17 Contoh Teks Biografi Singkat Tokoh-Tokoh yang Menginspirasi | Bahasa Indonesia Kelas 10

contoh teks biografi

Artikel Bahasa Indonesia kelas 10 ini menyediakan beberapa contoh biografi singkat berbagai tokoh besar dan terkenal, yang bisa kamu jadikan referensi. Yuk, simak!

 

Siapa sih yang nggak kenal Cha Eun-Woo? Bagi kamu pecinta K-Pop, nama Cha Eun-Woo pasti sudah nggak asing lagi, nih. Soalnya, dia adalah aktor sekaligus salah satu personel boyband terkenal, yaitu Astro. Eh, apa jangan-jangan, kamu salah satu fans-nya? hihihi…

foto cha eun-woo astro

Siapa yang pernah ter-Eun-Woo Eun-Woo? (Sumber: koreatimes.co.kr)

 

Cha Eun-Woo memiliki nama asli Lee Dong Min. Ia lahir di Gunpo, Korea Selatan, pada 30 Maret 1997. Eun-Woo memulai debutnya sebagai seorang aktor dalam film My Briliant Life di tahun 2014. Ia juga bergabung dalam boygrup Korea bernama Astro di tahun 2016. Hingga saat ini, Eun-Woo banyak memainkan beragam variety show, MC di music show, hingga drama.

Nah, paragraf yang tadi kamu baca di atas merupakan riwayat hidup seorang tokoh atau biasa disebut dengan teks biografi. Hayo, apa kamu masih ingat materi tentang teks biografi?

Biografi adalah teks yang mengulas tentang cerita masa hidup seseorang. Teks biografi biasanya menceritakan tokoh-tokoh terkenal dan sukses, atau orang yang berperan besar dalam suatu hal. Melalui teks biografi, kamu bisa memperkaya wawasan dan mendapatkan inspirasi, loh.

Di artikel sebelumnya, kamu sudah belajar banyak ya mengenai jenis teks ini. Mulai dari pengertian, ciri-ciri, struktur, hingga kaidah kebahasaannya. Cara membuat teks biografi pun cukup mudah, selama kamu mengerti struktur teks-nya.

ciri-ciri teks biografi

 

Supaya kamu lebih handal lagi dalam membuat teks biografi, kali ini, akan disediakan beberapa contoh biografi singkat dari tokoh-tokoh terkenal yang bisa dijadikan referensi. Yuk, langsung aja kita bahas!

Baca Juga: Mengulas Teks Biografi: Pengertian, Ciri-Ciri, Struktur, Kaidah Kebahasaan, dan Contohnya

 

1. Contoh Teks Biografi Soekarno

teks biografi soekarno

Ir. Soekarno (Sumber: ppid.serangkota.go.id)

 

Orientasi:

Salah satu pahlawan nasional yang pernah menjadi orang nomor satu di Indonesia adalah Soekarno. Perjalanan hidupnya yang panjang, dituangkan dalam biografi yang lengkap mengenai dirinya. Untuk mengetahuinya secara singkat, berikut adalah contoh biografi Soekarno.

Kusno Sosrodihardjo atau yang lebih dikenal dengan nama Soekarno, lahir di Surabaya, 6 Juni 1901. Soekarno adalah anak dari pasangan Raden Soekemi Sosrodihardjo dan Ida Ayu Nyoman Rai. Soekarno merupakan presiden pertama Republik Indonesia. Ia wafat pada 21 Juni 1970 di Jakarta, di usianya yang ke-69 dan dimakamkan di Blitar, Jawa Timur.

Peristiwa penting:

Karena kondisinya yang sering sakit-sakitan, Soekarno kecil harus tinggal dan dirawat oleh kakeknya di Tulungagung, Jawa Timur. Di sana, Soekarno sempat bersekolah. Namun, tidak ia selesaikan karena kembali tinggal dengan orang tuanya di Mojokerto.

Ayah Soekarno ditugaskan sebagai kepala Eerste Inlandse School dan Soekarno pun bersekolah ditempat itu. Sejak tinggal kembali bersama orang tuanya, Soekarno mengganti nama dari Kusno menjadi Soekarno. Alasannya agar Soekarno tidak sakit-sakitan lagi dan dapat tumbuh dengan sehat.

Di tahun 1911, Soekarno pindah sekolah lagi di Europeesche Lagere School (ELS), sekolah dasar yang khusus diperuntukkan untuk masuk ke Hogere Burger School (HBS). Tahun 1915, ia lulus dari ELS, kemudian tinggal bersama Haji Oemar Said Tjokroaminoto atau H.O.S Tjokroaminoto, teman ayah Soekarno.

Di kediaman H.O.S Tjokroaminoto, Soekarno mulai mengenal dunia perjuangan. Ia mulai mempelajari politik, berlatih cara berpidato, dan mengenal tokoh-tokoh hebat, seperti Dr. Douwes Dekker, Tjipto Mangunkusumo, dan Ki Hajar Dewantara.

Pada tahun 1921, Soekarno berhasil menyelesaikan pendidikannya di HBS. Ia pun pindah ke Bandung untuk menyelesaikan studinya di Technische Hooge School (saat ini bernama ITB) dengan mengambil Jurusan Teknik Sipil. Soekarno lulus pada 25 Mei 1926 dan berhasil memperoleh gelar insinyur.

Kiprah Soekarno di dunia politik memang tidak bisa diragukan lagi. Di umurnya yang masih sangat muda, ia sudah menjadi anggota Jong Java Cabang Surabaya. Di tahun 1926, Soekarno mendirikan Algemeene Studie (ASC). Organisasi ASC inilah yang menjadi cikal bakal partai besar di Indonesia.

Selama masa penjajahan Jepang, Soekarno dan tokoh-tokoh lainnya membentuk organisasi-organisasi pergerakan nasional, seperti BPUPKI, PPKI, PUTERA, dan lain sebagainya. Setelah perjuangan yang cukup panjang, Soekarno dan sahabatnya, Moh. Hatta, berhasil memproklamirkan kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945.

Reorientasi:

Hingga saat ini, sosok Soekarno masih sangat melekat di hati masyarakat Indonesia. Perjuangannya dan keteguhannya dalam mewujudkan kemerdekaan Indonesia bersama masyarakat, patut menjadi inspirasi anak-anak muda saat ini.

Baca Juga: Biografi Isaac Newton, Ilmuwan Jenius di Balik Teori Gravitasi & Hukum Newton

 

2. Contoh Teks Biografi Mohammad Hatta

teks biografi mohammad hatta

Mohammad Hatta (Sumber: civitasbook.com)

 

Orientasi:

Drs. H. Mohammad Hatta atau yang lebih dikenal dengan Moh. Hatta adalah wakil presiden pertama Indonesia. Selain mendapat gelar sebagai pahlawan nasional, Moh. Hatta juga dikenal sebagai negarawan dan ekonom. Berikut contoh biografi Moh. Hatta.

Moh. Hatta lahir di Bukittinggi, Sumatera Barat pada 12 Agustus 1902. Ia merupakan anak kedua dari pasangan Muhammad Djamil dan Siti Saleha. Pada 18 November 1945, Moh. Hatta menikah dengan Rahmi Hatta. Pernikahan mereka dikaruniai 3 orang anak perempuan, yaitu Meutia Farida Hatta, Gemala Rabi’ah Hatta, dan Halida Nuriah Hatta. Moh. Hatta tutup usia yang ke-77 pada 14 Maret 1980 di Jakarta.

Peristiwa Penting:

Sejak Indonesia merdeka, nama Moh. Hatta semakin dikenal di seluruh penjuru dunia. Ia bersanding dengan Soekarno sebagai wakil presiden Indonesia. Ia sangat berperan dalam membantu Soekarno dan para pendiri bangsa untuk mencapai kemerdekaan.

Sebelum menjadi wakil presiden, Moh. Hatta pernah menjabat sebagai perdana menteri dalam Kabinet Hatta I, Kabinet Hatta II, dan RIS. Selama hidupnya, ia dikenal dengan komitmennya terhadap demokrasi. Ia juga banyak berkontribusi di bidang ekonomi, khususnya dalam perkembangan koperasi Indonesia. Oleh sebab itu, Moh. Hatta dijuluki sebagai Bapak Koperasi Indonesia.

Reorientasi:

Atas jasa-jasanya, nama Moh. Hatta diabadikan dalam nama sebuah bandar udara internasional di Tangerang, Banten, bersama dengan Soekarno, yaitu Bandara Soekarno-Hatta. Selain di Indonesia, nama beliau juga diabadikan menjadi sebuah nama jalan bernama mohammed hattastraat di Zuiderpolder, Haarlem Belanda.

Kaidah Kebahasaan Teks Biografi-1

 

3. Contoh Teks Biografi B.J. Habibie

contoh teks biografi bj habibie

B.J. Habibie (Sumber: gramedia.com)

 

Orientasi:

Kamu pasti sudah nggak asing lagi dengan sosok B.J. Habibie. Beliau adalah tokoh inspiratif yang luar biasa bagi masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, sudah banyak yang menuliskan biografi dan memfilmkan kisah hidupnya. Berikut adalah contoh biografi B.J. Habibie.

B.J. Habibie lahir di Pare-Pare, Sulawesi Selatan, pada 25 Juni 1936. Presiden ketiga Indonesia ini memiliki nama lengkap Prof. DR (HC). Ing. Dr. Sc. Mult. Bacharuddin Jusuf Habibie. Beliau pernah menjabat sebagai Wakil Presiden RI ketujuh. Ibunda Habibie berasal dari Jawa, sedangkan ayahnya asal Pare-Pare. Beliau memiliki kecerdasan pada ilmu teknologi dan pengetahuan, terutama fisika, semenjak masih kecil.

Peristiwa penting:

Beliau pernah berkuliah di Jurusan Teknik Mesin di Institut Teknologi Bandung (ITB) selama enam bulan, kemudian melanjutkan pendidikannya ke Jerman pada tahun 1955. Keputusannya belajar di Jerman karena petuah Soekarno tentang pentingnya penguasaan teknologi nasional, yakni teknologi maritim dan teknologi dirgantara saat Indonesia masih berkembang saat itu.

Ia pun mengambil Jurusan Teknil Penerbangan, spesialis Konstruksi Pesawat Terbang di Rheinisch Westfälische Technische Hochschule. Dari sinilah B.J. Habibie belajar menguasai teknologi dan menjadi orang yang pertama kali menciptakan pesawat terbang di Indonesia. Jadi, tidak heran jika ia dijuluki sebagai bapak teknologinya Indonesia karena karyanya yang luar biasa.

Butuh waktu sekitar 10 tahun bagi Habibie muda untuk menuntaskan studinya dari S1 sampai S3 di Aachen, Jerman. Hingga akhirnya, Habibie pun memperoleh gelar Diplom-Ingenieur atau diploma teknik dengan predikat terbaik atau summa cumlaude.

Karier politik B.J. Habibie pun dimulai sejak ia kembali ke Indonesia pada tahun 1974 atas perintah Soeharto. Mulai 1978, B.J. Habibie ditetapkan sebagai Menteri Riset dan Teknologi di masa pemerintahan presiden Soeharto.

Mulai tahun 1998, tepatnya tanggal 14 Maret, B.J. Habibie diangkat menjadi Wakil Presiden ke-7 mendampingi Soeharto dalam Kabinet Pembangunan VII sampai 21 Mei 1998. Setelah mundurnya Soeharto, B.J. Habibie ditetapkan sebagai Presiden Indonesia ke-3 pada usianya yang ke 62 tahun dengan masa jabatan yang sangat singkat, yakni hanya dari 1 Mei 1998 hingga 20 Oktober 1999 saja.

Membahas perjalanan hidup B.J. Habibie, tentu tidak bisa lepas dari kisah cintanya dengan sang istri yang sangat menyentuh. B.J. Habibie menikahi teman semasa SMA-nya, yaitu Ibu Hasri Ainun Besari pada 1962. Beliau pernah mengungkapkan bahwa Ibu Ainun adalah mata baginya untuk melihat kehidupaan.

Reorientasi:

Semasa hidupnya, beliau telah berkontribusi banyak bagi negara ini, salah satunya membuat pesawat terbang RI pertama. B.J. Habibie adalah sosok yang berjasa bagi sejarah bangsa Indonesia. Itulah sebabnya, banyak hal yang bisa dipelajari dari ide-ide jenius dan kisah perjuangannya.

Baca Juga: Biografi Sultan Hasanuddin, Ayam Jantan dari Timur Pemimpin Perang Makassar

 

4. Contoh Teks Biografi Jenderal Soedirman

teks biografi jenderal soedirman

Jenderal Soedirman (Sumber: detik.com)

 

Orientasi:

Jenderal Soedirman adalah pahlawan nasional yang berperan dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Sebelum terjun ke dunia militer, Jenderal Soedirman adalah seorang guru di sekolah dasar Muhammadiyah. Untuk lebih lengkapnya, berikut contoh biografi Jenderal Soedirman.

Jenderal Soedirman lahir di Purbalingga, 24 Januari 1916. Ia berasal dari keluarga biasa, dengan ayah bernama Karsid Kartawiraji dan ibu bernama Siyem. Karena permasalahan ekonomi, Soedirman kecil diasuh oleh pamannya yang merupakan seorang priyayi, bernama Raden Cokrosunaryo. Setelah diadopsi, Soedirman diberi gelar kebangsawanan Jawa dan namanya diubah menjadi Raden Soedirman.

Peristiwa Penting:

Semasa hidupnya, Jenderal Soedirman dikenal rajin dan aktif. Ia mulai mengenyam pendidikan di Hollandsche Inlandsche School (HIS) pada tahun 1923. Setelah itu, ia melanjutkan pendidikannya di Meer Uitgebreid Lagere Onderwijs (MULO). Soedirman kemudian pindah sekolah ke Perguruan Parama Wiwowo Tomo hingga tamat pada 1935. Hingga akhirnya, melanjutkan pendidikannya di Sekolah Guru atau Kweekschool yang diselenggarakan oleh organisasi Muhammadiyah di Surakarta.

Namun, pendidikannya terhenti pada tahun 1936. Ia pun kembali ke Cilacap dan menjadi guru di sekolah dasar Muhammadiyah. Ketika Jepang menguasai Indonesia pada 1942, sekolah tempat Soedirman mengajar ditutup dan dialihfungsikan menjadi pos militer. Saat itu, Soedirman yang dipandang sebagai tokoh masyarakat diminta untuk memimpin sebuah tim di Cilacap dalam menghadapi serangan Jepang.

Pada tahun 1944, Soedirman membuat keputusan untuk bergabung dengan PETA (Pembela Tanah Air) dan dipercaya menjadi Komandan Batalyon Banyumas. Saat menjadi seorang komandan, beliau dengan rekan prajurit lainnya melancarkan sebuah pemberontakan. Akibat dari pemberontakan tersebut, Jenderal Soedirman diasingkan di Bogor.

Berbagai perlawanan dilalui oleh Jenderal Sudirman hingga ia menderita penyakit tuberkoliosis. Namun, meski dalam keadaan yang kurang sehat, Jenderal Sudirman tetap memimpin perlawanan Indonesia melawan Belanda yang melakukan Agresi Militer II pada 19 hingga 20 Desember 1948. Perlawanan yang terus dilakukan oleh pejuang gerilyawan Indonesia berhasil membuat Belanda menarik diri.

Reorientasi:

Pada 27 Desember 1949, Jenderal Soedirman diangkat sebagai Panglima Besar TNI Republik Indonesia. Beliau wafat di Magelang, 29 Januari 1950 di umurnya yang ke-34 tahun. Karena semangatnya untuk mewujudkan kemerdekaan Indonesia, jasa Jenderal Soedirman pun masih dikenang hingga sekarang.

 

5. Contoh Teks Biografi Joko Widodo

teks biografi joko widodo

Joko Widodo (Sumber: sdgs.bappenas.go.id)

 

Orientasi:

Presiden Joko Widodo mulai dikenal sejak menjadi Wali Kota Surakarta (Solo). Kemudian, karier politiknya dilanjutkan dengan menjadi Gubernur DKI Jakarta dan hingga 2024 ini, menjadi Presiden ke-7 Republik Indonesia. Berikut adalah contoh biografi singkat Joko Widodo.

Joko Widodo, atau yang biasa disapa Jokowi, lahir di Surakarta, pada 21 Juni 1961. Ia mempunyai ayah yang bernama Noto Mihardjo dan ibu yang bernama Sujiatmi. Jokowi merupakan anak pertama dari tiga bersaudara. Ayah Jokowi bekerja sebagai penjual kayu dan bambu di sekitar bantaran kali Karanganyar, Solo. Sehingga bisa dikatakan, kehidupan Jokowi saat itu, jauh sekali dari kata mewah.

Jokowi menikah dengan ibu Iriana pada tahun 1986. Dari pernikahan itu, Jokowi melahirkan tiga orang anak yang terdiri dari dua anak laki-laki dan satu anak perempuan. Anak pertama diberi nama Gibran Rakabuming Raka, anak kedua diberi nama Kahiyang Ayu, dan anak ketiga diberi nama Kaesang Pangarep.

Peristiwa penting:

Pendidikannya diawali dengan masuk SD Negeri 112 Tirtoyoso di Solo. Setelah lulus SD, Jokowi kemudian melanjutkan pendidikan di SMP Negeri 1 Surakarta. Setelah lulus SMP, ia melanjutkan pendidikan ke SMA Negeri 6 Surakarta. Kemudian, ia berkuliah di Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada (UGM) di Yogyakarta.

Berbagai penghargaan telah diraih oleh Jokowi hingga sekarang. Ia terpilih menjadi salah satu dari “10 Tokoh 2008” oleh Majalah Tempo. Selain itu, ia juga mendapat penghargaan internasional dari Kemitraan Pemerintahan Lokal Demokratis Asia Tenggara (Delgosea) atas keberhasilan Solo melakukan relokasi yang manusiawi dan pemberdayaan pedagang kaki lima.

Kemudian, pada tanggal 12 Agustus 2011, Jokowi juga mendapat penghargaan Bintang Jasa Utama yang merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan kepada warga negara sipil, untuk prestasinya sebagai kepala daerah mengabdikan diri kepada rakyat.

Pada Januari 2013, Jokowi dinobatkan sebagai wali kota terbaik ke-3 di dunia atas keberhasilannya dalam memimpin Surakarta sebagai kota seni dan budaya, kota paling bersih dari korupsi, serta kota yang paling baik penataannya. Bahkan, oleh KPK, ia diberi penghargaan atas keberaniannya melaporkan berbagai barang gratifikasi yang diterima.

Terpilih dalam Pemilu Presiden 2014, Jokowi menjadi Presiden Indonesia pertama sepanjang sejarah yang bukan berasal dari latar belakang elite politik atau militer Indonesia. Ia terpilih bersama Wakil Presiden Muhammad Jusuf Kalla dan kembali terpilih bersama Wakil Presiden Ma’ruf Amin dalam Pemilu Presiden 2019.

Reorientasi:

Perjalanan hidup Jokowi menunjukkan bahwa kesuksesan tidak datang dengan mudah. Beliau telah melewati berbagai rintangan dan tantangan dalam mencapai posisi tinggi sebagai seorang pemimpin. Semoga dari cerita ini, bisa menjadi inspirasi dan pelajaran dalam menghadapi dinamika kehidupan.

Sampai sini, sudah mulai paham belum dengan materi teks biografi? Kalo masih ada poin-poin yang belum kamu mengerti, mending belajar sama ahlinya, deh. Belajar bareng kakak-kakak pengajar di Ruangguru Privat misalnya. Hehehe…

Belajar nggak cuma menyenangkan, tapi kamu juga bakal diajari konsepnya sampai paham! Para pengajar di Ruangguru Privat juga sudah terstandarisasi kualitasnya, loh. Kamu juga bisa pilih nih, mau diajarkan secara langsung (offline) atau daring (online). Fleksibel, kan? Untuk info lebih lanjut, cuss klik link berikut!

CTA Ruangguru Privat

 

6. Contoh Teks Biografi R.A. Kartini

teks biografi RA Kartini

Raden Adjeng Kartini (Sumber: kompas.com)

 

Orientasi:

Raden Adjeng Kartini adalah pahlawan nasional Indonesia yang lahir di Jepara, pada tanggal 21 April 1879. Ia pun meninggal di usia yang masih muda, yaitu 25 tahun, di Rembang, pada tanggal 17 September 1904. Raden Adjeng Kartini (R.A. Kartini) merupakan tokoh perempuan Jawa dan Pahlawan Nasional Indonesia yang dikenal sebagai pelopor kebangkitan wanita pribumi atau disebut dengan feminisme. Berikut adalah contoh biografi singkat R.A. Kartini.

Peristiwa penting:

Raden Adjeng Kartini merupakan seorang wanita yang berasal dari kelas bangsawan Jawa. Nama ayah Kartini adalah Ario Sosroningrat. Saat itu, Ario Sosroningrat adalah seorang patih yang diangkat menjadi bupati Jepara, segera ketika Kartini lahir. Ibunya bernama M.A. Ngasirah, anak dari Kyai Haji Madirono dan Nyai Haji Siti Aminah. Keduanya adalah tokoh agama di Teluk Awur, Jepara.

Silsilah Kartini bisa ditelusuri hingga Hamengku Buwono VI. Lebih dari itu, Garis kebangsawanan Bupati Sosroningrat dapat dilacak kembali ke para bangsawan dari istana Kerajaan Majapahit. Sejak Pangeran Dangiran menjabat sebagai bupati di Surabaya pada abad ke-18, leluhur Sosroningrat menjabat banyak posisi berpengaruh di Pangreh Praja.

Ayah Kartini dulunya adalah seorang wedana di Mayong. Peraturan Hindia Belanda waktu itu, mewajibkan seorang bupati agar beristrikan seorang bangsawan. Karena M.A. Ngasirah tidak memiliki garis bangsawan tinggi, maka ayah Kartini menikah lagi dengan Raden Adjeng Woerjan yang merupakan keturunan langsung dari Raja Madura. Setelah pernikahan itu, maka ayah Kartini berhasil menjadi bupati di Jepara. Menggantikan kedudukan ayah kandung R.A. Woerjan yang bernama R.A.A. Tjitrowikromo.

Kartini adalah anak kelima dari sebelas bersaudara kandung dan tiri. Dari semua saudara sekandung, Kartini merupakan kakak perempuan tertua. Sampai usia dua belas tahun, Kartini mengenyam pendidikan di ELS (Europese Lagere School). Salah satu pelajaran yang dipelajari oleh Kartini adalah bahasa Belanda. Tetapi setelah usia dua belas tahun, Kartini dilarang meninggalkan rumah karena sudah bisa dipingit.

Karena Kartini fasih dalam Bahasa Belanda, maka di hari-hari pingitnya, ia mulai belajar sendiri dan mengirim surat kepada teman-teman korespondensinya yang berasal dari Belanda.

Salah satu sahabatnya adalah Rosa Abendanon yang banyak mendukungnya. Dari koran, buku-buku, dan majalah Eropa, Kartini mulai tertarik pada kemajuan berpikir perempuan Eropa atau feminisme modern. Timbulah cita-citanya untuk memajukan pemikiran perempuan pribumi. Karena menurutnya, perempuan pribumi di era Hindia Belanda berada pada status sosial yang cukup rendah.

Pada tahun 1903 saat Kartini berusia sekitar 24 tahun, impian untuk meneruskan studi menjadi guru di tanah Betawi pun sudah sirna. Dalam sebuah surat kepada Nyonya Abendanon, Kartini berkata bahwa dirinya tidak berniat lagi untuk meneruskan studi karena ia sudah akan menikah. Padahal waktu itu pihak departemen pendidikan di Belanda sudah membuka peluang untuk Kartini dan Rukmini agar bisa belajar di Betawi.

Saat menjelang hari pernikahannya, penilaian Kartini terhadap nilai-nilai di adat Jawa mulai melunak dan menjadi lebih toleran. Ia berpendapat bahwa pernikahan akan memberikan berkah tersendiri agar bisa mewujudkan impian untuk mendirikan sekolah bagi para perempuan pribumi di era Hindia Belanda.

Pada tahun 1903, Kartini menikah dengan K.R.M Adipati Ario Singgih Djojo Adhiningrat yang merupakan bupati Rembang saat itu. Karena sudah menikah, gelar Raden Adjeng yang dimiliki Kartini berubah menjadi Raden Ayu. Dalam suratnya, Kartini menceritakan bahwa suaminya tidak hanya mendukung keinginannya untuk memajukan ukiran khas Jepara dan sekolah bagi perempuan pribumi saja, tetapi juga menceritakan agar Kartini bisa menulis sebuah buku yang menarik.

Setahun setelah menikah, R.A Kartini dikaruniai seorang anak laki-laki bernama Soesalit Djojoadhiningrat yang lahir pada 13 September 1904. Sayangnya, 4 hari setelah melahirkan, Kartini menghembuskan napas terakhirnya. Ia meninggal di usia 25 tahun dan dimakamkan di Desa Bulu, Kab. Rembang.

Reorientasi:

Berkat kegigihan Kartini, pada tahun 1912 berdirilah Sekolah Kartini oleh Yayasan Kartini. Sekolah ini didirikan oleh keluaraga Van Deventer, salah satu tokoh politik etis saat itu. Pada 2 Mei 1964, Soekarno mengeluarkan Surat Keputusan Presiden No 108 tahun 1964 yang berisi ketetapan bahwa Kartini adalah Pahlawan Kemerdekaan Nasional. Soekarno juga menetapkan 21 April sebagai hari Kartini yang kita peringati setiap tahunnya sampai sekarang.

Baca Juga: Biografi Ki Hadjar Dewantara, Sang Bapak Pendidikan Nasional

 

7. Contoh Teks Biografi Ki Hajar Dewantara 

Selanjutnya, ada contoh teks biografi singkat tentang Ki Hajar Dewantara. Perhatikan teks biografinya berikut ini.

Orientasi:

Ki Hajar Dewantara lahir pada 2 Mei 1889 di Yogyakarta dengan nama Raden Mas Soewardi Soerjaningrat, putra GPH Soerjaningrat dan merupakan cucu Sri Paku Alam III. Dari geneologinya, Ki Hajar Dewantara adalah keluarga bangsawan Pakualaman. Sebagai bangsawan Jawa, beliau mengenyam pendidikan ELS (Europeesche Lagere School), kemudian mendapat kesempatan masuk STOVIA (School tot Opleiding voor Inlandsche Artsen) atau yang biasa disebut Sekolah Dokter Jawa. Namun, karena kondisi kesehatannya, Ki Hajar Dewantara tidak tamat dari sekolah ini. 

Ki Hajar Dewantara menggeluti profesi di dunia jurnalisme dan pernah berkiprah di beberapa surat kabar serta majalah pada saat itu, di antaranya yaitu Sediotomo, Midden Java, De Expres, Oetoesan Hindia, Kaoem Moeda, Tjahaja Timoer, dan Poesara. Dalam tulisan-tulisannya, beliau melontarkan kritik sosial-politik kaum bumiputera kepada penjajah. Tulisannya komunikatif, halus, mengena, tetapi keras. Jiwanya sebagai pendidik yang tertanam dalam sanubarinya kemudian direalisasikan dengan mendirikan Perguruan Taman Siswa (1922) guna mendidik masyarakat bumiputera.

Peristiwa Penting:

Sebagai figur dari keluarga bangsawan Pakualaman, Ki Hajar Dewantara memiliki kepribadian yang sederhana dan sangat dekat dengan kawula (rakyat). Jiwanya menyatu lewat pendidikan dan budaya lokal (Jawa) guna menggapai kesetaraan sosial-politik dalam masyarakat kolonial. Kekuatan-kekuatan inilah yang menjadi dasar Ki Hajar Dewantara dalam memperjuangkan kesatuan dan persamaan lewat nasionalisme kultural sampai dengan nasionalisme politik.

Keteguhan hatinya untuk memperjuangkan nasionalisme Indonesia lewat pendidikan dilakukan dengan resistensi terhadap Undang-undang Sekolah Liar (Wilde Scholen Ordonnantie, 1932). Undang-undang yang membatasi gerak nasionalisme pendidikan Indonesia akhirnya dihapus oleh pemerintah kolonial. Karena perjuangannya di bidang politik dan pendidikan ini, kemudian pemerintah Republik Indonesia menghormatinya dengan memberikan jabatan dalam pemerintahan RI dan mengangkat Ki Hajar Dewantara sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (1950).

Reorientasi:

Ki Hajar Dewantara mendapat gelar doktor honoris causa dari Universitas Gadjah Mada (1959). Pemerintah RI mengangkat Ki Hajar Dewantara sebagai Pahlawan Nasional (1959). Meski perjuangannya belum selesai untuk mendidik putra bangsa, namun beliau telah menjadi pelopor lahirnya pendidikan di Indonesia. Ki Hajar Dewantara wafat pada 26 April 1959 dan dimakamkan di pemakaman keluarga Taman Siswa Wijaya Brata, Yogyakarta.

 

8. Contoh Teks Biografi Dewi Sartika

Berikut adalah contoh teks biografi pahlawan perempuan Indonesia, yakni Dewi Sartika.

Orientasi:

Dewi Sartika adalah seorang putri dari pasangan priyayi dari Jawa Barat yang lahir pada tanggal 4 Desember 1884. Dewi Sartika memiliki orang tua yang ingin memiliki seorang putri berpendidikan, walaupun pada saat itu hal tersebut bukan merupakan hal yang sesuai dengan adat.

Setelah ditinggal oleh sang ayah, Dewi Sartika diasuh oleh paman yang merupakan seorang Patih Cicalengka. Dari pamannya, Dewi Sartika mengetahui banyak hal mengenai Sunda, serta berbagai pengetahuan mengenai budaya Barat.

Peristiwa Penting:

Sedari kecil, Dewi Sartika sangat tertarik dengan dunia pendidikan. Sejak beliau berusia 10 tahun, beliau sudah mengajar kepada anak-anak yang ada di Cicalengka untuk bisa menulis, membaca, dan berbicara bahasa Belanda.

Pada tahun 1902, Dewi Sartika meyakinkan pamannya untuk mendirikan sebuah sekolah untuk perempuan. Akhirnya di tahun 1904, Dewi Sartika bisa mendirikan Sakola Istri yang merupakan sekolah pertama di Hindia Belanda.

Akibat dari niat baik Dewi Sartika ini, beliau mendapatkan dukungan positif dari berbagai pihak. Atas jasa beliau di bidang pendidikan, Dewi Sartika diberi anugerah ‘Bintang Jasa’ oleh pemerintah Hindia Belanda.

Reorientasi:

Sampai saat ini, jasa yang dilakukan oleh Dewi Sartika tidak bisa dilupakan dan sangat memberikan inspirasi serta harapan bagi banyak orang. Terutama bagi para perempuan Indonesia dalam menempuh pendidikan serta mewujudkan cita-cita mereka.

Baca Juga: Kumpulan Contoh Teks Negosiasi Singkat Beserta Strukturnya

 

9. Contoh Teks Biografi Susi Pudjiastuti

Berikut ini merupakan contoh teks biografi beserta strukturnya tentang Susi Pudjiastuti.

Orientasi:

Putus sekolah demi bisa berjualan ikan, itulah yang pernah dilakoni oleh Susi Pudjiastuti. Beliau lahir pada tanggal 15 Januari 1965 di Pangandaran, Banten. Susi Pudjiastuti memiliki ayah bernama Haji Ahmad Karlan serta ibu yang bernama Hajjah Suwuh Lasminah yang berasal dari Jawa Tengah. Kini, beliau dikenal sebagai salah satu pengusaha wanita sukses asal Indonesia. Sektor bisnisnya lebih banyak di bidang perikanan dan hasil laut serta transportasi udara.

Peristiwa Penting:

Bisnis pertamanya dimulai sebagai seorang pengepul ikan pada tahun 1983 di Pangandaran dengan berbekal modal dari hasil menjual perhiasannya. Tahun 1996, Susi Pudjiastuti kemudian mendirikan PT ASI Pudjiastuti Marine Product dengan produk andalan lobster yang diekspor ke luar negeri.

Beliau menjual produknya dari Asia hingga ke Amerika. Untuk menjaga agar produk hasil lautnya tetap segar hingga ke pelanggan, Susi Pudjiastuti memberanikan diri meminjam uang ke Bank senilai 20 miliar pada tahun 2004 untuk membeli pesawat Cessna Caravan dan mendirikan perusahaan transportasi udara bernama PT ASI Pudjiastuti Aviation. Usaha transportasi udara ini juga berkembang pesat. Dari hanya memiliki satu pesawat, kini Susi Pudjiastuti telah memiliki puluhan pesawat terbang untuk disewakan, baik digunakan untuk mengangkut hasil laut, maupun penumpang.

Reorientasi:

Selain berprofesi sebagai pengusaha hasil laut dan juga transportasi udara, Susi Pudjiastuti juga pernah menjabat sebagai Menteri Perikanan dan Kelautan pada era presiden Joko Widodo. Angka konsumsi ikan nasional per kapita juga meningkat selama Susi menjabat sebagai menteri. Bahkan, Susi Pudjiastuti menjadi pilihan favorit netizen untuk dipilih kembali menjadi menteri di periode kedua pemerintahan Jokowi.

 

10. Contoh Teks Biografi Mark Zuckerberg

Contoh teks biografi tokoh terkenal selanjutnya datang dari Mark Zuckerberg yang merupakan pendiri media sosial Facebook. Berikut teks biografinya.

Orientasi:

Mark Elliot Zuckerberg adalah seorang pemuda berkebangsaan Amerika yang dikenal luas sebagai CEO sekaligus pendiri salah satu media sosial terpopuler, yakni Facebook. Mark lahir di White Plains, New York, pada 14 Mei 1984. Mark termasuk dalam golongan pengusaha muda terkaya di dunia, dengan kekayaan mencapai 72.9 miliar dolar Amerika.

Peristiwa Penting:

Sebelum membuat platform Facebook, Mark Zuckerberg merupakan seorang mahasiswa di Universitas Harvard. Kemudian, suatu hari, Mark Zuckerberg membuat jejaring sosial yang diperuntukkan khusus kelas Mark Zuckerberg saja. Namun, lambat laun jejaring sosial tersebut tersebar luas, hingga sampai ke universitas lain yang dekat dengan Universitas Harvard. Jejaring sosial tersebut juga mendapat banyak respon positif dari berbagai orang di sekitarnya.

Tak lama setelah Mark Zuckerberg melihat perkembangan media sosial tersebut, Mark memutuskan keluar dari Universitas Harvard dan memfokuskan dirinya untuk mengerjakan proyek jejaring sosial miliknya, yang kini dikenal luas sebagai Facebook.

Reorientasi:

Di usianya yang baru 35 tahun, Mark Zuckerberg telah berhasil menjadi pengusaha terkaya di dunia. Sebelumnya, Mark Zuckerberg hanya berniat membuat jejaring sosial Facebook ini untuk membantu orang-orang agar dapat terhubung dengan satu sama lain melalui koneksi internet. Namun, berkat niat baik serta ide inovatifnya, Facebook kini tidak hanya membantu banyak orang, tetapi juga membuat Mark dapat mendulang kekayaan dengan nilai fantastis.

 

11. Contoh Teks Biografi Orang Tua

Berikut adalah contoh teks biografi orang tua yang membahas tentang ayah dan ibu.

Orientasi:

Saya mempunyai ibu yang bernama Mariam. Beliau lahir pada tanggal 10 November 1975 dan merupakan anak bungsu dari lima bersaudara. Setelah menikah dengan ayah, ibu selalu setia mendampingi ayah, dimulai dari nol sampai akhirnya menjadi pasangan yang sukses.

Peristiwa Penting:

Perjuangan ibu dan ayah dalam mengarungi kehidupan sangat penuh dengan lika-liku. Susah maupun senang telah dilewati mereka bersama selama puluhan tahun lamanya. Ibu sangat mencintai anak-anaknya dan selalu menjaga kami saat ayah sedang bekerja. Ibu juga melakukan berbagai pekerjaan untuk membantu keluarga kami, mulai dari berdagang dengan orang lain, sampai akhirnya berhasil mendirikan usaha sendiri.

Reorientasi:

Walaupun ayah sangat sibuk dengan pekerjaannya, ayah tetap memperhatikan keluarga kami dengan baik. Kedua orangtua saya tetap konsisten menyediakan waktu untuk mendampingi kami belajar dan juga untuk berlibur bersama sekeluarga. Kami sering berlibur ke tempat-tempat yang indah, seperti pantai, gunung, dan taman bermain. Saya merasa bersyukur mempunyai kedua orangtua seperti mereka, terutama Ibu yang senantiasa hadir menemani kami setiap hari.

 

12. Contoh Teks Biografi Ibu

Berikut adalah contoh teks biografi tentang ibu.

Orientasi: 

Ibuku merupakan sosok malaikat tak bersayap. Beliau bernama Nadin Winata dan lahir pada tanggal 20 September 1971 di Solo. Ibu merupakan anak dari seorang tentara, oleh karena itu beliau sempat harus berpindah-pindah tempat tinggal dari satu kota ke kota lainnya, mengikuti tempat kakek ditugaskan.

Dari SD hingga SMP, ibu bersekolah di Solo. Kemudian, ibu harus pindah ke Semarang saat duduk di bangku SMA. Setelah lulus SMA, keluarga ibu harus tinggal di Palembang, namun ibu menjadi anak rantau untuk melanjutkan pendidikannya di Semarang.

Peristiwa Penting:

Selama menempuh pendidikan dari SD hingga kuliah, ibu merupakan siswa yang berprestasi. Beberapa kali beliau menjuarai perlombaan akademik, seperti cerdas cermat tingkat kota, lomba membaca buku terbanyak, hingga lomba karya tulis ilmiah. Prestasinya yang gemilang ini membuat ibu berhasil mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan kuliah magister di Jepang. 

Namun, perjalanan hidup ibu tidak selamanya mulus. Sebelum melanjutkan kuliahnya, ibu sempat bekerja sebagai guru honorer di salah satu SMP negeri di Semarang. Selama bekerja, beliau hanya digaji sebesar Rp200.000,- per bulan.

Saat berkuliah di Jepang pun, ibu juga bekerja paruh waktu sebagai pelayan restoran dan petugas kebersihan. Meski mendapat beasiswa, ibu tetap harus bekerja agar memiliki uang tambahan untuk dikirim ke orang tuanya di Indonesia. 

Reorientasi:

Setelah berhasil lulus kuliah magister, ibu kembali ke Indonesia dan mencoba melamar menjadi dosen. Aku selalu bangga pada ibu karena beliau tidak pernah mengeluh, selalu bersemangat mengejar cita-cita, dan selalu berusaha memberikan yang terbaik bagi diri sendiri maupun keluarga.

 

13. Contoh Teks Biografi Ayah

Berikut ini adalah contoh teks biografi tentang ayah.

Orientasi: 

Tahun ini, ayahku menginjak usia 55 tahun. Kulitnya tampak semakin berkerut, ubannya pun terus memenuhi rambutnya, namun semangatnya tak pernah memudar. Ayahku bernama Yudho Bramanto. Beliau merupakan seorang kepala sekolah di salah satu SMP negeri di kota Banjarnegara.

Ayahku lahir dan besar di Kota Solo, beliau lahir dari keluarga sederhana yang juga berprofesi sebagai tenaga pendidik. Tak hanya ayah, saudara-saudaranya juga mayoritas berprofesi sebagai guru dan dosen.

Peristiwa Penting:

Perjalanan ayah dimulai saat beliau duduk di bangku SD. Ayahku tergolong siswa yang rajin dan tidak pernah absen mendapatkan juara kelas. Ayah juga banyak mengikuti perlombaan akademik setiap tahunnya. Beliau juga pernah menjadi juara umum pembaca buku terbanyak se-Kota Solo.

Saat menginjak bangku SMP, ayahku dan keluarganya pindah ke Kabupaten Banjarnegara karena kakek dan nenekku pindah tugas. Saat awal pindah, ayah sempat kehilangan semangat belajarnya karena berpisah dengan teman-temannya di Solo. Beliau pun sempat tinggal kelas saat duduk di bangku kelas IX SMP. Tidak pantang semangat, beliau terus belajar dan akhirnya bisa menyelesaikan pendidikannya di bangku SMP dengan nilai memuaskan.

Ayah melanjutkan sekolah di salah satu SMA negeri terbaik di Banjarnegara dan dari sinilah berbagai prestasi akademik kembali beliau torehkan. Setelah menyelesaikan pendidikan di bangku SMA, ayah diterima di salah satu perguruan tinggi negeri di Yogyakarta dengan mengambil jurusan keguruan. Kemudian, beliau melanjutkan studi S2 di universitas yang sama. Setelah 20 tahun mengajar, akhirnya beliau diangkat menjadi kepala sekolah di salah satu SMP Negeri di Banjarnegara.

Reorientasi:

Itulah ayahku, sosok yang tidak pernah lelah untuk belajar dan meraih prestasi. Beliau juga selalu belajar bangkit dari keterpurukannya. Karakter ayah inilah yang terus menginspirasiku untuk menjadi seseorang yang semangat belajar dan tak mudah menyerah.

Baca Juga: Kumpulan Contoh Teks Debat Singkat berdasarkan Strukturnya

 

14. Contoh Teks Biografi Guru

Berikut ini merupakan contoh teks biografi guru yang bisa dijadikan referensi untuk merayakan Hari Guru atau memberi kenang-kenangan kepada guru wali kelas saat perpisahan sekolah.

Orientasi: 

Ibu Anita Sari adalah seorang guru yang berdedikasi dalam bidang pendidikan bahasa Inggris. Beliau lahir di Jakarta pada tanggal 15 Mei 1978. Setelah menyelesaikan pendidikan sarjana di Universitas Negeri Jakarta dengan jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, Ibu Anita memulai pekerjaannya sebagai seorang pengajar.

Peristiwa Penting:

Selama lebih dari 15 tahun, Ibu Anita telah mengabdikan dirinya untuk mendidik para siswa di berbagai sekolah menengah di Jakarta. Keahliannya dalam menyampaikan materi pelajaran dengan cara yang menarik dan interaktif membuatnya menjadi salah satu guru yang paling dicintai oleh siswa-siswinya. 

Ibu Anita juga aktif dalam mengikuti berbagai pelatihan dan workshop untuk terus meningkatkan kualitas pengajarannya. Selain menjadi seorang guru, Ibu Anita juga merupakan sosok yang peduli terhadap perkembangan holistik siswa-siswi yang diajarnya. Beliau selalu siap memberikan bimbingan dan motivasi kepada siswa-siswanya agar mereka dapat mencapai potensi terbaik mereka. 

Reorientasi:

Dedikasi Ibu Anita dalam dunia pendidikan telah menjadikannya panutan bagi banyak orang, terutama siswa-siswinya. Perjuangan beliau sebagai pengajar juga memberikan kontribusi yang berarti dalam membentuk generasi penerus yang berkualitas.

 

15. Contoh Teks Biografi Teman

Berikut adalah contoh teks biografi teman sebaya yang bisa dijadikan referensi.

Orientasi:

Aku memiliki teman bernama Reisya. Reisya lahir di Karawang pada 19 April 2004 dan merupakan anak kedua dari dua bersaudara. Ia menghabiskan masa kecilnya di Karawang. Ia bersekolah di SD Puri Artha, lalu melanjutkan studi di SMP Islam Al-Irsyad dan SMA Al-Azhar 17. 

Peristiwa Penting:

Saat duduk di bangku SMA, Reisya pernah menjadi anggota OSIS dan terlibat dalam berbagai lomba vokal. Ia pernah memenangkan juara pada lomba vokal grup se-Al-Azhar Indonesia. Dari situlah ia mulai memberanikan diri untuk mengikuti lebih banyak lomba di bidang tarik suara, hingga mengisi berbagai acara vokal di mall-mall setempat.

Saat ini, Reisya sedang menempuh perkuliahan di London School of Public Relations Jakarta. Sembari menjalani kuliahnya, ia juga menyempatkan diri untuk tetap mengikuti berbagai kegiatan dan lomba di bidang vokal. Ia juga banyak membuat konten terkait vokal dan mengunggahnya di media sosial miliknya. Tidak hanya itu, ia juga aktif mengikuti kegiatan kepanitiaan kampus dan memiliki banyak teman karena kemampuan komunikasinya yang bagus.

Reorientasi:

Reisya merupakan salah satu teman yang baik dan ceria. Meskipun sibuk dengan berbagai tugas kuliah, ia tetap semangat menggeluti hobinya di bidang vokal. Nilai-nilainya pun selalu bagus karena ia memiliki kemampuan manajemen waktu yang baik. Oleh karena itu, Reisya banyak dijadikan panutan oleh teman-teman di sekitarnya.

 

16. Contoh Teks Biografi Maudy Ayunda

Contoh teks biografi artis indonesia salah satunya yaitu Maudy Ayunda yang inspiratif. Berikut ini teks biografi Maudy Ayunda.

Orientasi:

Salah satu artis muda Indonesia yang terkenal akan kecerdasan dan kecantikannya adalah Maudy Ayunda. Ia memiliki nama lengkap Ayunda Faza Maudya dan lahir di Jakarta pada tanggal 19 Desember 1994.

Peristiwa Penting:

Sejak kecil, Maudy sangat gemar membaca dan belajar. Ia menempuh jenjang pendidikan sekolah dasar di Al-Azhar, sebelum pindah ke Sekolah Interkultural Mentari. Awalnya, Maudy mengalami kesulitan beradaptasi dengan lingkungan sekolah yang menggunakan bahasa Inggris, tapi ia segera mengatasi kesulitan tersebut dan lulus dengan nilai gemilang.

Maudy kemudian melanjutkan sekolah di British School Jakarta sambil mulai berkarier di dunia hiburan. Maudy pertama kali tampil di layar kaca sebagai aktris pada film “Untuk Rena” yang dirilis tahun 2005. Kemudian, ia tampil lagi pada tahun 2009 untuk film “Sang Pemimpi”. Sejak saat itu, kariernya sebagai aktris dan penyanyi terus meroket.

Maudy meluncurkan album pertamanya sebagai seorang penyanyi pada tahun 2011 dengan judul “Panggil Aku…”. Namanya sebagai aktris juga kian naik daun, terutama setelah ia membintangi dan mengisi soundtrack film “Perahu Kertas”.

Di bidang akademik, perjalanan Maudy juga sangat menginspirasi. Ia lulus dari British School Jakarta, kemudian melanjutkan pendidikan sarjana muda di Universitas Oxford, Inggris. Setelah lulus di tahun 2016, Maudy melanjutkan pendidikannya kembali di Universitas Stanford dengan gelar ganda.

Reorientasi:

Maudy menikah dengan Jesse Jiseok Choi, seorang pengusaha keturunan Korea berkebangsaan Amerika Serikat sekaligus teman kampusnya saat menempuh pendidikan di Stanford. Keduanya mengikat janji suci pada bulan Mei 2022. Hari pernikahan Maudy ini menjadi salah satu yang dinobatkan sebagai Hari Patah Hati Nasional, sebab sosok Maudy yang berbakat, menjadikannya idola bagi banyak anak muda Indonesia.

 

17. Contoh Teks Biografi Bahasa Inggris

Selain teks biografi bahasa Indonesia, kamu juga bisa mempelajari contoh teks biografi bahasa Inggris yang membahas tentang sosok penyanyi terkenal Michael Jackson berikut ini.

Orientasi:

Michael Jackson is a singer born on August 29, 1958, in Gary, Indiana. Jackson began performing with his four brothers in the pop group the Jackson 5 when he was a child. The group scored its first No. 1 single in 1969, with “I Want You Back.” 

By the age of 11, Jackson had appeared on TV, and by the age of 14, he had released his first solo album. A Jackson 5 TV cartoon series appeared in the early ’70s, and in 1976 the Jackson family, including sister Janet Jackson, launched a TV variety show called The Jacksons that ran for one season. Throughout the 70s, media attention focused on Michael, who piped vocals in his high voice for “ABC,” “I’ll Be There,” and many other Top 20 hits. 

Peristiwa Penting:

Jackson released several solo albums in the ’70s, but his great breakthrough came in 1979 with Off the Wall. He became the first solo artist to score four Top 10 hits from one album, including “She’s Out of My Life” and “Rock with You.” 

His next album, Thriller (1983), became the biggest selling album up to that time, selling some 45 million copies around the world. This time, he scored seven Top 10 singles, and the album won eight Grammys. Although his next album, Bad (1987), sold only about half as many copies as Thriller, it was still a tremendous best-seller. 

In 1991, Jackson signed an unprecedented 65 million dollars record deal with Sony. That year, he released Dangerous. In the late 1980s and early 1990s, Jackson developed a reputation as an eccentric recluse. 

He moved to a 2,700-acre ranch called Neverland, which he outfitted with wild animals and a Ferris wheel. He underwent a facelift and nose job and was rumored to have lightened his skin through chemical treatment, though he claimed his increasing pallor was due to a skin disease. 

Reorientasi:

In 1994, Jackson married Lisa Marie Presley; the couple later divorced. Jackson married Deborah Rowe in 1996, and the couple had two children, Prince and Paris, before divorcing in 1999. Michael Jackson died on June 25, 2009, at the age of 50 in Los Angeles, California, just weeks before a planned concert tour billed as his “comeback.”

Oke, itulah beberapa contoh teks biografi singkat dari para tokoh terkenal yang sangat menginspirasi. Nah, apakah kamu ingin menjadi sukses seperti mereka? Yuk, lebih semangat lagi belajarnya, dan jangan lupa belajarnya pakai aplikasi ruangbelajar! Kamu bisa belajar di mana saja dan kapan saja, menggunakan fitur terlengkap bareng kakak-kakak Master Teacher yang asik banget!

IDN CTA Blog ruangbelajar for desktop Ruangguru

Referensi:

Nilawanti L. Biografi Ir. Soekarno, Sang Proklamator Kemerdekaan Indonesia [Daring]. Tautan: https://www.gramedia.com/literasi/ir-soekarno/ (Diakses pada 12 April 2023)

Sumber Gambar:

Gambar ‘Cha Eun-Woo’ [Daring]. Tautan: https://www.koreatimes.co.kr/www/art/2022/07/689_332001.html (Diakses pada 12 April 2023)

Gambar ‘Opened Book Mockup’ by rawpixel.com [Daring]. Tautan: https://www.freepik.com/free-psd/top-view-opened-book-mockup_14413060.htm#from_view=detail_author (Diakses pada 12 April 2023)

https://ppid.serangkota.go.id/detailpost/masa-kecil-sering-disebut-jago-inilah-riwayat-hidup-soekarno-jilid-ii (Diakses pada 11 Februari 2024)

https://civitasbook.com/singo.php?cb=non&_i=wall&id1=aaaaaaaatamu&id2=&id3=aaaaaemp90_pahlawan (Diakses pada 11 Februari 2024)

https://www.gramedia.com/literasi/biografi-bj-habibie/ (Diakses pada 11 Februari 2024)

https://news.detik.com/berita/d-6926348/pesan-jenderal-soedirman-tentara-tak-boleh-jadi-alat-golongan-atau-siapa-pun (Diakses pada 11 Februari 2024)

https://sdgs.bappenas.go.id/jokowi-sampaikan-4-sikap-di-sidang-dewan-ekonomi-sosial-pbb/ (Diakses pada 11 Februari 2024)

https://nasional.kompas.com/read/2021/04/22/10193901/kartini-raden-ajeng-yang-kesal-dipanggil-dengan-gelar-bangsawannya?page=all (Diakses pada 11 Februari 2024)

 

Artikel ini pertama kali di tulis oleh Nurul Hidayah, kemudian diperbarui oleh Kenya Swawikanti.

Kenya Swawikanti