Jurusan Ilmu Aktuaria, Prodi yang sedang Booming di Indonesia

Shabrina Alfari Sep 6, 2021 • 5 min read


Jurusan ilmu aktuaria

Artikel ini menjelaskan tentang seluk beluk jurusan Ilmu Aktuaria yang lulusannya sangat dibutuhkan di dunia kerja, mulai dari mata kuliah, pilihan kampus, hingga prospek kerja.

--

Masih belum yakin mau mengambil jurusan apa pada pendaftaran masuk kampus mendatang? Selain mengetahui kemampuan diri, kamu juga harus rajin survei jurusan apa saja yang sedang banyak diincar dan memiliki prospek kerja menjanjikan. Salah satu jurusan yang sedang booming dan banyak menjadi incaran calon mahasiswa adalah jurusan Ilmu Aktuaria. Apa sih Ilmu Aktuaria itu?

Program studi yang satu ini memang masih awam di telinga masyarakat. Tak heran, sebab jurusan ini tergolong baru di Indonesia. Mau tahu lebih dekat dengan jurusan Ilmu Aktuaria? Simak terus ya!

Baca juga: 9 Jurusan dengan Lulusan Bergaji Tinggi

 

Apa Itu Jurusan Ilmu Aktuaria?

Jurusan Ilmu Aktuaria adalah jurusan yang mempelajari tentang actuarial science, yaitu ilmu yang merancang solusi dari permasalahan dan pengelolaan risiko pada industri asurasi, dana pensiun, jaminan sosial, investasi, perbankan, serta industri lainnya.

Jurusan Ilmu Aktuaria kerap juga disebut sebagai “Matematika Asuransi”. Lho, kenapa? Aktuaria sendiri merupakan ilmu tentang asuransi, atau ilmu tentang pengelolaan risiko keuangan di masa yang akan datang. Kamu akan mendapatkan mata kuliah yang merupakan kombinasi antara ilmu tentang peluang, matematika, statistika, keuangan, pemrograman komputer, hingga data science atau big data.

Dengan belajar di jurusan ini kamu diharapkan dapat menjadi ahli madya asuransi yang punya keahlian praktis dalam bidang administrasi asuransi dan aktuaria, serta keahlian dalam profesi perencanaan keuangan personal. Keren ‘kan?

jurusan ilmu aktuariaJurusan Aktuaria (Sumber: mec.co.id)

 

Alasan Memilih Jurusan Ilmu Aktuaria

Walaupun tergolong jurusan baru, jurusan Ilmu Aktuaria langsung mendominasi jurusan dengan passing grade nilai UTBK tertinggi di bidang Saintek. Tak hanya itu, jurusan ini juga memiliki prospek kerja yang menjanjikan karena profesi Aktuaris menjadi salah satu profesi elit yang banyak dicari dengan gaji besar.

So, untuk kamu yang suka dengan pelajaran matematika, khususnya yang berhubungan dengan probabilitas dan statistika, serta termasuk orang yang detail, maka Aktuaria bisa menjadi jurusan yang pas untuk kamu.

Baca juga: Jurusan Sastra Indonesia: Materi Kuliah dan Peluang Kerja

 

Mata Kuliah di Jurusan Ilmu Aktuaria

Meskipun masih berada dalam lingkup matematika, jurusan Akturia memiliki perbedaan dengan lulusan matematika lainnya. Kamu akan dilatih menjadi seseorang yang mampu menghitung prediksi dan peluang sekaligus menganalisis risiko dan dampak yang akan terjadi di masa depan.

Untuk itu, kamu akan belajar beberapa campuran bidang ilmu yang berhubungan dengan matematika, asuransi, dan hukum. Beberapa mata kuliah yang akan kamu temui seperti Dasa-dasar Kalkulus, Hukum Asuransi, Manajemen Klaim, Matematika Asuransi Jiwa, Matematika Dana Pensiun, Komputerisasi dan Pemrograman Aktuaria, Matematika Keuangan, Probabilita Statistika, Praktik dan Simulasi Aktuaria, hingga SDM dalam Industri Asuransi.

jurusan ilmu aktuariaMenjadi seorang Aktuaris (Sumber: thenexthint.com)

 

Prospek Kerja Jurusan Ilmu Aktuaria

Salah satu pertimbangan terpenting saat memilih jurusan adalah prospek kerja dari lulusannya. Profesi Aktuaris di Indonesia tergolong sangat dibutuhkan dan memiliki gaji yang menjanjikan, lho. Lulusan Aktuaria biasanya banyak dibutuhkan di industri asuransi dan bidang keuangan. Cakupan pekerjaannya pun cukup luas, kamu bisa bekerja sebagai Aktuaris di bidang Klaim dan Asuransi Properti, Asuransi Jiwa, Kesehatan, Manajemen Risiko, Penaksir Asuransi Kerusakan Kendaraan, Agen Penjualan Asuransi, dan sebagainya.

Dilansir dari laman Kemdikbud, bidang ilmu aktuaria pun dipercaya sebagai bidang yang sangat potensial, lho. Tak hanya dibutuhkan di banyak tempat, tetapi juga dari aspek keilmuan akan terus berkembang.

FYI, Indonesia sangat krisis tenaga ahli Aktuaria. Saat ini, pemerintah Indonesia telah mewajibkan setiap perusahaan asuransi untuk memiliki minimal satu orang Aktuaris. Padahal, sebuah perusahaan asuransi memerlukan beberapa hingga puluhan Aktuaris. Inilah peluang kamu untuk mengisi kekurangan posisi ini.

Daftar Kampus dengan Jurusan Ilmu Aktuaria

Jurusan Ilmu Aktuaria baru muncul di beberapa PTN pada tahun 2017 dan 2018. Beberapa kampus yang menerima calon mahasiswa di jurusan ini yaitu Universitas Indonesia (UI), IPB University, Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Padjadjaran (Unpad), dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).

Sudah ada bayangan ‘kan akan belajar apa saja di jurusan Ilmu Aktuaria dan akan berprofesi sebagai apa setelah lulus? Siap untuk memilih jurusan ini? Jangan lupa untuk terus belajar sebelum menghadapi berbagai ujian masuk universitas dengan video beranimasi dan latihan soal di ruangbelajar.

New Call-to-action

Referensi:

Mengenal Lebih Dekat Program Studi Ilmu Aktuaria. dikti.kemdikbud.go.id [daring]. Tautan: https://dikti.kemdikbud.go.id/kabar-dikti/kabar/mengenal-lebih-dekat-program-studi-ilmu-aktuaria/ (Diakses: 6 September 2021)

 

Artikel ini telah diperbarui pada tanggal 6 September 2021.

Profile

Shabrina Alfari

Senior Content Writer at Ruangguru

Beri Komentar