Cara Daur Ulang Sampah dengan Teknik Reduce, Reuse, dan Recycle | Biologi Kelas 10

Reduce Reuse Recycle untuk mengurangi dan mendaur ulang sampah

Melalui artikel ini, kita akan mengenal tentang teknik 3R, yakni Reduce, Reuse, dan Recycle untuk mengurangi dan mendaur ulang sampah. Simak, yuk!

--

 

Kamu tahu nggak sih, pada akhir tahun 2021 lalu, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menyebutkan bahwa total sampah nasional sepanjang tahun 2021 mencapai angka 68,5 juta ton. Jumlah ini meningkat dari jumlah sampah nasional tahun 2020 yakni sebesar 67,8 juta ton. Selain itu, pada tahun 2021, disebutkan juga bahwa sebanyak 17 persen dari jumlah total sampah nasional, atau sekitar 11,6 juta ton, merupakan sampah plastik.

KLHK memperkirakan salah satu penyebab dari jumlah sampah plastik yang mencapai 17 persen ini adalah semakin maraknya kegiatan belanja online yang seringkali melibatkan packaging berupa plastik pembungkus dan bubble wrap. Apalagi kalau barang yang dibeli adalah barang yang rentan rusak atau pecah, maka plastik pembungkus dan bubble wrap-nya pasti akan dibuat lebih tebal lagi.

Sampah plastik sendiri merupakan jenis sampah yang berbahaya bagi lingkungan karena membutuhkan waktu yang sangat lama untuk terurai. Oleh karena itu, sampah plastik harus dikelola, karena jika tidak ada pengelolaan sampah plastik yang baik, diperkirakan jumlah sampah plastik akan sama banyaknya dengan ikan di laut. Duh, serem ya guys!

Dalam kehidupan sehari-hari, sampah dikenal juga dengan sebutan limbah. Limbah adalah buangan yang dihasilkan dari proses produksi, baik oleh industri, maupun domestik atau rumah tangga. Limbah ini biasanya tidak diinginkan karena dinilai nggak memiliki nilai ekonomis, makanya limbah sudah pasti dibuang. Nah, limbah yang dibuang inilah yang tiap tahunnya menyumbang angka pada jumlah sampah nasional tahunan yang tadi kita bahas. 

Duh, kalau setiap tahun jumlah limbah terus meningkat, gimana ya? Nggak mau kan, kalau bumi kita yang asri ini lama-kelamaan jadi penuh sampah dan nggak bisa ditinggali lagi? :(

Makanya, kita semua harus sama-sama bergerak untuk mengurangi jumlah sampah di bumi ini, guys! Proses daur ulang sampah yang bisa kita lakukan adalah dengan teknik 3R, yaitu Reduce, Reuse, dan Recycle. Hmm, apa itu 3R dan apa contohnya? Kita bahas satu per satu, yuk!

 

Reduce (Mengurangi)

Reduce adalah mengurangi pemakaian barang-barang yang bisa menimbulkan sampah. Teknik daur ulang sampah ini adalah cara yang paling mudah dilakukan supaya jumlah sampah nggak semakin meningkat. 

Contohnya, ketika belanja, kita bisa membawa tas belanja sendiri dari rumah sehingga kita tidak perlu tas plastik dari toko. Selain itu, kita juga bisa membawa botol minum sendiri dari rumah ketika bepergian. Jadi, kalau tiba-tiba haus dan pengen beli boba, kita bisa minta penjualnya untuk mengisikan boba pesanan kita ke dalam botol minum yang kita bawa sendiri.

 

membawa tas belanja adalah contoh reduce

Jangan lupa bawa tas belanja sendiri dari rumah setiap kali mau belanja! (Sumber: unsplash.com)

 

Kamu juga boleh banget membawa kotak makan sendiri dari rumah ketika makan di restoran, lho! Jadi, kalau makanan kamu nggak habis, kamu nggak perlu minta wadah pembungkus dari restoran untuk membawa pulang sisa makanan kamu, karena kamu bisa meletakkannya ke dalam kotak makan yang kamu bawa. Dengan cara-cara tersebut, kamu sudah turut membantu untuk mengurangi jumlah sampah.

Baca juga: Polutan Penyebab Pencemaran Tanah

 

Reuse (Menggunakan Kembali)

Setelah reduce, kita juga harus melakukan reuse. Seperti namanya, reuse adalah menggunakan kembali barang-barang yang ada di sekeliling kita dengan semaksimal mungkin. Artinya, kalau barangnya masih layak pakai, jangan keburu dibuang ya, guys. Contohnya, saat kita belanja online, biasanya paket kita akan dibungkus dengan bubble wrap dan kardus, kan? Nah, bubble wrap dan kardus itu bisa kita simpan untuk digunakan kembali. Jadi, kalau belanja online, bubble wrap dan kardusnya jangan langsung dibuang, ya!

 

menyimpan box bekas belanja online untuk digunakan kembali adalah contoh reuse

Packaging belanja online masih bisa disimpan dan dipakai ulang, lho! (Sumber: unsplash.com)

 

Selain itu, kita juga bisa mengurangi penggunaan barang-barang yang mudah rusak atau barang yang hanya sekali pakai dan beralih ke barang-barang yang lebih reusable. Contohnya, untuk membersihkan wajah dari debu atau make up, biasanya kita akan menggunakan kapas sekali pakai, kan? Nah, saat ini sudah tersedia lho, kapas yang bisa digunakan berkali-kali atau biasa disebut sebagai reusable cotton pads. Kapas ini bisa dicuci dan digunakan berulang kali, sehingga tidak banyak menimbulkan sampah dan tentunya kita bisa jadi lebih hemat juga karena kita jadi nggak perlu beli kapas terus-menerus.

---

Butuh contoh-contoh lainnya tentang daur ulang sampah? Coba tanya di Roboguru, yuk! Download aplikasi Ruangguru dan tanyakan pertanyaanmu terkait materi apa saja di Roboguru!

New call-to-action

 

Recycle (Mendaur Ulang)

Apa sih yang dimaksud dengan daur ulang? Daur ulang atau recycle adalah proses pengolahan limbah menjadi barang baru yang memiliki manfaat dan bisa digunakan kembali. Paham, kan? Nah, terus apa saja ya contoh daur ulang itu? Contohnya, kalau kita punya kain perca atau kain-kain bekas yang biasanya berupa potongan dari kain utuh, bisa dijahit dengan kain perca lainnya menjadi gorden. Contoh lainnya yaitu plastik bungkus bekas makanan atau deterjen bisa dikumpulkan dan dijahit menjadi taplak meja anti air.

Selain itu, kita juga bisa mengolah botol plastik bekas air mineral menjadi vas bunga atau wadah alat tulis. Bisa juga mengolah sedotan plastik dan kertas bekas menjadi hiasan berbentuk bunga.

 

mengolah botol bekas menjadi vas adalah contoh recycle

Botol bekas bisa direcycle menjadi vas bunga (Sumber: unsplash.com)

 

Oh iya, kamu tahu nggak sih di Tokyo, Jepang ada tempat pengumpulan dan daur ulang sampah anorganik lho, khususnya sampah kaca dan plastik. Jadi, pertama-tama, sampah-sampah anorganik dari berbagai wilayah di Tokyo dikumpulkan dan dibawa ke tempat pengolahan. Lalu, sampah-sampah tersebut akan dipilah sesuai jenisnya.

 

Contoh tempat pengumpulan dan proses daur ulang sampah di Tokyo

 

Setelah dipilah, sampah kaca akan dihancurkan menggunakan mesin, sementara sampah plastik akan dipadatkan menggunakan mesin. Nah, sampah kaca yang sudah dipecahkan kemudian dikumpulkan dan didaur ulang menjadi bahan paving jalan atau kembali menjadi botol. Kalau sampah plastik yang telah dipadatkan akan diproses lebih lanjut, sehingga menjadi benang-benang fiber yang kemudian dapat dimanfaatkan menjadi pakaian.

Baca juga: Apa Saja Jenis-Jenis Interaksi dalam Ekosistem?

Eits, sampah plastik juga bisa didaur ulang menjadi paving block, lho! Caranya adalah dengan melelehkan sampah plastik, lalu dicetak menjadi paving block. Meskipun terbuat dari sampah plastik, bentuk dan kekuatannya sama lho, seperti paving block pada umumnya. Tapi, paving block ini lebih ringan dan warnanya lebih terang.

 

Contoh daur ulang sampah plastik

 

Wah, ternyata ada banyak cara kan, untuk mengurangi dan mendaur ulang sampah! Kalau kamu sendiri, pernah mendaur ulang sampah juga nggak? Coba ceritain dong, di kolom komentar! 

Itu dia penjelasan tentang 3R yaitu Reduce, Reuse, dan Recycle untuk mengurangi dan mendaur ulang sampah. Teknik 3R ini juga bermanfaat dalam menghemat penggunaan sumber daya alam, lho! Selain itu, bisa juga untuk mendapatkan penghasilan, karena hasil dari daur ulang tadi bisa kita jual ke masyarakat. Nah, mulai sekarang, yuk lakukan teknik 3R ini! Jangan lupa juga untuk terus belajar bersama Master Teacher di ruangbelajar!

New call-to-action

Referensi: 

Irnaningtyas. (2016). Biologi untuk SMA/MA Kelas X Kurikulum 2013. Jakarta: Erlangga. 

Sumber Gambar: 

Gambar 'Tas Belanja' [Daring]. Tautan: https://images.unsplash.com/photo-1570913196376-dacb677ef459?ixlib=rb-1.2.1&ixid=MnwxMjA3fDB8MHxwaG90by1wYWdlfHx8fGVufDB8fHx8&auto=format&fit=crop&w=870&q=80 (Diakses: 30 Maret 2022)

Gambar 'Box Kardus' [Daring]. Tautan: https://images.unsplash.com/photo-1595246135406-803418233494?ixlib=rb-1.2.1&ixid=MnwxMjA3fDB8MHxwaG90by1wYWdlfHx8fGVufDB8fHx8&auto=format&fit=crop&w=870&q=80 (Diakses: 30 Maret 2022)

Gambar 'Vas Bunga Recycle' [Daring]. Tautan: https://images.unsplash.com/photo-1470672801922-7e9d7d4af6fa?ixlib=rb-1.2.1&ixid=MnwxMjA3fDB8MHxwaG90by1wYWdlfHx8fGVufDB8fHx8&auto=format&fit=crop&w=870&q=80 (Diakses: 30 Maret 2022)

Gambar 'Tempat Pengumpulan dan Proses Daur Ulang di Tokyo' [Daring]. Tautan: https://www.brilio.net/wow/10-foto-proses-daur-ulang-sampah-di-tokyo-hasil-akhirnya-tak-disangka-170614j.html (Diakses: 30 Maret 2022)

Gambar 'Paving Block' [Daring]. Tautan: https://www.pabrikpavingblock.net/2014/06/paving-block.html (Diakses: 30 Maret 2022)  

Gambar 'Sampah Plastik Daur Ulang' [Daring]. Tautan: https://seruji.co.id/iptek/lingkungan/limbah-plastik-akan-kalahkan-jumlah-ikan-di-samudra/ (Diakses: 30 Maret 2022)

Profile

Kenya Swawikanti

A full-time cat person who likes spicy food a bit more than Oreo cheesecake and chocolate ice cream. You can call me Kenya or Kay. Nice to meet you!