News Item Text: Pengertian, Tujuan, Struktur, Kebahasaan & Contoh | Bahasa Inggris Kelas 12

Struktur dan Contoh News Item (Berita Berbahasa Inggris)

Kali ini kita akan belajar tentang news item text atau teks berita dalam Bahasa Inggris. Mulai dari pengertian, tujuan, struktur, kaidah kebahasaan, hingga contohnya. Yuk, simak artikel Bahasa Inggris kelas 12 ini hingga selesai ya!

 

Halo, guys! Siapa nih yang suka membaca berita? Kamu lebih suka membaca berita dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris, nih?

Kalau kamu sedang mempersiapkan diri untuk menghadapi SNBT UTBK atau mengikuti tes TOEFL/IELTS, membaca teks berita dalam bahasa Inggris akan sangat bagus untuk memperkaya kosakata dan pemahaman bacaan kamu, ya.

Nah, teks berita dalam bahasa Inggris disebut dengan news item text. Kali ini, kita akan belajar mengenai news item text secara detail, namun tetap seru untuk dipahami.

Yuk, kita simak bareng ya penjelasannya mulai dari pengertian, tujuan, struktur, kaidah kebahasaan, dan contohnya!

 

Pengertian News Item Text

News item text adalah jenis tulisan yang memberikan informasi teraktual mengenai kejadian yang penting untuk diberitakan.

Mengutip dari British Course, dalam bahasa Inggris, news item text is a text which informs readers about events of the day. The events are considered newsworthy or important.

Dari dua pengertian di atas, kurang lebih maknanya sama, ya. News item text atau teks berita bahasa Inggris akan menyampaikan informasi kepada pembaca mengenai suatu kejadian penting yang baru saja berlangsung berdasarkan fakta.

Sebenarnya, news item dibedakan menjadi dua, yaitu news item yang disampaikan secara tulisan (text) dan news item yang disampaikan secara lisan.

Kalau news item tulisan atau teks, biasanya sering kita temui di koran, majalah, atau tabloid. Sedangkan, news item lisan akan kita dengarkan melalui televisi, radio, hingga platform seperti YouTube.

 

Tujuan News Item Text

News item text bertujuan untuk memberikan informasi kepada pembaca atau pendengar. The purpose of news item text is to inform the readers about newsworthy events of the day.

Biasanya, news item text akan memberikan informasi mengenai peristiwa terbaru/terkini dan faktual. Dengan begitu, masyarakat bisa selalu update mengenai kejadian di suatu tempat.

Baca Juga: Cara Membuat Job Application Letter (Cover Letter) dalam Bahasa Inggris

 

Struktur News Item Text

Seperti jenis teks lainnya, news item text tentunya juga memiliki struktur yang menyusun semua elemen-elemennya. Struktur news item text (generic structure of news item text) terdiri dari tiga bagian, yaitu main event/newsworthy event (Kejadian inti), background event/elaboration (latar belakang peristiwa), dan source (sumber). Terus, masing-masing bagian tersebut gimana tuh penjelasannya?

structure of news item text

 

1. Main Event/Newsworthy Event

Struktur news item text yang pertama adalah main event. Nah, yang dimaksud dengan main event/newsworthy event adalah inti berita. Main event tersebut menjelaskan ringkasan berita yang akan dijelaskan.

 

2. Background Event/Elaboration

Lalu, bagaimana dengan background event/elaboration? Background event/elaboration menceritakan secara rinci mengenai latar belakang kejadian tersebut.

Detail yang harus kamu cantumkan di bagian ini adalah pelaku, lokasi, waktu kejadian, pihak-pihak lain yang terlibat, dan latar belakang terjadinya kejadian.

 

3. Sources

Terakhir adalah sources. Dalam menulis news item text, jangan lupa untuk mencantumkan sumber, ya! Dalam bahasa Inggris, sumber disebut dengan source. Sumber yang dimaksud di sini bisa merupakan pernyataan, komentar, atau pendapat dari pihak-pihak yang terkait dengan peristiwa tersebut.

 

Kaidah Kebahasaan News Item Text

Nah, secara garis besar, ada tiga kaidah kebahasaan yang dimiliki news item text. Apa saja, ya? Yuk, simak di bawah ini!

 

1.  Menggunakan Action Verbs

Action verbs adalah kata kerja yang menunjukkan aksi (action) yang dilakukan oleh Subjek dan terlihat oleh orang lain. Contoh action verbs, antara lain study, play, run, eat, sleep, dan masih banyak lagi. Action verbs bisa disebut juga dengan dynamic verbs. Pada news item text, kita akan sering menggunakan action verbs, misalnya pada kalimat ini:

Ginting and Kevin are playing badminton in Tokyo Olympics 2020.
(Ginting dan Kevin sedang bertanding badminton pada Olimpiade Tokyo 2020).

Nah, pada kalimat tersebut, terdapat action verb, yaitu playing badminton yang dilakukan oleh Subjek –> Ginting dan Kevin.

 

2. Menggunakan Saying Verbs

Saying verbs adalah kata kerja yang identik terjadi saat percakapan (saying). Biasanya, saying verbs akan mencantumkan hasil percakapan antara wartawan atau si pembawa berita dengan narasumber. Contohnya:

Head of the local search and rescue agency, Wayan Suyatna said that, “So far, 34 people have died and 16 are still being searched”.

(Kepala SAR setempat, Wayan Suyatna mengatakan, “Sampai saat ini, 34 orang tewas dan 16 masih dalam pencarian”).

 

3. Menggunakan Present Tense

News item text biasanya ditulis menggunakan kaidah simple present tense karena informasi yang disampaikan masih baru/hangat dan bersifat penting (urgent).

Selain itu, news item text ditulis dengan simple present tense untuk menggambarkan kejadian yang masih berlangsung hingga saat ini. Namun, tidak jarang juga, news item text ditulis menggunakan simple past tense. Karena, berita baru ditulis saat peristiwa sudah terjadi.

Kaidah kebahasaan news item text

Baca Juga: Report Text: Pengertian, Tujuan, Struktur, dan Contohnya

 

Contoh News Item Text

Okeh! setelah membahas mengenai pengertian, tujuan, struktur, dan kaidah kebahasaan news item text, sekarang kita lihat contoh news item text singkat berikut ini, yuk!

 

Death Toll from Indonesia’s Volcano Eruption Climbs to 34

Search and rescue operations are still under way to find 16 people missing after the eruption of Java’s Mount Semeru. The death toll from the eruption on Saturday of the highest volcano on Indonesia’s Java island has risen to at least 34, local officials said, and rescue operations are still under way. Mount Semeru, in the Lumajang district of East Java province, spewed thick columns of ash more than 12,000 metres (40,000 feet) into the sky, with searing gas and lava flowing down its slopes after the sudden eruption. The disaster left entire streets filled with mud and ash, swallowing homes and vehicles in several villages.

“So far, 34 people have died and 16 are still being searched [for],” Wayan Suyatna, head of the local search and rescue agency, told state media on Tuesday, raising an earlier death toll of 14. He added that nearly 3,700 people have been evacuated from the affected area.

Rescuers have been battling dangerous conditions since the eruption, searching for survivors and bodies in the volcanic debris, wrecked buildings and destroyed vehicles. Search crews deployed dogs on Tuesday to aid the operation.

Mount Semeru has remained active since Saturday, with small eruptions keeping emergency workers and residents on edge. On Tuesday, there were three small eruptions, each spewing ash about a kilometre (3,300 feet) into the sky, authorities said. Officials have advised locals not to travel within 5km (3.1 miles) of Semeru’s crater, as the nearby air is highly polluted and could affect vulnerable groups.

Indonesia, an archipelago of more than 270 million people, is prone to earthquakes and volcanic activity because it sits along the Pacific “Ring of Fire”, a horseshoe-shaped series of fault lines.(This article was published in Al Jazeera Creative Commons)

Baca Juga: Discussion Text: Pengertian, Tujuan, Struktur, dan Contohnya

Hayo, siapa yang tahu arti teks di atas? Supaya lebih paham, kita simak terjemahan teks tersebut dalam bahasa Indonesia di bawah ini, yuk!

 

Korban Tewas Akibat Letusan Gunung Api di Indonesia Naik Menjadi 34 Jiwa

Operasi pencarian dan penyelamatan masih dilakukan untuk menemukan 16 orang hilang setelah letusan Gunung Semeru di Jawa. Gunung berapi tertinggi di pulau Jawa ini, meletus pada hari sabtu dan korban tewas telah meningkat menjadi 34 jiwa, kata pejabat setempat. Hingga saat ini operasi penyelamatan masih berlangsung.

Gunung Semeru, di kabupaten Lumajang provinsi Jawa Timur, memuntahkan abu tebal setinggi lebih dari 12.000 meter (40.000 kaki) ke langit, dengan gas yang membakar dan lava mengalir menuruni lerengnya setelah meletus secara tiba-tiba. Bencana tersebut membuat seluruh jalan dipenuhi lumpur dan abu, menelan rumah dan kendaraan di beberapa desa.

“Sejauh ini, 34 orang telah meninggal dan 16 masih dalam pencarian,” Terang Wayan Suyatna, kepala badan pencarian dan penyelamatan lokal kepada media pemerintah pada hari Selasa. Keterangan tersebut menambah jumlah korban tewas sebelumnya sebanyak 14 jiwa. Dia menambahkan bahwa hampir 3.700 orang telah berhasil dievakuasi dari daerah yang terkena dampak.

Tim penyelamat telah berjuang melawan kondisi berbahaya sejak letusan, mencari korban dan mayat di puing-puing vulkanik, bangunan yang rusak dan kendaraan yang hancur. Kru pencarian mengerahkan anjing pelacak pada hari Selasa untuk membantu operasi penyelamatan.

Gunung Semeru tetap aktif sejak Sabtu, dengan letusan kecil yang membuat waspada seluruh pekerja dan penduduk di daerah sekitar kaki gunung. Pada hari Selasa, ada tiga letusan kecil, masing-masing memuntahkan abu setinggi satu kilometer (3.300 kaki) ke langit, kata pihak berwenang. Pejabat telah menyarankan penduduk setempat untuk tidak melakukan perjalanan dalam jarak 5 km (3,1 mil) dari kawah Semeru, karena udara di dekatnya sangat tercemar dan dapat mempengaruhi kelompok rentan.

Indonesia, Negara kepulauan berpenduduk lebih dari 270 juta orang, rentan terhadap gempa bumi dan aktivitas vulkanik karena (secara geografis terletak di sepanjang “Cincin Api” Pasifik, rangkaian garis patahan berbentuk tapal kuda.(Artikel ini dimuat di Aljazeera Creative Commons)

Bagaimana? Sudah lebih paham, kan mengenai News Item Text? Supaya semakin paham, yuk belajar bersama di ruangbelajar! Ada video belajar beranimasi dan materi konsep kilat yang bisa bantu kamu untuk menerima materi jadi semakin mudah, yuk cobain!

IDN CTA Blog ruangbelajar Ruangguru

Referensi:

Widiati, Utami. 2018. Bahasa Inggris Edisi Revisi Kelas XII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Aljazeera, 2021. Death toll from Indonesia’s volcano eruption climbs to 34 [Online] site: https://www.aljazeera.com/news/2021/12/7/death-toll-from-indonesias-volcano-eruption-climbs-to-34 (Accessed December 8th 2021)

 

Artikel ini terakhir diperbarui tanggal 27 April 2023, kemudian diperbarui lagi tanggal 5 Februari 2024.

Embun Bening Diniari