Kedatangan Bangsa Eropa ke Indonesia | IPS Terpadu Kelas 6

Kedatangan Bangsa Eropa ke Indonesia

Lulu dan Puti menemukan fakta menarik tentang kedatangan bangsa Eropa ke Indonesia saat berada di museum. Apa ya yang mereka temui di sana? Yuk, kita baca ceritanya di pelajaran IPS Terpadu Kelas 6!

--

SD Nusantara mengadakan kegiatan karya wisata ke Museum Kebangkitan Nasional. Para siswa terlihat antusias melihat berbagai benda koleksi di setiap ruangan museum.

Saat sedang asik berkeliling, Lulu dan Puti terhenti di depan ruangan yang bertuliskan “Ekspedisi Jalur Rempah Nusantara”.

“Put! Put! Kita liat koleksi ruangan ini, yuk!” ajak Lulu.

Puti pun setuju. Mereka masuk dan berdiri di depan peta Indonesia yang menunjukkan jalur rempah.

“Lihat deh, Put! Ternyata, dulu itu bangsa Eropa berkunjung ke Indonesia untuk membeli rempah-rempah. Ada info sejarahnya, nih!” kata Lulu sambil memperhatikan peta dan lanjut membaca informasinya.

“Jadi, sekitar tahun 1400-an, bangsa Eropa itu menggunakan rempah-rempah sebagai kebutuhan hidup mereka. Contohnya untuk ramuan penghangat tubuh, bumbu masakan, obat, dan lain-lain.” ucap Lulu.

“Tapi, pada tahun 1453 jalur utama perdagangan rempah-rempah di kota Konstantinopel Turki ditutup. Makanya, bangsa Eropa berusaha mencari rempah-rempah ke daerah penghasilnya, yaitu Indonesia atau tepatnya di Maluku.” lanjut Lulu.

Lulu terus membacakan informasinya, “Ehhh! Ternyata, sesampainya di Indonesia, bangsa Eropa bukan hanya mencari rempah-rempah. Tapi, ada tujuan lain yang dikenal dengan istilah 3G.”

Puti teringat sesuatu, “Oooh… Aku tau nih tentang 3G! 3G itu singkatan dari gold, glory, dan gospel.” ucap Puti dengan antusias. 

Gold artinya mereka punya tujuan untuk meraih kekayaan melalui penjualan rempah-rempah. Glory artinya mereka ingin meraih kejayaan dengan menguasai wilayah di Indonesia. Lalu, Gospel artinya mereka bertujuan menyebarkan agama mereka yaitu agama Nasrani.” jelas Puti. 

Alasan Kedatangan Bangsa Eropa ke Indonesia

 

Lulu dan Puti semakin penasaran dengan kedatangan bangsa Eropa ke Indonesia. Mereka lanjut berkeliling dan berhenti di depan foto tiga tokoh penjelajah dari bangsa Eropa.

“Lihat, Lu! di foto ini kita bisa tau bangsa Eropa mana saja yang datang ke Indonesia.” kata Puti sambil memperhatikan foto dan informasinya.

“Ada 3 bangsa Eropa yang datang ke Indonesia. Bangsa pertama adalah bangsa Portugis yang mendarat di Malaka tahun 1511, terus lanjut ke Maluku tahun 1512. Lalu, bangsa Eropa yang kedua adalah bangsa Spanyol yang mendarat di Maluku pada tahun 1521. Terakhir adalah bangsa Belanda yang mendarat di Banten tahun 1596.”

Lini masa Kedatangan Bangsa Eropa ke Indonesia

 

Wah, seru ya kunjungan ke museum kali ini. Kita jadi belajar tentang kedatangan bangsa Eropa ke Indonesia!” ucap Lulu sambil tersenyum lebar.

“Iya, kita jadi tau mulai dari alasan sampai lini masa kedatangan bangsa-bangsa Eropa ke Indonesia.” sahut Puti sambil tersenyum.

Mereka pun semakin bersemangat untuk berkeliling dan mempelajari berbagai hal tentang Indonesia..

Itulah cerita kunjungan siswa SD Nusantara ke museum. Mau tau petualangan seru Lulu, Puti, dan teman-teman lainnya? Ikuti ceritanya di ruangbelajar, yuk!

New call-to-action

Materi oleh: Panjie Brahmantio

Disunting oleh: Levina Sandra Supadi

Profile

Hani Maulia