Beasiswa Penuh Kuliah D3 Kedinasan Akmet, Dapat Kesempatan Bekerja di Kementerian!

Sofia Nur Fauziah Mar 31, 2021 • 6 min read



PK_-_Info_Beasiswa_AKMET_2021-01 (1)

Mau kuliah di Perguruan Tinggi Kedinasan Gratis? Simak informasi Beasiswa Akademi Metrologi dan Instrumentasi (Akmet) berikut ini. 

--

Siapa yang kemarin berhasil lolos ke perguruan tinggi dan jurusan impian melalui jalur SNMPTN? Selamat ya! Mudah-mudahan ini bisa membuka jalan suksesmu di masa depan. Bagi yang belum lolos, selamat kamu beruntung! Loh beruntung bagaimana sih maksudnya?

Iya dong beruntung, karena kamu punya kesempatan untuk masuk ke perguruan tinggi favorit melalui jalur UTBK-SBMPTN, UM, SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, dan seleksi sekolah kedinasan. Hayo mau pilih yang mana nih? Hmm, kalau masih bingung, coba deh kamu daftar ke Akademi Metrologi dan Instrumentasi (Akmet) karena sekarang sedang membuka pendaftaran melalui jalur beasiswa. Akmet merupakan perguruan tinggi kedinasan dibawah Kementerian Perdagangan. 

Akmet bertujuan untuk mencetak sumber daya manusia yang profesional di Bidang Metrologi, Instrumentasi, dan Perdagangan. Nah untuk mencapai tujuan tersebut, Akmet menyelenggarakan beasiswa yang diberikan dalam bentuk biaya pendidikan. Di tahun 2021, Akmet berencana untuk menerima mahasiswa baru sebanyak 55 orang. Beasiswa ini ditujukan bagi kamu yang sekarang kelas 12 dan/atau perwakilan Unit Metrologi Legal (UML) Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia. Yuk, simak informasi selengkapnya mengenai Beasiswa Akmet berikut ini.

Cakupan Beasiswa:

  1. Biaya pendidikan selama 6 semester.
  2. Bebas uang pendaftaran, uang pangkal dan Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP).

Persyaratan Beasiswa:

  1. Peserta berusia tidak lebih dari 21 tahun per 31 Desember 2021, dibuktikan dengan akta kelahiran.
  2. Persyaratan nilai rapor untuk mata pelajaran Matematika, Fisika, dan bahasa Inggris tidak kurang dari 70.00 dengan skala 100 dari Semester 1 Kelas X sampai dengan Semester 5 Kelas XII. 
  3. Surat keterangan konversi nilai skala 0 - 100 yang ditandatangani oleh Kepala Sekolah bersangkutan (khusus bagi pendaftar yang nilainya menggunakan skala nilai huruf atau nilai skala 0 - 10). Format surat keterangan konversi nilai dapat diunduh di website http://akmet.kemendag.go.id

Berkas Dokumen yang Dibutuhkan:

  1. Siapkan file scan/digital yang dibutuhkan untuk pendaftaran, dengan format file yang diperbolehkan JPG. File yang dibutuhkan adalah:

    -Pas foto berwarna 3 (tiga) bulan terakhir ukuran 4x6 cm, resolusi minimum 150 dpi, dengan ukuran file maksimum 500kB.
    -Scan Akta Kelahiran, resolusi minimum 150 dpi, dengan ukuran file maksimum 1MB.
    -Scan Kartu Keluarga (KK), resolusi minimum 150 dpi, dengan ukuran file maksimum 1 MB.

  2. Pastikan dokumen yang kamu upload bisa terbaca. Pendaftaran dengan dokumen yang tidak terbaca (akibat resize terlalu kecil) dapat mengakibatkan pendaftaran kamu tidak dapat diproses untuk Seleksi Administrasi. Keputusan panitia tidak dapat diganggu gugat.

  3. Isilah formulir pendaftaran online sesuai dengan data diri asli dan dapat dipertanggungjawabkan.

  4. Pengisian formulir dan upload dokumen dapat dilakukan pada waktu yang berbeda. Formulir yang telah diisi dapat disimpan. Jika ingin upload dokumen di lain kesempatan, kamu terlebih dahulu harus login dengan email dan password.

Catatan:

  1. Kesalahan dalam pendaftaran berupa ketidaksesuaian isi formulir dengan dokumen asli akan mengakibatkan aplikasi tidak dapat diproses untuk seleksi administrasi.
  2. Kesalahan dalam upload dokumen atau tidak tercantumnya dokumen adalah bentuk ketidaklengkapan aplikasi sehingga tidak akan diikutsertakan dalam seleksi administrasi.

Timeline Seleksi Beasiswa:

Tanggal

Keterangan

8 Maret - 18 April 2021

Pendaftaran

19 April 2021

Seleksi Administrasi

24 April 2021

Pengumuman peserta yang lulus seleksi administrasi

6 Mei 2021

Tes Kemampuan Akademik (TKA)

19 Mei 2021

Pengumuman hasil Tes Kemampuan Akademik (TKA)

24 Mei 2021

Psikotes

7 Juni 2021

Pengumuman Hasil Akhir Seleksi

 

psikotes akmet

Psikotes Akademi Metrologi dan Instrumentasi (Akmet)

(Sumber: hakmet.ac.id/galeri)

Wah, Beasiswa Akmet ini paket lengkap ya. Sudah gratis biaya pendaftaran, eh biaya kuliahnya juga gratis. Ditambah lagi, setelah lulus kamu juga memiliki kesempatan untuk bekerja di kementerian. Wajar saja ya apabila persaingan untuk mendapatkan beasiswa ini cukup ketat. 

Lulusan Akmet nantinya akan memiliki keunggulan dalam bidang Kemetrologian Nasional, karena selain diajarkan ilmu metrologi, kamu juga dibekali dengan ilmu instrumentasi. Sebentar-sebentar, sebenarnya ilmu metrologi dan instrumentasi itu apa sih? Singkatnya, nanti kamu akan mempelajari ilmu tentang pengukuran secara luas mulai dari alat, teknologi hingga prosesnya. Oleh sebab itu, kamu dapat memiliki kemampuan yang baik dalam beradaptasi dengan kemajuan alat ukur. Nah, kalau kamu tertarik untuk melanjutkan pendidikan ke Akmet, jangan lupa membaca dengan teliti pengumuman Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Akmet

Informasi dan Kontak : 

Twitter: @AkmetMetrologi

Facebook: Akmet Kemendag

Website: http://akmet.kemendag.go.id/news/detail_news/83

Telepon: +62 813 5500 0872

Email: info@akmet.ac.id

Pendaftaran Beasiswa Akmet akan ditutup pada tanggal 18 April 2021. Selain nilai rapor, kamu juga harus mempersiapkan diri untuk menghadapi Tes Kemampuan Akademik (TKA). Jadi, lebih baik kamu belajar dari sekarang ya. Tujuannya sih kalau nanti dinyatakan lolos seleksi administrasi, kamu tidak perlu berjuang terlalu keras untuk belajar lagi. Tapi ‘kan sekarang sedang sibuk untuk Ujian Praktek dan Ujian Sekolah, bagaimana cara membagi waktu untuk belajar TKA juga? Tenang saja, kuncinya kamu harus disiplin dalam manajemen waktu. Kamu bisa menerapkan teknik pomodoro dan belajar dengan ruangbelajarplus agar belajar bisa lebih efektif. 

New call-to-action

Beri Komentar