Masa Persiapan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia | IPS Terpadu Kelas 6

masa persiapan proklamasi kemerdekaan indonesia

Saat merangkai bendera merah putih, Lulu bertanya pada Kak Alya tentang masa persiapan proklamasi kemerdekaan Indonesia pada zaman dahulu. Penasaran? Yuk, baca selengkapnya di artikel IPS Terpadu kelas 6 ini!

Teng! Jam sudah menunjukkan pukul 5 sore. Lulu dan Kak Alya hampir selesai merangkai bendera merah putih sebagai hiasan untuk menyambut hari kemerdekaan negara Indonesia.

Yeay! Ini udah bisa dipajang, kan?!” seru Lulu sambil membentangkan rangkaian benderanya dengan antusias.

Kak Alya tersenyum melihat tingkah adiknya. “Iya. Sebentar ya! Kak Alya sedikit lagi juga selesai nih. Abis itu bisa kita pajang!

Oke!” jawab Lulu. “Kak Alya, zaman dulu, apa sih yang bangsa kita lakukan dalam mempersiapkan hari kemerdekaan Indonesia? Apa sama kayak sekarang, merangkai bendera merah putih, terus ngadain lomba-lomba seru?”

Hm, Lulu mau diceritain tentang masa persiapan proklamasi kemerdekaan bangsa Indonesia, ya?”

“Mau!”

“Kemerdekaan Indonesia itu sangat berhubungan dengan Perang Dunia II, di mana pada tahun 1944, Jepang semakin terdesak oleh Sekutu. Kondisi itu membuat Jepang membutuhkan dukungan dari bangsa Indonesia agar dapat memenangkan perang. Makanya, Jepang membuat siasat yaitu menjanjikan kemerdekaan bagi Indonesia.”

Wah! Terus terus gimana, Kak Alya?”

Nah, salah satu usaha Jepang dalam menyatakan janji kemerdekaan pada bangsa Indonesia adalah, dengan mengumumkan dibentuknya Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia atau BPUPKI pada 29 April 1945,” jelas Kak Alya.

Emangnya BPUPKI itu ngapain?”

“BPUPKI itu menyelidiki hal-hal yang dibutuhkan Indonesia untuk menjadi negara merdeka. Nah, kemudian diketahui kalau negara yang merdeka membutuhkan 2 hal, yaitu dasar negara dan konstitusi atau aturan menjalankan sebuah negara.”

Baca Juga: Gimana sih Imperialisme pada Masa Kolonial Belanda Itu?

BPUPKI

Oh, aku baru tau!” sahut Lulu.

“Nah, untuk mencapai tujuan sebagai negara yang merdeka, maka dilakukan beberapa sidang,” tambah kak Alya.

“Apa aja, Kak?”

Sidang pertama bertujuan untuk merumuskan dasar negara. Dalam pelaksanaannya, terdapat beberapa anggota BPUPKI yang memberikan usulan untuk dasar negara yaitu  Moh. Yamin, Soepomo, dan Soekarno. Kemudian, dibentuklah panitia kecil yang disebut panitia sembilan untuk menyempurnakan konsep dasar negara yang sudah disepakati. Baru deh, ada sidang kedua yang bertujuan merumuskan konstitusi. Coba liat ini biar lebih jelas ya!” jelas Kak Alya, kemudian mengambil ponselnya dan memperlihatkan informasi tentang sidang BPUPKI kepada Lulu.

sidang BPUPKI

Oh! Aku ngerti! Terus… setelah sidang kedua, gimana kelanjutannya? Itu kan masih tanggal 17 Juli dan belum merdeka?” tanya Lulu.

Nah, karena sidang kedua BPUPKI tersebut udah selesai dilakukan, maka pada 7 Agustus 1945, tugas BPUPKI pun dinyatakan selesai dan dibubarkan. Selanjutnya, pada hari yang sama, dibentuklah Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia atau PPKI,” papar Kak Alya.

Baca Juga: Kedatangan Bangsa Eropa ke Indonesia

PPKI

Nah, itu dia masa persiapan proklamasi kemerdekaan bangsa Indonesia!” kata Kak Alya.

Wah! Ternyata beda banget ya persiapannya dengan yang sekarang! Lulu harus semangat menyambut hari kemerdekaan nih, biar bisa menghargai usaha-usaha pahlawan Indonesia dalam meraih kemerdekaan!” seru Lulu dengan mata berbinar-binar.

Nah, gitu dong! Semangatnya membara! Oh iya, Kak Alya udah selesai nih merangkai benderanya. Tapi karena udah sore, kita lanjut besok pajangnya, ya!”

“Siap, Kak Alya!”

Seru kan belajar bareng Lulu dan Kak Alya? Gimana, kamu udah paham kan? Kalau kamu mau belajar tentang sejarah kemerdekaan Indonesia lebih dalam lagi ditemani petualangan seru Lulu, Kak Alya, dan kawan-kawan lainnya, yuk langganan ruangbelajar sekarang juga! 

IDN CTA Blog Dafa Lulu Ruangguru 2022

Materi oleh: Panjie Brahmantio

Disunting oleh: Salita Romarin

 

 

 

Erin Dharma Damayanti