Kenalan Dengan Jurusan Agribisnis, Prospek Kariernya Luas Banget, Lho!

Jurusan Agribisnis

Simak artikel ini untuk informasi jurusan Agribisnis, mata kuliah, daftar universitas, hingga prospek kerja setelah lulus.

--

Pangan merupakan salah satu komoditas besar Indonesia. Hal ini membuat prospek kerja jurusan Agribisnis pun semakin dibutuhkan. Kalau kamu tertarik di bidang pertanian, khususnya yang berkaitan dengan bisnis, jurusan Agribisnis akan cocok. Kamu bisa jadi manajer pertanian atau peternakan, peneliti, bahkan pengusaha di bidang pertanian. Ingin tahu lebih lanjut soal jurusan Agribisnis? Simak di artikel ini, ya.

 

Apa itu jurusan Agribisnis?

Agribisnis berasal dari kata agribusiness. Kata ini merupakan gabungan dari agriculture yang bermakna pertanian, dan business yang berarti bisnis. Oleh karena itu, jurusan Agribisnis adalah bidang keilmuan yang mempelajari bisnis di bidang pertanian, termasuk segala komponen pendukungnya. Di sisi lain, Agribisnis juga dapat diartikan sebagai bisnis yang berbasis pertanian atau bidang lain yang mendukung sektor tersebut, salah satunya rantai sektor pangan (food supply chain).

Baca juga: Mengulik Jurusan Pariwisata, Untukmu Yang Hobi Jalan-Jalan

Kenapa sih harus pilih jurusan Agribisnis? Hm.. Saat ini, bisa dibilang jurusan Agribisnis memiliki prospek yang luar biasa bagi masa depan Indonesia. Apalagi Indonesia merupakan negara agraris dan memiliki kekayaan alam yang melimpah, termasuk hasil pertaniannya. Dengan masuk ke jurusan Agribisnis, kamu tidak hanya mendapat ilmu dan keuntungan bisnis, kamu pun turut melestarikan alam Indonesia. Selain itu, kamu dapat menjadi salah satu pelopor pangan baik dari sektor pertanian, perkebunan, atau peternakan.

 

Mata Kuliah Jurusan Agribisnis

Jurusan Agribisnis memiliki cara pandang ekonomi untuk pengusahaan penyediaan pangan. Oleh karena itu lah, kamu akan memperdalam materi tentang strategi mendapatkan keuntungan, mulai dari pengelolaan aspek budidaya, penyediaan bahan baku, pasca panen, proses pengolahan, hingga tahap pemasaran. Tak hanya itu, kamu juga akan mempelajari proses produksi dan distribusi pertanian dalam kegiatan Agribisnis.

Baca juga: Jurusan Kuliahmu Ditentang Orang Tua, Yakinkan Dengan Cara Ini!

Meski yang dipelajari terdengar rumit dan panjang, kuliah di jurusan Agribisnis tidak sulit, lho, teman-teman. Justru, kamu bisa menikmati materi perkuliahan karena sangat implementatif dalam kehidupan sehari-hari. Pada jurusan Agribisnis, kamu akan mempelajari gabungan ilmu IPA dan IPS. Dari sisi IPA, kamu akan belajar Biologi untuk mengetahui sifat-sifat biologis dari produk pertanian.

Sementara itu, kamu juga akan belajar ilmu bidang IPS guna memperdalam materi bisnis dan manajemen. Dari gabungan kedua bidang ini lah, diharapkan kamu akan paham pengusahaan produksi pertanian hingga cara memperoleh keuntungan dari bisnis yang kamu jalankan di bidang ini.

Mata kuliah jurusan Agribisnis

 

15 Universitas dengan Jurusan Agribisnis Terbaik di Indonesia

Indonesia memiliki sejumlah universitas dengan jurusan Agribisnis terbaik, di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Jurusan Agribisnis IPB University, Bogor

  2. Jurusan Agribisnis Universitas Udayana (UNUD), Bali

  3. Jurusan Agribisnis Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED), Purwokerto

  4. Jurusan Agribisnis Universitas Brawijaya (UB), Malang

  5. Jurusan Agribisnis Universitas Hasanuddin (UNHAS), Makassar

  6. Jurusan Agribisnis Universitas Lampung (UNILA), Lampung

  7. Jurusan Agribisnis Universitas Sebelas Maret (UNS), Solo

  8. Jurusan Agribisnis Universitas Trunojoyo, Bangkalan

  9. Jurusan Agribisnis Universitas Padjadjaran (Unpad), Bandung

  10. Jurusan Agribisnis Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta

  11. Jurusan Agribisnis Universitas Riau (UNRI), Pekanbaru

  12. Jurusan Agribisnis UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta

  13. Jurusan Agribisnis Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Malang

  14. Jurusan Agribisnis Universitas Mataram (UNRAM), Mataram

  15. Jurusan Agribisnis Universitas Haluoleo (UHO), Kendari

Baca juga: 30 Jurusan Untuk Anak IPA, Mana Yang 'Kamu' Banget?

 

Prospek Kerja Jurusan Agribisnis

Setelah lulus dari jurusan Agribisnis, kamu akan mendapatkan gelar Sarjana Pertanian (S.P.) atau Sarjana Agribisnis (S.Agr.). Ini berbeda-beda sesuai ketentuan masing-masing universitas, ya. Lalu, kita bisa kerja apa setelah lulus?

  • Konsultan pertanian
  • Supplier sayur dan buah organik
  • Wirausaha
  • Lembaga penelitian
  • Instansi pemerintahan
  • Dosen
  • Pioneer LSM

Dengan pekerjaan yang bisa dipilih oleh lulusan jurusan Agribisnis tersebut, kamu akan memperoleh gaji dengan range 3-6 juta per bulan. Meski demikian, gaji akan terus meningkat selaras dengan pengalaman, kemampuan, dan skill yang kamu miliki.

Demikian informasi jurusan Agribisnis, teman-teman. Semoga menjawab segala pertanyaan kamu, ya. Sekarang, waktunya mempersiapkan diri untuk masuk ke perguruan tinggi favorit dengan belajar di ruangbelajar bareng Ruangguru! Yuk, kita memperdalam materi agar lolos seleksi perguruan tinggi!

ruangbelajar

Referensi:

8 Prospek Kerja Jurusan Agribisnis yang Kian Menjanjikan di Indonesia [daring]. Tautan: 8 Prospek Kerja Jurusan Agribisnis Yang Kian Menjanjikan Di Indonesia (gramedia.com) diakses pada 3 April 2022.

Jurusan Agribisnis [daring]. Tautan: Jurusan Agribisnis - Prospek Kerja & Universitas Terbaik (gramedia.com) diakses pada 3 April 2022.

Profile

Dinda Silviana Dewi