Contoh Procedure Text tentang Petunjuk Penggunaan Obat | Bahasa Inggris Kelas 9

procedure text 2

Yuk, simak pembahasan mengenai contoh procedure text pada petunjuk penggunaan obat di artikel bahasa Inggris kelas 9 berikut ini!

--

 

Saat kamu sakit, pasti kamu akan dianjurkan untuk mengonsumsi obat oleh dokter. Nah, pernahkah kamu menyadari, jika di setiap bungkus obat terdapat prosedur tentang bagaimana cara menggunakan obat tersebut?

Kali ini kita akan membahas deskripsi penggunaan obat yang termasuk ke dalam procedure text. Procedure text adalah sebuah teks yang memberikan intruksi mengenai cara untuk membuat atau melakukan sesuatu. Tujuan dari procedure text ini adalah menjelaskan bagaimana sesuatu dibuat atau dilakukan dengan langkah-langkah yang berurutan.

Sekarang, mari kita coba untuk mengupas lebih dalam mengenai apa saja yang terkandung dalam procedur text berbentuk medical prescription atau petunjuk penggunaan obat. Yuk, kita lihat gambar berikut!

procedure text - medicinal prescription

Pada gambar di atas, terdapat judul yang terletak paling atas, yaitu Drug Facts, yang mempunyai arti “informasi obat”. Di sana, kita dapat menemukan apa saja yang biasanya terpampang pada label obat, seperti Active and Inactive Ingredients, Warnings, Directions, Other Information, and Questions or Comments. Sekarang, mari kita bedah satu per satu bagian-bagian yang ada dalam obat tersebut!

Baca juga: Cara Mengungkapkan Expression of Agreement and Disagreement

Active and Inactive Ingredients

Bagian ini mempunyai arti “zat aktif” dan “zat inaktif”. Apakah itu? Oke, yang dimaksud dengan zat atau kandungan aktif, yaitu senyawa kimia yang berfungsi untuk menyembuhkan gejala-gejala penyakit, sesuai dengan tujuan pembuatan obat tersebut. Dalam satu jenis obat, sangat mungkin terdapat lebih dari satu jenis kandungan zat aktif. Biasanya, zat atau kandungan aktif ini selalu ada di bagian atas label.

Sedangkan, zat atau kandungan inaktif adalah segala sesuatu yang terkandung di dalam obat, tetapi nggak dimaksudkan untuk menyembuhkan gejala. Yang termasuk ke dalam kandungan inaktif adalah zat pewarna, zat perasa, atau zat pengikat kandungan obat. Biasanya, zat atau kandungan inaktif ini selalu ada di bagian bawah label.

Uses

Bagian ini mempunyai arti “penggunaan atau indikasi”. Ini adalah informasi mengenai jenis gejala penyakit yang bisa diatasi oleh obat tersebut, misalnya meringankan sakit kepala atau hidung tersumbat. 

meme obat

Siapa yang tiap biasnya mau comeback minum ini? (sumber: pinterest.es)

Warnings

Bagian ini mempunyai arti “peringatan”. Kata ini sering tercantum pada kemasan atau label obat-obat tertentu untuk memberi peringatan, misalnya tentang sifat obat ataupun pemakaiannya kepada si pemakai atau konsumen obat tersebut. Peringatan ini juga dapat berisi informasi anjuran berkonsultasi ke dokter jika sakit berlanjut setelah pemakaian obat, efek samping yang mungkin ditimbulkan, kondisi-kondisi yang bisa menimbulkan efek samping, dan larangan penggunaan obat pada kondisi tertentu.

Directions

Bagian ini bukan berarti “arah” ya, melainkan “petunjuk” pada kemasan obat. Petunjuk ini berisi berapa takaran dan berapa sering obat harus digunakan. Siapa yang suka minum obat, tapi nggak pakai takaran? Hati-hati ya guys, karena biar bagaimana pun, obat itu punya efek keras ke tubuh. Nah, untuk obat berbentuk cair, pastikan untuk menggunakan alat yang tepat sesuai petunjuk. Misalnya, sendok teh untuk takaran anak-anak, sedangkan sendok makan untuk dewasa.

Other Information

Bagian ini mempunyai arti “informasi lain” atau di luar hal-hal sebelumnya. Biasanya tentang bagaimana sebaiknya menyimpan obat tersebut. Misalnya, menyimpan obat di tempat kering, tidak lembab, atau jauh dari sinar matahari. Ingat ya, guys, sangat penting untuk selalu memeriksa tempat penyimpanan obat di rumah. Kenapa? Hal ini bertujuan untuk memastikan agar obat yang disimpan masih dalam kondisi baik dan tidak kadaluarsa. Obat yang kadaluarsa tentu akan sangat berbahaya jika dikonsumsi ya, karena sangat berisiko menyebabkan keracunan obat.

Questions and Comments

Bagian ini mempunyai arti “pertanyaan dan komentar”. Bagian ini memuat info tentang nomor telepon, surel, atau alamat produsen pembuat obat atau layanan konsumen.

Baca juga: Contoh Kalimat If Clause pada Conditional Sentence

Oke, sekarang kamu sudah tau nih mengenai informasi yang tertera pada kemasan obat dan cara membaca petunjuknya. Nah, supaya kamu lebih paham dengan penjelasan di atas, coba jawab contoh soal procedure text di bawah ini, yuk!

Contoh Soal Procedure Text

Exercise 1

exercise medicinal prescription

From the picture above, you can use this cream on your body parts, except….

A. Hands
B. Legs
C. Eyes
D. Stomach

 

Jawaban: C

Pembahasan:

Dari gambar di atas, kamu bisa melihat pada bagian “warnings” terdapat kalimat “when using this product avoid contact with eyes.” Artinya kamu tidak boleh memakai obat ini pada bagian mata. Jadi, jawaban yang tepat itu C, ya.

Oke, sudah paham kan tentang hal-hal yang telah dijelaskan tadi tentang procedure text petunjuk penggunaan obat. Kamu jadi tau deh apa saja yang ada di balik kemasan obat yang sering kamu konsumsi apabila sedang sakit. Jika masih ada yang belum kamu pahami, kamu bisa tonton video belajar beranimasi di ruangbelajar. Yuk, coba download dan pelajari lebih banyak materi lainnya!

New Call-to-action

Sumber gambar:

Foto 'Meme Obat' [Daring]. Tautan: https://www.pinterest.es/pin/752101206520672055/ (Diakses pada 30 September 2021)

Profile

Shabrina Alfari

Senior Content Writer at Ruangguru