Orang Tua Harus Cermat dalam Memilih Aplikasi Belajar yang Efektif untuk Anak

Ringgana Wandy Wiguna Jan 14, 2021 • 8 min read


aplikasi belajar efektif untuk anak

Artikel ini membahas tentang bagaimana cara memilih aplikasi belajar yang tepat untuk anak dan membahas tentang bagaimana cara penangkapan anak dalam menerima pelajaran.

--

Halo parents, tau nggak sih kalau anak itu memiliki berbagai macam cara belajar? Menurut Maria Magdalena, dkk pola penangkapan anak dalam belajar dan pengaplikasian pembelajaran memiliki banyak sekali bentuk, mulai dari menggunakan suara, melihat objek, membaca, menulis dan banyak lagi. Apakah anak Anda cenderung ke salah satu pola penangkapan pembelajaran tersebut? Atau mungkin anak Anda menggunakan keseluruhan polanya?

Zaman digital seperti sekarang ini banyak cara untuk memenuhi kebutuhan pembelajaran anak. Ditambah pada kondisi pandemi COVID-19 ini kita dihadapkan dengan kondisi yang mengharuskan kita untuk dapat lebih aktif dan teliti mengkonsumsi seluruh hal yang berkaitan dengan digital. 

Cara belajar daring atau E-learning adalah cara yang paling tepat untuk tetap melaksanakan pembelajaran. Namun, masih banyak kendala yang dihadapi oleh guru dan peserta didik dalam melaksanakan pembelajaran daring ini. 

Tak jarang beberapa aplikasi belajar yang ada hanya memberikan beberapa gaya belajar, sedangkan anak-anak memiliki banyak sekali ragam gaya belajar. Berbagai aplikasi belajar juga hanya memberikan pembelajaran yang kurang menarik dan tidak memperhatikan peserta didiknya. Terkadang, kita juga luput dan membiarkan anak mendapatkan pelajaran yang tidak maksimal. 

tipe tipe gaya belajar

Untuk dapat mengkurasi aplikasi pembelajaran yang tepat untuk anak kita harus melihat beberapa aspek. Nah, dibawah ini adalah cara jitu untuk memilih aplikasi belajar anak.

 

1. Dapat diakses di mana saja dan kapan saja


Anak Belajar di Taman Bersama Keluarganya(sumber: fc4pentingers.wordpress.com)

Hal pertama yang harus dipastikan adalah akses yang tidak terbatas ruang dan waktu. Di manapun kita berada kita bisa tetap belajar. Fitur yang baik yang dapat menyokong  pembelajaran di mana saja selain tersambung dengan internet, juga bisa disimpan secara offline. Ketika bisa disimpan secara offline kita bisa belajar di manapun, meskipun tidak memiliki akses internet.

 

2. Tidak hanya terbatas pada satu media saja

 

Belajar mengunakan beberapa device(sumber: www.shutterstock.com)

Dapat diakses di manapun dan kapanpun juga haruslah dibantu dengan fitur lainnya, seperti dapat diakses di laptop, handphone, komputer, atau tablet. Karena itu, pastikan bahwa materi pembelajaran yang ada di dalam aplikasi tersebut dapat diakses pada perangkat apapun ya parents.

 

3. Pastikan memakai kurikulum yang paling baru

Belajar dengan kurikulum baru

(sumber: primaindisoft.com)

Aplikasi belajar adalah aplikasi yang mendukung pembelajaran peserta didik di sekolah, jadi aplikasi belajar haruslah mengikuti dan mendukung pembelajaran di sekolah. Salah satu yang harus ada pada aplikasi belajar adalah kebaruan dari kurikulum. 

Baca Juga: Cara Mudah Berlangganan Ruangguru, Bisa Dicicil Lho!

 

4. Proses pembelajaran yang menyenangkan


belajar dengan menyenangkan

(sumber: essaytwist.com)

Parents, salah satu cara untuk menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan adalah tidak sekedar mendengarkan dan mengerti penjelasan secara satu arah loh namun, lebih dari itu. Diperlukan sumber dan metode pembelajaran lain yang memiliki nilai yang strategis dan baik. Seperti dijelaskan di atas gaya belajar anak memiliki banyak versi, maka dari itu aplikasi haruslah menyuguhkan versi-versi tersebut, seperti video pembelajaran, teks pelajaran, dan gambar-gambar yang menarik untuk memudahkan peserta didik memahami pelajaran.

 

5. Memiliki sistem informasi yang baik agar evaluasi anak dapat terpantau


Pengawasan orang tua

(sumber: www.tennessean.com)

Hasil belajar anak tentunya kita semua ingin tau kan. Anak sudah dapat belajar apa, kemampuan anak seperti apa, dan hal-hal terkait pencapaian anak pasti ingin diketahui oleh kita. Nah, carilah aplikasi pembelajaran yang baik untuk anak yang memiliki fitur untuk orang tua juga, di mana kita selaku orang tua dapat memonitoring apa saja yang dilakukan oleh anak sehingga kita dapat mengetahui kekurangan dari anak dan berupaya lagi untuk memenuhinya.

 

6. Selalu update sistem belajar dan materi pembelajaran


Update pelajaran(sumber:1001memelucu.blogspot.com)

Nah ini juga penting parents, aplikasi yang baik juga menyuguhkan bagaimana cara-cara belajar yang baru dan menyenangkan yang selalu diperbaharui. Ketika kita belajar akan tertarik kan ketika mendapatkan cara-cara penyelesaian yang baru atau sistem pembelajaran yang baru. Hal tersebut bisa berupa cara cepat mengerjakan soal, cara-cara jitu menyelesaikan soal, dan banyak lagi. 

 

7. Memiliki sumber yang jelas


Data

(sumber: www.nesabamedia.com)

Terakhir yang penting adalah, kita harus mempertimbangkan sumbernya. Kita seringkali memilih sesuatu yang akrab, familiar, atau yang terkenal untuk kita pilih kan? Begitu juga memilih aplikasi pembelajaran parents. Karena artinya Anda tahu akan berurusan dan sedang berurusan dengan siapa, dengan aplikasi apa, sehingga kita tau sejauh mana aplikasi tersebut dapat Anda andalkan untuk memenuhi harapan. 

Seperti contoh, kamu sering mendengar dan familiar dengan Ruangguru? Sebuah aplikasi yang sudah dipercaya dan dapat rekomendasi dari orang tua murid lainnya. Anda tidak perlu was-was karena aplikasi Ruangguru menyediakan banyak sekali fitur untuk membantu anak Anda menguasai pelajaran di sekolah.

Parents, sekarang sudah tahu kan bagaimana macam bentuk penerimaan anak dan gaya belajar anak hingga bagaimana cara menemukan aplikasi belajar terbaik untuk anak. Parents, tidak usah khawatir untuk memilih aplikasi belajar yang pas untuk anak, karena di ruangguru.com menghadirkan berbagai macam produk yang dapat membantu proses anak belajar. 

Ruangguru dapat diakses kapan saja dan di mana saja karena bisa diakses melalui online maupun offline. Selain itu ada ruangbelajar desktop yang diperuntukan untuk diakses di device komputer atau laptop. Ruangguru juga memiliki video pembelajaran, soal-soal, dan materi berbentuk gambar yang selalu update dan terpercaya karena langsung diberikan dari Master Teacher yang terpercaya.  

New call-to-action

Referensi:

Magdalena, Zagoto Maria, Yarn, Nevi, Dakhi, Oskah . 2019. "Perbedaan Individu dari Gaya Belajarnya Serta Implikasinya dalam Pembelajaran." Jurnal JRPP 1-7.

Marpaung, Junierissa. 2015. "Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa." Jurnal KOPASTA 13 - 17.

Sumber Gambar:

Anak Belajar di Taman Bersama Keluarganya, https://fc4pentingers.wordpress.com/2014/09/19/mendidik-anak-di-era-gadget/

Belajar menggunakan beberapa device, https://www.shutterstock.com/video/clip-4635977-group-teens-waving

Belajar dengan menggunakan kurikulum baru, https://primaindisoft.com/blog/5-langkah-cepat-memahami-pelajaran-matematika/#.X__YWznitPY

Belajar yang menyenangkan, https://essaytwist.com/blog/study-process

Sumber Data, https://www.nesabamedia.com/jenis-jenis-data/

Pengawasan Orang tua, https://www.tennessean.com/story/news/local/williamson/schools/2016/01/29/williamson-schools-gets-special-needs-inclusion-parents-say/79314008/

Update sistem pelajaran, https://1001memelucu.blogspot.com/2018/03/gambar-kartun-lucu-matematika.html

Profile

Ringgana Wandy Wiguna

Beri Komentar