Beasiswa IsDB, Siap Mengantarmu Masuk ke Salah Satu dari 10 PTN Terbaik di Indonesia!


beasiswa islamic development bank

Masuk ke salah satu PTN terbaik di Indonesia? Siapa sih yang gak mau?! Bersama beasiswa Islamic Development Bank (IsDB), kamu bisa masuk ke PTN terbaik di Indonesia dengan bantuan biaya pendidikan dan mendapatkan uang saku bulanan. Wah, menarik ‘kan? Supaya kamu bisa segera mendaftar, yuk, baca informasi lengkapnya di bawah ini! 

---

Biaya kuliah yang cukup besar, menjadi salah satu pertimbangan bagi para pelajar untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Sehingga banyak pelajar kelas 12 yang mulai mencari informasi beasiswa untuk membantu sekolahnya. Apalagi dimasa pandemi seperti ini, rasanya ingin sekali membantu meringankan beban orang tua. Meskipun begitu, jangan pernah putus asa ya! Banyak kok informasi beasiswa yang bisa kamu temui.

Seperti beasiswa yang satu ini, yaitu beasiswa IsDB (Islamic Development Bank). Islamic Development Bank (IsDB) atau Bank Pembangunan Islami, merupakan lembaga keuangan multilateral yang didirikan pada tahun 1975 (1392 H) oleh Organisasi Konferensi Islam (OKI).  Terdapat 57 negara yang tergabung menjadi anggota IsDB, termasuk Indonesia.

Saat ini IsDB sedang membuka program beasiswa, yaitu Beasiswa IsDB. Melalui beasiswa ini, pelamar dapat mendaftar beasiswa untuk tujuan studi di dalam negeri. Perguruan tinggi yang bisa dipilih adalah salah satu dari PTN yang masuk dalam peringkat 10 terbaik di Indonesia. Beberapa bidang studi yang dapat dipilih, yaitu:

  1. Medicine, Dentistry, Pharmacy, Nursing, Medical Laboratories, Microbiology, Public Health, Nutrition, Health Services Management, Bio-Medicine, Medical Technology, Veterinary, Chemistry, Biology, Bio-Technology dan bidang terkait
  2. Engineering: Civil, Mechanical, Chemical, Electrical, Surveying, Urban Planning
  3. Agriculture and Forestry
  4. Industrial Technologies
  5. Physics, Geology dan bidang terkait
  6. Computer Science, Information Technology, Telecommunication, and Electronics dan bidang terkait
  7. Natural Resources, Marine Sciences
  8. Law, Media & Journalism, Political Sciences, Entrepreneurships dan Trade & Commerce
  9. Economics
  10. Statistics, Demography Econometrics, dan Social Studies
  11. Education, Psychology and Learning, Education Policy dan International Development

mahasiswa IsDBSumber: https://www.instagram.com/isdb_stories/

Wah, menarik banget nih! Apakah jurusan impianmu juga termasuk? Deadline pendaftarannya hanya sampai 28 Februari 2021 lho. Yuk, segera persiapkan segala persyaratannya. Pastikan kamu membaca segala syarat dan ketentuannya secara teliti ya!

Cakupan Beasiswa

  1. Uang saku bulanan yang disesuaikan dengan biaya hidup di negara tujuan studi
  2. Biaya perkuliahan (tuition fee) yang disetujui oleh pihak IsDB
  3. Biaya perawatan medis di rumah sakit universitas/pemerintah
  4. Bagi yang mendaftar pada universitas partner IsDB di luar negeri, akan mendapatkan: tiket pesawat PP Indonesia ke negara tujuan, tunjangan kedatangan dan perlengkapan studi

Syarat dan Ketentuan

  1. Merupakan warga negara dari negara anggota IsDB (termasuk Indonesia) atau komunitas Muslim di negara non-anggota.
  2. Bagi kandidat yang berasal dari negara non-anggota IsDB harus seorang Muslim.
  3. Telah menyelesaikan SMA/SMK/Sederajat atau terdaftar pada salah satu 10 universitas negeri terbaik di negara asal.
  4. Nilai rata-rata akhir sekolah minimal 70% (misalnya skala penilaian 100, maka minimal 70).
  5. Memilih salah satu bidang studi dari disiplin program yang disetujui
  6. Memberikan bukti kemampuan bahasa yang dibutuhkan saat proses perkuliahan di universitas tujuan. (Misalnya untuk bahasa Inggris, pelamar menyediakan sertifikat TOEFL/IELTS. Demikian pula untuk bahasa Perancis atau bahasa lainnya).
  7. Seluruh dokumen yang masih menggunakan bahasa Indonesia (atau selain bahasa Inggris/Perancis) dapat diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris atau Perancis.
  8. Tidak sedang mendapatkan beasiswa lain pada saat mendaftar dan selama masa studi.
  9. Memiliki kondisi badan yang sehat dan bersedia menjalani tes kesehatan setelah seleksi.

mahasiswa penerima beasiswa IsDBSumber: https://www.instagram.com/isdb_stories/

Bagi kamu yang ingin mendaftar beasiswa ini, dapat mengisi formulir pendaftaran secara online melalui https://isdbscholarships.smartsimple.com/s_Login.jsp. Sebelum mengisi formulir pendaftaran, pastikan kamu sudah memiliki akun pada laman tersebut ya! Jika belum, kamu bisa melakukan registrasi terlebih dahulu dengan cara klik pada bagian “Register Here”. Selanjutnya cek email untuk mendapatkan password yang akan digunakan untuk login pada website. 

Kontak yang Dapat Dihubungi

Email: scholar@isdb.org

Website Resmi: https://www.isdb.org/scholarships 

Sepertinya ada yang mulai berpikir nih dengan syarat nomor 6. Jangan menciut gitu dong! Masih ada kesempatan kok buat kamu untuk menambah kemampuan bahasa Inggris. Kamu bisa belajar di ruangbelajar. Ada konsep kilatnya lho! Jadi kamu bisa belajar bahasa Inggris lebih cepat dan mudah dimengerti. Dengan begitu, kamu bisa deh mendaftar beasiswa ini. Semangat ya! Kamu pasti bisa!

New Call-to-action

Beri Komentar