Pengertian Procedure Text, Contoh & Aspeknya | Bahasa Inggris Kelas 12

Pengertian Procedure Text, Contoh, dan Aspek-Aspeknya | Bahasa Inggris Kelas 12

Saat kelas 12, kamu akan mulai belajar tentang procedure text. Untuk itu, kamu perlu memahami dasar-dasarnya sebelum dapat menulis procedure text versi kamu! Dalam artikel ini, kita akan bahas pengertian, aspek, dan juga contoh dari procedure text tersebut.

--

Hai, siapa di antara kamu yang suka memasak? Kalau memasak, tentu kamu membutuhkan resep, kan? Apakah kamu pernah memasak berdasarkan resep berbahasa Inggris? Dalam Bahasa Inggris, resep termasuk ke dalam jenis teks yang disebut procedure text. Wah, apa sih itu? Yuk, kita pelajari bersama-sama, ya!

Procedure text is a text that explains, inform or helps reader on how to make or use something. Dalam bahasa Indonesianya, procedure text adalah teks yang memberikan instruksi, menginformasikan, atau membantu pembaca tentang bagaimana cara untuk membuat atau melakukan sesuatu.

Biasanya jenis teks ini diawali dengan kalimat How to…”, misalnya How to make a cup of tea” atau How to operate the machine”. procedure text banyak terdapat di buku resep masakan dan buku petunjuk (manual book).

The purpose of procedure text atau tujuan procedure text adalah untuk menjelaskan bagaimana sesuatu dibuat, dilakukan atau digunakan melalui langkah-langkah yang berurutan (to show how something is made/used/done through sequence of steps). Kira-kira, aspek apa saja ya, yang terdapat dalam teks prosedur? 

Baca juga: Belajar Membuat procedure text dari Minuman Viral

 

Aspek-Aspek Procedure Text

Untuk mengawali pembahasan, marilah kita coba pahami struktur dari teks ini. Pada penulisan structure of procedure text dalam bahasa Inggris, terdapat dua poin penting yang perlu dipahami dan pelajari, yakni: 

 

1. Structure of Procedure Text

Structure of procedure text terdiri dari 3 bagian, lho! Apa saja ya bagian dari structure of procedure text? Ada goal, materials, dan steps. Yuk lihat penjelasannya pada gambar di bawah ini! 

Struktur Procedure Text

Baca juga: Contoh Procedure Text tentang Petunjuk Penggunaan Obat 

 

2. Language Features of Procedure Text

Setelah mengetahui aspek-aspek yang terdapat pada procedure text, sekarang yuk pelajari tentang kaidah kebahasaannya. Apa sajakah kaidah kebahasaan dari procedure text? Yuk kita bahas!

 

a. Simple Present Tense

Procedure text harus ditulis dengan menggunakan Simple Present Tense, ya guys! Hal ini dikarenakan dalam procedure text terdapat kalimat-kalimat fakta mengenai cara membuat atau melakukan sesuatu.

 

b. Kalimat Perintah (Imperative Sentences)

Apakah yang dimaksud kalimat perintah atau imperative sentences pada procedure text? Imperative sentence selalu diawali oleh verb 1 dari action verb atau kata kerja yang melibatkan aktivitas fisik. Jadi, kita tidak perlu memakai subject di awal kalimatnya. 

Contoh: Add 3 onions and mix it well.  Kalimat ini diawali oleh verb 1, add. Tidak ada subjek di awal kalimatnya ya.

 

c. Kata Penghubung (Connectives)

Kata penghubung (connectives) digunakan dalam sebuah procedure text untuk menghubungkan langkah-langkah di dalamnya supaya daftar instruksi yang dibuat menjadi runtut dan mudah dipahami. 

Contoh: firstly, secondly, then, after that, finally, dan sebagainya.

 

d. Kata Keterangan (Adverbs)

Kata keterangan (adverbs) digunakan untuk memberikan keterangan waktu. Ada 2 jenis kata keterangan atau adverbs yang digunakan dalam procedure text, yaitu: 

  • Adverb of time atau kata keterangan waktu yang menandakan berapa lama kita harus melakukan sesuatu. Contoh: in 10 minutes, for 1 hour.

  • Adverb of manner atau keterangan cara bagaimana melakukan sesuatu. Contoh: slowly, well, evenly.

Baca Juga: Mengenal Kalimat Present Conditional

 

Contoh Procedure Text

Oke, setelah kita memahami apa saja aspek-aspek procedure text, sekarang waktunya kita perhatikan contoh procedure text di bawah ini, ya. Contoh procedure text berikut kita bedah berdasarkan ketiga strukturnya. 

Contoh Procedure Text

 

Bagaimana, sudah paham kan bagaimana membuat procedure text? Jangan lupa dipahami baik-baik sebelum membuat procedure text versimu, ya! BTW, kalau kamu lagi persiapan buat ngambis untuk UTBK ada kabar baik nih buatmu, karena Ruangguru lagi ngadain #PelatnasUTBK. 

Program ini diadakan untuk ngebantu kamu capai target lolos PTN! Kamu bisa dapetin  rekomendasi belajar harian, latihan soal, konten terbaik untuk memaksimalkan cara belajar, dan bisa mengikuti rangkaian event Kejar Kampus Impian! Yuk daftar, karena Pelatnas UTBK Ruangguru ini GRATIS lho!

Join Grup #PelatnasUTBK

Referensi:

Widiati, Utami. 2018. Bahasa Inggris kelas 12 Edisi Revisi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

 

Artikel ini terakhir diperbarui tanggal 14 Januari 2022.

Profile

Leo Bisma

Suka nonton film, liat bulan kalau malam, dan membaca semua kecuali pikiran. Oh ya, suka menulis juga di Ruangguru