Fitur dan Cara Akses ruangkelas untuk Murid yang Buat Belajar di Rumah Lebih Efektif

ruangkelas untuk murid

Artikel ini memperkenalkan produk terbaru Ruangguru di tahun ajaran baru yaitu ruangkelas untuk murid

Sudah berapa lama kamu belajar dari rumah? Menjelang tahun ajaran baru, pemerintah telah mengumumkan bahwa 94% sekolah di seluruh Indonesia masih akan melaksanakan pembelajaran jarak jauh untuk menghindari penyebaran pandemi COVID-19. Kebijakan ini dikeluarkan dengan memprioritaskan kesehatan dan keselamatan siswa, guru, keluarga, dan masyarakat.

Banyak murid yang sudah mulai jenuh bahkan merasa kesulitan dalam menyelesaikan berbagai tugas dari guru selama belajar dari rumah. Apakah kamu salah satunya? Nah, saat ini sudah ada solusi untuk membuat belajar di rumah lebih praktis dan mudah bersama ruangkelas.

ruangkelas merupakan produk ruangguru terbaru yang dibuat untuk mendukung kegiatan belajar mengajar secara virtual atau daring berupa layanan Learning Management System (LMS) untuk para guru dan murid. Dengan ruangkelas, kegiatan belajar mengajar #DiRumahAja bisa berjalan lebih praktis dan efektif.

Baca juga: Info Produk & Harga Paket Ruangguru SD, SMP, SMA, SMK di 2021

Fitur ruangkelas yang bisa dimanfaatkan oleh murid

1. Menerima materi dari guru

Di ruangkelas, kamu bisa menerima materi yang diberikan oleh guru berupa video pembelajaran di ruangbelajar, dokumen pdf, docs atau jpeg, dan tautan/link website.

ruangkelas untuk muridMelihat materi langsung dari guru

2. Mengerjakan tugas

Kamu dapat mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru secara langsung, berupa soal pilihan ganda dan esai. Untuk soal pilihan ganda, guru bisa membuat soal sendiri, mengambil dari latihan soal ruangbelajar, atau banksoal ruangbelajar. Sementara untuk soal esai, guru hanya bisa membuat soalnya sendiri. Semua soal yang diberikan oleh guru WAJIB dijawab oleh murid. 

ruangkelas untuk muridMengerjakan tugas

3. Memberi komentar

Guru dan murid dapat berinteraksi tanya jawab di fitur komen terhadap suatu materi atau tugas yang diberikan.

ruangkelas untuk muridMenulis komentar

4. Cek hasil tugas

Kamu dapat melihat hasil pengerjaan tugas yang sudah dikerjakan melalui tombol Lihat Lembar Kerja. Pada Lembar Kerja, kamu dapat mengetahui jawaban yang tepat dari setiap soal. Selain itu, kamu juga bisa cek status dari tugas yang telah dikerjakan, apakah sudah dinilai oleh guru atau belum.

ruangkelas untuk muridLihat hasil tugas

5. Berkomunikasi dengan teman dan guru di Ruang Chat Kelas

Semua murid dan guru dapat berkomunikasi pada fitur chat dalam 1 kelas. Semua tugas dan materi juga akan muncul dalam fitur chat. Kamu yang baru bergabung pada group chat tetap bisa melihat history chat sebelumnya. Kamu juga bisa mengirim file berupa foto atau dokumen di dalam chat.

ruangkelas untuk muridRuang chat belajar

Keuntungan menggunakan ruangkelas untuk murid

1. Cara akses mudah

Untuk kamu yang sudah berlangganan, kamu bisa langsung coba gratis ruangkelas melalui aplikasi Ruangguru kamu, lho. Mudah banget ‘kan?

2. Dapatkan materi belajar lengkap

Apabila sudah berlangganan, kamu bisa langsung mendapatkan materi belajar yang lengkap dan menarik dari Ruangguru. Gunakan materi belajar ini kapan pun dan di mana pun kamu inginkan.

3. Mengerjakan tugas lebih praktis dan tertata

Kamu bisa lebih mudah mengerjakan tugas dan nggak perlu khawatir akan ada tugas yang tertinggal. Semua tugas yang kamu terima akan tersimpan dengan rapi, sehingga nggak akan ada tugas yang keselip. Psst, nggak perlu lagi mengirim tugas lewat whatsapp atau email satu per satu. Cukup kumpulkan dan kerjakan langsung tugasmu di aplikasi Ruangguru dengan mudah melalui ruangkelas.

4. Berkomunikasi dengan guru dan teman sekelas jadi mudah

Tak perlu bingung lagi untuk bertanya dan berkomunikasi dengan guru mengenai tugas yang diberikan selama belajar di rumah, dengan fitur Ruang Chat Kelas. Kamu juga bisa berdiskusi bersama teman sekelas melalui fitur ini, lho.

5. Belajar lebih praktis

Tak hanya melihat materi belajar yang diberikan oleh guru, kamu juga bisa melihat materi belajar beranimasi yang ada di ruangbelajar.

Cara akses ruangkelas untuk murid

ruangkelas untuk murid

ruangkelas untuk murid

Dengan ruangkelas, proses belajar di rumah bisa menjadi lebih praktis dan efektif. Melalui berbagai fitur unggulan dari ruangkelas, bertanya langsung dengan guru di kelas dan berdiskusi dengan teman menjadi lebih mudah. Kamu juga bisa langsung mengerjakan dan mengumupulkan tugas di aplikasi Ruangguru, lho. Tak perlu ragu lagi, ayo coba gratis ruangkelas sekarang! ruangkelas murid

Ruangguru