Belajar Descriptive Text: Pengertian, Tujuan, Struktur & Contohnya | Bahasa Inggris Kelas 7

Konsep Pelajaran_Pengertian Descriptive Text_Bahasa Inggris Kelas 7 

Apa itu descriptive text? Yuk, pahami aspek-aspeknya meliputi pengertian, tujuan, struktur, serta contoh teksnya di artikel Bahasa Inggris kelas 7 berikut ini.

 --

Halo, guys! Apa yang ada dipikiran kamu tentang Candi Borobudur? Pasti kamu menyebut bahwa Borobudur itu merupakan candi yang bentuknya unik dan megah. Di Candi Borobudur, terdapat relief yang terukir indah. Candi Borobudur berfungsi sebagai tempat ziarah umat Buddha serta dijadikan objek wisata bersejarah. 

Nah, dari apa yang tadi kamu telah sebutin, tahu enggak kalau itu termasuk teks deskripsi? Yap, teks yang menggambarkan suatu tempat, benda, orang, hewan, maupun kondisi atau keadaan tertentu. Di pelajaran Bahasa Indonesia, kamu belajar juga loh tentang teks deskripsi. Kamu bisa coba baca-baca di artikel, ‘Belajar Teks Deskripsi: Pengertian, Ciri-Ciri, dan Strukturnya’, ya.

Dalam bahasa Inggris, teks deskripsi disebut dengan descriptive text. Kali ini, kita akan belajar teks deskripsi dalam bahasa Inggris, guys. So, kamu enggak cuma bisa mendeskripsikan sesuatu dalam bahasa Indonesia saja, tapi pakai bahasa Inggris juga jago! Penasaran? Yuk, langsung kita simak bersama!

 

Definition of Descriptive Text (Pengertian Teks Deskripsi)

Descriptive text is a text that describes a particular object in detail. Dalam bahasa Indonesianya, descriptive text atau teks deskripsi adalah sebuah teks yang mendeskripsikan objek tertentu secara rinci. Jadi, seperti yang sudah disinggung di awal, pada teks ini, kamu akan menggambarkan objek secara jelas. Bisa ukurannya, warna, bentuk, bau, dan lain sebagainya.

Nah, kalau teks yang dibahas di atas tadi merupakan contoh deskripsi tempat, yaitu Candi Borobudur.

Konsep Pelajaran_Contoh Descriptive Text_Bahasa Inggris Kelas 7

Baca Juga: Apa Sih Bedanya Penggunaan Many dan Much? Berikut Penjelasan Lengkapnya!

 

Purpose of Descriptive Text (Tujuan Teks Deskripsi)

The purpose of descriptive text is to describe an object in detail. Tujuan dari descriptive text adalah mendeskripsikan atau menggambarkan suatu objek secara detail (rinci). Objek-objek ini bisa berupa orang, hewan, benda, atau tempat. 

Misalnya descriptive text tentang seekor hewan. Teks tersebut dapat memuat berbagai informasi tentang deskripsi fisik, makanan, habitat, asal usul, perkembangbiakkan, hingga fakta-fakta unik yang terkait.

Ingat, descriptive text hanya menjelaskan satu objek tertentu secara detail. Jadi, kalau kamu mau membuat sebuah descriptive text, kamu bisa menjelaskan ciri-ciri salah satu kucing peliharaanmu, bukan menjelaskan ciri-ciri kucing secara umum yang ada di dunia.

 

Structure of Descriptive Text (Struktur Teks Deskripsi)

Setiap teks pasti terdiri dari beberapa bagian yang menyusunnya ya, guys. Struktur descriptive text terdiri dari dua bagian, yaitu identification (identifikasi) dan description (deskripsi).

Konsep Pelajaran_Struktur Descriptive Text_Bahasa Inggris Kelas 7

 

Bagian identification berisi pengenalan objek yang akan dideskripsikan. Contohnya seperti, ‘objek itu apa?’ atau ‘dari mana objek itu berasal?’. Sedangkan bagian description berisi penjelasan yang lebih spesifik dari objek yang sedang dideskripsikan. Di bagian ini, kamu bisa menjelaskan tentang penampilan maupun kepribadian objek tersebut.

Oke, supaya kamu semakin paham, kita simak contoh descriptive text berdasarkan strukturnya berikut ini, yuk!

Konsep Pelajaran_Contoh Descriptive Text berdasarkan Struktur_Bahasa Inggris Kelas 7

 

Nah, teks deskripsi tersebut menjelaskan tentang Hanni. Bagian identification terdapat pada kalimat pertama, kedua, dan ketiga. Dari bagian ini, kita bisa tahu ya kalau Hanni adalah teman baik si penulis. Hanni sekelas dengan penulis di SMP. Kemudian, bagian descriptionnya terdapat pada kalimat keempat sampai keenam. Penulis menjelaskan penampilan Hanni yang cantik. Ia punya wajah oval, mata bulat, hidung mancung, dan rambut yang panjang. Selain itu, dijelaskan juga kepribadian Hanni yang ramah dan pintar.

Gimana? Sampai sini, apakah kamu sudah paham mengenai materi descriptive text?

Baca Juga: Begini Loh Cara Menyapa Orang dalam Bahasa Inggris (Greetings)!

 

Language Features of Descriptive Text (Kaidah Kebahasaan Teks Deskripsi)

Dalam menulis descriptive text, ada kaidah kebahasaan yang harus kamu gunakan. Language features of descriptive text terdiri dari tiga, yaitu adjective, Simple Present Tense, dan adverb of frequency. Ayo kita bahas satu per satu!

 

1. Adjective

Descriptive text tidak terlepas dari adjective atau kata sifat. Saat mendeskripsikan suatu objek, kita pasti menggunakan kata sifat, seperti besar, kecil, tinggi, pendek, pintar, ramah, dan lain sebagainya. Contoh:

Hanni is so pretty. She has an oval face, rounded eyes, pointed nose, and long hair. She is smart and friendly.

Adjective yang digunakan pada descriptive text di atas adalah pretty (cantik), oval (oval/lonjong), rounded (bulat), pointed (mancung), long (panjang), smart (pintar), dan friendly (ramah).

 

2. Simple Present Tense

Simple Present Tense biasa digunakan untuk menyatakan fakta atau kebenaran umum, serta kebiasaan. Saat mendeskripsikan suatu objek, kita akan menggunakan tense jenis ini karena apa yang kita jabarkan dari objek tersebut adalah fakta.

Pola kalimat Simple Present Tense bisa kamu pelajari secara lengkap di artikel ‘Contoh Kalimat Simple Present Tense berdasarkan Polanya’, ya guys!

 

3. Adverb of Frequency

Adverb of frequency adalah kata keterangan yang berguna untuk menunjukkan seberapa sering suatu kegiatan dilakukan. Nah, dalam descriptive text, kita bisa menjelaskan kebiasaan objek menggunakan ini.

Konsep Pelajaran_Descriptive Text_Adver of Frequency_Bahasa Inggris Kelas 7

 

Contoh:

Hevi is a helpful and polite person. She often helps me to do my homework and always respects the elders.

Dari deskripsi tersebut, penulis menggunakan adverb of frequency, yaitu often dan always.

Fyuh, dari tadi kita sudah bahas pengertian, struktur, hingga kaidah kebahasaan teks deskripsi. Nah, sekarang kita buat contoh teks deskripsi dalam bahasa Inggris tentang Hanni secara lengkap, yuk!

 

Example of Descriptive Text (Contoh Teks Deskripsi)

My Best Friend, Hanni

Identification:

Let me introduce you to my best friend. Her name is Hanni. She is my classmate in Junior High School. She is thirteen years old.

Description:

Hanni is so pretty. She has an oval face, rounded eyes, pointed nose, and beautiful black long hair. Her skin color is fair. Also, she has a slim body and is quite tall. She is 155 centimeters tall. 

Hanni really loves to sing and dance. She joins the dance club as her extracurricular activity at school. She is smart and friendly. She often helps me to do my homework and always respects the elders. Everyone loves her.

Baca Juga: Contoh Descriptive Text dalam Bahasa Inggris, Simak Yuk!

 

Itu lah materi tentang teks deskripsi dalam bahasa Inggris. Wow, menurutmu, materi descriptive text ini mudah enggak? Kamu boleh lho bikin catatan dari artikel ini karena materi ini sangat berguna di kehidupanmu sehari-hari. Nah, biar persiapanmu semakin lengkap, kamu bisa nih nonton video animasi belajar yang lucu dan seru di ruangbelajar. Tunggu apa lagi, buruan download aplikasinya sekarang juga!

ruangbelajar

Referensi:

‘Sejarah Candi Borobudur’ [Daring]. Tautan: https://www.bbc.com/indonesia/majalah-61701745 (Diakses pada 7 November 2022)

Sumber Gambar:

Foto 'Hanni New Jeans pics on Twitter' [Daring]. Tautan: https://www.pinterest.com/pin/newjeans-pics-on-twitter-in-2022--1043287069902981585/ (Diakses pada 7 November 2022)

Profile

Hani Ammariah

Anaknya seneng ngitung, tapi nggak perhitungan. Dulu pernah kuliah di Institut Pertanian Bogor jurusan Matematika. Sekarang jadi tukang nulis a.k.a Content Writer di Ruangguru.