3 Tips Menabung Harian untuk Pelajar Selama Sekolah di Rumah

Anggraeni Puspitasari Jul 28, 2021 • 6 min read


tips menabung untuk pelajar

Artikel ini membahas tentang tips menabung untuk pelajar selama bersekolah di rumah.

--

Gengs, sudah lewat dari setahun belajar di rumah, kamu masih dapat uang jajan nggak, sih, dari orang tua? Yha, secara kamu nggak keluar rumah, nggak ke sekolah. Wajar kalau memang nggak dikasih jatah jajan. Tapi, bagi kamu yang masih dikasih uang jajan sama orang tua atau kamu bahkan sudah dapat menghasilkan uang sendiri, jangan lupa untuk menabung, ya! Dengan lebih banyak di rumah, idealnya kamu bisa lebih hemat, nih. Terus, gimana tips menabung harian di rumah? Simak artikel berikut, yes.

 

1. Budgeting Alias Buat Anggaran Pengeluaran

First things first tips menabung, budgeting. Buatlah anggaran pengeluaran setiap bulan, gengs. Penting banget buat kamu untuk melakukan budgeting. Walau kamu masih seorang pelajar, nggak ada salahnya buat mulai dari sekarang, ngatur uang yang kamu punya.

tips menabung di rumahPembagian pos pengeluaran sederhana metode budgeting 50-30-20.

Tips menabung untuk pelajar yang pertama adalah dengan membagi pos pengeluaran. Kamu bisa melakukannya dengan metode budgeting 50-30-20. Apa sih maksudnya?

  • 50% dari total uang yang dipunya dipakai untuk belanja kebutuhan
  • 30% dari total uang yang dipunya dipakai untuk keinginan
  • 20% dari total uang yang dipunya disimpan ke tabungan

Metode budgeting sederhana ini pertama kali dikenalkan oleh Senator Elizabeth Warren lewat bukunya yang berjudul All Your Worth: The Ultimate Lifetime Money Plan. Hitungan persenan di atas juga lazim digunakan oleh para pekerja. Meski memang, jika pendapatan dan pengeluaran mengalami kenaikan, nanti akan ada lagi metode budgeting yang perlu disesuaikan. Walau begitu, tips menabung di rumah ini tetap bisa kamu aplikasikan kok.

 

2. Menabung Ala 52-Week Money Challenge

Nomor dua, sebagai pelajar yang saat ini masih sekolah di rumah, tips menabung harian yang bisa kamu praktikkan adalah dengan metode 52-week money challenge. Gimana sih aturan menabung 52 minggu ini?

Pertama, kamu perlu disiplin dalam menabung setiap minggunya, gengs. Kedua, ukur kemampuan finansial pribadi. Ini penting, lho. Soalnya, dalam 52-week money challenge ini, setiap minggunya kamu perlu menaikkan target uang yang akan ditabung. Ketiga, jangan mudah menyerah, ya! Paham, kalau kamu ingin sekali-kali melakukan cheat day, hehe.

Oke, jadi hitungannya, misal di minggu pertama kamu menabung 5.000 rupiah. Di minggu kedua, kamu perlu menaikkan target menabung dua kali lipat, which is 10.000 rupiah. Di minggu ketiga, yak, betul, 15.000 rebu. Seperti itu, terus setiap minggunya, nanti di akhir tahun tabungan kamu dapat menyentuh angka 6 jutaan. 

Memang, tips menabung harian ini butuh komitmen tinggi. Di minggu pertama, kamu dapat menabung sehari sebanyak seribu rupiah sampai di hari kelima. Nah, di minggu kedua, kamu sesuaikan lagi target tabunganmu sesuai dengan perhitungan di atas, ya. Lebih lengkapnya bisa lihat tabel di bawah ini.

tips menabung harian - 52 minggu menabung

Contoh tabel 52 minggu menabung.

Baca juga: Pilih Menabung di Bank Konvensional atau Bank Syariah?

 

3. Pilah-Pilih Antara Kebutuhan dan Keinginan

Prinsip tips menabung untuk pelajar yang ketiga ini sama kok dengan yang nomer satu. Pada bagian membuat budgeting atau anggaran pengeluaran, kamu perlu memilah yang mana kebutuhan dan keinginan. “Tapi, pc oppa sudah kayak kebutuhan buat aku..” Paham, kok, paham. Tapi, buka berarti semuanya dijadikan kebutuhan ya, besties.

ipusnas

Tampilan utama platform iPusnas di smartphone 
(Sumber: http://dip.fisip.unair.ac.id/)

Kalau hobi kamu baca buku, keinginan kamu pasti beli buku terus, yha. Ini bisa banget diakalin, lho. Di iPusnas, kamu bisa pinjam buku yang kamu mau secara gratis. Wait, kamu udah tau iPusnas belum, btw? iPusnas adalah sebuah platform yang dibuat oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia sebagai sarana untuk mengakses e-book dan e-Pustaka milik Perpusnas. Selain itu, kamu juga bisa berjejaring dengan komunitas pembaca lainnya. Aplikasi ini bisa kamu download langsung di smartphone atau gadget, yes. Cusss!

Hobi kamu belanja baju? Thrifting aja, gengs! Sudah bukan rahasia, kamu bisa dapat baju-baju bagus dengan harga miring dengan kegiatan thrift shopping ini. Tapi, jangan lupa, sehabis beli pakaian preloved, dicuci dulu, ya, biar lebih higienis, bebas dari debu, kuman, bau, atau bakteri. 

thrift shoppingBelanja baju preloved atau thrift shopping (Sumber: rtc.ui.ac.id)

Belajar di rumah saja bukan berarti halangan untuk kamu dalam menabung, ya. Tips menabung untuk pelajar yang disebutkan di atas, dibuat khusus lho, sesederhana mungkin, semudah mungkin buat kamu yang ingin belajar mengatur keuangan sedari dini. Nggak ada kata terlambat buat memulai sesuatu, termasuk menabung. 

 

Begitu pula dengan belajar. Nggak ada yang namanya telat usia lah, atau apapun itu. Bukan hal yang mudah memang, tapi bukan hal yang nggak mungkin juga untuk menggapai cita-cita kamu. ruangbelajar bantu ya, biar kamu semangat terus!

New call-to-action

Referensi:

Vansomeren, Lindsay. The 50/30/20 Rule of Thumb for Budgeting. 13 Februari 2021. thebalance.com [daring]. Tautan: https://www.thebalance.com/the-50-30-20-rule-of-thumb-453922 (Diakses: 25 Juli 2021)

Nithy, Theva. Menabung Rp 5000 di Awal Tahun, Dapat Rp. 6.890.000 di Akhir Tahun. theasianparent.com [daring]. Tautan: https://id.theasianparent.com/menabung-rp-5000-di-awal-tahun-dapat-rp-6-890-000-di-akhir-tahun (Diakses: 25 Juli 2021)

Jones, Ryan Patrick. 21 money-saving tips and tricks for students. 9 Oktober 2019. The University of British Columbia. students.ubc.ca [daring]. Tautan: https://students.ubc.ca/ubclife/21-money-saving-tips-tricks (Diakses 24 Juli 2021)

Resna, Nenti. Alasan Mengapa Baju Bekas Harus Dicuci Sebelum Dipakai. 9 Maret 2021. SehatQ [daring]. Tautan: https://www.sehatq.com/artikel/alasan-mengapa-baju-bekas-harus-dicuci-sebelum-dipakai (Diakses 25 Juli)

Sumber foto:

Mengenal Lebih Jauh Mengenai Aplikasi iPusnas. 13 Februari 2020. FISIP UNAIR [daring]. Tautan: http://dip.fisip.unair.ac.id/id_ID/mengenal-lebih-jauh-mengenai-aplikasi-ipusnas/ (Diakses 28 Juli 2021)

Raihana, Athiya. ASAL-USUL BUDAYA THRIFTING. 7 Desember 2020. rtc.ui.ac.id [daring]. Tautan: https://rtc.ui.ac.id/2020/12/07/asal-usul-budaya-thrifting/ (Diakses pada 28 Juli 2021)

Profile

Anggraeni Puspitasari

Beri Komentar