Cara Membuat Job Application Letter (Cover Letter) dalam Bahasa Inggris | Bahasa Inggris Kelas 12

Cara Membuat Job Application Letter (Cover Letter)

Gimana sih cara membuat Job Application Letter (Cover Letter) dalam Bahasa Inggris yang baik dan benar? Apa saja yang harus disertakan di dalamnya? Yuk, ketahui dengan membaca artikel berikut!

--

 

Nggak terasa kamu udah kelas 12 nih, sekarang. Gimana rasanya jadi anak kelas 12? Sedih? Senang? Atau deg-degan karena sebentar lagi udah mau jadi anak kuliahan?

"Duh, jangan diingetin gitu, dong! Makin deg-degan nih, jadinya!"

Hehehe.. emang sengaja :p 

Eits, tapi kamu tau nggak sih, nanti ketika kuliah, kamu boleh lho, menjalani kuliah sambil mencari pengalaman kerja. Biasanya anak kuliahan menjalankan kuliahnya sambil magang atau internship di suatu perusahaan. Ada juga yang internship-nya waktu libur kuliah, biar kuliahnya nggak terganggu. Nah, kalau kamu mau internship kaya gitu, kamu harus bisa membuat surat lamaran kerja atau Job Application Letter nih, guys!

Job Application Letter atau yang biasa dikenal sebagai Cover Letter adalah surat yang menjelaskan kemampuan dan pengalaman kamu secara singkat yang terkait dengan pekerjaan yang kamu lamar. Surat ini diajukan kepada perusahaan yang kamu tuju bersamaan dengan resume atau CV. Job Application Letter berguna untuk memperkenalkan dirimu dan latar belakangmu secara singkat kepada recruiter.

Baca juga: Struktur dan Penulisan Latar Belakang (Background Information)

Isinya apa sih, surat ini? Isinya adalah perkenalan diri dan kemampuan yang kamu miliki terkait posisi atau pekerjaan yang kamu lamar. Anggap aja kamu tuh lagi mau PDKT-in seseorang, tapi orang yang mau kamu PDKT-in ini adalah recruiter pada perusahaan yang kamu tuju.

Eits, tapi bahasanya harus formal dan profesional, ya! Jangan sampai kamu kirim surat lamaran kerja terus isinya puisi cinta ala Patrick Star kaya di gambar ini:

Patrick Stars Poem

Puisi ala Patrick Star (Sumber: dailylolpics.com)

Kalau isinya kaya gitu, bisa-bisa surat lamaran kamu dikirim ke base Twitter sama recruiter-nya, terus jadi viral, deh. Hehehe, nggak deng canda.

 

Struktur Job Application Letter (Cover Letter)

Nah, biar lamaran kamu jadi cemerlang dan ter-notice oleh senpai, eh salah, maksudnya recruiter, coba perhatikan struktur Job Application Letter berikut ini, ya! Check it out!

Struktur Job Application Letter terdiri atas tujuh bagian yaitu Heading, Opening Greeting, Introductory Paragraph, Highlighting Paragraph, Closing Paragraph, Complimentary Close, dan Signature. Yuk, kita bahas satu per satu!

Heading

Sesuai namanya, Heading merupakan bagian awal surat atau kepala surat. Isinya adalah informasi kontak pengirim yang terdiri atas nama, alamat, nomor telepon, dan e-mail. Cukup empat itu aja ya, guys! Nggak perlu masukin nomor telepon orang tua, apalagi alamat rumah nenek kamu.

Selain informasi kontak, bagian Heading juga berisi tanggal menulis surat dan informasi kontak perusahaan yang terdiri atas nama dan jabatan penerima (recruiter), serta nama dan alamat perusahaan.

Opening Greeting

Bagian ini berisi salam pembuka dalam bahasa formal. Biasanya pada bagian ini kita menuliskan kata 'Dear' yang kemudian diikuti dengan nama penerima (recruiter) dan tanda koma (,). Contohnya, "Dear Clarissa Mabelle,".

Introductory Paragraph

Bagian ini merupakan paragraf pembuka yang berisi penjelasan bahwa kamu sedang melamar pekerjaan atau posisi tertentu pada perusahaan yang kamu tuju beserta alasan kamu melamar posisi tersebut. Kamu boleh menyebutkan hal apa yang membuat kamu tertarik melamar posisi tersebut.

Highlighting Paragraph

Sesuai namanya, bagian ini adalah bagian yang paling penting alias highlight dari surat lamaran kamu. Bagian ini merupakan paragraf inti yang berisi kualifikasi dan kemampuan khusus yang kamu miliki yang tentunya berkaitan dengan pekerjaan yang kamu lamar. Misalnya, kamu melamar posisi Programmer, nah, kamu bisa jelaskan sejauh apa kemampuanmu dalam bidang programming pada bagian ini. 

Closing Paragraph

Closing Paragraph merupakan paragraf penutup yang berisi ucapan terima kasih kepada perusahaan atau recruiter atas pertimbangan mereka terhadap lamaran yang kamu kirim.

Complimentary Close

Bagian ini berisi salam penutup. Pada bagian ini kamu bisa menjelaskan bahwa kamu berharap dapat berdiskusi lebih lanjut mengenai pekerjaan yang kamu lamar melalui interview dengan recruiter.

Signature

Terakhir, kamu bisa tutup surat kamu dengan tanda tangan dan nama terang kamu.

Sudah, deh! Ingat ya, seluruh bagian di atas harus kamu cantumkan pada Job Application Letter atau Cover Letter kamu. Jangan sampai ada yang terlewat!

Struktur Job Application Letter (Cover Letter)

 

Kaidah Kebahasaan Job Application Letter (Cover Letter)

Selain struktur, kamu juga harus memperhatikan language features alias kaidah kebahasaan pada Job Application Letter, ya gengs! Job Application Letter harus ditulis menggunakan bahasa yang formal dan sopan. Di samping itu, kamu juga harus menggunakan tenses yang tepat dan sesuai dengan kalimat yang kamu tulis.

Kaidah Kebahasaan Job Application Letter (Cover Letter)

Untuk bagian surat yang menjelaskan tentang keahlian yang kamu miliki serta keadaan di masa sekarang, kamu bisa menggunakan Simple Present Tense. Sedangkan untuk bagian surat yang menjelaskan prestasi atau pengalaman yang pernah kamu raih di masa lalu, kamu bisa menggunakan Simple Past Tense.

Perhatikan juga spelling-nya ya, jangan sampai ada typo! Cukup chat kamu di WhatsApp aja yang banyak typo-nya, surat lamaran kerja kamu, jangan.

 

Contoh Job Application Letter (Cover Letter)

Sudah paham structure dan language features, sekarang coba cek contoh Job Application Letter di bawah ini, ya! Contoh ini sudah sesuai dengan struktur dan kaidah kebahasaan yang baik dan benar. Perhatikan, ya!

 

Nurul Anwar
Jl. Bumi Halim, No. 12, Jakarta
10928
086912345678
nurul@ruangmail.com

 

5 November 2020

 

Novita Sari
Human Resource Manager,
RuangKoran
Jl. Sapta Raya, No. 150, Jakarta
21097

 

Dear Novita Sari,

I am excited to be applying for the Junior Journalist Role at your company. After reviewing your job description, I believe that I am the perfect candidate for the position. I have been writing news articles since I was in high school and I was also the leader of my school's journalistic organization. In addition, I have been interested in RuangKoran since it won the Most Creative Publication Award last year. I am certain that I can collaborate with your editorial team and further develop Indonesian creative media.

I am a recent high school graduate and currently, I am in my first semester of college in Media and Communication major at Brahmana University. I graduated from high school with a high distinction due to my high exam scores and my extracurricular achievements. I gained my journalistic experiences in my school's student newspaper. I started as a field reporter, in which I learned valuable skills, such as developing detailed articles and maintaining a resourceful knowledge in news topics. Later, I was promoted to the editor role, where I managed my team in producing creative content. Under my leadership, our newspaper won the award for the Best Student Newspaper in the state for two years in a row. I am confident that my proven skills will help me to contribute to RuangKoran's success.

I look forward to having a discussion about the job in an interview. I hope that my skills and experiences will bring value to RuangKoran in the future. Thank you for your time and consideration.

 

Sincerely yours,

tanda tangan

Nurul Anwar  

 

Setelah melihat contoh di atas, sekarang aku mau tanya nih, kira-kira paragraf ke berapa dari contoh Job Application Letter tersebut yang merupakan Introductory Paragraph dan paragraf ke berapa yang merupakan Highlighting Paragraph? Tulis di kolom komentar, ya!

---

Gimana, udah tau kan, cara membuat Job Application Letter atau Cover Letter dalam Bahasa Inggris? Sekarang, coba kamu praktik alias membuat Job Application Letter versi kamu sendiri, ya! Itung-itung buat persiapan daftar internship kalau udah lulus nanti! Jangan lupa untuk terus belajar materi Bahasa Inggris lainnya melalui ratusan video belajar di ruangbelajar!

New call-to-action

Referensi:

Widiati, Utami. 2018. Bahasa Inggris Edisi Revisi Kelas XII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sumber Gambar:

Gambar ‘Patrick's Poem’ [Daring]. Tautan: https://dailylolpics.com/funny-roses-are-red-violets-are-blue-memes (Diakses: 1 Oktober 2021)

Gambar ‘Tanda Tangan’ [Daring]. Tautan: https://id.m.wikipedia.org/wiki/Berkas:Tanda_tangan_bapak.png (Diakses: 1 Oktober 2021)

 

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Irene Swastiwi Viandari Kharti dan telah diperbarui oleh Kenya Swawikanti pada 1 Oktober 2021.

Profile

Kenya Swawikanti

A full-time cat person who likes spicy food a bit more than Oreo cheesecake and chocolate ice cream. You can call me Kenya or Kay. Nice to meet you!

Beri Komentar