Mengenal Teori Evolusi dalam Perubahan Sosial | Sosiologi Kelas 12

teori perubahan sosial

Artikel Sosiologi kelas 12 kali ini akan membahas mengenai teori evolusi (perkembangan) dalam sebuah perubahan sosial di masyarakat.

--

Guys, di zaman sekarang ini, kita sudah biasa berkomunikasi lewat aplikasi pesan singkat yang terhubung dengan internet. Tapi, hal itu berbeda dengan di zaman dulu, lho! Ayah dan ibu kita berkomunikasi dengan surat menyurat. Perubahan ini adalah salah satu contoh dari perubahan sosial.

Apa sih perubahan sosial itu? Perubahan sosial adalah suatu perubahan yang terjadi dalam masyarakat dan memengaruhi sistem sosialnya, seperti nilai, norma, sikap, dan pola perilaku di antara kelompok-kelompok dalam masyarakat. Eits, perubahan sikap dia nggak termasuk, ya. Itu mah bukan dia yang berubah, tapi kamu sedang melihat sifat aslinya. Mamammm!

Perubahan sosial sendiri merupakan suatu hal yang wajar terjadi dalam kehidupan sosial masyarakat. Perubahan sosial ini akan terus terjadi dan bahkan perkembangannya nggak akan berhenti.

Ada beberapa teori yang menjelaskan tentang perubahan sosial, tapi di sini, kita akan mempelajari salah satunya saja, yakni teori evolusi.

 

Mengenal Teori Evolusi

Teori evolusi yang dimaksud kali ini bukan yang ada pada materi pelajaran Biologi, ya. Karena penjelasan teori evolusi dalam sudut pandang Sosiologi memiliki karakternya sendiri. Walaupun begitu, penjelasan teori evolusi dalam Sosiologi nggak terlalu jauh berbeda, kok.

Teori evolusi beranggapan bahwa perubahan sosial terjadi secara lambat dan bertahap di dalam sistem masyarakat. Masyarakat berubah dan berkembang dari tahap peradaban sederhana menuju tahap peradaban yang lebih kompleks.

Nah, apa saja contoh dari perubahan sosial itu? Simak infografik di bawah ini deh:

contoh perubahan sosial

Baca Juga: Bentuk-Bentuk Perubahan Sosial

 

Oh iya, menurut Alex Inkeles, ahli Sosiologi asal Amerika Serikat, teori evolusi perubahan sosial juga dibagi menjadi tiga kategori. Kategori-kategori tersebut antara lain adalah:

tiga kategori teori evolusi

Biar lebih jelas, di bawah ini sudah dijabarkan tentang ketiga kategori teori evolusi perubahan sosial. Simak yuk!

 

1. Teori Evolusi Unilinear

Kategori unilinear ini beranggapan bahwa semua masyarakat mengikuti garis yang sama dalam perubahan sosial. Setiap masyarakat berubah dari kehidupan yang sederhana ke yang lebih kompleks dengan masing-masing kelompok masyarakatnya akan melewati urutan perubahan yang sama. Teori ini mempercayai bahwa masyarakat mengalami perkembangan kebudayaan yang terus maju menuju kehidupan yang lebih modern. Contohnya, kelompok masyarakat yang sebelumnya primitif berubah menjadi masyarakat industri yang modern.

2. Teori Evolusi Universal

Berbeda dengan teori evolusi unilinear, kategori teori evolusi yang satu ini menyatakan bahwa perkembangan masyarakat nggak perlu melalui suatu perubahan tertentu yang sifatnya tetap, karena pada dasarnya kebudayaan manusia telah mengikuti suatu garis evolusi tertentu. Contohnya, perkembangan masyarakat homogen menuju heterogen. Jadi, misalnya, dari yang awalnya suatu kelompok masyarakat hanya tau satu jenis pekerjaan/profesi yang sama, kemudian lama-kelamaan berkembang menjadi tau banyak jenis profesi. 

3. Teori Evolusi Multilinear

Multilinear menggantikan cara pandang unilinear. Kategori teori evolusi multilinear ini menyatakan bahwa perubahan sosial bisa terjadi dalam beragam cara, nggak dalam satu garis evolusi yang sama. Tetapi dari cara-cara itu akan mengarah ke tujuan yang sama. Misalnya, perubahan sistem mata pencaharian yang ada di masyarakat, dari sistem berburu menuju sistem pertanian, sehingga memberikan efek ke sistem dan pola ke keluarga.

 

Gimana, guys? Dari penjabaran di atas, kamu mungkin merasakan juga kan perubahan-perubahan sosial yang terjadi di lingkungan sekitarmu atau bahkan kamu sendiri? Kalau kamu mau belajar materi ini lebih dalam dengan video beranimasi menarik, cobain ruangbelajar yuk!

New Call-to-action

Referensi:

Elisanti, Titin. 2009. Sosiologi 3 SMA kelas XII. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

 

Artikel ini diperbarui pada 4 Agustus 2021.

Profile

Riza Miftah Muharram

Beri Komentar