Yuk, Kenali Jurusan Sastra Korea! Bagaimana Prospek Kerjanya?

Informasi jurusan Sastra Korea

Jurusan Sastra Korea bisa dipertimbangkan karena prospek kerjanya yang luas!

Sejak tahun 2005, tren korean wave masih kuat hingga sekarang. Popularitas Korea Selatan pun meningkat, membuat penyuka tren negeri Gingseng tersebut mengulik lebih dalam negara asal para idolanya. Hal ini pun berimbas pada minat para pelajar pada Jurusan Sastra Korea. Lantas, apa sih Jurusan Sastra Korea? Apa yang dipelajari dan bagaimana prospek kerjanya? Simak di sini!

 

Apa Itu Jurusan Sastra Korea?

Bagi kamu yang mengikuti Korean wave pasti akan cocok dengan jurusan Sastra Korea. Pasalnya, di jurusan ini mahasiswa akan diajari banyak hal soal Korea Selatan. Jurusan Sastra Korea merupakan program studi yang mempelajari seluk beluk budaya Korea Selatan. Subjek utama yang akan dipelajari adalah bahasa, mulai dari cara bicara, dialek, mendengar, membaca, hingga menulis. Tak hanya itu, mahasiswa pun akan belajar linguistik, fonetik, fonologi, dan kesusastraan Korea. Mahasiswa jurusan ini juga akan mempelajari budaya dan sejarah Korea yang sudah ada sejak 4.000 tahun yang lalu.

Baca Juga: 9 Fakta Mengejutkan Sekolah Korea yang Belum Kamu Ketahui

 

Mata Kuliah Jurusan Sastra Korea

Berbagai macam mata kuliah akan dipelajari di Jurusan Sastra Korea, mulai dari Bacaan Bahasa Korea, Pengantar Sejarah Korea, Hanja, Percakapan Bahasa Korea, hingga Terjemahan Korea-Indonesia, dan sebaliknya. Tapi, ternyata nggak hanya itu lho, teman-teman! Mahasiswa juga akan diajak belajar wisata di Korea melalui kuliah Korean Tourism, dan belajar komunikasi bisnis di Korea melalui kuliah Bahasa Korea Bisnis dan Korespondensi.

Kalau soal belajar Sejarah Korea, mahasiswa Jurusan Sastra Korea akan diajak mengulas legenda Dangun yang sudah terjadi sekitar 4.000 tahun yang lalu. Lebih lanjut, Sejarah Korea Modern juga akan dipelajari mulai era dinasti Joseon hingga penjajahan Jepang.

Di Jurusan Sastra Korea, mata kuliah Bahasa Korea disebut dengan Hangukeo. Pada mata kuliah ini, Hangukeo akan dibagi menjadi Hangukeo satu hingga enam, masing-masing per semester. Hangukeo dibagi menjadi empat aspek pembelajaran, yaitu Malhagi (berbicara), Deudgi (mendengar), Munbeob (tata bahasa), dan Sseugi (menulis).

Nah, bagi yang suka drama dan series akan ada mata kuliah Pengkajian Drama Korea. Melalui mata kuliah ini, mahasiswa akan diminta menonton drama atau film dan kemudian membuat review per minggunya. Namun, untuk tugas akhir kita diharuskan memilih satu drama Korea dan kemudian menganalisis drama tersebut dari aspek budaya, psikologi, atau sastranya.

 

Mata kuliah di jurusan Sastra Korea

Baca Juga: Belajar Huruf Korea (Hangul): Macam-Macam Huruf, Cara Membaca, Pelafalan, dan Cara Menulisnya

 

Daftar Universitas Top untuk Belajar Sastra Korea

Lantas, mana saja sih kampus yang memiliki Jurusan Sastra Korea?

  1. Universitas Indonesia (UI), Jakarta
  2. Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta
  3. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Bandung
  4. Universitas Nasional (UNAS), Jakarta

Prospek Kerja Jurusan Sastra Korea

Tak main-main, Jurusan Sastra Korea dapat dibilang memiliki prospek kerja yang menarik nih. Lulusan Sastra Korea memiliki kesempatan yang luas untuk bekerja di perusahaan-perusahaan besar dan berkarir. Adapun profesi yang dapat ditekuni antara lain:

    • Penerjemah
    • Penulis teknis
    • Jurnalis
    • Penulis perjalanan
    • Novelis
    • Pemandu tur 
    • Content writer 
    • Content strategist 
    • Content creator

Kini, kamu sudah dapat membayangkan keseruan masuk ke Jurusan Sastra Korea kan? Jika kamu punya keinginan untuk belajar lebih soal oppa-oppa idola dan seluk beluk negaranya, yuk belajar lebih giat lagi agar bisa masuk ke Jurusan Sastra Korea. Fitur ruangbelajar by Ruangguru akan membantu kamu!

New call-to-action

Referensi

Demam Hallyu, Kenali Jurusan Sastra Korea dan Prospek Kerjanya [daring]. Tautan: Demam Hallyu, Kenali Jurusan Sastra Korea dan Prospek Kerjanya (kompas.com) diakses pada 6 Maret 2022.

Jurusan Sastra Korea [daring]. Tautan: Jurusan Sastra Korea - Prospek Kerja & Universitas Terbaik (gramedia.com) diakses pada 6 Maret 2022.

Profile

Dinda Silviana Dewi