Patut Dicoba! 7 Strategi Ampuh Mengerjakan Reading Test Bahasa Inggris

Strategi ampuh mengerjakan reading test bahasa inggris

Suka ngantuk dan sulit fokus mengerjakan reading test bahasa Inggris? Simak startegi ampuh berikut ini supaya kamu bisa lebih lancar dalam menyelesaikannya.

--

Ketika mengerjakan soal Bahasa Inggris seperti di Ujian Sekolah, UTBK SBMPTN, TOEFL, TOEIC, dan sebagainya, sering kali reading test membuat stuck atau memusingkan. Selain karena harus membaca teks yang panjang, waktunya pun terbatas. Agar tidak lagi terpaku di tipe soal ini, yuk pelajari strateginya! 

 

1. Fokuslah pada pertanyaan

Fakta:

Saat berhadapan dengan reading test, seringkali kita membaca teksnya terlebih dahulu sebelum pertanyaan.

Tips:

Sebaiknya, perhatikan pertanyaannya dulu, baru mulai membaca teksnya. Kalau kamu melakukan sebaliknya, bisa-bisa kamu lupa apa inti dari teks yang sudah kamu baca.

 

2. Membaca dengan teknik

Skimming, membaca cepat dengan melewati kata-kata kurang penting seperti preposisi, juga yang sulit dipahami. Dengan skimming, kamu akan mendapatkan gambaran umum mengenai bahasan dalam teks dengan mencari topik utamanya.

reading test

(Sumber: pexels.com)

Scanning, tidak perlu membaca, tapi memindai. Caranya, gerakkan matamu dengan cepat dari atas ke bawah. Kemudian, berhentilah pada kata kunci yang berkaitan dengan pertanyaan dalam soal.

Baca juga: Skimming dan Scanning, Rahasia Membaca dengan Cepat

Di bawah ini ada beberapa tipe soal yang biasanya muncul saat reading test Bahasa Inggris. Pelajari strategi-strategi di bawah ini, yuk!

 

3. Mencari main idea pada teks

What is the topic of the text above?

What is the main idea of paragraph 3?

The text is mainly discussed about...

Strategi:

Soal tipe ini bisa menanyakan kamu seperti main idea/information, purpose, title, atau main topic. Bacalah kalimat pertama kemudian kalimat terakhir. Lalu, cocokkan dengan pilihan yang ada di soal. Pada umumnya, topik ada di kalimat utama dan akhir pada teks. Intinya, kamu harus tahu ringkasan, gagasan utama, ide pokok, dan inti teksnya.

 

4. Mencari makna dari vocabulary

According to the text, "exaggerated" in line 4th is related to..

Strategi:

Praktikkan teknik scanning dan temukan vocabulary yang dimaksud. Bacalah kalimat yang mengandung vocabulary tersebut. Nah, kalau kamu sudah tahu artinya, jangan langsung dijawab dulu. Pahami terlebih dahulu konteks penggunaan dari kata tersebut di dalam kalimatnya secara utuh. Jangan lupa baca kalimat sebelum dan sesudahnya juga.

 

5. Mencari True/False statement

Which of the following statement is true about the text?

Strategi:

Pertama, baca dulu setiap pilihan jawaban yang ada. Kemudian, cocokkan dengan kalimat yang ada di dalam teks dengan melakukan teknik scanning. Carilah kalimat yang sesuai dengan pilihan tersebut dan periksa benar atau tidaknya.

 

6. Mencari conclusion

What is the conclusion of the text?

Strategi:

Bacalah teks dengan teknik skimming dan temukan gambaran utama mengenai teks. Cari pilihan yang sesuai dengan gambaran seluruh teks. Cara menjawabnya, coba bayangkan kamu ditanya “Intinya apa?”. Apa yang akan kamu jawab? Demikianlah jawabannya.

 

7. Mencari maksud/rujukan sebagai pertanyaan/kata dalam kalimat

The pronouns “which” (paragraph 1, last sentence) refers to…

Strategi:

Gunakan teknik scanning, kemudian baca kalimat sebelumnya karena biasanya rujukan dari pernyataan ada di kalimat sebelumnya. Inti dari soal ini, mencari kata gantinya.

 

membaca koran(Sumber: pexels.com)

Itulah tadi beberapa gambaran tipe soal yang biasanya keluar di reading test. Hal yang juga harus kamu persiapkan sebelum menghadapi tes adalah perbanyak membaca dan berlatih. Dengan demikian, kosakata Bahasa Inggrismu akan terus meningkat dan kemampuanmu semakin terasah. Kamu juga bisa lho belajar langsung dengan native speaker berbahasa Inggris di English Academy. Selamat mencoba dan good luck!

New call-to-action

Profile

Ruangguru

Ruangguru merupakan perusahaan teknologi terbesar di Indonesia yang berfokus pada layanan berbasis pendidikan. Ruangguru mengembangkan berbagai layanan belajar berbasis teknologi, termasuk layanan kelas virtual, platform ujian online, video belajar berlangganan, marketplace les privat, serta konten-konten pendidikan lainnya yang bisa diakses melalui web dan aplikasi Ruangguru.