Teknik Pomodoro, Bantu Tingkatkan Konsentrasi Belajarmu!

Teknik Belajar Pomodoro

Mau lebih konsentrasi saat belajar? Coba deh lakukan teknik belajar pomodoro di bawah ini!

Apakah kamu sering sulit fokus belajar? Baru buka buku 10 menit, tapi pikiran kamu sudah kemana-mana dan lebih tertarik buka gadget? Saat harus belajar menjelang ujian, atau bahkan di hari-hari biasa, kita bisa saja merasa penat dan bosan. Saat penat, kita pasti ingin rehat dan mencari hiburan.

Namun, kamu suka merasa dilema nggak sih? Kadang ada rasa bersalah di dalam diri karena kita tidak menggunakan semua waktu yang kita punya untuk belajar. Tapi, kelelahan juga malah membuat kita kesulitan fokus dalam belajar, sehingga lebih sulit menyerap materi yang akan diujikan.

Jangan khawatir! Teknik Pomodoro berikut ini mungkin patut kamu coba, agar belajar kamu jadi lebih efektif dan kamu percaya diri saat menyambut ujian.

Apa Itu Teknik Pomodoro?

Teknik Pomodoro adalah teknik pengaturan waktu yang telah diperkenalkan pada akhir tahun 1980 oleh Francesco Cirillo. Pomodoro sendiri dalam Bahasa Spanyol artinya tomat. Nama ini dibuat karena Cirillo, saat masih menjadi mahasiswa menggunakan kitchen timer berbentuk tomat sebagai pengatur waktu saat belajar.

Teknik Pomodoro dilakukan dengan memfokuskan diri pada interval selang waktu. Melalui teknik ini, kamu harus fokus dalam selang waktu tertentu, contohnya 25 menit. Setelah waktu habis, kamu diharuskan istirahat selama 5 menit. Cara ini dilakukan sebanyak 4 babak. Setelah itu, kamu bisa beristirahat lebih lama asal tidak lebih panjang daripada waktu untuk fokus.

Baca Juga: Manfaat Manajemen Waktu untuk Atur Jadwal Belajarmu Secara Efektif

Teknik Pomodoro

Teknik Pomodoro (Sumber: kemenkeu.go.id)

Manfaat Teknik Pomodoro

Teknik Pomodoro, terbukti memiliki manfaat apabila kamu menerapkannya saat belajar secara konsisten, di antaranya:
1. Meningkatkan produktivitas dan konsentrasi.
2. Mencegah otak merasa lelah karena belajar terus menerus dalam waktu yang cukup lama.
3. Meningkatkan kualitas dan efektifitas pekerjaan.
4. Melatih diri untuk mengelola waktu dengan baik.
5. Mengurangi kebiasaan multitasking.

Cara Menerapkan Teknik Pomodoro

Lalu, bagaimana cara menerapkan teknik belajar Pomodoro ini?

1. Jauhi distraksi dan siapkan materi yang harus dipelajari

Matikan notifikasi di ponsel, kamu bisa menggunakan fitur airplane mode bila perlu atau senyapkan ponsel. Tutup browser di laptop yang tidak diperlukan, cukup siapkan materi yang perlu kamu pelajari. Misalnya soal latihan, power point, atau modul.

2. Tentukan waktu dan mulai fokus untuk beraktivitas

Kamu bisa gunakan jam alarm, alarm ponsel, atau bahkan jam pasir. Tentukan berapa lama waktu untuk fokus pada materi pelajaran. Sesuaikan waktu fokus berdasarkan ritme kamu sendiri. Cirillo biasa menggunakan waktu 25 menit, kamu bisa meniru Cirillo sebagai awalan. Selanjutnya terapkan trial and error untuk menemukan waktu fokus yang sesuai. Setelahnya kamu akan menemukan cara paling cocok dalam pengaturan waktu.

siklus belajar dengan Teknik Pomodoro

Satu siklus belajar dengan Teknik Pomodoro (Sumber: kemenkeu.go.id)

3. Lakukan kegiatan yang menyenangkan saat istirahat

Setelah menyelesaikan waktu fokus untuk belajar, kamu bisa beristirahat dengan melakukan peregangan ringan atau mengambil air minum. Berjalan-jalan sebentar dan melemaskan otot selama dua sampai lima menit juga bisa menjadi cara untuk istirahat. Supaya saat kembali belajar lebih rileks dan fokus.

4. Ulangi teknik di atas hingga empat kali

Gunakan siklus belajar-istirahat selama empat kali, kemudian ambil waktu istirahat selama 15-30 menit, asalkan tidak lebih dari waktu fokus.

Baca Juga: Cara Belajar untuk Sukses Ujian Tanpa Perlu Begadang!

Kenapa Teknik Pomodoro Efektif?

Saat kita belajar secara terus-menerus dalam waktu yang panjang, otak kita pasti akan lelah. Oleh sebab itu, dengan adanya jeda waktu istirahat, dapat membantu merilekskan pikiran agar kembali fresh.

Nah, kalau otak kita sudah tenang, kita jadi lebih siap untuk melanjutkan belajar pada babak Pomodoro berikutnya. Kita akan jauh lebih fokus dan konsisten untuk mengerjakan tugas. Belajar pun bakal efektif dan bisa selesai tepat waktu.

Kamu bisa melakukan Teknik Pomodoro untuk menantang diri menyelesaikan materi pelajaran dengan target waktu tertentu. Bila berhasil mencapai target tersebut, kamu bisa memberi rewards pada diri sendiri dengan melakukan kegiatan yang disenangi.

Ingin hasil yang lebih maksimal untuk ujian kenaikan kelas? Yuk, daftar ruangbelajar dan kamu bisa akses materi belajar online interaktif bersama Master Teacher. Ada pula rangkuman belajar lengkap, dan berbagai fitur lainnya.

CTA Ruangbelajar

Sumber Foto:

Teknik Pomodoro [daring]. Tautan: https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/13344/Pomodoro-Technique-Teknik-Efektif-Untuk-Bekerja-Produktif.html (Diakses: 21 Juni 2021)

Satu siklus belajar dengan Teknik Pomodoro [daring]. Tautan: https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/13344/Pomodoro-Technique-Teknik-Efektif-Untuk-Bekerja-Produktif.html (Diakses: 21 Juni 2021)

Ruangguru