11 Rekomendasi Situs Belajar Online, Mana Andalanmu?

Rekomendasi Situs Belajar Online

Mau tahu situs belajar online yang seru dan interaktif untuk membantu kamu belajar di rumah? Ini dia beberapa referensinya.

--

Teknologi yang semakin canggih, membuat belajar jadi mudah, ya. Tidak hanya di sekolah atau di tempat les saja, saat ini kita bisa mendapatkan ilmu dan belajar dari mana saja. Banyak sekali lho situs belajar online yang dapat digunakan. Kamu bisa belajar apa saja, mulai dari pelajaran sekolah, hingga ilmu pengetahuan umum lainnya. Bahkan, banyak juga dari situs online ini yang gratis lho! Seru kan? Nah, langsung aja simak 7 rekomendasi situs belajar online berikut. Keep scrolling!

 

1. Brain Academy Online

 

Brain Academy Online

Brain Academy Online merupakan bimbel live interaktif terbaik dan terbesar yang ada di Indonesia. Apa saja yang akan kamu dapatkan di Brain Academy Online? Dengan berlangganan Brain Academy Online, kamu bisa mengakses Live Teaching interaktif terjadwal secara aman via aplikasi dan desktop dengan Star Master Teacher, serta Klinik PR online bersama Master Teacher untuk menyelesaikan tugas sekolah.

Kamu juga bisa berdiskusi mengenai jurusan dan masalah akademik lainnya melalui Konseling Pendidikan melalui privat video online dengan guru wali, serta akan disediakan pula laporan perkembangan anak untuk orang tua. Selain itu, kamu akan diberikan modul belajar lengkap untuk belajar 1 tahun yang dicetak dan dikirim ke rumah. Ada juga Kelas Pengembangan Diri untuk mengetahui tips masuk PTN favorit, dan tryout ujian dengan tipe soal terbaru. Langsung kunjungi website brainacademy.id.

 

2. Coursera

situs belajar online - coursera Coursera (Sumber: skilledup.com)

Pernah mendengar tentang Coursera? Coursera merupakan sebuah kelas online yang disediakan oleh beberapa Universitas dunia, seperti Oxford, John Hopkins University, Stanford, UC San Diego, dan lainnya. Melalui Coursera, kamu bisa mengikuti belajar apapun pelajaran kuliah yang kamu inginkan. Subjek yang disediakan juga sangat beragam, lho. Mulai dari musik, kedokteran, psikologi, hingga fotografi. Setiap kelas ini dapat diikuti dalam jumlah massal, bahkan hingga puluhan ribu peserta.

Nah, sebagian besar kelas yang ada di Coursera gratis karena ditujukan untuk memperluas akses pendidikan di seluruh dunia. Namun, ada juga beberapa course yang berbayar jika kita ingin mengikuti materi secara lengkap dan mendapatkan sertifikat. Tertarik? Langsung aja kunjungi coursera.org.

 

3. Khan Academy

belajar online - Khan Academy Khan Academy (Sumber: khanacademy.org)

Khan Academy sudah didirikan sejak tahun 2006 dan termasuk situs belajar online tertua di internet. Khan Academy menawarkan video belajar dan latihan yang dapat memudahkan pembelajaran para penggunanya. Melalui platform ini, kamu bisa belajar matematika sesuai dengan pengelompokkannya, seperti misalnya Aritmatika, Geometri, Kalkulus atau Trigonometri. Materinya juga sudah dibagi berdasarkan tingkat pendidikan, lho.

Ada juga materi untuk persiapan ujian SAT, MCAT atau GMAT. Namun, setelah menyelesaikan suatu course, Khan Academy tidak memberikan sertifikat. Tapi jangan khawatir, semua materi pelajaran dapat kamu pelajari secara gratis. Yuk, cek di khanacademy.org.

Baca juga: Tips Memilih Bimbingan Belajar (Bimbel) Paling Tepat untuk Kamu

 

4. edX

belajar online - edX edX (Sumber: blogspot.co.id)

edX merupakan hasil kerjasama dari dua universitas terkenal, yaitu Universitas Harvard dan MIT di tahun 2012. Nah, berbeda dengan situs belajar online lainnya, edX dikelola oleh universitas dengan prinsip non-profit dan open source. Apa sih maksudnya? Jadi, di sini siapapun dapat membuat dan mengadopsi situs belajar online-nya sendiri.

Terdapat sekitar 1038 materi pelajaran yang dapat kamu akses secara gratis di edX, mulai dari TOEFL Preparation, seni & budaya, hingga arsitektur. Sejak akhir tahun 2015, edX menyediakan Verified Certificate setelah kamu berhasil menyelesaikan materi dan membayar biaya yang ditentukan. Yuk, daftar di edx.org.

 

5. Alison

belajar online - AlisonAlison (Sumber: alison.com)

Nah, situs yang satu ini termasuk pelopor dari situs belajar online gratis di dunia, lho! Alison dibuat pada tahun 2007 oleh Mike Feerick dan kini sudah mempunyai lebih dari 7 juta pengguna dan pengajar dari beragam institusi seperi Microsoft, Google dan berbagai universitas terkemuka dunia lainnya.

Melalui Alison, kamu bisa mengakses lebih dari 750 materi pelajaran dalam bahasa Inggris. Ada dua tipe materi di Alison, yaitu Diploma Courses dan Certificate. Perbedaan antara keduanya adalah Diploma Courses membahas materi dengan lebih mendalam dan sertifikat hanya tersedia dalam bentuk cetak. Berminat? Kamu bisa coba di alison.com.

 

6. Udemy

belajar online - Udemy Udemy (Sumber: makeuseof.com)

Udemy merupakan situs belajar online asal San Fransisco yang diluncurkan pada tahun 2009. Di sini kamu bisa menyalurkan kemampuanmu dengan mengunggah video tutorial atau yang biasa disebut kursus. Nah, mereka yang mengakes tutorial ini dinamakan ‘Students’, sedangkan para pengunggah kursus disebut ‘Instructor’.

Kelebihan dari Udemy adalah kamu tidak hanya bisa membagi kemampuan dalam video, tetapi para Instructor juga bisa mempublikasikan kemampuannya melalui slide document, audio, course text, text document dan mashup. Untuk para Students, banyak banget lho kursus yang bisa kamu coba, mulai dari membuat website, belajar programming, marketing, hingga parenting. Menarik ya? Langsung klik aja di udemy.com.

 

7. TEDEd

portal belajar online TED-EdTED-Ed (Sumber: ed.ted.com)

TEDEd merupakan portal belajar online yang dibuat oleh TED (Technology, Entertainment, Design) pada tahun 2012. TedEd dibuat bertujuan untuk mengubah sikap, kehidupan, dan dunia, sehingga muncul rasa ingin tahu pelajar di seluruh dunia, bersama-sama dengan program TED Conferences, TEDx, TED Books, TED Fellows Program, dan TED Open Translation Project.

Materi yang ada di TEDEd bervariasi dalam bentuk video animasi orisinal agar lebih mudah dalam proses belajar. Subjek pembelajaran akan membantu para siswa meningkatkan keterampilan presentasi dan kepemimpinan.

 

8. Codecademy

codecademy

Codecademy (Sumber: Codecademy.com)

Sekarang, siapa saja bisa dengan mudah belajar coding melalui situs berita online Codecademy. Portal ini menyediakan banyak materi pembelajaran terkait coding. Bagi kamu yang ingin belajar kode program ini, sebaiknya siapkan materi apa yang ingin dipelajari secara detail seperti analisis data, web development, atau ilmu komputer. Semua bisa belajar coding di Codecademy baik yang masih pemula, menengah, atau berpengalaman.

 

9. Canva Design

canca design

Canva Design (Sumber: Canva.com)

Siapa yang tertarik belajar design, bisa akses portal atau aplikasi Canva. Dengan Canva, pemula pun bisa membuat desain yang keren mulai dari undangan, kartu nama, postingan Instagram, dan lain-lain. Canva pun menyediakan berbagai template desain sesuai tema yang hendak kamu pakai pada desainmu.

 

10. Duolingo

duolingoDuolingo (Sumber: NYTimes.com)

Belajar bahasa bisa dengan mudah dilakukan melalui situs online Duolingo. Portal belajar ini memiliki materi yang lebih lengkap dari Squiline dengan 23 jenis bahasa yang bisa kamu pilih. Untuk belajar bahasa di Duolingo, kamu hanya perlu mengakses lamannya atau unduh aplikasinya di gawai lalu daftarkan email. Setelahnya, pilih bahasa yang ingin dipelajari.

 

11. Ruangguru

 

Situs belajar online Ruangguru

Pertama kali diliris pada April 2014, Ruangguru merupakan perusahaan teknologi yang berfokus pada bidang pendidikan. Apa saja sih layanan yang disediakan oleh Ruangguru? Di sini kamu bisa berlangganan video belajar, mencari tutor privat, tryout ujian online, grup belajar online, dan lainnya. Wah, menarik banget ya.

Ruangguru sudah mempunyai lebih dari 27.000 guru yang menawarkan jasa lebih dari 100 bidang pelajaran dan 2.5juta pengguna, lho. Keren kan? Ayo, kamu sudah pakai produk Ruangguru belum? Yuk, langsung cek website Ruangguru atau download aplikasinya untuk Android dan iOS. Karena dengan ruangguru #BelajarJadiLuarBiasa.

---

Tertarik untuk mencoba salah satunya? Situs belajar online tentunya dapat mempermudah proses belajar kamu di mana dan kapan saja. Ayo, buat belajar jadi lebih mudah dan menyenangkan bersama Ruangguru!

New call-to-action

Profile

Dinda Silviana Dewi