Beberapa Sumber Pendapatan Negara dan Daerah | Ekonomi Kelas 11

sumber pendapatan negara dan daerag

Artikel Ekonomi kelas XI kali ini akan membahas tentang beberapa sumber pendapatan negara dan daerah yang pada akhirnya bisa digunakan untuk pembangunan bagi masyarakat.

Indonesia harus bersyukur setelah sukses menjadi tuan rumah Asian Games ke-18 pada tahun ini (2018). Bukan hanya sukses sebagai tuan rumah saja nih Squad, Indonesia juga sukses melebihi target prestasi perolehan medali emas. Terlepas dari keberhasilan itu semua, penyelenggaraan Asian Games juga meningkatkan jumlah pendapatan negara dan daerah, khususnya Jakarta dan Palembang. Kenapa? Berbagai sumber pendapatan negara dan daerah selama penyelenggaraan Asian Games tentunya mengalami peningkatan dong.

sumber pendapatan negara - meme

Selain animo yang tinggi dari warga negara Indonesia sendiri, turis asing yang datang pun juga ikut membuat andil dalam penerimaan pendapatan tersebut. Sumber pendapatan negara dan daerah nggak cuma pajak lho Squad. Ada beberapa sumber lainnya nih. Apa saja itu? Keep scroll ya..

 

1. Sumber Pendapatan Negara

Emang sebuah negara itu punya pekerjaan tetap ya sehingga ada yang namanya “pendapatan negara”? Negara nggak sama dengan manusia Squad. Pendapatan negara itu dapat dipahami sebagai penerimaan negara dari berbagai sumber pendapatan. Ada penerimaan pajak, penerimaan bukan pajak, dan hibah.

Nah penerimaan dari sektor pajak itu sendiri terbagi menjadi dua yakni pajak dalam negeri dan pajak perdagangan internasional. Beberapa pendapatan pajak dari dalam negeri antara lain:

  1. pendapatan Pajak Penghasilan (PPh) Migas dan Nonmigas;
  2. pendapatan Pajak Pertambahan Nilai (PPN);
  3. pendapatan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB); dan
  4. pendapatan Cukai atas tembakau dan alkohol.

Salah satu contoh pendapatan pajak dalam negeri yang gampang dijumpai di sekitar kita seperti membeli makanan di restoran. Nah, kalau kamu beli makanan di restoran nih, misal total beli kamu habis Rp 90.000, nah di struk tersebut ada PPN sebesar 10% alias Rp 9.000 dan kamu harus membayar totalnya Rp 99.000.

Baca Juga: 5 Instrumen Kebijakan Moneter

Kalau pendapatan pajak dari perdagangan internasional itu terbagi atas pendapatan bea impor dan bea ekspor. Contohnya kalau kamu beli barang impor nih, sepatu gitu misalnya, nah pas pembayaran itu nanti dijelasin kalau ada tambahan pajak yang harus dibayar. Nah, ketika kamu membayar pajak saat membeli barang impor tersebut maka, akan masuk ke dalam kas negara.

fakta penerimaan pajak

Selain dari pajak, ada pula nih penerimaan negara bukan pajak (PNBP) seperti pendapatan minyak bumi, pendapatan sektor perikanan, pendapatan dari sektor mineral dan baturaba, hingga laba dari BUMN (perbankan dan nonperbankan). Banyak juga kan?

Sumber pendapatan negara yang terakhir ialah penerimaan hibah. Hibah ini merupakan bantuan uang, barang/jasa yang berasal dari pemerintah daerah,, masyarakat atau bahkan badan usaha baik dari dalam dan luar negeri yang tidak mengikat.

2. Sumber Pendapatan Daerah

Nah, selain pendapatan negara, daerah di Indonesia, baik provinsi, kabupaten, atau kota juga memiliki sumber pendapatannya masing-masing. Ada pun sumber pendapatan daerah berasal dari pendapatan asli daerah (PAD), dana perimbangan, dan pendapatan lainnya. Kita urai satu persatu yuk.

Pertama, pendapatan asli daerah (PAD). Pendapatan ini sudah diatur dalam UU No.28 tahun 2009 pasal 2 yang membagi pajak daerah diperoleh pada tingkat provinsi dan pada tingkat kabupaten/kota. Apa saja sih jenis pajak daerah baik di tingkat provinsi dan kabupaten/kota?

jenis-jenis pajak daerah

Sumber pendapatan daerah yang kedua ialah dana perimbangan. Dana ini bertujuan untuk menyetarakan kebutuhan daerah dalam pelaksanaan desentralisasi. Dana perimbangan dapat dimaknai sebagai dana yang bersumber dari APBN. Nah, dana perimbangan itu sendiri terbagi menjadi 2, yakni dana bagi hasil (DBH),dana alokasi umum (DAU), dan dana alokasi khusus (DAK).

Dana bagi hasil (DBH) ini dialokasikan kepada daerah dengan persentase tertentu dari pajak dan sumber daya alam. Tujuannya ya untuk mendanai kebutuhan daerah. Nah, kalau dana alokasi umum (DAU) itu tujuannya untuk pemerataan kemampuan keuangan daerah. Lalu, dana alokasi khusus (DAK) bertujuan untuk mendanai kegiatan khusus daerah yang sesuai dengan prioritas nasional. Kemudian sumber pendapatan daerah lainnya bisa berupa dana hibah dan dana darurat yang digunakan untuk keperluan mendesak seperti bencana alam atau peristiwa luar biasa lainnya.

fakta asian games 2018

Nah, itu tadi Squad penjelasan mengenai beberapa sumber pendapatan negara dan daerah. Masih bingung dengan PR Ekonomi yang kamu punya? Jangan khawatir. Foto dan kirimkan soal yang menurut kamu sulit di ruanglesonline. Tanya jawab dan diskusi PR kamu dengan guru berkualitas via chat. Coba sekarang yuk.

ruanglesonline

Referensi
Alam S. 2014. Ekonomi untuk SMA dan MA Kelas XI. Jakarta: Erlangga

Penerimaan Pajak Tembus Rp 687 Triliun pada Juli 2018. liputan6.com (daring). Tautan: https://www.liputan6.com/bisnis/read/3619074/penerimaan-pajak-tembus-rp-687-triliun-pada-juli-2018#:~:text=Liputan6.com%2C%20Jakarta%20%2D%20Direktur,mencapai%20Rp%20687%2C2%20triliun.

Menkeu Sampaikan Besaran Penggunaan APBN Untuk Asian Games 2018. setkab.go.id (daring). Tautan: https://setkab.go.id/menkeu-sampaikan-besaran-penggunaan-apbn-untuk-asian-games-2018/. setkab.go.id (daring). Tautan: https://setkab.go.id/menkeu-sampaikan-besaran-penggunaan-apbn-untuk-asian-games-2018/

Artikel diperbarui 14 Desember 2020

Tedy Rizkha Heryansyah