6 Cara Agar Anak Tidak Ketinggalan Pelajaran Selama Belajar di Rumah

Cara Agar Anak Tidak Ketinggalan Pelajaran Selama Belajar di Rumah

Artikel ini memberikan tips untuk orang tua agar anak tidak ketinggalan pelajaran selama belajar di rumah.

--

Sejumlah kota dan daerah di Indonesia telah memutuskan untuk meliburkan kegiatan di sekolah dan menggantinya dengan belajar jarak jauh di rumah untuk mencegah penularan virus corona atau COVID-19. Sistem belajar jarak jauh di rumah membutuhkan peran besar orang tua untuk memantau kegiatan belajar anak selama sekolah diliburkan. Jika tidak bisa menerapkan sistem belajar online atau jarak jauh di rumah, bisa-bisa anak tertinggal dibandingkan siswa lainnya, lho.

Lalu, bagaimana ya caranya agar anak tidak ketinggalan pelajaran dan bisa tetap semangat belajar selama berada di rumah? Tak usah khawatir, ikuti tips mengawasi anak belajar di rumah berikut ini.

 

1. Membuat aturan jam belajar bersama anak

tips belajar di rumah - cara agar anak tidak ketinggalan pelajaran

Buat jadwal belajar (Sumber: genlish.com)

Tidak belajar di sekolah bukan berarti bisa bersantai. Jelaskan pada anak situasi yang terjadi bahwa sekolah tetap akan berlangsung dan hanya dipindahkan ke rumah. Kemudian, buat jadwal teratur mengenai jam belajar anak di rumah seperti kegiatan di sekolah. Cara ini akan membuat anak tetap disiplin meski berada di rumah. Misalnya, dari pagi hingga siang anak hanya diperbolehkan untuk menggunakan gadget untuk belajar atau mengerjakan tugas online.

Perlu ditegaskan juga agar anak mematuhi aturan yang telah disepakati. Jelaskan bahwa orang tua akan terus memantau kegiatan belajar anak. Buat juga waktu istirahat dan jam selesai belajar agar anak bisa merelaksasi pikirannya.

 

2. Cek tugas yang diberikan

tips belajar di rumah - cara agar anak tidak ketinggalan pelajaran

Cek tugas yang dikerjakan anak (Sumber: dailytelegraph.com.au)

Ingatkan anak, walaupun mereka berada di rumah, bukan berarti mereka bisa bebas bermain atau bersantai sepanjang hari. Selama belajar di rumah, masing-masing guru di sekolah akan memberikan tugas yang harus diselesaikan oleh anak. Ini merupakan target belajar yang harus dicapai anak setiap harinya. Untuk itu, orang tua wajib memastikan apa saja tugas yang diberikan oleh guru serta memastikan anak sudah menyelesaikan semua tugasnya dengan tepat waktu.

Baca juga: Bagaimana Cara Ibu Bisa Mengontrol Emosi Terhadap Anak

 

3. Konsultasi dengan guru di sekolah

tips belajar di rumah - cara agar anak tidak ketinggalan pelajaran

Konsultasi dengan guru (Sumber: neatoday.com)

Orang tua juga harus selalu aktif berkonsultasi dengan guru di sekolah. Tanyakan pada guru materi apa yang harus dipelajari anak, metode pembelajaran, serta tugas yang harus dikerjakan. Apabila menemukan kesulitan dengan materi pelajaran atau dengan anak, jangan sungkan untuk berkonsultasi pada guru bagaimana cara mengatasinya. Jangan lupa untuk terus mengabarkan perkembangan anak selama belajar di rumah.

 

4. Berada di sebelah anak selama belajar

tips belajar di rumah - cara agar anak tidak ketinggalan pelajaran

Awasi anak belajar (Sumber: katadata.co.id)

Pendampingan orang tua amat penting saat anak harus menggunakan perangkat teknologi saat belajar di rumah. Selain alasan keamanan, anak juga membutuhkan bimbingan agar bisa belajar dengan lebih efektif mengingat anak-anak tentu lebih suka memainkan game dibandingkan media pembelajaran. Saat waktunya belajar, sangat dianjurkan bagi orang tua untuk hadir di samping anak dan menemaninya belajar.

 

5. Evaluasi belajar

tips belajar di rumah - cara agar anak tidak ketinggalan pelajaran

Evaluasi (Sumber: parentcircle.com)

Untuk mengukur perkembangan belajar anak, evaluasi harus dilakukan untuk mengetahui apakah kegiatan belajar di rumah sudah berjalan sesuai jadwal dan kompetensi yang diharapkan oleh guru sudah dicapai oleh anak. Jika ada hambatan, diskusikan dengan anak apa kesulitan yang mereka hadapi dan cobalah mencari solusinya bersama.

 

6. Mengikuti pelajaran tambahan

mengikuti kursus online

Mengikuti kursus atau les tambahan (sumber: mainmain.id)

Tidak jarang, sekolah online membuat anak merasa susah memahami materi pelajaran. Mengikuti pelajaran tambahan dapat membantu anak agar tidak ketinggalan pelajaran sekolah selama belajar di rumah. Anda bisa mendaftarkan anak Anda untuk mengikuti les privat atau kursus, untuk lebih mengasah kemampuan anak dalam belajar.

Jika Anda bingung memilih program les atau kursus yang tepat, Anda bisa coba ikuti Kursus Ruangguru, program kolaborasi antara Ruangguru dengan Alta School, khusus untuk anak usia 4-7 tahun. Program ini bertujuan untuk mengembangkan potensi anak sejak dini. Sangat direkomendasikan untuk anak yang butuh kelas tambahan di luar pendidikan formal.    

Paket kursus yang bisa Anda coba untuk membantu anak agar tidak ketinggalan materi di sekolah adalah Ruangguru Matematika & Bahasa Inggris for Kids, atau Ruangguru Science, Math & English for Kids. Hmmm, bedanya apa, ya?

Kursus Ruangguru Matematika & Bahasa Inggris for Kids ditujukan untuk anak usia 4-7 tahun. Anak akan belajar konsep dasar berhitung yang menyenangkan dan memahami bahasa Inggris sejak dini dengan metode literasi. Sementara itu, Kursus Ruangguru Science, Math & English for Kids ditujukan untuk anak usia 5-7 tahun. Di program ini, anak akan belajar materi Matematika, Bahasa Inggris, dan IPA dalam bahasa Inggris, dengan kurikulum Internasional yang dapat menjadikan si kecil pemikir kritis serta analitis.

Masing-masing kursus terdiri dari 3 level, dengan jumlah pertemuan 2 sesi per minggu yang berdurasi 60 menit. Terdapat 3 paket yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan si kecil, yaitu:

 

Ruangguru Matematika & Bahasa Inggris for Kids Ruangguru Science, Math & English for Kids
  • Paket 1 bulan: Rp595.000 (sudah termasuk modul belajar senilai Rp150.000)
  • Paket 3 bulan: Rp1.265.000 (GRATIS 1 modul belajar)
  • Paket 6 bulan: Rp2.300.000 (GRATIS 2 modul belajar)
  • Paket 1 bulan: Rp630.000 (sudah termasuk modul belajar senilai Rp150.000)
  • Paket 3 bulan: Rp1.405.000 (GRATIS 1 modul belajar)
  • Paket 6 bulan: Rp2.555.000 (GRATIS 2 modul belajar)

 

Si kecil akan belajar secara live dan interaktif dengan visualisasi yang adaptif serta mudah dipahami. Kelas hanya diisi 10-15 murid dengan 1 guru berpengalaman, sehingga anak dapat lebih mudah terpantau perkembangannya. Selain itu, Anda akan mendapatkan laporan belajar dan sertifikat dari Ruangguru setelah menyelesaikan modul pembelajaran.

Anda bisa mendaftar melalui http://bit.ly/kursusforkids. Konsultan pendidikan Ruangguru akan menghubungi Anda, kemudian si kecil dapat mengikuti  trial class terlebih dahulu. Jangan khawatir, trial class ini tidak dipungut biaya, sehingga Anda tak perlu ragu saat mendaftar.

---

Oke, itulah berbagai tips yang bisa Anda lakukan untuk membantu anak agar tidak ketinggalan pelajaran di sekolah. Selain ikut menemani anak belajar, orang tua juga bisa menyiapkan aktivitas lain yang menyenangkan seperti menonton film, bermain game, atau berolahraga bersama. Jangan sampai anak stres dan bosan selama harus belajar di rumah. Yuk, buat belajar di rumah jadi menyenangkan dengan #TetapSehatTetapBelajar bersama Ruangguru.

Daftar Kursus Ruangguru Alta School

Profile

Shabrina Alfari

Senior Content Writer at Ruangguru