Dibuka Untuk Mahasiswa S1! Beasiswa KSE Tanpa Ikatan Dinas dan Gratis Biaya Pendaftaran

Sofia Nur Fauziah Apr 1, 2021 • 6 min read


Pojok_Kampus_-__Beasiswa_Karya_Salemba_Empat-01

Mau dapat beasiswa yang fleksibel tanpa ikatan dinas dan gratis biaya pendaftaran? Yuk, simak informasi pendaftaran Beasiswa Karya Salemba Empat 2021 berikut ini. 

---

Sebagai mahasiswa, apa sih kegiatan kamu di luar kuliah? Ada nggak yang memilih untuk menjadi mahasiswa kupu-kupu (kuliah pulang - kuliah pulang)? Hmm meskipun demikian, sebenarnya bisa lho kalau kamu ingin tetap aktif berkegiatan di luar kuliah. Sejak pandemi Covid-19, kegiatan yang semula harus tatap muka bahkan sekarang menjadi normal untuk dilakukan secara virtual. 

Nah, disinilah celah kamu untuk menjadi mahasiswa yang ambisius dalam segala hal. Eits, ambisius disini maksudnya untuk hal-hal yang positif ya. Mumpung masih mahasiswa, jangan sampai deh melewatkan kesempatan-kesempatan emas di depan mata. Lalu, apa saja sih rekomendasi kegiatan di luar kuliah yang bisa dilakukan secara virtual? 

Yups, kamu bisa mengikuti HIMA (Himpunan Mahasiswa), UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa), kegiatan sosial, atau menjadi scholarship hunter. Ngomong-ngomong kalau kamu nggak mau sibuk-sibuk amat, scholarship hunter bisa jadi pilihan lho. Biasanya di setiap universitas ada portal khusus yang menyediakan informasi beasiswa. Sehingga kamu tinggal cus ke portal beasiswa universitas, lalu pilih beasiswa yang sesuai. Kalau masih kurang, kamu juga bisa kok mencari informasi beasiswa di blog Ruangguru. 

Bagi kamu scholarship hunter, saat ini ada beasiswa dari Non Government Organization (NGO) yang sedang dibuka, lho. Yups, namanya Beasiswa Reguler Karya Salemba Empat (KSE) 2021. Beasiswa KSE rutin diselenggarakan setiap tahunnya untuk mahasiswa S1 di 34 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Indonesia. Penerima beasiswa ini akan diberikan bantuan finansial berupa kebutuhan hidup, buku, internet, dan lain-lain. Bagi kamu yang berminat untuk mendaftar, simak informasi selengkapnya berikut ini. 

Cakupan Beasiswa:

  1. Tunjangan biaya hidup, buku, internet dan lain-lain sebesar Rp750.000 per bulan.
  2. Program kepemimpinan.
  3. Program komunitas mahasiswa.
  4. Program komunitas alumni.
  5. Seminar/Workshop/Coaching.
  6. Tidak ada ikatan kedinasan atau apapun terhadap mahasiswa penerima maupun pihak kampus.

Persyaratan Peserta Beasiswa:

  1. Mahasiswa S1 minimal semester 2.
  2. Belum menikah.
  3. Mahasiswa tidak sedang menerima beasiswa dari fakultas, universitas, lembaga atau pihak ketiga lain

Alur Pendaftaran Beasiswa:

Tanggal

Keterangan

25 Februari - 31 Maret 2021

Roadshow & Sosialisasi Beasiswa.

1 - 25 April 2021 

Registrasi Online PTN (WAJIB) yang jadwalnya dapat dilihat di Website KSE.

Mei 2021

  • Seleksi Dokumen Online
  • Pengumpulan Dokumen (Hard Copy)

Juni 2021

Interview & Seleksi.

Juli 2021

Verifikasi Penerimaan dari Kampus.

Agustus 2021

Pengumuman Penerimaan Beasiswa.

 

Jadwal Registrasi Online:

Gelombang

Universitas

Tanggal

I

UGM, UNPATTI, UNTAD, UNMUL, ITS, UNSRAT, UB, UNILA, POLINELA,

1 - 7 April 2021

II

UNJ, ULM, IPB, UNDANA, ITB, UNHAS. UNJA. UNAIR, 

8 - 3 April 2021

III

USU, UPR, UNUD, UNPAD, UR, UNCEN, UIN JKT, UINSU, UNIMED, 

14 - 19 April 2021

IV

UNAND, UNSRI, UNSYIAH, UI, UNTIRTA, UPI, UNDIP, POLSRI

20 - 25 April 2021

 

Catatan Beasiswa:

  1. Peserta wajib mengisi seluruh data dan upload dokumen di www.beasiswa.or.id.
  2. Bagi mahasiswa penerima beasiswa KSE 2020/2021 wajib “Accept Perpanjangan” dijadwalkan sesuai dengan tanggal registrasi online.
  3. Mahasiswa yang tidak melengkapi data di beasiswa online sampai tanggal 10 Mei 2021 akan otomatis tidak lolos.
  4. Peserta hanya cukup untuk mengupload dokumen saja. Berkas akan diminta, jika pelamar lolos pada tahap seleksi dokumen online.

Apabila dinyatakan lolos seleksi Beasiswa KSE, kamu dapat mengikuti gathering yang diselenggarakan di masing-masing universitas. Tujuan dari kegiatan tersebut antara lain :

  1. Menanamkan jiwa kepemimpinan dan wawasan kebangsaan.
  2. Memupuk semangat sharing, networking, dan developing  dalam menghadapi persaingan global.
  3. Menggalang kebersamaan, keakraban dan kekompakan antar sesama penerima beasiswa.

beasiswa karya salemba empat

Gathering Program Beasiswa KSE (Sumber: kse.or.id)

Beasiswa KSE diselenggarakan sejak tahun 1995 dengan 3 penerima hingga saat ini mencapai 1104 penerima. Program utama beasiswa KSE terdiri dari Regular Scholarship, Entrepreneur Academy, Achievement Scholarship, dan Technology for Indonesia. Beasiswa ini disponsori oleh berbagai pihak baik individu, instansi swasta maupun pemerintah. 

Bagi kamu yang berminat dan merasa eligible, bisa melakukan registrasi akun terlebih dahulu di http://www.beasiswa.or.id/. Disana kamu akan diminta untuk mengisi data diri dan mengunggah berbagai dokumen yang dibutuhkan. Harap teliti ya dalam melakukan registrasi. Jangan sampai kamu gagal dalam proses administrasi hanya karena kurang satu poin saja pada saat registrasi.

 

Informasi dan Kontak :

Email : help@kse.or.id

Telepon: (021) 7182191 / (021) 7182192

Website: www.kse.or.id

Instagram: @beasiswa_kse

Oh iya, Beasiswa Karya Salemba Empat cukup kompetitif lho dikalangan mahasiswa. Persyaratannya yang cukup mudah membuat mahasiswa berlomba-lomba untuk mendaftar dan mendapatkan beasiswa ini. Untuk itu, kamu harus mempunyai nilai tambah agar berhasil mendapatkan beasiswa ini. Salah satunya dengan cara meningkatkan kemampuan bahasa Inggris dengan kurikulum Internasional yang bisa kamu latih di English Academy

New call-to-action

Beri Komentar