Report Text: Pengertian, Struktur, Tujuan & Contohnya | Bahasa Inggris kelas 9

Struktur Report Text | Bahasa Inggris Kelas 9

Pada artikel ini, kita akan mempelajari mengenai report text atau teks reportase, mulai dari pengertian, apa saja strukturnya, tujuan, dan contohnya. Simak materi Bahasa Inggris kelas 9 ini hingga selesai, ya!

 

Report text atau teks reportase biasanya dibuat saat kamu ingin membuat suatu laporan. Apakah kamu pernah, dapat tugas sekolah membuat laporan, misalnya selesai berkunjung ke museum, atau saat selesai study tour?  Yuk, kita pelajari tentang report text dalam bahasa Inggris, mulai dari pengertian, tujuan, struktur disertai contohnya berikut ini!

 

Pengertian Report Text

What is report text? Kamu sudah pernah mengetahui tentang report text belum? Report text is a text that presents information about something in general based on research. Dalam bahasa Indonesia, report text adalah teks yang berisikan informasi mengenai sesuatu secara umum berdasarkan suatu penelitian. Report text bisa juga diartikan sebagai teks laporan. Contoh report text, antara lain artikel-artikel ilmiah yang ada pada ensiklopedia.

Apa itu report text

Baca Juga: Cara Mengungkapkan Expression of Agreement and Disagreement

 

Tujuan Report Text

What is report text used for? Tujuan utama dari report text adalah untuk menginformasikan tentang suatu objek berdasarkan fakta, sebagai hasil dari pengamatan atau analisis, atau dalam bahasa Inggris, the purpose of report text is to inform about certain functions of a participant.

Teks laporan atau report text hanya terdiri dari dua bagian atau struktur. Kedua bagian tersebut adalah general classification dan descriptions. Apa sih maksudnya kedua bagian dari struktur report text ini? Mari disimak!

Baca Juga: Belajar Present Perfect Tense, Kegunaan, dan Contoh Kalimatnya

 

Apa Bedanya Report Text dengan Descriptive Text?

Banyak yang salah mengidentifikasi antara report text dengan descriptive text, nih. Alasannya karena kedua text ini, punya karakteristik atau ciri-ciri yang hampir mirip. Makanya, kamu jangan sampai ikutan keliru juga, ya!

Lalu, apa sih yang membedakan antara report text dengan descriptive text? Jika dilihat dari pengertian dan tujuannya, baik report text maupun descriptive text, sama-sama digunakan untuk menjelaskan suatu hal, termasuk apa dan bagaimana hal itu bisa terjadi.

Tapi, descriptive text akan menjelaskan hal secara lebih spesifik, sementara report text hanya sebatas informasi umum saja.

Misalnya, kalau kamu ingin menjelaskan tentang kucing peliharaan, dalam descriptive text akan digambarkan mengenai karakteristik rincinya, mulai dari nama, warna bulu, warna mata, bentuk tubuh, ekor, ras, sifat, makanan dan minuman kesukaan, dan sebagainya. Sedangkan dalam report text, hanya membahas tentang kucing secara umum (bukan peliharaan), meliputi gambaranan umumnya saja.

Baca Juga: Descriptive Text: Pengertian, Tujuan, Struktur, Contohnya

 

Struktur Report Text

Sama seperti teks lainnya, report text juga memiliki struktur tersendiri. Berikut adalah penjelasan mengenai struktur report text:

 

1. General Classification

General classification atau klasifikasi umum adalah bagian struktur report text yang berisi pengelompokan umum dari objek yang dibicarakan. Bagian ini biasanya berisi informasi dasar dari objek tersebut.

Misalnya, jika report text-nya membahas tentang hewan, pengelompokkan umumnya dapat meliputi nama ilmiahnya, jenis makanannya, dan hal atau aspek yang paling dikenal dari objek tersebut.

Sampai sini, mulai paham kan tentang materi bahasa Inggris satu ini? Atau kamu jadi keinget punya PR yang kamu masih kurang pahamin? Gampang, kamu bisa banget langsung kirim foto soal PR kamu, dan penjelasannya di Roboguru! Cobain langsung dengan klik banner roboguru dibawah ini ya! 

IDN CTA Blog Roboguru Ruangguru 2022

 

2. Description

Description atau deskripsi adalah bagian struktur report text yang berisi penggambaran dari objek yang dibicarakan secara lebih rinci. Misalnya, fisik dan fungsinya, habitat, dan lama masa hidupnya. Contoh bagian description dalam sebuah report text:

It can grow up to 30 m high. They have a single cylindrical trunk. At the top of the trunk there are pinnate leaves. They are about 3 to 4 m long and the pinnate 60 to 90 cm long. The fruit is oval and the diameter is about 30 cm long. It has thick husk and a hard shell. Inside the shell there is white meat and sweet liquid.

Baca Juga: Pola Kalimat & Contoh Passive Form dalam Simple Tenses

 Perbedaan report text dan descriptive text

 

Kaidah Kebahasaan Report Text

Dalam membuat report text, ada beberapa kaidah kebahasaan yang perlu kamu perhatikan, di antaranya:

1. Simple Present Tense

Report text akan menggunakan Simple Present Tense, atau keadaan yang terjadi di masa sekarang. Cirinya, terdapat kata-kata seperti often, usually, always, today, dan sebagainya.

2. General Nouns

Report text akan menjelaskan informasi secara umum berdasarkan fakta. Oleh karena itu, noun yang digunakan juga bentuknya general. Contohnya, lion, cat, dog, dan sebagainya.

3. Linking Verb

Linking verb adalah kata kerja yang berfungsi untuk menghubungkan kata-kata lainnya. Contohnya, is, are, am, dan sebagainya.

4. Technical Terms

Dalam report text juga sering menggunakan istilah yang berkaitan dengan topik yang dibahas. Misalnya, ketika kamu membuat report text tentang hewan, maka dalam text tersebut harus terdapat istilah mengenai hewan tersebut.

 

Contoh Report Text

Cats

General classification

Cats are one of the members of Felidae, an animal family that consists of lions, tigers, bobcats, and cats. They are also called domestic cats or house cats, and their latin name is Felis catus. The domesticated cats have been human companions for around 9,500 years. Nowadays, they are very popular. Many people keep them as pets,

Description

On average, the weight of domestic cats ranges from 2.7 to 4.5 kg. The average lengths are 71.1 cm for male cats and 50.8 cm for female cats. In addition, cats maintain their energy by sleeping a lot. They can sleep for 12 to 16 hours a day.

Cats possess sharp claws on their feet that they use to catch their prey, fight, and climb. Despite having a sensitive vision, they cannot see very dark surroundings very well. However, they have a good balance. They are able to quickly pick themselves up when they fall. One of the unique characteristics of cats is they walk on their toes. Moreover, cats like to keep themselves clean by licking their body,

Baca Juga: Contoh Procedure Text tentang Petunjuk Penggunaan Obat

Gimana, mudah bukan belajar tentang report text? Kalau kamu masih belum ngerti dan mau lebih paham lagi, yuk belajar pakai ruangbelajar! Kamu bisa nonton video belajar beranimasi, latihan soal, dan baca rangkuman hanya melalui 1 aplikasi aja, lho! Kuy, download sekarang!

CTA ruangbelajar

Referensi:

Wachidah, Siti. 2018. Bahasa Inggris Kelas IX Think Globally Act Locally. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Artikel ini diperbarui pada 15 Maret 2024.

Leo Bisma