Pola Kalimat & Contoh Passive Form dalam Simple Tenses | Bahasa Inggris Kelas 9

Passive Form dalam Simple Tenses | Bahasa Inggris Kelas 9

Artikel Bahasa Inggris kelas IX kali ini akan membahas macam-macam Simple Tenses dalam bentuk Passive Form. Selain itu, rumus dan contoh kalimat dari Simple Tenses Passive Form juga akan dibahas dalam artikel ini.

--

Kamu tentu sudah mengenal macam-macam bentuk kalimat dalam Bahasa Inggris, kan? Kalau ingin membuat kalimat dalam Bahasa Inggris, tentu kamu harus menggunakan tenses yang sesuai. Salah satu tenses yang paling sering digunakan adalah Simple Tenses. 

Kalimat yang sering dibuat itu biasanya berupa kalimat aktif. Contohnya: Teddy reads book. Kalau kalimat tersebut mau diubah ke kalimat pasif, bagaimana caranya ya? Apakah jadinya books read Teddy? Wah, tentu bukan begitu bentuknya. Penasaran? Yuk, belajar bersama-sama! 

 

Passive Form dalam Simple Tenses

Nah, sekarang coba, deh, kalimat di atas kamu terjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia dulu. Dalam Bahasa Indonesia, Teddy reads book berarti "Teddy membaca buku". Sementara books read Teddy berarti "buku-buku membaca Teddy". Salah, kan?

Kalau kamu mau mengubah suatu kalimat ke dalam kalimat passive voice, berarti objek pada kalimat aktifnya harus diubah menjadi subjek pada kalimat pasifnya. Oleh karena itu, kalimat pasifnya menjadi buku dibaca oleh Teddy. Kalau dalam Bahasa Inggris, seperti apa, sih?

Sebelum kamu belajar membuat kalimat pasifnya dalam Bahasa Inggris, kamu harus ingat kalau ada 3 bentuk Simple Tenses, yaitu Simple Present Tense, Simple Past Tense, dan Simple Future Tense. Coba, apa sih yang membedakan ketiga jenis Simple Tenses tersebut?

Perbedaannya terletak pada keterangan waktunya ya. Kalau Simple Present Tense itu digunakan untuk menerangkan kejadian yang berlangsung di waktu sekarang. Sedangkan Simple Past Tense digunakan untuk menjelaskan kejadian yang sudah berlangsung di masa lalu. 

Kalau Simple Future Tense itu untuk apa? Untuk menjelaskan kejadian yang akan berlangsung di masa depan. Jangan tertukar, ya! Supaya tidak tertukar, yuk simak rumusnya pada gambar di bawah ini!

Baca juga: Belajar Present Perfect Tense, Kegunaan, dan Contoh Kalimatnya

 

Pola Kalimat Simple Tense Passive Form

Nah, perlu di catet nih, karena bagian ini penting untuk kamu hapalkan. Jika kamu ingin merubah sebuah kalimat simple tense dari bentuk aktif jadi bentuk pasif, gunakan rumus passive form berikut ya! 

Rumus Passive Form dalam Simple Tense

 

1. Pola Kalimat Passive Form Simple Present Tense

Kalimat aktif

S + V1/-s + -es + O

Kalimat pasif

O + am/is/are + V3 + by + S

 

2. Pola Kalimat Passive Form Simple Past Tense

Kalimat aktif

S + V2 + O

Kalimat pasif

O + was/were + V3 + by + S

 

3. Pola Kalimat Passive Form Simple Future Tense

Kalimat aktif

S + will + V1 + O

Kalimat pasif

O + will be + V3 + by + S

Baca juga: Contoh Procedure Text tentang Petunjuk Penggunaan Obat

 

Contoh Passive Form 

Udah tau bentuknya, serta rumusnya, belum lengkap nih belajarnya kalau belum nyimak contohnya. Berikut contoh passive voice pada sebuah kalimat dengan beberapa bentuk simple tense, ya!

 

1. Contoh Passive Form dalam Simple Present Tenses

Coba-coba, sekarang kalimat yang tadi diubah ya. Teddy reads book itu pakai Simple Present Tense ya. Kalimat pasifnya kita ubah sesuai dengan rumusnya yakni Object + am/is/are + V3 + by + Subject.  Berarti menjadi Book is read by Teddy. Mudah, bukan?

 

2. Contoh Passive Form dalam Simple Past Tenses

Sekarang coba kalimat aktifnya diubah ke bentuk Simple Past Tense, ya. Kalimatnya menjadi Teddy read book, kan? 

Ingin diubah jadi passive form, Tinggal ikuti rumusnya aja, Object + was/were + V3 + by + Subject.  Berarti bentuk kalimat pasifnya menjadi Book was read by Teddy

 

3. Contoh Passive Form dalam Simple Future Tenses

Selanjutnya, coba kamu ubah kalimat aktifnya ke Simple Future Tense. Kalimat aktifnya menjadi Teddy will read book. Karena kalimatnya menggunakan Simple Future Tense, kita gunakan rumus passive form buat yang simple future tense, yaitu:  Object + will be + V3 + by + Subject. Maka bentuk kalimat pasifnya adalah Book will be read by Teddy

Sampai sini oke ya?  Nggak bingung kan? Masih butuh kalimat contoh passive form atau passive voice yang lain? Yuk, simak gambar di bawah ini!

contoh kalimat passive voice

Baca juga: Cara Mengungkapkan Expression of Agreement and Disagreement

 

Nah gimana, mudah bukan? Yuk, sering-sering latihan supaya makin paham dengan materi ini! Kalau kamu ingin belajar materi bahasa inggris lainnya, bisa tuh cobain kepoin artikel bahasa Inggris lainnya di blog Ruangguru.

Supaya makin seru, belajar di Brain Academy Online, yuk! Kamu bisa belajar dengan fitur belajar unggulan seperti Live teaching bareng teman-teman seluruh Indonesia dan dibimbing Star Master Teacher terbaik Ruangguru, lho! 

BA online

Artikel ini diperbarui 24 Februari 2022.

Profile

Leo Bisma

Suka nonton film, liat bulan kalau malam, dan membaca semua kecuali pikiran. Oh ya, suka menulis juga di Ruangguru