Belajar Cara Membuat Procedure Text dari Minuman Viral | Bahasa Inggris Kelas 12

cara membuat procedure text

Yuk, kita belajar bersama-sama mengenai cara membuat procedure text dari minuman yang sedang viral saat ini.

Gengs, pernah dengar Dalgona Coffee nggak? Itu, lho kopi yang lagi nge-hits, yang katanya, sih enak, cara buatnya gampang banget, terus bahan-bahannya nggak susah dicari. Cuma, tekniknya bisa bikin kamu kelelahan tingkat dewa.

Meskipun teknik membuat Dalgona Coffee menguras tenaga, orang-orang di seluruh dunia tetap tertarik untuk membuat minuman ini, lho. Banyak sekali sebenarnya minuman yang viral, contohnya Es Kepal Milo atau Thai Tea. Minuman-minuman ini bisa viral karena panduan resep juga cara pembuatannya tersebar di mana-mana.

Saat masa karantina di rumah gini, untuk menghilangkan rasa jenuh, banyak di antara kamu pasti melakukan eksplorasi masakan. Mungkin berhasil, mungkin nggak. Pun kamu ketika membuat suatu masakan, sering melihat resep-resep pembuatannya, ya? Baik dari video TikTok yang tutorial masak atau di pinterest mungkin. Nah, resep-resep atau panduan memasak itu, dalam bahasa Inggris disebut dengan procedure text.

Karena procedure text ini dalam bahasa Inggris, orang-orang di seluruh dunia bisa memahaminya. Mungkin kamu punya keinginan untuk membuat sebuah procedure text tentang minuman buatanmu sendiri, yang ingin kamu viral-kan tapi nggak tahu cara membuat teksnya. Nggak perlu bingung, simak langkah-langkah berikut, ya!

1. Gunakan language features khusus untuk procedure text

Pada procedure text, terdapat berbagai fitur bahasa, di antaranya adalah penggunaan kalimat dalam simple present tense, kalimat perintah (imperative sentences), kata penghubung (connectives) dan kata keterangan (adverbs).

cara membuat procedure text

 

2. Pahami bagian-bagian yang harus ada pada procedure text

Terdapat tiga bagian yang ada pada procedure text, yaitu goals (tujuan), materials (bahan-bahan yang perlu digunakan), dan steps (langkah-langkah pengerjaan).

bagian-bagian procedure text

Bagaimana? Cukup mudah, kan membuat procedure text? Mungkin saat kamu bereksperimen dengan resep makanan dari internet, kamu jadi terinspirasi. Kepikiran mau bikin sebuah masakan yang enak dan praktis, lalu mau kamu bagikan ke teman-temanmu, nah dengan procedure text ini, kamu akan lebih gampang untuk membagikan masakan buatanmu itu.

Mau tahu cara membuat teks-teks lainnya dalam bahasa Inggris? ruangbelajar jawabannya. Di sana ada banyak video penjelasan dari para master teacher yang akan memuaskan rasa penasaranmu dan memberikan ruang untukmu yang haus akan ilmu. Tunggu apalagi? Ayo gabung sekarang juga!

IDN CTA Blog ruangbelajar for desktop Ruangguru

Referensi:

Widiati, Utami. 2018. Bahasa Inggris untuk kelas 12 Edisi Revisi. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Artikel ini terakhir diperbarui tanggal 15 Desember 2020

Muhammad Azka Rais