16 Tipe Kepribadian Menurut Tes MBTI, Kamu Termasuk yang Mana?

Tes Kepribadian MBTI (MBTI Test)

Melalui tes kepribadian MBTI, kita jadi lebih mengenal tentang karakteristik diri, loh. Yuk, simak penjelasan lengkap tentang 16 tipe kepribadian MBTI beserta karakteristiknya!

 

“Kamu extrovert atau introvert?”

“Aku extrovert. Tapi lebih tepatnya ENFP, sih.”

Kenalkah kamu dengan kalimat tersebut? Sebagai gen Z, kamu pasti gak asing lagi dengan tipe kepribadian psikologi. Tipe kepribadian psikologi biasa dikenal dengan karakter diri. Nah, salah satu tes kepribadian psikologi yang populer adalah tes kepribadian MBTI. 

 

Apa itu Tes Kepribadian MBTI?

The Myers Briggs Type Indicator atau biasa disingkat menjadi MBTI adalah metode pengukuran yang digunakan untuk membaca kepribadian seseorang, khususnya untuk memahami bagaimana seseorang menilai sesuatu dan membuat keputusan.

Menurut The Myers Briggs Company, perusahaan di California yang menangani MBTI, hampir 1,5 juta orang mengikuti MBTI test secara online setiap tahun.

The Myers-Briggs Type Indicator lahir dan dikembangkan oleh Kathrine Cook Briggs dan putrinya. Carl Gustav Jung menjelaskan bahwa kepribadian ini dibagi melalui empat dimensi sifat dasar manusia, yaitu dimensi pemusatan perhatian yang terdiri dari Extrovert (E) vs Introvert (I), dimensi memahami informasi dari luar yang terdiri dari Sensing (S) vs Intuition (N), dimensi menarik kesimpulan dan keputusan yang terdiri dari Thinking (T) vs Feeling (F), lalu dimensi pola hidup yang terdiri dari Judging (J) vs Perceiving (P).

Nah, dari empat dimensi sifat tersebut dikombinasikan hingga menghasilkan 16 kepribadian. Apa saja sih 16 kepribadian menurut tes MBTI tersebut? Yuk, kita bahas sama-sama!

 

16 Tipe Kepribadian Menurut MBTI

Berikut penjelasan lengkap mengenai 16 tipe kepribadian MBTI beserta karakteristiknya:

 

1. Tipe ENFJ (Extraverted, Intuitive, Feeling, Judging)

Sosok ENFJ dikenal sebagai pengajar dan pemberi. Mereka melihat potensi pada orang lain dan ingin membantunya dalam mencapai yang terbaik. Sebagai pendengar yang baik, ENFJ senang menghargai pertimbangan pribadi dirinya dan orang lain.

ENFJ juga memiliki jaringan perkenalan yang luas dan dapat menjadi pemimpin yang baik. Seperti Barrack Obama, pemimpin Amerika Serikat yang hangat itu, ia berkepribadian ENFJ, loh!

 

2. Tipe ENFP (Extraverted, Intuitive, Feeling, Perceiving)

kepribadian ENFP - tes kepribadian mbti

Sosok ENFP selalu menghargai pendapat orang lain. (sumber: alodokter.com)

 

Siapa nih yang tipe ENFP? (hahaha aku sendiri tipe ENFP, guys!) Kalau kamu tipe ENFP, kamu tergolong sosok yang memiliki mental juara dan kreatif. Tipe ENFP juga disebut sebagai juru kampanye. ENFP selalu melihat kehidupan sebagai sesuatu yang penuh dengan kemungkinan.

Sosok ini juga cenderung menyukai hal-hal abstrak dan lebih mementingkan pertimbangan pribadi daripada logika. Mengapa? Karena ENFP adalah jiwa bebas sejati. Ia senang membangun emosional dan sosial dengan orang lain. Hal ini membuat ENFP menjadi sosok yang populer dan friendly.

Sosok ENFP cenderung akan menghargai pendapat orang lain untuk mencapai kesepakatan bersama. Hm, denger-denger sih jadi seniman atau reporter sangat cocok untuk ENFP lho!

Baca Juga: Jurusan yang Cocok untuk Kepribadian Introvert, Pilih Mana?

 

3. Tipe ENTJ (Extraverted, Intuitive, Thinking, Judging)

Tipe ENTJ dikenal sebagai sosok panglima dan pelaksana. Ia memiliki hubungan dan jaringan yang luas dengan siapapun. ENTJ juga dikenal sebagai orang yang suka berterus terang.

Penuh akan motivasi hidup, ENTJ selalu semangat ketika mencoba meraih tujuan. Tekad yang kuat dan ambisi yang tinggi membuat tipe ENTJ memiliki kepribadian alami untuk menjadi pemimpin.

Eits, tapi jangan salah! Ambisi yang tinggi tidak selamanya positif. Terkadang, tipe ENTJ keras kepala, tidak sabaran, dan tidak toleran. Huft!

Sebelum lanjut ke tipe kepribadian MBTI lainnya, yuk kenalan sama fitur baru unggulan Aplikasi Ruangguru. ADAPTO, video belajar adaptif yang bisa menyesuaikan kecepatan belajarmu. Cobain, yuk!

IDN CTA Blog Adapto Ruangguru 2022

 

4. Tipe ENTP (Extraverted, Intuitive, Thinking, Perceiving)

Sebagai sosok yang blak-blakan, ENTP juga dikenal sebagai orang yang visioner dan penemu. ENTP juga merupakan sosok yang cepat, siaga, berbakat, dan telaten.

Karena gerak-geriknya yang cepat dan selalu siaga, ENTP disebut cocok dengan profesi pengacara, diplomat, programmer, atau bahkan peneliti dan ilmuwan. Menurut 16personalities.com, kepribadian ENTP adalah tipe pendebat.

 

5. Tipe ESFJ (Extraverted, Sensing, Feeling, Judging)

Memiliki banyak teman membuat tipe ESFJ sebagai sosok yang bersahabat. ESFJ juga dikenal sebagai sosok pengasuh dan pemberi. Oleh 16personalities.com, ESFJ adalah sosok yang senang mendukung orang lain.

Ya, kalau kamu adalah seorang ESFJ, maka kamu adalah sosok yang sangat suportif. ESFJ juga adalah tipe yang tidak suka konflik. Ia sangat menghargai ketertiban sosial. Oh ya, tipe ESFJ ini adalah tipe yang paling banyak ditemukan di dunia, lho!

 

6. Tipe ESFP (Extraverted, Sensing, Feeling, Perceiving)

Ciri-ciri dari ESFP adalah sosok yang mencintai kehidupan, orang, dan kenyamanan materi. ESFP juga dikenal sebagai performers atau penghibur. ESFP akan spontan dalam melakukan hal yang ia senangi.

Tipe kepribadian ini adalah sosok bintang. Ia suka ketika lampu disorot ke arahnya dan panggung adalah dunianya. Hm, kalau kamu merupakan sosok ini, sepertinya cocok menjadi aktor, penyanyi, atau ikutan boy & girl group deh!

 

7. Tipe ESTP (Extraverted, Sensing, Thinking, Perceiving)

ESTP adalah tipe yang berorientasi pada tindakan. Kadang, ESTP bisa menjadi sosok yang sembrono di beberapa waktu. Jika kamu termasuk ESTP, kamu akan menjadi pribadi yang menyenangkan dan hangat dalam hubungan asmara.

ESTP juga dikenal sebagai sosok pengusaha dan pekerja keras. Hayo, kira-kira ada gak panutan kamu yang merupakan sosok ESTP?

 

8. Tipe ESTJ (Extraverted, Sensing, Thinking, Judging)

Kepribadian ESTJ - tes kepribadian MBTI

Kamu ESTJ? Jangan-jangan kamu detektif conan lagi! (sumber: wikipedia.org)

 

Dilansir dari 16personalities.com, ESTJ adalah sosok eksekutif. Apa sih eksekutif itu? Eksekutif adalah sosok yang mewakili tradisi dan tatanan sosial masyarakat. Sosok ESTJ kerap kali diterima secara sosial untuk menyatukan keluarga dan masyarakat.

ESTJ adalah sosok yang jujur dan memegang nilai kebenaran. Hm, kurang lebih tipe ESTJ akan selalu menegakkan keadilan, apa yang benar dan apa yang salah! Keren, ya? Kalau kamu ESTJ, kamu bisa jadi detektif lho!

 

9. Tipe INFJ (Introverted, Intuitive, Feeling, Judging)

Sosok yang dikenal idealis ini sangat pendiam. INFJ juga merupakan sosok yang lembut dan sangat berpegang teguh pada hal-hal yang ia yakini. INFJ adalah sosok pelindung.

Selain itu, INFJ juga memiliki kemauan keras dan mudah dalam menciptakan keseimbangan kehidupan. Sayangnya, terkadang keyakinan kuat yang ia miliki justru membuat INFJ menjadi orang yang terlalu perfeksionis.

Apa ya profesi yang cocok dengan INFJ? Denger-denger sih advokat. Hm, oh iya! berapa tokoh dunia yang merupakan sosok INFJ adalah Nelson Mandela dan Mother Teresa.

 

10. Tipe INFP (Introverted, Intuitive, Feeling, Perceiving)

INFP memiliki kepribadian mediator. Ia senang mencari celah kebaikan di setiap kesempatan atau bahkan di setiap hal-hal buruk. Meskipun INFP adalah orang yang pendiam dan sering dikenal tidak ramah, INFP memiliki semangat yang membara di dada dan sikap peduli akan orang lain.

Ketika INFP menemukan lawan bicara yang memiliki kecenderungan yang sama, INFP akan menonjolkan keharmonisan, kesenangan, dan inspirasi.

 

11. Tipe INTJ (Introverted, Intuitive, Thinking, Judging)

Berbeda dengan INFP, INTJ adalah sosok yang pemikir. Hal itu menjadikan sosok INTJ sebagai sosok yang kreatif, imajinatif, dan sangat strategis untuk segala tujuannya.

Tipe kepribadian yang satu ini merupakan tipe yang sangat independen dibanding tipe lainnya. INTJ senang akan gagasan-gagasan baru dan terjun dalam penelitian ilmiah. Maka dari itu, INTJ sangat cocok untuk menjadi ilmuwan atau bahkan juga arsitektur.

 

12. Tipe INTP (Introverted, Intuitive, Thinking, Perceiving)

Sama halnya dengan INTJ, INTP juga merupakan sosok pemikir. Hal itu membuat INTP menjadi sosok yang penuh akan ide di kepalanya. Dari luar INTP terlihat sebagai sosok arogan, namun INTP akan sangat ramah dengan sosok yang mereka kenali atau orang yang memiliki ketertarikan sama.

Ia mencintai hal-hal berbau buku, serta menjadi sosok yang paling bisa dipercaya. Selain itu, INTP adalah sosok yang sangat ahli dalam mengembangkan wawasan dan solusi.

 

13. Tipe ISFJ (Introverted, Sensing, Feeling, Judging)

Kepribadian ISFJ - Tes Kepribadian MBTI

ISFJ, sosok pendiam tapi peka dan sangat berempati. (sumber: sehatq.com)

 

Memiliki empati yang tinggi. Ya, kalimat yang mendeskripsikan sosok dengan tipe kepribadian ISFJ. Hm, selain empati, ISFJ sangat hati-hati dan juga pendiam. Meskipun begitu, sosok ISFJ dapat menjalin komunikasi dan hubungan sosial yang baik.

Kepribadian ISFJ adalah pembela. Terkadang bisa menjadi super waspada dan juga teliti. Walau ISFJ suka menunda suatu hal, ISFJ percaya bisa menyelesaikannya tepat waktu. Hayo, yang suka nunda nugas, tapi ternyata selesai, kamu ISFJ kali?

 

14. Tipe ISFP (Introverted, Sensing, Feeling, Perceiving)

Sebagai sosok yang berjiwa bebas membuat ISFP dikenal sebagai tipe kepribadian petualang. ISFP merupakan sosok seniman yang mengedepankan estetika. Ia senang dengan kehidupan yang penuh warna.

Ide yang melampaui batas dan totalitas membuat ISFP dikenal pula sebagai sosok yang senang menjadi diri sendiri. Meskipun tergolong tipe yang spontanitas dan tidak mudah ditebak, ISFP mampu mengevaluasi dan mengintropeksi diri di kala sedang berada di fase jenuh.

 

15. Tipe ISTJ (Introverted, Sensing, Thinking, Judging)

Tipe ISTJ adalah tipe yang dianggap paling banyak jumlahnya, sekitar 13%. Jiwa yang dimiliki tipe ini adalah jiwa yang tak kenal lelah terhadap tugas dan sangat terstruktur.

Selain itu, ISTJ juga merupakan sosok yang senang mengambil tanggung jawab, serta bangga dengan pekerjaan yang mereka lakukan. Orang dengan tipe ini cenderung akan menyimpan pendapatnya sendiri. Terkadang, tipe ini juga bisa menjadi sosok yang keras kepala.

Punya soal sulit atau materi yang belum bisa kamu pahami? Jangan khawatir, download aplikasi Roboguru, dan tanya soal sepuasnya di sana!

IDN CTA Blog Adapto Ruangguru 2022

 

16. Tipe ISTP (Introverted, Sensing, Thinking, Perceiving)

Tipe yang terakhir ini adalah tipe yang toleran, fleksibel, dan bertindak cepat untuk menemukan solusi yang terbaik. ISTP adalah tipe yang sangat rasional. ISTP juga dikenal sebagai kepribadian mekanik, sehingga mereka senang mengeksplorasi satu proyek ke proyek lain dengan tangan dan mata mereka.

Selain itu, ISTP sebagai tipe yang tenang, namun bisa tiba-tiba menjadi tipe yang spontan.

 

Sekarang udah tahu, kan, tentang 16 tipe kepribadian psikologis dari tes MBTI? Bagaimana cara mengetahui apa MBTI kita? Caranya, kamu harus mengikuti tes MBTI. Nah, bagaimana hasilnya?

Sekarang, kita masuk ke pembahasan yang seru.

Kita bukan lagi membahas kepribadiannya, melainkan tentang si tes MBTI itu sendiri.

 

Benarkah Tes MBTI Akurat dan Bisa Dipercaya?

Kamu tahu gak, banyak pro dan kontra soal tes ini? Dilansir dari usatoday.com dan livescience.com, beberapa ilmuwan mengatakan bahwa tes kepribadian MBTI sebetulnya tidak berpengaruh nyata.

Apapun hasil yang kamu dapat dari tes itu, ternyata nggak ngaruh-ngaruh amat di hidup kita. Dalam riset ini, dikatakan bahwa  50% orang yang akan mendapatkan hasil yang berbeda, ketika ikut tes MBTI itu dalam selang waktu 5 minggu saja.

Artinya apa?

Ada dua faktor.

Pertama, sifat manusia yang kompleks. Manusia begitu rumit dan sifatnya bisa berubah seiring dengan pertambahan usia, lingkungan, dan pengalaman hidup. Kepribadian bukanlah sesuatu yang saklek dan stabil selama masa kita hidup.  Bisa jadi, di satu waktu kamu mendapatkan hasil tes ISTP, tapi di lain waktu berubah jadi ESTP.

Baca Juga: Rekomendasi Jurusan untuk Kamu dengan Kepribadian Ekstrovert!

Lucunya, kita tidak bisa menentukan pada momen apa di hidup kita yang membuat karakter kita berubah. Sehingga, berbagai “sifat” yang dikategorikan pada saat kita ISTP tidak bisa dibilang akurat.

Kedua, indikator ketika menjawab tes.

Ya, betul, kita harus jujur ketika menjawab tes MBTI agar hasilnya jadi maksimal dan sesuai. Tapi, coba, deh, kamu jawab pertanyaan sederhana ini:

“Apakah kamu orang yang disiplin?”

a. sangat disiplin

b. disiplin

c. tidak disiplin

d. sangat tidak disiplin

 

Indikator apa yang membuat orang memilih jawab, “disiplin”, misalnya? Apakah orang ini datang ke kelas tepat waktu? Atau dia selalu membuat rencana tentang hal-hal yang dikerjakannya setiap hari? Apa pertimbangannya antara saat orang memilih “disiplin” dan “sangat disiplin”?

Tentu, setiap orang punya pikiran yang berbeda. Dan itu yang jadi masalah.

Belum lagi ketika tes ini, misalnya, digunakan sebagai seleksi kerja oleh perusahaan. Calon karyawan, kemungkinan besar, akan menjadi bias dan memilih untuk menjawab yang baik-baik saja. Karena ia ingin bisa diterima kerja.

Ketiga, confirmation bias.

Confirmation bias sebetulnya sudah ditulis secara lengkap di artikel ini. Pada dasarnya, tanpa sadar, kita suka mencari hal-hal “yang sesuai sama apa yang kita mau”. Kita mengonfirmasi diri sendiri, tentang hal-hal yang sebetulnya belum tentu benar.

Misalnya, kamu mendapatkan hasil tes MBTI sebagai INFJ. Di sana tertulis bahwa INFJ adalah “sosok yang idealis dan pendiam”. Kamu, yang selama ini meyakini bahwa kamu adalah orang yang idealis dan pendiam, lantas langsung, “Ini gue banget nih bener!” kamu kemudian mengonfirmasi diri bahwa kamu seorang INFJ.

Lalu, hal-hal lain yang ditulis tentang INFJ pun kamu “iyain” begitu aja. “Wah, gue emang pelindung. Gue penerus Nelson Mandela!” kamu pun bercermin dan, “Oke, advokat nih mantap!”

Padahal, balik lagi, sifat manusia itu kompleks. Pada akhirnya, justru “kamu lah yang menyesuaikan diri dengan hasil tes MBTI”, bukan hasil itu yang menunjukkan karaktermu.

So, mengikuti tes MBTI ini sah-sah aja selama tujuannya “seru-seruan”. Supaya kita bisa mengenal, dan punya pemikiran untuk memperbaiki satu dua hal dari diri kita. That’s really okay. Tapi, jangan jadikan ini sebagai patokan hidup. Kalau kata aku sih, don’t let MBTI test label you!

Jalani hidupmu seindah mungkin tanpa takut dibatasi oleh kepribadian psikologi! Jadi, berdasarkan tes kepribadian MBTI, kamu masuk tipe yang mana? Untuk mencoba tesnya, bisa melalui  link ini, gais. Yuk tulis hasilnya di kolom komentar!

Nah, kalau kamu penginnya yang pasti-pasti aja, ruangbelajar sih udah pasti ngasih kamu video pembelajaran yang bikin kamu paham secara konsep dan bukan cuma hafalan!

CTA ruangbelajar

Referensi: 

Wijaya, A & dkk. (2019). MBTI PERSONALITY TYPES for CAREER DEVELOPMENT (SMK Santo Lukas – Jakarta). Jurnal Pengabdian dan Kewirausahaan Vol.3 (No. 2 ) : no. 091- no. 099. Th. 2019. [daring], Tautan: http://journal.ubm.ac.id/, (diakses pada 21 Desember 2020)

Fatroni, M & Erlin. (2015). Aplikasi Menentukan Karakter Peserta Didik Menggunakan Teori Myers Briggs Type Indicator. SATIN – Sains dan Teknologi Informasi, Vol. 1, No. 2, Desember 2015.

Camelia. (2019). 4 Tipe Kepribadian Manusia Menurut Psikologi, Kalian yang Mana?. [daring], Tautan: https://www.liputan6.com/citizen6/read/3976305/4-tipe-kepribadian-manusia-menurut-psikologi-kalian-yang-mana, (diakses pada 21 Desember 2020)

Wijayanti, Endah. (2019). 5 Ciri Kepribadian ENFJ, si Pemersatu yang Sangat Sensitif. [daring], Tautan: https://www.fimela.com/lifestyle-relationship/read/3885831/5-ciri-kepribadian-enfj-si-pemersatu-yang-sangat-sensitif, (diakses pada 21 Desember 2020).

[daring], Tautan: https://www.16personalities.com/id/tipe-kepribadian, (diakses pada 21 Desember 2020)

Bragg. (2019). Here’s why people still take the Myers-Briggs test — even though it might not mean anything. [daring], Tautan: https://www.usatoday.com/story/news/nation/2019/05/06/myers-briggs-type-indicator-does-not-matter/3635592002/, (diakses pada 22 Desember 2020)

Gholipour, B. (2019). How Accurate Is the Myers-Briggs Personality Test?. [daring], Tautan: https://www.livescience.com/65513-does-myers-briggs-personality-test-work.html, (diakses pada 22 Desember 2020)

TED-Ed Youtube Channel. (2020). How do personality tests work?, [daring], Tautan: https://www.youtube.com/watch?v=lN7Fmt1i5TI, (diakses pada 29 Desember 2020)

Sumber Foto: 

Foto ‘Sosok ENFP’ [daring], Tautan: https://www.alodokter.com/kepribadian-enfp-sosok-ekstrovert-dengan-jiwa-kemimpinan-tinggi, (diakses pada 21 Desember 2020).

Foto ‘Detektif Conan’ [daring], Tautan: https://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_karakter_Detektif_Conan, (diakses pada 21 Desember 2020)

Foto ‘ISFJ, pendiam tapi peka dan sangat berempati’ [daring], Tautan; https://www.sehatq.com/artikel/mengenal-kepribadian-isfj-si-pelindung-yang-introvert, (diakses pada 21 Desember 2020)

Video ‘Penjelasan 16 Tipe Kepribadian’ [daring], Tautan: https://www.youtube.com/watch?v=hmZn6pWbSG4&list=PLXSEPM58cSUy54rxsST4eVRDbK726MJCA&index=61 (diakses pada 7 April 2022)

Adelia Septiani