Struktur & Contoh News Item (Berita Berbahasa Inggris) | Bahasa Inggris Kelas 12

Struktur dan Contoh News Item (Berita Berbahasa Inggris)

Kali ini kita akan belajar tentang struktur dari news item atau berita berbahasa inggris. Yuk simak artikel ini hingga selesai ya!

--

Halo guys! siapa nih yang suka membaca berita? Apakah kamu lebih suka membaca berita dalam bahasa Inggris? Nah, sekarang kenalan yuk dengan berita dalam bahasa Inggris yang disebut dengan News item. Kuy, kita simak bareng ya! 

News item adalah jenis tulisan yang memberikan informasi teraktual tentang kejadian yang penting untuk diberitakan. News item bertujuan untuk memberikan informasi kepada pembaca atau pendengar. Biasanya, News item memberikan informasi yang merupakan peristiwa terbaru.

Baca juga: Cara Membuat Job Application Letter (Cover Letter) dalam Bahasa Inggris

 

Struktur teks News Item 

Seperti jenis teks lainnya, teks ini tentunya memiliki struktur yang menyusun semua elemen hingga bisa dikatakan sebuah news item. Struktur teks News Item terdiri dari tiga bagian, lho! Ketiga bagian tersebut adalah main event/newsworthy event (Kejadian inti), background event/elaboration (latar belakang peristiwa), dan source (sumber).

Aspects of news item

 

Terus, masing-masing bagian tersebut gimana tuh penjelasannya? Nah, yang dimaksud dengan main event/newsworthy event adalah inti berita. Main event tersebut menjelaskan ringkasan berita yang akan dijelaskan.

Lalu, bagaimana dengan background event/elaboration? Background event/elaboration menceritakan secara rinci latar belakang kejadian tersebut. Detail yang harus kamu cantumkan di bagian ini adalah pelaku, lokasi, waktu kejadian, pihak-pihak lain yang terlibat, dan latar belakang terjadinya kejadian.

Dalam menulis News Item Text, kamu juga jangan lupa harus mencantumkan sumber ya! Dalam bahasa Inggris, sumber disebut dengan source. Sumber yang dimaksud di sini bisa merupakan pernyataan, komentar, atau pendapat dari pihak-pihak yang terkait dengan peristiwa tersebut. 

 

Kaidah Kebahasaan News Item

Nah, secara garis besar, ada tiga kaidah kebahasaan yang dimiliki News item. Apa saja, ya? Yuk, simak di bawah ini!

Kaidah kebahasaan news item

Baca juga: Contoh Report Text dalam Bahasa Inggris

 

Contoh Teks News Item Text

Okeh! setelah membahas mengenai struktur dan ciri-ciri News Item Text, sekarang kita lihat contoh News Item Text, yuk! Cek contohnya di bawah ini!

 

Death toll from Indonesia’s volcano eruption climbs to 34

Search and rescue operations are still under way to find 16 people missing after the eruption of Java’s Mount Semeru. The death toll from the eruption on Saturday of the highest volcano on Indonesia’s Java island has risen to at least 34, local officials said, and rescue operations are still under way.Mount Semeru, in the Lumajang district of East Java province, spewed thick columns of ash more than 12,000 metres (40,000 feet) into the sky, with searing gas and lava flowing down its slopes after the sudden eruption. The disaster left entire streets filled with mud and ash, swallowing homes and vehicles in several villages.

“So far, 34 people have died and 16 are still being searched [for],” Wayan Suyatna, head of the local search and rescue agency, told state media on Tuesday, raising an earlier death toll of 14. He added that nearly 3,700 people have been evacuated from the affected area.

Rescuers have been battling dangerous conditions since the eruption, searching for survivors and bodies in the volcanic debris, wrecked buildings and destroyed vehicles. Search crews deployed dogs on Tuesday to aid the operation.

Mount Semeru has remained active since Saturday, with small eruptions keeping emergency workers and residents on edge. On Tuesday, there were three small eruptions, each spewing ash about a kilometre (3,300 feet) into the sky, authorities said. Officials have advised locals not to travel within 5km (3.1 miles) of Semeru’s crater, as the nearby air is highly polluted and could affect vulnerable groups.

Indonesia, an archipelago of more than 270 million people, is prone to earthquakes and volcanic activity because it sits along the Pacific “Ring of Fire”, a horseshoe-shaped series of fault lines.(This article was published in Al Jazeera Creative Commons)

Baca juga: Apa Itu Discussion Text Beserta Contohnya

Hayo, siapa yang tahu arti teks di atas? Supaya lebih paham, kita simak terjemahan teks tersebut dalam bahasa Indonesia di bawah ini, yuk!

Korban tewas akibat letusan gunung api (Semeru) di Indonesia naik menjadi 34 jiwaOperasi pencarian dan penyelamatan masih dilakukan untuk menemukan 16 orang hilang setelah letusan Gunung Semeru di Jawa. Gunung berapi tertinggi di pulau Jawa ini, meletus pada hari sabtu dan korban tewas telah meningkat menjadi 34 jiwa, kata pejabat setempat. Hingga saat ini operasi penyelamatan masih berlangsung.

Gunung Semeru, di kabupaten Lumajang provinsi Jawa Timur, memuntahkan abu tebal setinggi lebih dari 12.000 meter (40.000 kaki) ke langit, dengan gas yang membakar dan lava mengalir menuruni lerengnya setelah meletus secara tiba-tiba. Bencana tersebut membuat seluruh jalan dipenuhi lumpur dan abu, menelan rumah dan kendaraan di beberapa desa.

“Sejauh ini, 34 orang telah meninggal dan 16 masih dalam pencarian,” Terang Wayan Suyatna, kepala badan pencarian dan penyelamatan lokal kepada media pemerintah pada hari Selasa. Keterangan tersebut menambah jumlah korban tewas sebelumnya sebanyak 14 jiwa. Dia menambahkan bahwa hampir 3.700 orang telah berhasil dievakuasi dari daerah yang terkena dampak.

Tim penyelamat telah berjuang melawan kondisi berbahaya sejak letusan, mencari korban dan mayat di puing-puing vulkanik, bangunan yang rusak dan kendaraan yang hancur. Kru pencarian mengerahkan anjing pelacak pada hari Selasa untuk membantu operasi penyelamatan.

Gunung Semeru tetap aktif sejak Sabtu, dengan letusan kecil yang membuat waspada seluruh pekerja dan penduduk di daerah sekitar kaki gunung. Pada hari Selasa, ada tiga letusan kecil, masing-masing memuntahkan abu setinggi satu kilometer (3.300 kaki) ke langit, kata pihak berwenang. Pejabat telah menyarankan penduduk setempat untuk tidak melakukan perjalanan dalam jarak 5 km (3,1 mil) dari kawah Semeru, karena udara di dekatnya sangat tercemar dan dapat mempengaruhi kelompok rentan.

Indonesia, Negara kepulauan berpenduduk lebih dari 270 juta orang, rentan terhadap gempa bumi dan aktivitas vulkanik karena (secara geografis terletak di sepanjang “Cincin Api” Pasifik, rangkaian garis patahan berbentuk tapal kuda.(Artikel ini dimuat di Aljazeera Creative Commons)

---

Bagaimana? Sudah lebih paham, ‘kan mengenai News Item Text? Supaya semakin paham, yuk belajar bersama di ruangbelajar! Ada video belajar beranimasi dan materi konsep kilat yang bisa bantu kamu untuk menerima materi jadi semakin mudah, yuk cobain!

ruangbelajar

Referensi:

Widiati, Utami. 2018. Bahasa Inggris Edisi Revisi Kelas XII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Aljazeera, 2021. Death toll from Indonesia’s volcano eruption climbs to 34 [Online] site: https://www.aljazeera.com/news/2021/12/7/death-toll-from-indonesias-volcano-eruption-climbs-to-34 (Accessed December 8th 2021)

 

Artikel ini terakhir diperbarui tanggal 30 Agustus 2022.

Profile

Embun Bening Diniari