FKS Foundation Bersama Ruangguru Berhasil Tingkatkan Kompetensi Guru dalam Program Pelatihan dan Pembinaan Periode Pertama

FKS Foundation dan Ruangguru

FKS Foundation bersama Ruangguru kembali memberikan pelatihan dan pembinaan guru melalui program Indonesia Teaching Fellowship (ITF) Fase 2.

Sejak September 2022, FKS Foundation bersama Ruangguru memberikan pelatihan dan pembinaan guru melalui program Indonesia Teaching Fellowship FKS Fase 2 atau “ITF FKS Fase 2”. Program ini berfokus pada pelatihan kompetensi guru dalam bidang pedagogik, sosial, kepribadian, profesional, dan teknologi melalui akses pembelajaran materi secara online, kelas pengayaan virtual, diskusi intensif dengan fasilitator, serta layanan konseling.

Pelatihan periode pertama telah dilaksanakan terhadap 50 peserta guru tingkat SMA dan SMK yang tersebar di 11 provinsi seperti; Bali, DIY, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalsel, NTB, Papua, Sulawesi Barat, Sulawesi Utara, Sumatra Barat dan Sumatra Utara.

“Saya merasakan perbaikan kinerja dan kontribusi yang bisa saya realisasikan di sekolah selama 3 bulan terakhir. Misalnya, menginisiasikan penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran kolaboratif dan perbaikan variasi strategi pembelajaran di kelas. Saya juga turut berkontribusi dalam membangun kolaborasi sekolah dengan komunitas atau lembaga daerah demi memaksimalkan program pembelajaran bagi para siswa. Hal ini sesuai dengan nilai-nilai kolaboratif yang banyak disinggung selama ITF,” ucap Royati, peserta guru ITF Fase 2 asal Nusa Tenggara Barat.

Baca Juga: Sukses Tingkatkan Kompetensi Pedagogik Guru di Fase Satu, FKS Foundation dan Ruangguru Foundation Kembali Buka Pelatihan dan Pembinaan Guru Fase Dua

ITF FKS Fase 2 periode pertama yang telah dilakukan sejak September 2022 hingga Desember 2022 telah berhasil meningkatkan nilai Tryout Uji Kompetensi Guru atau “TO UKG” sebesar 13% dengan nilai rata-rata akhir 54. Peningkatan ini diukur dari rata-rata nilai yang diperoleh peserta pada TO UKG oleh Ruangguru, yaitu Tryout Uji Kompetensi Guru yang disusun oleh tim FKS dan Ruangguru untuk menguji kompetensi pedagogik, teknologi, dan sosial guru. Tryout UKG awal sebelumnya telah dilakukan pada saat pembukaan program dimana peserta guru belum mendapatkan materi pembelajaran dari program ITF. Pada TO UKG awal, peserta guru memperoleh nilai rata-rata sebesar 47, dimana nilai ini masih di bawah nilai rata-rata UKG Nasional, yaitu 55.

“Kami sangat mengapresiasi dan bangga atas peningkatan hasil yang ditunjukkan oleh para peserta guru selama periode pertama. Kerja keras seluruh tim berhasil membuahkan hasil yang positif. Meskipun angka ini masih belum mencapai nilai rata-rata UKG nasional, kami sangat yakin para peserta guru bisa meneruskan peningkatan signifikan selama proses pelatihan hingga akhir masa pelatihan pada September 2023, dan mampu melampaui nilai rata-rata UKG nasional”, ujar Andika Saputra, Corporate Social Responsibility Department Head, FKS Foundation

Program FKS ITF Fase 2 masih akan berlanjut hingga Agustus 2023. Para peserta guru yang telah mendaftarkan diri diberikan akses Ruangbelajar for Teacher, dimana mereka dapat mengakses modul pelatihan pedagogik berupa video pembelajaran, kuis, dan rangkuman. Selain itu, para peserta guru juga dibekali dengan kelas pengayaan virtual bersama fasilitator profesional, buku kerja berisi rangkuman materi dan latihan soal untuk memperdalam materi, serta mendapatkan layanan konseling.

Tentang FKS Foundation

Didirikan oleh FKS Group sebagai cerminan kepedulian perusahaan dan tanggung jawab sosial kami terhadap masyarakat dan lingkungan. Yayasan ini berfokus pada pendidikan dan kemanusiaan karena kami percaya bahwa melalui pendidikan anak-anak dapat mencapai impian mereka dan berkontribusi pada pembangunan.

Tentang Ruangguru Foundation

Berdasarkan komitmen Ruangguru dalam mendorong pertumbuhan berkelanjutan menuju masyarakat, Ruangguru Foundation didirikan pada tahun 2018 dan didedikasikan untuk mendukung peningkatan kompetensi guru dan memperluas akses pendidikan berkualitas bagi anak-anak yang kurang mampu melalui tiga pilar utama; aksesibilitas, konten berkualitas, dan kelayakan kerja. Inisiatif yang diluncurkan oleh Ruangguru Foundation telah membantu lebih dari 1 juta siswa dan guru penerima manfaat dalam empat tahun terakhir.

Ruangguru

Platform bimbingan belajar online terbesar dan terbaik di Indonesia. Menyediakan layanan belajar berbasis teknologi interaktif untuk jenjang SD, SMP, SMA/SMK.