5 Beasiswa di National University of Singapore, Mahasiswa Indonesia Wajib Coba!

Sofia Nur Fauziah Des 8, 2020 • 7 min read



Beasiswa di National University of Singapore

Mau kuliah di National University of Singapore? Simak informasi beasiswa yang tersedia berikut ini.

---

Siapa nih, yang punya cita-cita kuliah di luar negeri tapi nggak mau kejauhan? Tepat sekali, kamu bisa memilih negara ASEAN untuk melanjutkan studi. Belakangan ini, Singapura menjadi negara yang sangat diminati pelajar Indonesia lho untuk kuliah. Wajar saja, dua universitas di Singapura menduduki peringkat teratas di ASEAN.  

Salah satunya yaitu National University of Singapore (NUS). NUS berfokus pada prestasi mahasiswa yang akan didedikasikan pada kualitas pendidikan, penelitian yang berdampak, dan lembaga yang visioner dalam melayani negara dan masyarakat. Wah keren banget ya, jadi semakin bersemangat ‘kan untuk mendaftar ke NUS? 

Baca juga: Kuliah S1 di Nanyang Technological University dengan ASEAN Undergraduate Scholarship

Eits, tunggu dulu. Sebelum mendaftar, kamu harus mengetahui informasi beasiswa yang ada di NUS. Kalau bisa masuk dengan beasiswa, kenapa tidak ‘kan?. Oh iya, beasiswa di NUS terdiri dari internal dan eksternal. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut, simak informasinya berikut ini.

nus_eng_home_masthead_5

Mahasiswa Teknik National University of Singapore (Sumber: eng.nus.edu.sg)

1. ASEAN Undergraduate Scholarship (AUS)

ASEAN Undergraduate Scholarship (AUS) adalah beasiswa yang ditujukan untuk mahasiswa baru National University of Singapore (NUS) dari negara-negara ASEAN, kecuali Singapura. Beasiswa ini ditawarkan dalam bentuk bantuan biaya kuliah (setelah perhitungan MOE subsidy) dan tunjangan hidup tahunan sebesar S$5,800 (Rp 60.900.000). AUS diberikan kepada mahasiswa yang mengambil program sarjana penuh waktu. Selain itu, mahasiswa Double Degree dan Joint Degree dengan Concurrent Degree Programmes juga diberikan kesempatan untuk memperoleh beasiswa. 

Hanya saja, beasiswa ini tidak berlaku apabila kamu berniat untuk mengambil Concurrent Degree Programme di NUS Bachelor of Science and University of Melbourne Doctor of Veterinary Medicine. Tapi tenang, seluruh mahasiswa yang sudah mendaftar di NUS, otomatis akan masuk daftar peserta beasiswa. 

Informasi selengkapnya mengenai AUS dapat kamu lihat di nus.edu.sg/oam/scholarships/freshmen-sprs/asean-undergraduate-scholarship-(aus).

2. Science & Technology (S&T) Undergraduate Scholarship

Ingin mengambil program studi Teknik, Komputasi, Sains, atau Studi Lingkungan di National University of Singapore? Cus, langsung kepoin Science & Technology (S&T) Undergraduate Scholarship. Beasiswa ini akan ditawarkan dalam bentuk: 

  • Bantuan biaya kuliah (setelah perhitungan MOE subsidy) dan biaya wajib 
  • Tunjangan hidup tahunan sebesar S$6,000 (Rp 60.000.000)
  • Tunjangan sebesar S$200 (Rp 2.000.000) setelah pendaftaran 
  • Tunjangan akomodasi tahunan yang setara dengan tarif kamar ganda terendah untuk akomodasi di dalam kampus
  • Bantuan tiket pesawat dari negara asal ke Singapura dan sebaliknya

S&T Undergraduate Scholarship ditujukan untuk mahasiswa sarjana penuh waktu yang mengambil program studi Teknik, Komputasi, Sains (kecuali Farmasi), dan Studi Lingkungan (hanya Biologi Lingkungan). Beasiswa ini juga dapat diberikan bagi mahasiswa local Double Degree, asalkan mengambil program studi yang sama dengan syarat mahasiswa sarjana. 

Informasi selengkapnya mengenai S&T Undergraduate Scholarship dapat kamu lihat di nus.edu.sg/oam/scholarships/freshmen-sprs/science-technology-(s-t)-undergraduate-scholarship.

3. Dr Goh Keng Swee (GKS) Scholarship 

Dr Goh Keng Swee (GKS) Scholarship adalah beasiswa yang diselenggarakan oleh Association of Banks in Singapore (ABS). Setiap tahun, beasiswa ini dibuka untuk siswa dari Brunei, Cambodia, Hong Kong SAR, India, Indonesia, Japan, Korea, Malaysia, Philippines, PRC, Taiwan, Vietnam, Thailand, Laos dan Myanmar yang ingin melanjutkan studi ke Singapura. GKS Scholarship ditawarkan dalam bentuk :

  • Bantuan biaya kuliah dan biaya wajib lainnya
  • Bantuan tiket pesawat dari negara asal ke Singapura dan sebaliknya
  • Tunjangan hidup tahunan sebesar S$6500 (Rp 68.800.000)
  • Tunjangan asrama 
  • Tunjangan sebesar S$200 (Rp 2.000.000) saat tiba di Singapura

GKS Scholarship diselenggarakan untuk menghormati mantan Wakil Perdana Menteri, yang mendorong pertumbuhan dan perkembangan ekonomi Singapura. Apabila lolos seleksi beasiswa, kamu akan diberikan kesempatan untuk bekerja selama 3 tahun di perusahaan pilihan di Singapura. 

Informasi selengkapnya mengenai GKS Scholarship dapat kamu lihat di abs.org.sg/dr-goh-keng-swee-scholarship.

4. Benjy Grinberg Scholarship

Kamu punya passion di musik? Wajib banget nih mencoba Benjy Grinberg Scholarship. Benjy Grinberg adalah seorang musisi yang mendedikasikan hidupnya kepada musik di usia muda. Hal ini yang membuat Benjy Grinberg memberikan beasiswa untuk mendukung mahasiswa yang membutuhkan bantuan biaya kuliah di masa studinya. Beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa universitas atau siswa SMA yang sudah diterima di universitas. 

Cakupan beasiswa ini berupa bantuan biaya kuliah sebesar $1,000 (Rp 14.100.000). Bagi kamu yang ingin mendaftar, persiapkan terlebih dahulu esai sebanyak 750 kata mengenai “What is a passion or hobby of yours, and what role does it play in your educational journey?”. Pendaftaran beasiswa ini akan ditutup pada 31 Mei 2021. 

Informasi selengkapnya mengenai Benjy Grinberg Scholarship dapat kamu lihat di benjygrinbergscholarship.com.

5. Evolve Warrior Scholarship

Beasiswa yang diselenggarakan oleh Evolve Mixed Martial Arts (MMA) ini merupakan program yang cukup eksklusif nih. Bagaimana tidak, setiap tahunnya Evolve Warrior Scholarship hanya diberikan kepada satu mahasiswa berprestasi dari seluruh dunia. Tapi jangan berkecil hati ya, karena apabila terpilih, kamu bisa mendapatkan bantuan biaya kuliah untuk setahun penuh hingga S$10,000 (Rp 105.000.000). 

Bagi kamu yang sedang menerima beasiswa lain, tetap diperbolehkan untuk mendaftar Evolve Warrior Scholarship dengan menginformasikan detailnya saat pendaftaran. Oh iya, apabila dinyatakan lolos seleksi, tapi kamu tidak diterima di program studi atau universitas yang kamu pilih, maka beasiswa ini dapat ditransfer ke program studi atau universitas lain yang terakreditasi.

Pendaftaran beasiswa ini dibuka sampai tanggal 30 April 2020. Informasi selengkapnya mengenai Evolve Warrior Scholarship dapat kamu lihat di evolve-mma.com/scholarship/.

1920_photograph-2

Associate Professor Alfredo Franco-Obregón di National University of Singapore (Sumber: news.nus.edu.sg)

AUS dan S&T Undergraduate Scholarship merupakan beasiswa internal yang dikelola oleh NUS. Sedangkan GKS Scholarship, Benjy Grinberg Scholarship, dan Evolve Warrior Scholarship merupakan beasiswa eksternal yang dikelola oleh organisasi lain. Mahasiswa yang mendaftar ke NUS, akan otomatis dipertimbangkan untuk memperoleh beasiswa. 

Jadi, apabila tertarik dengan beasiswa-beasiswa di atas, kamu wajib mendaftar terlebih dahulu ke NUS ya. Pendaftaran program sarjana untuk mahasiswa internasional akan ditutup pada tanggal 1 Januari 2021. Langsung saja cek informasi pendaftaran untuk program sarjana di website NUS http://www.nus.edu.sg/oam/undergraduate-programmes.

Untuk menjadi mahasiswa internasional diperlukan prestasi yang luar biasa. Hal ini dimaksudkan agar kamu bisa bersaing dengan peserta lain dari berbagai negara di dunia. Yuk, mulai sekarang lebih giat lagi dalam belajar. Kamu bisa menggunakan ruangbelajar Plus untuk menjadi partner ambisimu dalam meraih cita-cita kuliah ke luar negeri.

New call-to-action

Referensi:

Undergraduate Programmes in NUS [daring]. Tautan: http://www.nus.edu.sg/oam/undergraduate-programmes

Sumber foto:

Foto Mahasiswa Teknik National University of Singapore [daring]. Tautan: https://www.eng.nus.edu.sg/wp-content/uploads/2019/02/nus_eng_home_masthead_5.jpg

Foto Associate Professor Alfredo Franco-Obregón di National University of Singapore [daring]. Tautan: https://news.nus.edu.sg/molecule-that-promotes-muscle-health-when-magnetised/

Beri Komentar