Tips Bangun Kebiasaan Membaca Buku, Khusus Bagi Kamu yang Kurang Suka

Ruangguru Agu 27, 2021 • 7 min read


Tips Bangun Kebiasaan Membaca Buku

Kurang suka membaca buku? Padahal, buku adalah jendela dunia, lho. Yuk,simak tips berikut supaya membaca bisa jadi kebiasaan baru yang positif. Psst, ada bonus rekomendasi buku terfavorit dari para tokoh terkenal di dunia, lho!

--

Hari Anak Jakarta Membaca atau Hanjaba diperingati setiap tanggal 24 Agustus, sebagaimana dikutip dari laman resmi Perpustakaan Nasional Indonesia. Hanjaba adalah salah satu kegiatan yang bertujuan untuk mengembangkan literasi dan menumbuhkan minat, kegemaran, kebiasaan, dan budaya baca masyarakat DKI Jakarta.

Menurut UNESCO, Indonesia menempati peringkat ke-69 dari 127 negara dalam kompetensi membaca, dan hanya 1 dari 1000 orang di Indonesia yang gemar membaca. Peringkat ini memperkuat bukti bahwa kebiasaan membaca merupakan suatu hal yang semakin sulit ditemui pada masyarakat Indonesia.

Sejak kecil sebenarnya kita telah diajarkan untuk membangun kebiasaan membaca. Namun, beranjak dewasa, kita seringkali justru mengasosiasikan kegiatan membaca dengan sesuatu yang membosankan dan tidak interaktif. Padahal, kebiasaan membaca memiliki manfaat yang beragam pada kesehatan seperti meningkatkan kualitas fungsi otak, hingga mencegah penurunan kognitif akibat usia.

Salah satu studi dari Haskins Laboratory bahkan menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara keterampilan membaca dengan kemampuan konsentrasi seseorang. Seseorang yang terbiasa membaca buku tanpa gambar, terbukti memiliki jangka waktu fokus yang lebih panjang karena terbiasa mempertahankan fokus ke sebuah tulisan tanpa distraksi. Memiliki tingkat fokus yang tinggi ini tentunya juga dapat memberikan manfaat lebih di setiap aktivitas yang kita lakukan. 

Lalu, gimana ya cara membangun kebiasaan membaca buku, jika kita tidak memiliki kebiasaan membaca? Tenang, mungkin kamu bisa simak tips berikut supaya membaca bisa jadi kebiasaan baru yang positif. 

1. Tentukan tujuan membaca

Memiliki visi yang jelas mengenai tujuan membaca kita adalah langkah pertama yang sangat penting. Tanyakan kepada diri apakah buku yang kamu baca bertujuan untuk hiburan atau motivasi? Apakah ingin mempelajari keterampilan tertentu? Atau mungkin ingin meningkatkan kosa kata? Pertanyaan ini nantinya merujuk ke jenis buku yang ingin kamu baca serta cara membacanya.

2. Membaca secara perlahan dan jangan terlalu ambisius

Bagi kamu yang belum terbiasa, membaca buku 5 jam sehari mungkin akan terasa sangat berat. Untuk membangun kebiasaan dari nol, mulailah membaca buku satu halaman per hari. Perlahan, tingkatkan halaman membacamu secara konstan. Ingat, konsistensi merupakan kunci utama dari membangun sebuah kebiasaan baru.

Baca juga: Skimming dan Scanning: Rahasia Belajar Dengan Membaca Cepat

collage-female-is-reading-book-1800x1200Mulai memilih buku yang kamu suka (Sumber: idpieltsturkey.com)

3. Temukan video singkat atau sinopsis buku yang mau dibaca

Sama halnya dengan menonton film, menyelesaikan sebuah buku akan membutuhkan waktu yang tidak singkat. Memahami gambaran umum, konsep dan pemikiran di balik sebuah buku adalah hal yang penting, sehingga kamu bisa menentukan apakah buku yang mau dibaca sepadan dengan waktu yang akan kamu habiskan.

4. Habit stacking

Waktu kecil, kita mungkin sering melihat orangtua kita minum kopi sambil membaca koran di pagi hari. Hal ini, bisa dianggap sebagai habit stacking, yaitu menggabungkan dua kebiasaan dalam satu aktivitas. Jadi, cobalah untuk mencari kebiasaan apa yang kamu sering lakukan setiap hari, dan sisipkan membaca buku di dalamnya. Misalnya, kebiasaan minum teh di malam hari sebelum tidur. Kali ini, kamu bisa menyertakan kebiasaan membaca satu halaman buku bersamaan dengan minum teh. Hal ini akan sangat mempermudah kamu dalam membangun kebiasaan baru.

how-to-read-faster-1024x768Membaca sambil melakukan kebiasaan kamu yang lain (Sumber: lifehack.org)

5. Audiobook sebagai teman membaca

Membaca hanya melibatkan satu panca indera saja. Mungkin, hal ini yang membuat kamu menganggap membaca adalah hal yang membosankan. Di zaman sekarang, kamu sudah bisa mengakses jutaan audiobook di internet. Cobalah untuk membaca buku dan mendengarkan audiobook secara bersamaan untuk meningkatkan interaksi serta mengurangi distraksi dalam membaca. Cara ini juga sangat bagus sebagai latihan dalam meningkatkan kecepatan membaca.

6. Ubah mindset

Tips terakhir yang juga tidak kalah penting adalah merubah pola pikir kita tentang membaca. Jika kita terus menganggap kamu adalah orang yang tidak suka membaca, tips di atas akan sangat terasa sulit untuk dilaksanakan. Mulai sekarang, anggap diri kamu sebagai orang yang suka membaca, niscaya tips di atas akan sangat mudah untuk dilakukan.

Selain buku, kebiasaan membaca juga bisa kamu mulai dengan membaca artikel atau blog yang ada di internet. Salah satunya, kamu bisa membaca fakta seru dan menarik di ruangbaca oleh Ruangguru!

 

Rekomendasi Buku Favorit dari Tokoh Terkenal Dunia

Nah, itu dia tips sederhana yang mudah-mudahan bisa mulai meningkatkan minat membaca kamu. Selanjutnya, kamu tinggal menentukan buku apa yang mau kamu baca terlebih dahulu. Kalo masih bingung, yuk simak rekomendasi buku-buku favorit para tokoh terkenal di dunia berikut ini!

1. The Remains of the Day (Buku favorit Jeff Bezos)

Ketika Amazon.com pertama kali didirikan pada tahun 1995, Jeff Bezos mempergunakannya sebagai tempat menjual buku secara online, hingga akhirnya berkembang menjadi sebagai salah satu pasar online terbesar di dunia. Mungkin orang-orang akan berpikir bahwa buku yang sangat mempengaruhi hidup Jeff Bezos adalah buku beraliran bisnis. Namun nyatanya, buku favoritnya adalah novel klasik karangan Kazuo Ishiguro, The Remains of the Day. 

2. Emma (Buku favorit J.K Rowling)

J.K Rowling mungkin bisa dianggap sebagai salah satu tokoh yang berhasil membuat anak-anak di dunia menjadi gemar membaca karena karya-karyanya. J.K Rowling menuturkan bahwa buku yang paling mempengaruhi dirinya adalah buku misteri klasik karangan Jane Austen yang berjudul Emma. Tak heran, buku-buku karangan J.K Rowling banyak bercerita mengenai misteri-misteri fantasi yang menarik.

3. Lord of the Ring (Buku favorit Elon Musk)

Science fiction mungkin adalah satu genre yang terlintas di kepala kita ketika ditanya buku favorit dari seorang Elon Musk. Namun ternyata, buku favorit seorang Elon Musk adalah The Lord of the Rings. Buku karya J.R.R Tolkien ini telah memotivasinya untuk selalu memiliki kewajiban menyelamatkan dunia.

4. To Kill a Mockingbird (Oprah Winfrey)

Sastra karya Harper Lee berjudul To Kill a Mockingbird adalah buku favorit Oprah Winfrey. Menurutnya, dalam buku ini dia dapat melihat dengan jelas kisah kebaikan, kekejaman, dan akar perilaku manusia yang penuh kasih dalam satu cerita.

Gimana, menarik 'kan? Yuk, coba praktikan beberapa tips tadi selama kamu masih banyak menghabiskan waktu di rumah. Nggak ada salahnya 'kan memulai kebiasaan baik baru setiap harinya. Kalau untuk belajar, serahin aja ke ruangbelajar.

New Call-to-action

Sumber foto:

Mulai memilih buku yang kamu suka [daring]. Tautan: https://idpieltsturkey.com/tips-to-help-with-the-ielts-reading/ (Diakses: 27 Agustus 2021)

Membaca sambil melakukan kebiasaan kamu yang lain [daring]. Tautan: https://www.lifehack.org/articles/productivity/10-ways-increase-your-reading-speed.html  (Diakses: 27 Agustus 2021)

Profile

Ruangguru

Beri Komentar