Segera Daftarkan Dirimu! Beasiswa Khusus Kelas 10 dan 11, Syarat Pendaftarannya Gampang Banget

Pojok_Kampus_-_Beasiswa_Tunas_Jepang-01

Apakah kamu siswa/siswi kelas 10 dan 11 yang sedang mencari beasiswa? Yap, artikel ini akan memberikan informasi beasiswa yang cocok buat kamu. Yuk, simak informasinya berikut ini.

---

Pada umumnya, info beasiswa yang tersedia lebih sering ditujukan untuk siswa/siswi kelas 12 atau mahasiswa. Tapi kali ini, ada kabar gembira nih! Tunas Indonesia Jepang (TIJ) menawarkan beasiswa untuk kamu yang sedang duduk di kelas 10 atau 11. Yeay, akhirnya ada juga nih beasiswa untuk kelas 10 dan 11. 

Tunas Indonesia Jepang (TIJ) adalah yayasan yang dibentuk oleh Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Kobe yang bergerak dalam penggalangan dan penyaluran dana untuk membantu biaya pendidikan pelajar di Indonesia. Awal mulanya, rekan-rekan dari PPI Kobe Jepang ikut berpartisipasi membantu meringankan beban masyarakat Yogyakarta paska gempa, tanggal 27 Mei 2006. Dampaknya, banyak keluarga yang kehilangan sumber penghasilan dan tunas bangsa terancam putus sekolah. PPI Kobe Jepang berpartisipasi dengan cara membentuk komunitas penggalangan dan penyaluran dana untuk membantu biaya pendidikan (beasiswa) bagi pelajar yang kurang mampu. 

Cakupan beasiswa yang diberikan, yaitu berupa bantuan keuangan sejumlah Rp 1.440.000 per siswa*. Wah, lumayan banget nih untuk menunjang kebutuhan pendidikan kamu! Kalau begitu, yuk segera lengkapi persyaratan dan berkas dokumennya di bawah ini. 

*besaran beasiswa yang diberikan pada penerima beasiswa TIJ Angkatan XI tahun 2020. Adapun besaran beasiswa TIJ XII dapat berubah kurang dan lebihnya setiap tahunnya 

penerima beasiswa tunas indonesia jepang

(Sumber: https://www.tunasindonesiajepang.com

Syarat Pendaftaran:

  1. Berstatus siswa/siswi SMU/SMK/MA kelas 10 atau 11
  2. Nilai rapor minimum 7.25 dalam satu semester terakhir
  3. Berkelakuan baik dan aktif berorganisasi
  4. Berasal dari keluarga kurang mampu

Berkas Dokumen yang Dibutuhkan:

  1. Foto atau scan Kartu Pelajar (format PDF/JPG/PNG)
  2. Foto atau scan nilai rapor satu semester terakhir (format PDF/JPG/PNG)
  3. Foto atau scan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari Desa/Kelurahan setempat (format PDF/JPG/PNG)
  4. Surat rekomendasi dari sekolah yang ditandatangani Kepala Sekolah atau guru BK (Bimbingan dan Konseling) atau Wali kelas (pilih salah satu), disertai infomasi nomor kontak guru yang dapat dihubungi (format PDF/JPG/PNG). Contoh format surat rekomendasi sekolah bit.ly/rekomendasitij12 
  5. Membuat essay dengan tema: “Mengapa adik-adik layak mendapatkan Beasiswa Tunas Indonesia Jepang Angkatan XII?”. Total panjang tulisan 500 – 750 karakter (format docx/doc)
  6. Foto rumah tinggal tampak depan dan foto ruang belajar (format PDF/JPG/PNG)

Pendaftaran dilakukan secara online mulai tanggal  16 April hingga 31 Mei 2021, melalui bit.ly/beasiswatij12. Pastikan kamu sudah menyiapkan seluruh berkas administrasi yang dibutuhkan ya! Pengumuman pendaftar yang lolos seleksi akan diumumkan melalui situs TIJ, media sosial TIJ, dan melalui email atau WhatsApp/SMS. 

 

penerima beasiswa tunas indonesia jepang

(Sumber: https://kobe.jepang.ppi.id/tunas-indonesia-jepang/)

 

Informasi Selengkapnya 

Instagram:  @tunasindonesiajepang

Website: www.tunasindonesiajepang.com

Email: tunasindonesia.jepang@gmail.com 

Wah, ini kesempatan yang sangat menarik! Persyaratannya juga gampang banget lho! So, tunggu apa lagi? Segera persiapkan segala berkas yang dibutuhkan dan daftarkan dirimu. Ssstt, ada tips & tricknya nih! Kalau kamu ingin mendapatkan beasiswa ini, kamu perlu meningkatkan kualitas belajarmu. Supaya makin semangat belajarnya, kamu bisa belajar bersama di ruangbelajar plus

New call-to-action

Beri Komentar