10 Fakta Menarik Lubang Hitam (Black Hole) yang Penting Diketahui

Fakta lubang hitam

Lubang hitam atau black hole selalu menjadi topik yang menarik perhatian. Nah, cari tahu yuk beberapa fakta menariknya yang penting kamu ketahui.

Pernah mendengar tentang lubang hitam (black hole)? Mungkin kamu pernah menonton siaran televisi yang membahas tentang hal ini seperti di National Geographic. Nah, lubang hitam adalah objek luar angkasa yang padat dan maha dahsyat kekuatannya. Untuk lebih jelasnya lagi, kamu bisa simak beberapa fakta lubang hitam di bawah ini. Selamat membaca ya!

 

1. Lubang hitam bukanlah sebuah lubang

Jika melihat gambar yang ada, kita akan berpikir bahwa black hole adalah sebuah lubang. Ternyata selama ini kita salah, karena lubang hitam berbentuk bulat seperti planet. 

 

2. Lubang hitam terdiri dari banyak ukuran

Lubang hitam terdiri dari 3 tipe yang dibedakan berdasarkan massanya. Tipe pertama adalah supermassive black hole, memiliki massa paling besar dan kekuatan gravitasi yang sangat kuat. Meskipun ukurannya sebesar matahari, massa satu supermassive black hole bisa mencapai miliaran kali massa matahari. Sedangkan, tipe kedua adalah stellar black hole dengan massa 20 kali dari massa matahari. Lalu, tipe ketiga adalah primordial black holes, yang ukuran massanya bisa seperti massa satu atom hingga sebuah gunung.

Baca juga: Yuk, Ketahui 8 Ciri-ciri Planet di Tata Surya!

 

3. Lubang Hitam bisa menghisap apa saja, termasuk lubang hitam lain

Dengan efek gravitasi yang sangat kuat, lubang hitam bisa menghisap apa saja seperti planet, bintang, cahaya bahkan lubang hitam lainnya. Hal ini dikenal dengan merging galaxies. Untuk dapat keluar dari lubang hitam, benda tersebut harus memiliki kecepatan melebihi cahaya. Namun, karena tidak ada benda langit dengan kecepatan tersebut, maka secara teoritis tidak ada benda yang bisa lolos dari lubang hitam.

 

FAKTA LUBANG HITA

4. Lubang hitam tidak bisa dilihat secara langsung

Warnanya yang sangat hitam membuat cahaya bahkan tidak bisa lari dari lubang hitam. Selain itu, sulit pula bagi manusia untuk mengetahui lubang hitam secara langsung. Para ilmuwan mendeteksinya dengan melihat pergerakan bintang dan perubahan lingkungan di sekitarnya. Jadi, ketika suatu bintang berada di dekat lubang hitam, bintang tersebut akan tertarik hingga kehilangan energi dan mengeluarkan radiasi dalam bentuk sinar-X dan radiasi elektromagnetik.

 

5. Suara lubang hitam

Hasil penelitian dalam jurnal Science Advances, menyimpulkan ada suara yang dikeluarkan lubang hitam ketika menghisap benda yang ada di sekitarnya. Meskipun gelombang suara tidak dapat merambat di ruang hampa, namun suara yang dihasilkan mirip dengan suara gemerisik saluran TV yang rusak, lho.

Baca juga: 5 Teori Pembentukan Tata Surya dan Pencetusnya

 

 

6. Spaghettification

Apa hubungannya lubang hitam dengan spaghetti?

Yap, teori mengatakan jika tubuh kita terhisap ke dalam lubang hitam, maka tubuh kita akan terlihat seperti spaghetti atau mie yaitu meregang dan memanjang. Fenomena ini dinamakan dengan Spaghettification.

 

7. Kita tidak bisa keluar dari lubang hitam

Apabila kita atau sebuah benda masuk ke dalam lubang hitam, maka tidak akan ada jalan pulang atau jalan keluarnya. Lubang hitam memiliki gaya gravitasi yang sangat kuat dan tidak ada benda di sekitarnya yang bisa menghindar. Bahkan, hingga saat ini para peneliti belum mengetahui apa yang akan terjadi pada benda-benda yang masuk ke dalam lubang hitam.

 

bagian-bagian lubang hitamGambaran bagian-bagian di lubang hitam (Sumber: eso.org)

 

8. Lubang hitam merupakan sumber energi terbesar

Lubang hitam ternyata menghasilkan energi yang jauh lebih besar dibandingkan matahari. Hal ini dikarenakan hasil dari material yang mengorbit di sekitarnya. Material tersebut mengorbit dengan kecepatan tinggi akibat gaya gravitasi yang besar. Kecepatannya yang tinggi membuat material di sekitarnya menciptakan panas hingga suhu lebih dari 500 juta derajat Celcius. Nah, peristiwa pembentukan energi ini disebut dengan blackbody radiation.

 

9. Waktu lebih lambat di lubang hitam

Berkaitan dengan teori relativitas Einstein, semakin cepat kita bergerak maka waktu yang akan melewati kita akan lebih lambat. Misalnya A masuk ke dalam lubang hitam, dan B melihatnya dari kejauhan. Maka dari perspektif B, A bergerak dengan lambat. Sementara dalam perspektif A, B bergerak dengan sangat cepat.

 

10. Lubang hitam bisa lahir dan mati

Dalam teori Hawking Radiation yang diutarakan oleh Stephen Hawking, sama seperti benda angkasa lainnya, lubang hitam juga bisa lahir dan mati. Lubang hitam sendiri terbentuk dari bintang yang meledak. Saat hal ini terjadi, akan tercipta supernova yaitu ledakan besar yang menciptakan tarikan yang kuat. Di situlah lubang hitam lahir. Namun ketika semakin tua, lubang hitam bisa menguap hingga mengecil dengan sendirinya.

Itu dia, 10 fakta menarik lubang hitam yang harus kamu ketahui. Jika kamu tertarik dengan benda-benda langit, kamu bisa mengambil jurusan astronomi ketika kuliah. Yuk, persiapkan dirimu dari sekarang dengan belajar bersama guru privat yang bisa kamu cari melalui Ruangguru Privat dari Ruangguru!

IDN CTA Blog ruangguru privat

Referensi:

10 Fakta Sains Black Hole [daring]. Tautan: https://www.idntimes.com/science/discovery/izza-namira-1/fakta-ilmiah-black-hole?page=all (Diakses: 20 Juni 2022)

7 Fakta Unik Lubang Hitam [daring]. Tautan: https://www.kompas.com/sains/read/2021/08/21/080000023/7-fakta-unik-lubang-hitam-salah-satunya-ada-di-galaksi-kita?page=2 (Diakses: 20 Juni 2022)

Sumber foto:

Bagian lubang hitam [daring]. Tautan: https://www.eso.org/public/ireland/images/black-holes-infographic-v2/ (Diakses: 23 Juni 2022)

Shabrina Alfari

Content Writer and Content Performance at Ruangguru. Hope my writing finds you well and help you learn a thing or two! :D