Penerbangan FK UI

Program Magister Ilmu Kedokteran Kerja FK UI telah hadir sejak 1978. Sementara itu, peminatan Kedokteran Penerbangan yang termasuk ke dalam program magister tersebut baru berdiri pada tahun 2010. Kurikulum program master ini dibuat untuk pendidikan selama 4 semester atau setara dengan dua tahun dengan total beban studi Satuan Kredit Semester (SKS) sebanyak 44 mata kuliah. Di akhir masa studi, peserta didik akan memperoleh gelar Magister Kedokteran Kerja.

aviation space atau prodi kedokteran penerbanganSalah satu bentuk pelatihan pendidikan dokter penerbangan
(Sumber: disciplesofflight.com) 

Beberapa mata kuliah yang diberikan selama program pendidikan, antara lain Transportasi dan Evakuasi Medik Penerbangan, Higiene Penerbangan dan Antariksa, dan Aerofisisiologi. Sejak berdiri selama sekitar 10 tahun lalu, prodi Kedokteran Penerbangan FK UI telah meluluskan sebanyak 64 Dokter Spesialis Kedokteran Penerbangan. Alumni dari prodi ini tersebar ke berbagai penyedia layanan penerbangan, institusi kesehatan, dan lembaga pemerintahan, seperti Kementerian Pertahanan, Direktoral Jenderal Perhubungan Udara, dan TNI Angkatan Udara.

Baca juga: Mau Jadi Dokter? Ini 5 Motivasi yang Harus Kamu Miliki

Kamu penasaran peran dan tugas dokter spesialis penerbangan itu seperti apa? Well, berdasarkan penjabaran dari Prof. dr. Budi Sampurna yang merupakan Ketua Prodi Kedokteran Penerbangan FKUI, dokter bertugas dalam membantu awak penerbangan dalam mengawal dan menjaga kesehatan fisik dan mentalnya agar tetap optimal. Di samping itu, dokter juga memiliki wewenang dalam menguji kesehatan awak penerbangan, layak atau tidaknya mereka mendapatkan lisensi untuk terbang dan menjalankan tugas. 

pemeriksaan pasien di pesawatPemeriksaan pasien ketika di pesawat (Sumber: ui.ac.id)

Pendaftaran dan Biaya Pendidikan Prodi Kedokteran Penerbangan FK UI

Prodi Kedokteran Penerbangan FK UI hanya membuka pendaftaran melalui seleksi SIMAK dengan dua kelas yang berbeda.

Kelas reguler

Kelas reguler menerima peserta dengan batas usia daftar maksimal 35 tahun. Rincian biaya sebagai berikut:

  • dana pengembangan (DP) yang dibayarkan di awal kuliah Rp26.000.000,-
  • biaya operasional pendidikan (BOP) sebesar Rp10.000.000,-/semester.

Kelas Khusus 

Kelas khusus menerima peserta dengan batas usia daftar maksimal 40 tahun. Rincian biaya sebagai berikut:

  • dana pengembangan (DP) yang dibayarkan di awal kuliah Rp31.000.000,-
  • biaya operasional pendidikan (BOP) sebesar Rp15.000.000,-/semester.

Gimana, gengs? Tertarik nggak, nih, buat jadi dokter spesialis penerbangan? Tentu perjalanan menggapai cita-cita nggak semudah yang dikira, ya. Apalagi kalau inginnya rebahan saja :( Yuk, bangun dan semangat belajar lagi sambil ditemanin sama ruangbelajar, ya!

New call-to-action

Referensi:

Satu-satunya di Asia, Prodi Kedokteran Penerbangan FKUI Peringati 10 Tahun Berdiri. 2020. Universitas Indonesia. ui.ac.id [daring]. Tautan: https://www.ui.ac.id/satu-satunya-di-asia-prodi-kedokteran-penerbangan-fkui-peringati-10-tahun-berdiri/ (Diakses 18 Agustus 2021)

Program Pendidikan Dokter Spesialis Kedokteran Penerbangan. Universitas Indonesia. ui.ac.id [daring]. Tautan: https://www.ui.ac.id/akademik/pascasarjana/fk-pasca/program-spesialis-kedokteran-penerbangan.html (Diakses 18 Agustus 2021)

Prodi Kedokteran Penerbangan UI Masih Jadi Satu-satunya di Asia. 2020. Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. fk.ui.ac.id [daring]. Tautan: https://fk.ui.ac.id/infosehat/prodi-kedokteran-penerbangan-ui-masih-jadi-satu-satunya-di-asia/ (Diakses 18 Agustus 2021)

Sumber foto:

Armstrong, Erika. Aviation Medicine: Surprising Long Term Health Risks to Pilots. Disciples of Flight. disciplesofflight.com [daring]. Tautan: https://disciplesofflight.com/aviation-medicine/ (Diakses 19 Agustus 2021)

Universitas Indonesia. Satu-satunya di Asia, Prodi Kedokteran Penerbangan FKUI Peringati 10 Tahun Berdiri. ui.ac.id [daring]. Tautan: https://www.ui.ac.id/satu-satunya-di-asia-prodi-kedokteran-penerbangan-fkui-peringati-10-tahun-berdiri/ (Diakses 18 Agustus 2021)

Profile

Anggraeni Puspitasari

Beri Komentar