15 Jurusan yang Cocok untuk Kepribadian Introvert, Pilih Mana?

Jurusan untuk Introvert

Artikel ini membahas jurusan yang cocok untuk kamu dengan tipe kepribadian introvert. Apa saja? Yuk, simak pembahasannya.

--

Tipe kepribadian umumnya dibagi menjadi tiga, yaitu introvert, ekstrovert dan ambivert. Dikutip dari hellosehat.com, orang dengan kepribadian introvert secara umum lebih senang menyendiri. Mereka juga cenderung menghindari kontak mata terutama dengan orang yang belum dikenal. Orang dengan kepribadian ini juga akan lebih cepat menghabiskan energinya ketika berada di keramaian.

Baca juga: 8 Peluang Kerja yang Menerima Lulusan dari Semua Jurusan

Dalam pemilihan jurusan sendiri, penting banget lho untuk mempertimbangkan kecenderungan kepribadian introvert ini. Kamu pasti nggak mau ‘kan kuliah di jurusan Public Relation misalnya yang harus berani berbicara di depan umum? Nah, beberapa jurusan berikut ini bisa dipertimbangkan untuk kamu yang punya kepribadian introvert.

 

1. Akuntansi

jurusan untuk introvertAkuntansi (Sumber: enr.com)

Suka ngitung dan termasuk orang terliti? Jurusan Akuntansi ini sangat erat kaitannya dengan perhitungan dan juga ketelitian. Bidang accounting memerlukan pribadi yang nggak banyak bicara tapi teliti dalam menghitung dan juga disiplin. Saat masuk ke jurusan ini, kamu akan banyak belajar menyiapkan suatu laporan keuangan yang akurat dan juga dapat dimanfaatkan dengan baik.

Di dunia kerja kamu akan bertanggung jawab untuk membuat dan memeriksa laporan dari berbagai dokumen keuangan. Laporan ini akan dimanfaatkan oleh para manager, pengambil kebijakan, pemegang saham, kreditur atau yang lainnya.

 

2. Ilmu Aktuaria

Jurusan Ilmu Aktuaria adalah jurusan yang mempelajari tentang actuarial science, yaitu ilmu yang merancang solusi dari permasalahan dan pengelolaan risiko pada industri asurasi, dana pensiun, jaminan sosial, investasi, perbankan, serta industri lainnya.

Jurusan Ilmu Aktuaria kerap juga disebut sebagai “Matematika Asuransi”. Lho, kenapa? Aktuaria sendiri merupakan ilmu tentang asuransi, atau ilmu tentang pengelolaan risiko keuangan di masa yang akan datang. Kamu akan mendapatkan mata kuliah yang merupakan kombinasi antara ilmu tentang peluang, matematika, statistika, keuangan, pemrograman komputer, hingga data science atau big data.

Dengan belajar di jurusan ini kamu diharapkan dapat menjadi ahli madya asuransi yang punya keahlian praktis dalam bidang administrasi asuransi dan aktuaria, serta keahlian dalam profesi perencanaan keuangan personal. Keren ‘kan?

 

3. Arsitektur

Jurusan  Arsitektur mempelajari tentang desain dan rancangan konstruksi bangunan. Bidang arsitektur lebih cenderung menuangkan ide, konsep, dan desain di atas kertas, sedangkan untuk realisasi pembangunannya akan dikerjakan oleh Teknik Sipil. Untuk mendalami arsitektur, kamu harus mempelajari kekuatan bangunan (firmitas), estetika atau keindahan bangunan (venustas), dan fungsi bangunan (utilitas). Jurusan Arsitektur juga termasuk jurusan yang populer dengan banyak peminat di Indonesia, lho.

 

4. Teknik Informatika

jurusan untuk introvertTeknik Informatika (Sumber: gmercyu.edu)

Nah kalau yang ini, cocok untuk kamu yang suka banget dengan bidang teknologi dan suka mengotak-atik komputer. Dalam proses pembelajarannya pun tidak memerlukan banyak interaksi dengan orang lain, lho. Jurusan Teknik Informatika sangat berkaitan dengan komputer dan juga pengoperasiannya.

Kamu dituntut untuk fokus dengan apa yang kamu kerjakan, misalnya coding, membuat program, atau memperbaiki aspek teknis lain yang berhubungan dengan komputer. Jenis pekerjaan ini harus kamu tangani sendiri dan nggak menuntut kamu untuk mengerjakannya secara berkelompok. Lulusan dari jurusan Teknik Informatika juga semakin dicari, lho!

 

5. Jurnalistik

Jurusan Jurnalistik adalah ilmu yang mempelajari tentang cara memproduksi, mengumpulkan, menyeleksi, dan mengolah informasi yang memiliki nilai berita dengan akurat dan menarik. Di jurusan ini, kamu akan mempelajari berbagai bentuk jurnalisme baik itu dalam bentuk tulisan, visual, audio, atau audio visual. Kamu juga akan belajar menyusun naskah, teknik mengambil dan memilih foto yang tepat untuk dijadikan bahan tulisan, hingga keahlian teknis seperti fotografi, editing, video, stenografi, dan desain website.

 

6. Farmasi

Jurusan Farmasi adalah program studi yang berada di bawah payung ilmu medis. Pada dasarnya, farmasi merupakan gabungan antara ilmu kesehatan dan ilmu kimia. Selain ilmu mengenai kesehatan dan obat-obatan, kamu juga akan belajar tentang manajemen dan juga pemasaran untuk obat.

Di jurusan ini kamu akan belajar mencampur, meracik, mengombinasi, menganalisis, atau menciptakan obat yang memenuhi standar kualitas dan kelayakan. Tak hanya meracik, kamu juga harus mengetahui bagaimana penggunaan obat-obatan tersebut secara aman. Selain itu, dibutuhkan skill analisis yang baik agar kamu dapat mendeteksi bahan-bahan yang kira-kira dapat menjadi obat manusia dengan efek samping seminimal mungkin.

 

7. Sastra

jurusan untuk introvertSastra (Sumber: yorksj.ac.uk)

Ini dia jurusan kuliah yang paling banyak dipilih oleh anak introvert. Tak heran, sebab jurusan ini erat kaitannya dengan hal-hal yang berbau dengan kepenulisan. Jurusan di bidang sastra sendiri cukup beragam, mulai dari Sastra Indonesia, Sastra Jerman, Sastra Inggris dan berbagai sastra asing lainnya hingga sastra daerah.

Lulusan dari jurusan Sastra bisa terjun menjadi penulis. Nggak hanya menjadi penulis buku atau penulis puisi, kamu juga bisa bekerja menjadi Content Writer atau Copywriter.

 

8. Psikologi

Jurusan Psikologi adalah disiplin ilmu yang mempelajari mental, pikiran, dan perilaku manusia. Program studi ini juga meneliti alur pemikiran dan alasan dibalik perilaku dan tindakan manusia.  Nah, Ilmu Psikologi sendiri terbagi menjadi beberapa cabang, yaitu Psikologi Klinis, Psikologi Perkembangan, Psikologi Industri dan Organisasi, Psikologi Pendidikan, dan Psikologi Sosial. 

Psikologi merupakan ilmu yang cukup luas dan menyangkut ilmu sains, sosial, dan juga humaniora. Oleh karena itu, di Indonesia sendiri ada kampus yang memasukkan Psikologi pada rumpun jurusan Soshum dan ada juga yang mengelompokkannya dalam rumpun Saintek.

 

9. Desain Grafis

jurusan untuk introvertDesain grafis (Sumber: ozy.com)

Apakah kamu pribadi introvert yang suka menggambar? Sering menghabiskan waktu berjam-jam untuk menghasilkan suatu karya? Kamu bisa lho mengasah dan mengembangkan bakat kamu ini dengan masuk ke jurusan Desain Grafis. Di jurusan ini, kamu akan belajar mengenai teknik, penguasaan suatu program tertentu dan hal-hal lain terkait grafis.

Seorang Desainer Grafis biasanya lebih banyak menghabiskan waktu sendiri untuk mengeksplor ide-ide baru untuk pekerjaannya. Walaupun kamu tetap perlu berinteraksi dengan klien atau teman kerja saat menyelesaikan suatu projek, kebanyakan waktu bekerjamu akan dihabiskan sendiri.

 

10. Desain Komunikasi Visual (DKV)

Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) merupakan cabang dari ilmu desain. Melalui jurusan ini, kamu akan mempelajari konsep komunikasi dan ungkapan kreatif, teknik dan media dengan memanfaatkan elemen visual ataupun rupa, untuk menyampaikan pesan tujuan tertentu. Lantaran pesan yang disampaikan melalui gambar visual, maka penyampai pesan pun harus mengolahnya secara efektif, informatif, dan komunikatif.

Jika kamu masuk ke jurusan Desain Komunikasi Visual, pelajaran yang akan kamu dapatkan tidak jauh dari elemen-elemen visual. Para mahasiswa akan diajak mengembangkan bentuk bahasa visual dengan gambar-gambar dan mengolah pesan, termasuk bermain kata-kata.

 

11. Ilmu Perpustakaan

jurusan untuk introvertIlmu Perpustakaan (Sumber: daysoftheyear.com)

Suka membaca? Kamu bisa memilih bidang yang dekat dengan buku yaitu Ilmu Perpustakaan. Jurusan ini melibatkan banyak keahlian di bidang informasi teknologi, manajemen, dan pendidikan untuk mengumpulkan, merapikan, dan menyimpan data. Jika kamu memiliki kesenangan pada bidang penyimpanan data dan ingin berkarier di bidang kepustakaan dan pengarsipan, maka jurusan ini cocok banget untuk kamu.

 

12. Sistem Informasi

Jurusan Sistem Informasi bisa dibilang saudaraan dengan jurusan Ilmu Komputer dan Teknologi Informatika. Namun, tetap ada bedanya ya. Lulusan jurusan Sistem Informasi diharapkan dapat menerapkan ilmunya untuk kebutuhan perusahaan atau organisasi. Dari tujuan inilah, materi kuliah yang diajarkan disesuaikan dengan mengombinasikan kemampuan manajemen, bisnis, dan teknologi informasi. Hasilnya, ilmu tersebut digunakan untuk menjawab kebutuhan pemrograman aplikasi perusahaan, administrasi bisnis, hingga sistem informasi akuntansi dan keuangan.

 

13. Filsafat

“Mempertanyakan segala sesuatu”, kurang lebih begitu persepsi orang-orang tentang jurusan Filsafat. Betul. Nantinya ketika kamu meneruskan untuk belajar di jurusan ini, kamu akan terus didorong utnuk berpikir kritis mengenai berbagai hal. Dengan begitu, kamu akan terbiasa dalam menganalisis suatu masalah yang dihadapi dengan mempertimbangan nilai objektivitas.

 

14. Sains/Ilmu Pengetahuan Alam

Kuliah di jurusan Ilmu Pengetahuan Alam akan mengharuskan kamu untuk lebih banyak menghabiskan waktu dengan meneliti, membuat laporan penelitian dan lainnya. Penelitian dan eskperimen yang kamu lakukan nantinya harus kamu tulis dalam bentuk jurnal. Inilah yang menjadi kegiatan utama dari jurusan sains.

jurusan untuk introvertSains (Sumber: birmingham.ac.uk)

Jurusan kuliah yang berkaitan dengan sains cukup banyak, seperti Jurusan Teknik Fisika, Kimia, Biologi, dan sebagainya. Jurusan ini cocok untuk orang introvert karena kamu akan banyak menghabiskan waktu untuk menemukan hal baru dan menelitinya demi pengembangan kemajuan ilmu pengetahuan.

 

15. Ilmu Ekonomi

Di jurusan Ilmu Ekonomi kamu akan belajar tentang bagaimana kita mengelola sumber daya yang ada, seperti sumber daya alam, manusia, dan lingkungan, yang jumlahnya terbatas agar dapat memenuhi kesejahteraan manusia. Melalui pertimbangan tertentu, manusia didorong untuk membuat pilihan dalam memenuhi kebutuhannya yang tidak terbatas dengan jumlah sumber daya yang terbatas.

Dengan belajar Ilmu Ekonomi secara lebih dalam, kamu dapat menimbang prioritas kebutuhan dan urgensinya dengan harapan dapat lebih bijak menentukan, yang mana hanya kemauan, yang mana kebutuhan.  So, cocok banget untuk kamu yang introvert dan suka menganalisis.

--

Gimana, apakah ada jurusan yang kira-kira menarik untuk kamu? Setiap jurusan kuliah nggak hanya akan mengasah hard skill kamu, tetapi juga soft skill. So, kamu juga harus berlatih untuk lebih berani berbicara dengan orang lain, membuat kontak mata saat berinteraksi, serta luangkan waktu untuk hangout bersama teman atau keluarga. Mau diterima di jurusan yang sesuai dengan bakat dan minat kamu? Yuk, persiapkan diri mulai dari sekarang bersama ruangbelajar.

Psst, ruangbelajar cocok banget lho buat kamu yang introvert. Kamu bisa belajar di mana dan kapan saja dengan video beranimasi, latihan soal dan rangkuman menarik.

ruangbelajar

Profile

Shabrina Alfari

Content Writer at Ruangguru. Hope my writing finds you well and help you learn a thing or two :)