30 Jurusan Kuliah untuk Anak IPA yang Peluang Kerjanya Besar

jurusan kuliah IPA

Pilihan jurusan kuliah untuk anak IPA sangat beragam. Mulai dari jurusan kedokteran, teknik, matematika, desain, hingga sistem informasi dan geografi. Yuk, cari tahu daftar jurusan untuk anak IPA yang bikin ‘gampang’ cari kerja!

Yoook, anak kelas 12, mana, nih? Sudah kepikiran mau ambil hikmah jurusan apa nanti? Mumpung masih ada waktu, yuk, mulai pikirkan tujuanmu selanjutnya dari sekarang! Gimana caranya? Bisa dengan lihat-lihat lagi nilai hasil belajar kamu di sekolah, mata pelajaran apa, sih, yang lebih unggul nilainya? Lalu, kamu refleksikan lagi, kamu ingin mendalami ilmu apa? Enjoy belajar apa?

Selagi kamu menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, kita kasih beberapa pilihan jurusan kuliah untuk anak IPA yang bisa kamu pertimbangkan. Jurusan saintek apa yang kira-kira menarik perhatianmu?

Mulai dari kuliah di jurusan kedokteran, teknik, atau rumpun sains lainnya, berikut pilihan jurusan untuk anak IPA yang kamu dipilih.

Bidang Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

jurusan kuliah ipa

Pilihan jurusan kuliah IPA selain Jurusan Teknik (Sumber: unsplash.com oleh CDC)

Jurusan kuliah untuk anak IPA pada bidang ini bisa kamu temukan di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

 

1. Jurusan Astronomi

Salah satu perguruan tinggi yang membuka Jurusan Astronomi adalah Institut Teknologi Bandung. Akan belajar apa saja di prodi ini? Kurikulum Jurusan Astronomi di ITB memiliki tiga sub-bidang kajian: Galaksi dan Kosmologi, Fisika Bintang, dan Tata Surya. Mata kuliah di jurusan saintek yang satu ini juga mencakup berbagai ilmu, seperti geometri, algoritma pemrograman, kalkulus, termodinamika, fisika kuantum, dan mekanika.

Prospek kerja Jurusan Astronomi ternyata luas banget, loh! Mulai dari lembaga penelitian, lembaga antariksa, observatorium, planetarium, hingga pendidikan perguruan tinggi. Kamu bisa jadi saintis atau peneliti benda-benda luar angkasa, science communicator, astronom, dosen, dan masih banyak lagi.

2. Jurusan Geografi

Kalau mata pelajaran Geografi dipelajari di jurusan IPS ketika SMA, bidang ilmu ini nyatanya masuk ke jurusan saintek, lhoguys. Secara garis besar, mahasiswa Jurusan Geografi akan dibekali pengetahuan untuk menganalisis persoalan yang menyangkut ekologi dan kajian wilayah. Mata kuliah yang akan didapatkan, antara lain: Sistem Informasi Geografis, Evaluasi dan Konservasi Sumber Daya Alam, Oseanografi, Geografi Pariwisata hingga Analisis Risiko Bencana Alam.

Prospek kerja Jurusan Geografi juga beragam. Beberapa profesi yang bisa kamu ambil setelah lulus dari jurusan ini, antara lain ahli Sistem Informasi Geografis, ahli tambang dan geologi, ahli teknik lingkungan, konsultan lingkungan, ahli tata kota, ahli Teknologi Informasi Geospasial, bahkan menjadi pengajar Geografi.

3. Jurusan Bioteknologi

Sudah pernah dengar Jurusan Bioteknologi? Salah satu perguruan tinggi yang membuka prodi ini adalah Universitas Negeri Malang. Selain dibekali dengan mata kuliah keahlian wajib, seperti Mikrobiologi, Genetika, Kimia Pangan Fungsional, Imunologi, dan Bioinformatika, mahasiswa juga diberi ruang untuk memilih mata kuliah peminatan.

Jurusan Bioteknologi di UM memberikan tiga peminatan bidang, yaitu Bioteknologi Industri, Bioteknologi Lingkungan, dan Bioteknologi Kesehatan. Masing-masing bidang peminatan akan didukung dengan pemahaman materi yang lebih mendalam.

Jika kamu berminat untuk mendaftar ke jurusan ini, beberapa prospek kerja Jurusan Bioteknologi, di antaranya ahli bioteknologi, ahli biomedis, ahli biostatistik, peneliti di bidang bioinformatika, teknisi ilmu forensik, spesialis di bidang kesehatan dan lingkungan, pengajar/dosen, hingga wirausaha.

4. Jurusan Matematika

Materi yang akan kamu pelajari di Jurusan Matematika adalah campuran antara matematika murni dan aplikasi. Beberapa di antaranya juga merupakan matkul yang mengasah logika kayak Algoritma dan Pemrograman. Semasa kuliah, kamu bakalan nemuin dari mana, sih, datangnya rumus-rumus yang didapatin sewaktu sekolah. Belajar teori, serta pembuktian dari teorema-teorema dalam matematika.

Jurusan Matematika juga memiliki beberapa peminatan yang bisa kamu pilih, mulai dari matematika murni, riset operasi, komputasi, pemodelan, keuangan dan aktuaria, aljabar, statistik, dan sebagainya. Nah, peminatan ini dapat berbeda-beda tergantung kampus.

Buat kamu yang mengira kalau Jurusan Matematika juga bisa jadi guru/dosen Matematika di sekolah, itu salah besar! Saat ini, prospek kerja Jurusan Matematika sudah sangat luas. Kamu bisa jadi seorang data analyst, data scientist, aktuaris, perbankan, ahli/konsultan keuangan, bahkan sampai software engineer, loh! Keren, kan?

Baca Juga: 9 Cara Mengenali Minat dan Bakat Sebelum Memilih Jurusan Kuliah

Bidang Kesehatan

jurusan kedokteran

Mahasiswa bidang Kedokteran akan melewati fase akademik dan pendidikan profesi (Sumber: cnn.com)

5. Jurusan Kedokteran

Jurusan kuliah untuk anak IPA yang satu ini tentunya sudah nggak asing, lah, yaa. Sistem pembelajaran untuk Jurusan Kedokteran akan berbeda antara satu perguruan tinggi dengan yang lainnya. Sebagai contoh, Jurusan Kedokteran UGM, mempersiapkan peserta didik untuk menempuh pendidikan akademik selama 3,5 tahun.

Setelah itu, perkuliahan dilanjutkan dengan fase profesi selama 2 tahun. Materi pembelajaran disusun secara bertahap, mulai dari dasar pemahaman fisiologis dan homeostasis, hubungan antara kondisi sehat dan sakit, hingga keterampilan klinis.

Sebenarnya, lulusan kedokteran nggak terbatas pada profesi dokter aja, gais. Kamu bisa menjadi seorang peneliti, klinisi, penyuluh kesehatan masyarakat, atau menjadi tenaga pendidik.

6. Jurusan Kedokteran Hewan

Bagi yang punya anabul (anak bulu) di rumah dan mau serius mikirin kebahagiaan dan kesejahteraannya, jurusan kuliah IPA satu ini cocok banget, siyyguys. Mengambil contoh dari IPS University, mahasiswa Jurusan Kedokteran Hewan akan dibekali kemampuan teori dan praktik sesuai bidang ini.

Beberapa materi kuliahnya, antara lain Profesi Veteriner dan Kesejahteraan Hewan, Anatomi Veteriner, Farmakologi, Ilmu Bedah Umum Veteriner, dan Manajemen Kesehatan Satwa Aquatik. Seperti Jurusan Kedokteran umum, mahasiswa jurusan ini juga dibekali dengan pendidikan profesi setelah menyelesaikan fase akademik selama 8 semester.

Sama seperti di Jurusan Kedokteran, profesi Jurusan Kedokteran Hewan juga cukup luas. Selain menjadi dokter hewan, kamu mempunyai peluang untuk bekerja sebagai seorang peneliti, konsultan, Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kementerian Pertanian atau Direktorat Jenderal Peternakan, hingga menjadi wirausaha.

7. Jurusan Kedokteran Gigi

Daripada sakit hati, lebih baik sakit gigi..” memang kadang ada benarnya, guys. Walaupun dua-duanya sama-sama menyakitkan 🙁 Inilah peran dokter gigi di kehidupan, biar kita meski lagi galau masih tetap bisa ngunyem makanan enak, karena kesehatan gigi dan mulut terus terjaga.

Jurusan Kedokteran Gigi juga sama, nih, tahapan belajarnya. Dimulai dengan fase akademik lalu dilanjut dengan pendidikan profesi. Contoh mata kuliah Jurusan Kedokteran Gigi Universitas Padjadjaran, antara lain Oral Biologi, Pedodonsia, Konservasi Gigi, Farmakologi, dan Ilmu Kesehatan Anak.

Prospek kerja lulusan jurusan kedokteran gigi pun saat ini semakin luas. Kamu bisa menjadi dental techniciansdental business analyst, dental clinic consultant, dental photographer, hingga wirausaha.

8. Jurusan Farmasi

Dalam beberapa tahun terakhir, dunia farmasi dan kesehatan terus menjadi industri yang sangat penting. Tak heran jika lulusannya pun semakin dibutuhkan. Eits, farmasi di sini tidak terbatas hanya pada obat-obatan saja ya, tetapi juga industri kosmetik. Tentu kamu sadar ‘kan dengan perkembangan industri kosmetik di dunia, termasuk Indonesia? Yap, lulusan Farmasi akan bertugas untuk meracik, menganalisis, dan mengindentifikasi obat-obatan serta kosmetik yang sesuai dengan standar kelayakan kesehatan.

Kuliah di Jurusan Farmasi, bisa kerja jadi apa aja, sih? Nah, bagi kamu yang belum tahu, prospek kerja Jurusan Farmasi cukup luas. Kamu bisa menjadi seorang apoteker, bekerja di rumah sakit, laboratorium, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Departemen Kesehatan, hingga industri obat-obatan.

 

9. Jurusan Keperawatan

Dokter tidak mungkin bekerja seorang diri kan? Nah, lulusan dari Jurusan Keperawatan juga sangat dibutuhkan di masa depan untuk membantu tugas dokter. Sebagai seorang perawat, kamu akan belajar cara penanganan pasien yang tugasnya nggak kalah penting dari dokter. Kamu nggak hanya bisa menjadi perawat di rumah sakit aja, tapi juga di puskesmas, klinik, pangkalan militer, panti jompo, sekolah, atau perawat pribadi.

 

10. Jurusan Ilmu Gizi

Seperti nama jurusannya, tentu kamu bakal banyak mempelajari masalah gizi. Kamu akan mengecek hubungan makanan dan minuman dengan kesehatan dan penyakit tubuh. Spesifiknya, sih, yang berkaitan langsung sama nutrisi atau kebutuhan dasar kita.

Di jurusan Ilmu Gizi kamu akan belajar tentang hubungan antara pertumbuhan manusia, produktivitas, serta kualitas kesehatan tubuh. Selain itu, kamu juga akan dibekali ilmu tentang berbagai jenis penyakit, ilmu dasar patofisiologi serta anatomi tubuh manusia dan kaitannya dengan interaksi makanan, organ tubuh, obat-obatan, dan fitokimia.

Banyak banget prospek kerja Jurusan Ilmu Gizi yang bisa kamu ambil. Mulai dari menjadi ahli gizi, konsultan gizi, bekerja di industri makanan, Kementerian Kesehatan, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), penyuluh kesehatan, dosen, hingga wirausaha.

 

11. Jurusan Kesehatan masyarakat

Kamu yang berminat memilih jurusan ini, nantinya akan mempelajari mengenai pencegahan penyakit dan tindakan promosi kesehatan di masyarakat. Jadi, nggak hanya belajar tentang bagaimana agar masyarakat tetap sehat aja, kamu juga akan dibekali skill kampanye kesehatan, lho. Dengan belajar di jurusan ini kamu diharapkan dapat berkontribusi dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan, sehingga harapan hidup masyarakat menjadi terjamin.

Pada Jurusan Kesehatan Masyarakat, nantinya kamu bisa memilih peminatan yang sesuai dengan keinginanmu. Beberapa peminatan tersebut antara lain Biostatistik, Epidemiologi, Promosi Kesehatan, Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), Kesehatan Lingkungan, Manajemen Informasi Kesehatan, Kesehatan Reproduksi, Manajemen Rumah Sakit, dan Administrasi dan Kebijakan Kesehatan (AKK). Pilihan peminatan akan berbeda-beda, tergantung universitas. Jadi, jangan lupa cari tahu ketersediaan peminatannya ya!

Lalu, bagaimana dengan peluang kerjanya? Tengang, gais. Prospek kerja Jurusan Kesehatan Masyarakat juga mulai beragam. Tidak hanya sebagai penyuluh kesehatan untuk masyarakat, tapi kamu juga berpeluang menjadi epidemiologist, biostatistician, ahli Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), hingga bekerja di bagian Quality, Health, Safety and Environment (QHSE) di industri atau organisasi swasta.

 

12. Jurusan Kebidanan

Tak seperti jurusan lainnya, Jurusan Kebidanan punya syarat khusus yaitu hanya untuk perempuan. Di jurusan ini, kamu akan mempelajari bagaimana membantu proses persalinan seorang ibu. Namun tak hanya sebatas proses persalinan saja, tapi juga merangkap proses mulai dari fase-fase dalam kehamilan, menyusui, merawat, tumbuh kembang bayi, hingga program Keluarga Berencana (KB). Kamu juga akan belajar lebih dalam tentang fungsi-fungsi reproduksi dan segala hal yang berkaitan dengan usaha meningkatkan kesejahteraan keluarga.

Apakah lulusan Kebidanan harus menjadi bidan? Enggak juga! Selain kamu bisa menjadi seorang bidan profesional, prospek kerja Jurusan Kebidanan yang luas, membuat kamu bisa bekerja di Dinas Kesehatan, penyuluh program keluarga berencana, instruktur meditasi persalinan, pelatih senam kehamilan, hingga menjadi dosen. Sangat menjanjikan, bukan?

Baca Juga: Intip Jurusan Kuliah yang Diambil Para Presiden Indonesia

Bidang Teknik

jurusan anak IPA

Jurusan Teknik menjadi salah satu jurusan favorit anak IPA
(Sumber: unsplash.com oleh Scott Blake)

13. Teknik Geologi

Lingkup pengetahuan Jurusan Teknik Geologi mencakup segala hal yang berkaitan dengan bumi, mulai dari permukaan hingga isi bumi. Seperti apa contohnya? Hal yang menjadi kajian dari jurusan saintek ini, yaitu mineral, gas bumi, nikel, hingga emas. Beberapa mata kuliah yang mendukung keahlian mahasiswa diambil dari kurikulum Jurusan Teknik Geologi Universitas Diponegoro, contohnya Geotermal, Geologi Minyak dan Gas Bumi, Teknik Pemboran, Vulkanologi, dan Geostatistika.

Beberapa prospek kerja Jurusan Geologi yang bisa kamu ambil, di antaranya menjadi seorang ahli geologi tata lingkungan, teknisi tambang, minyak, dan material, ahli sistem informasi geografis, interpreter seismik, maupun tenaga pendidik.

14. Teknik Sipil

Jurusan Teknik Sipil berkaitan erat dengan pembangunan infrastruktur dan perancangan bangunan. Jangan heran, kalau nanti kamu melanjutkan studi ke jurusan saintek ini, ada beberapa tugas yang mendorongmu untuk menggambar. Contoh mata kuliah Jurusan Teknik Sipil Universitas Jember, yaitu Penggambaran Struktur Bangunan Berbasis ARCHICAD, Perencanaan Pelabuhan, Geometrik Jalan Raya, Manajemen Konstruksi & Aspek Hukum, dan Prasarana transportasi.

Ketika kamu memilih masuk ke Jurusan Teknik Sipil, nantinya akan ada program peminatan yang bisa kamu ambil. Contohnya seperti geoteknik, hidrologi, manajemen konstruksi, lingkungan, dan lain sebagainya. Nah, dengan beragam peminatan tersebut, membuat prospek kerja Jurusan Teknik Sipil menjadi cukup luas. Kamu bisa menjadi seorang engineer, kontraktor, surveyor, staff Research and Development, CAD Technisian, dan masih banyak lagi.

15. Teknik Kimia

Selain Jurusan Kimia, ada juga, lho, pilihan Jurusan Teknik Kimia untuk anak IPA. Perbedaannya adalah fokus pembelajaran Teknik Kimia yang mengedepankan proses olahan bahan mentah menjadi bahan guna lainnya, bisa bahan jadi atau setengah jadi. Mata kuliah Jurusan Teknik Kimia, contohnya Pengantar Mikrobiologi Industri, Pengolahan Air dan Limbah Industri, dan Perancangan Alat Proses.

Prospek kerja lulusan Teknik Kimia juga cukup luas. Contohnya, kamu bisa bekerja di industri yang menggunakan proses kimia, seperti industri pupuk, pengolahan minyak bumi, makanan, obat-obatan, pengadaan bahan konstruksi, pembuatan peralatan pabrik, dan masih banyak lagi.

16. Teknik Perkapalan

Jurusan untuk anak IPA yang bisa kamu pertimbangkan juga, nih, ada Teknik Perkapalan. Jelas, ya, dari namanya ‘perkapalan’ tentu kamu akan mempelajari secara mendalam mengenai kapal dan dunia maritim secara umum. Sebagai salah satu cabang Jurusan Teknik, mata kuliah yang diberikan teuteup ada embel-embel Menggambar Teknik, Matematika Teknik, dan Komputasi Teknik. Selain itu, didukung juga dengan mata kuliah keahlian Teknik Perkapalan, contohnya Proses Manufaktur Kapal, Mekanika Fluida Dasar Kapal, hingga Merancang Kapal.

Sebagai lulusan Jurusan Teknik Perkapalan, kamu memiliki prospek kerja yang cukup luas. Enggak cuma di bidang maritim aja, loh, tapi bisa juga di bidang pemerintahan, minyak bumi dan gas, hingga tenaga pendidik. Di bidang maritim sendiri, kamu bisa menjadi surveyor, marine engineer, QA/QC engineer di industri transportasi laut, welding engineer di industri perkapalan minyak, dan masih banyak lagi. Gimana, tertarik untuk masuk jurusan ini?

17. Teknik Elektro

Jurusan Teknik Elektro berkaitan erat dengan bidang kelistrikan, guys. Mata kuliah keahlian yang diberikan di jurusan saintek yang diambil dari contoh prodi Elektro Universitas Jenderal Soedirman, antara lain Bahan Listrik, Fisika Teknik, Konsep Telekomunikasi Sistem Mikroprosesor, dan Praktikum Konversi Energi. Jadi, kamu akan belajar banyak mengenai dunia kelistrikan, ya.

Nah, berkat keahlian kamu di bidang kelistrikan ini, kamu berpeluang untuk bekerja di industri-industri tenaga lustrik besar, seperti Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) atau Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU). Eits, tidak hanya itu! Prospek kerja Jurusan Teknik Elektro, membuat kamu bisa menjadi seorang teknisi, software engineer, Perencanaan Produk Otomotif dan Transportasi, hingga dosen.

18. Teknik Biomedis

Jurusan teknik yang satu ini masih ada hubungannya dengan dunia medis, lho. Kamu akan dibekali ilmu tentang sains, kesehatan, dan teknologi kedokteran. Fokus keilmuwan tadi menjadi daya tarik dari jurusan ini, apalagi prospek kerja di bidang kesehatan dan teknologi memiliki peluang yang cukup besar.

Prospek kerja Jurusan Teknik Biomedis juga sangat beragam. Lulusan dari Jurusan Teknik Biomedis bisa berkarier di laboratorium kesehatan, instansi pemerintahan, perusahaan farmasi, lembaga penelitian, hingga pengembang perangkat lunak untuk kesehatan.

 

19. Teknik Mesin

Hampir semua hal saat ini menggunakan mesin untuk efisiensi atau juga untuk memaksimalkan produksi. Untuk kamu yang suka dengan hal-hal yang berhubungan dengan mesin, kamu bisa memilih Jurusan Teknik Mesin. Di jurusan ini, kamu akan mempelajari prinsip-prinsip fisika yang akan diimplementasikan pada analisis, desain, manufaktur, dan pemeliharaan mesin. Kamu juga akan memperdalam beberapa cabang ilmu teknik mesin seperti mekanika, kinematika, teknik material, dan termodinamika.

Lulusan dari prodi ini akan sangat dibutuhkan di berbagai macam industri, mulai dari manufaktur, teknologi, otomatif, pertambangan, dan sebagainya, loh! Prospek kerja Jurusan Teknik Mesin yang menjanjikan ini, membuat kamu berpeluang untuk menjadi seorang operator mesin pembangkit, maintenance, atau bahkan peneliti di bidang teknologi berbasis mesin.

 

20. Teknik Pertanian

Teknik Pertanian adalah disiplin ilmu di pertanian yang lebih menekankan kepada aspek teknik (mesin). Bagaimana kamu merancang mesin-mesin atau sistem untuk membuat hasil panen menjadi maksimal dengan cara yang efektif. Jadi, kalau melihat suatu lahan pertanian, kamu akan diajarkan cara mengidentifikasi dan memecahkan masalah dengan membuat sistem atau peralatan permesinan yang cocok digunakan di lahan itu. Supaya hasilnya maksimal dan efisien.

Mata kuliah yang dipelajari nanti tentunya yang bersifat keteknikan dan pertanian. Mulai dari Perbengkelan, Ilmu Lingkungan, Sistem Pertanian Industri, Energi dan Mesin Pertanian, Teknik Biosistem, Mekanisasi Pertanian, Gambar Teknik, Ekonomi Teknik, Teknik Hidroponik, dan banyak lagi.

Lalu, gimana dengan peluang kerjanya? Jangan khawatir! Prospek kerja lulusan Teknik Pertanian yang cukup luas, membuat kamu bisa bekerja di Kementerian Pertanian, Kementerian Industri, Pusat Penelitian (Litbang), perusahaan yang bergerak di bidang agroindustri, wirausaha, hingga pengajar.

 

21. Teknik Nuklir

Teknik Nuklir merupakan jurusan yang mempelajari ilmu inti atom dengan menggunakan prinsip-prinsip Fisika Nuklir dan interaksi antara radiasi dan material sebagai dasarnya. Eits, nuklir tak hanya digunakan untuk bom atom saja, melainkan juga bisa dimanfaatkan untuk bidang medis, pembangkit listrik, dan energi.

Prospek kerja lulusan Jurusan Teknik Nuklir bisa dibilang cukup menjanjikan. Kamu bisa bekerja di perusahaan pertambangan, perminyakan, dan perusahaan yang bergerak di bidang energi seperti PLN, PLTN, Pertamina, Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN), dan sebagainya.

 

22. Teknik Lingkungan

Dengan masuk ke jurusan Teknik Lingkungan, kamu akan belajar tentang bagaimana menciptakan lingkungan yang sehat dan bebas penyakit dengan teknik dan teknologi. Ruang lingkupnya pun cukup luas, mulai dari pengelolaan kesehatan lingkungan, upaya pengendalian pencemaran, sistem drainase, dan sebagainya. Prospek kerja lulusan Teknik Lingkungan pun beragam. Kamu bisa bekerja di industri-industri yang bergerak di bidang petrokimia, minyak, pertambangan, dan sebagainya.

 

23. Teknik Industri

Di Teknik Industri kamu nggak hanya akan belajar mengenai seluk-beluk sebuah mesin manufaktur, tetapi kamu juga akan mempelajari sistem manajemen sebuah industri. Karena itu, prospek kerja di Jurusan Teknik Industri pun sangat luas, mulai dari industri kecil hingga industri besar. Kamu bisa bekerja di divisi spesialisasi teknik industri, divisi produksi, divisi engineering, divisi perencanaan biaya, hingga HRD.

Baca Juga: 17 Jurusan Teknik dengan Prospek Kerja Menjanjikan, Apa Pilihanmu?

Bidang Ilmu Komputer dan Teknologi

jurusan saintek untuk anak IPA

Bidang Ilmu Komputer dan Teknologi makin digemari
(Sumber: unsplash.com oleh Markus Spiske)

24. Jurusan Ilmu Komputer

Tidak dapat dipungkiri, ya, gengs, kemajuan teknologi benar-benar pesat beberapa tahun ke belakang. Nggak heran juga, jurusan saintek di bidang ilmu komputer dan teknologi makin banyak diminati. Ada baiknya, sebelum kamu memilih Jurusan Ilmu Komputer, kenali dulu mata kuliah yang akan kamu pelajari. Sebagai contoh, nih, di IPB University, kamu akan belajar Dasar Pemrograman, Kecerdasan Buatan, Pengantar Teknologi Geospasial, Keamanan Informasi, dan Data Mining.

Prospek kerja lulusan Ilmu Komputer sangat menjanjikan, gais. Kamu bisa bekerja sebagai web designer, software engineer, web developer, software developer, data scientist, game developer, konsultan IT, hingga dosen.

25. Jurusan Sistem Informasi

Masih dalam bidang ilmu komputer dan teknologi, di Jurusan Sistem Informasi kamu akan mempelajari berbagai materi keahlian, seperti Basis Data, Sistem Informasi, Jaringan Komputer, Statistika Inferensi, dan Pemrograman Web. Di samping itu, ada juga beberapa mata kuliah pilihan, seperti yang ditawarkan di Jurusan Sistem Informasi Universitas Airlangga, berupa materi Perancangan Sistem Interaksi E-Health dan Metode Kuantitatif Bisnis.

Peluang kerja bagi lulusan Jurusan Sistem Informasi juga besar, loh! Di zaman serba digital saat ini, akan banyak dicari seorang web developer, web designer, programmer analyst, software developer, software engineer, konsultan IT, data analyst, data scientist, dan masih banyak lagi.

26. Jurusan Informatika

Pilihan jurusan kuliah untuk anak IPA, khususnya yang senang dengan perkembangan teknologi, selain Jurusan Ilmu Komputer, ya, ada Jurusan Informatika. Mahasiswa akan mempelajari berbagai mata kuliah untuk menopang keahlian diri untuk menjadi ahli di bidang ini, seperti Rekayasa Lunak, Fundamental Pengembangan Aplikasi, Pengembangan Aplikasi Informatika Medis, serta Sistem dan Jaringan Komputer.

Di samping itu, mahasiswa juga diberi kesempatan untuk mengambil mata kuliah pilihan, seperti Kapita Selekta Informatika Medis, Big Data, Forensika Digital, Keamanan Siber dan Informasi, dan Intelijen Bisnis. Bagaimana dengan peluang kerjanya? Lulusan Informatika memiliki prospek kerja yang luas dan beragam. Contohnya, sebagai analis, web developer/engineer, software developer/engineer, ahli jaringan, dan lain sebagainya.

27. Jurusan Teknologi Informasi

Ada beberapa mata kuliah yang serupa di kurikulum Jurusan Teknologi Informasi dengan Jurusan Sistem Informasi, seperti materi Pemrograman Web dan Jaringan. Jurusan saintek ini juga mendorong mahasiswa untuk belajar materi keahlian lainnya, seperti Arsitektur Data, Desain Interaksi, Efek Visual dan Animasi, Sistem Sensor dan Aplikasi, dan Digital Forensik.

Untuk prospek lulusan Jurusan Teknologi Informasi, kamu berpeluang menjadi seorang data scientist, teknisi robot, programmer, software engineer, application engineer, konsultan IT, game creator, game developer, hingga dosen.

Baca Juga: 10 Jurusan Kuliah yang Cocok Bagi Kamu Siswa Lulusan SMK

Desain dan Arsitektur

desain dan arsitektur

Desain dan arsitektur (Sumber: adammuiz.com)

 

28. Arsitektur

Arsitektur termasuk jurusan di bidang teknik yang terbilang unik, karena nggak hanya mempelajari hal yang bersifat teknis pada bangunan tetapi juga memperhatikan sisi estetikanya. Mahasiswa Arsitektur mempelajari tentang desain dan rancangan konstruksi bangunan. Arsitektur akan menuangkan ide, konsep dan desain, sedangkan untuk realisasi pembangunannya akan dikerjakan oleh Teknik Sipil.

Menjadi seorang arsitek mempunyai prospek karier yang cerah. Kamu bisa bekerja hampir di semua perusahaan properti dan konstruksi.

 

29. Desain interior

Desain Interior adalah sebuah ilmu yang mempelajari perencanaan tata letak dan perancangan ruang yang ada di sebuah bangunan. Tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan manusia untuk perlindungan, desainer interior juga merancang ruang yang akan mempengaruhi pandangan, suasana hati dan kepribadian penghuninya.

Jurusan Desain Interior dan Arsitektur berbeda ya, gengs. Jurusan Arsitektur berfokus pada rancangan keseluruhan bangunan, sedangkan Desain Interior lebih berfokus pada optimalisasi pemanfaatan ruang yang tersedia.

Dilansir dari itb.ac.id, di jurusan ini kamu akan belajar tentang hubungan antara manusia dengan ruang yang dihuni atau digunakan. Contohnya, bagaimana cara menciptakan ruang yang sesuai dengan sifat pengguna dan jenis kegiatannya. Ruangan harus mampu mendukung seluruh kebutuhan pengguna, termasuk meningkatkan mood saat digunakan.

Nah, untuk prospek kerjanya, kamu bisa berkarier sebagai perancang desain interior, konsultan desain interior, desainer interior kendaraan bermotor, desainer interior untuk set panggung atau event, bekerja di perusahaan-perusahaan konstruksi interior, penyedia produk interior, dan masih banyak lagi.

 

30. Desain Komunikasi Visual (DKV)

Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) merupakan cabang dari ilmu desain. Melalui jurusan ini, kamu akan mempelajari konsep komunikasi dan ungkapan kreatif, teknik dan media dengan memanfaatkan elemen visual ataupun rupa, untuk menyampaikan pesan tujuan tertentu.

Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) dapat disebut sebagai versi mutakhir dari Desain Grafis. Mengapa demikian? Pasalnya, pembelajaran yang ada pada prodi DKV lebih luas dan tak hanya berpacu pada karya visual 2D di media cetak seperti Desain Grafis. Lebih lanjut, Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) juga akan mempelajari karya visual dalam versi 3D dan karya visual gerak lainnya.

Peluang kerja Jurusan DKV sudah terbukti sangat luas! Kamu bisa bekerja di stasiun televisi, production house, percetakan/penerbitan, advertising, konsultan design, atau freelancer design grafis di berbagai perusahaan.

Selain 30 jurusan kuliah untuk IPA yang telah disebutkan di atas, masih banyak jurusan saintek yang bisa kamu pilih, seperti Desain Grafis, Statistika, dan sebagainya. Pastikan bahwa kamu setidaknya mengenal mata kuliah yang akan diajarkan. Dengan begitu, kamu nggak kaget-kaget banget, atau bahkan merasa salah masuk jurusan.

Pikirkan secara matang ke mana arah tujuan dan maumu apa, ya. Jangan lupa persiapkan dirimu dengan belajar secara maksimal menuju kampus impian bareng ruangbelajar, ya! Ehehe.

IDN CTA Blog ruangbelajar for desktop Ruangguru

Referensi:

Astronomi ITB. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam ITB [daring]. Tautan: https://www.as.itb.ac.id/  (Diakses 11 September 2021)

Kurikulum Program Studi S1 Geografi Universitas Indonesia. FMIPA UI [daring]. Tautan: https://geografi.ui.ac.id/portal/ilmu-geografi/program-sarjana/profile-lulusan/mata-kuliah-sarjana/ (Diakses 11 September 2021)

Kurikulum 2020 Program Studi Informatika – Program Sarjana UII [daring]. Tautan: https://informatics.uii.ac.id/sarjana/kurikulum-2020/ (Diakses 11 September 2021)

Kurikulum Bioteknologi FMIPA UM [daring]. Tautan: http://bioteknologi.fmipa.um.ac.id/dosen/ (Diakses 12 September 2021)

Program Studi Kedokteran. Universitas Gadjah Mada [daring]. Tautan: https://fk.ugm.ac.id/program-studi-kedokteran/ (Diakses 12 September 2021)

Fakultas Kedokteran Hewan. IPB University [daring]. Tautan: https://fkh.ipb.ac.id/sarjana/ (Tautan: https://fkh.ipb.ac.id/sarjana/)

Buku Pedoman Akademik Program Studi Pendidikan Dokter Gigi S-1. Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjadjaran [daring]. Tautan: https://www.unpad.ac.id/wp-content/uploads/2012/08/Pedoman-Akademik-TA-2017-2018-Program-Studi-S1-FKG-UNPAD.pdf (Diakses 12 September 2021)

Sistem Pendidikan dan Kurikulum Teknik Geologi. Universitas Diponegoro [daring]. Tautan: http://geologi.ft.undip.ac.id/sistem-pendidikan-dan-kurikulum/ (Diakses 12 September 2021)

Program Studi S1 – Teknik Sipil. Universitas Jember [daring]. Tautan: http://sarjana-sipil.teknik.unej.ac.id/kurikulum/struktur-kurikulum/ (Diakses 12 September 2021)

Program Studi Teknik Kimia. Institut Teknologi Nasional [daring]. Tautan: https://www.itenas.ac.id/akademik/fti/program-studi-teknik-kimia/ (Diakses 12 September 2021)

Kurikulum Program Teknik Perkapalan Universitas Indonesia [daring]. Tautan: https://mech.eng.ui.ac.id/wp-content/uploads/2021/02/Kurikulum-2020-S1-DTM-Kapal.pdf (Diakses 12 September 2021)

Struktur Kurikulum Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Jenderal Soedirman [daring]. Tautan: http://elektro.ft.unsoed.ac.id/akademik/kurikulum/strukturkur/ (Diakses 12 September 2021)

Kurikulum dan Silabus Program Sarjana Sistem Informasi. Fakultas Sains dan Teknologi. Universitas Airlangga [daring]. Tautan: https://si.fst.unair.ac.id/kurikulum/ (Diakses 12 September 2021)

Sumber Foto:

Mengenal Karakter dan Kisah 5 Dokter Hospital Playlist 2. CNN Indonesia [daring]. Tautan: https://www.cnnindonesia.com/hiburan/20210617104345-220-655552/mengenal-karakter-dan-kisah-5-dokter-hospital-playlist-2 (Diakses 12 September 2021)

Anggraeni Puspitasari