8 Karakteristik Makhluk Hidup | Biologi Kelas 7

Fahri Abdillah Apr 24, 2019 • 6 min read


karakteristik makhluk hidup

Artikel ini menjelaskan tentang beberapa karakteristik makhluk hidup. Pada kenyataannya, setiap makhluk hidup memiliki karakter yang berbeda dengan makhluk hidup lainnya.

--

Sebelum masuk ke materi karakteristik makhluk hidup, ada pertanyaan untuk kamu, nih. Pertanyaan ini untuk menguji seberapa pekanya kamu terhadap lingkungan sekitar kamu. Oke, pertanyaannya, kamu percaya nggak kalau tanah itu bisa meluas dengan sendirinya? 

Misalnya, di rumah kamu ada lahan ukuran 1 meter dikali 2 meter untuk menanam tumbuh-tumbuhan. Nah, kalau didiemin selama beberapa tahun, percaya nggak kalau tanah itu bisa melebar dan meluas dengan sendirinya? Percaya nggaaak? Enggak? Serius nggak percaya? Yaudah, sebelum membaca penjelasannya, kamu kunci dulu jawabannya buat kamu tulis di kolom komentar ya, biar kita tau jawaban kamu apa, hihihi.

Oke, sekarang kita masuk ke materi. Apa benar tanah bisa berkembang dan meluas dengan sendirinya? TIDAK. Karena tanah bukanlah makhluk hidup. 

Nah, sebelumnya kamu perlu tahu nih, kalo lingkungan di sekitar kita itu tersusun atas 2 jenis komponen, yaitu komponen biotik dan komponen abiotik. Komponen biotik adalah komponen yang tersusun atas semua jenis makhluk hidup yang ada di sekitar kita. Contohnya, manusia, hewan, tumbuhan, dan mikroorganisme.

Terus, apa sih komponen abiotik itu? Kebalikannya ya, komponen abiotik adalah komponen yang terdiri dari benda-benda tak hidup. Tanah, adalah salah satu contoh dari komponen abiotik. Selain itu, juga ada air, cahaya matahari, bahkan udara yang kamu hirup.  

komponen biotik dan abiotik

 

Nah, gimana sih cara kita bisa ngebedain makhluk hidup dan benda-benda tak hidup? 

Jawabannya adalah dengan mengetahui karakteristik makhluk hidup. Jadi, makhluk hidup itu punya karakteristik yang nggak dimiliki benda-benda tak hidup. Hmm, apa aja ya karakteristiknya? Mau tau? Yuk, simak penjelasannya.

 

1. Bergerak

Karakteristik yang pertama adalah bergerak. Setiap makhluk hidup pasti bergerak. Bergerak itu adalah kemampuan suatu organisme untuk berpindah tempat atau posisi. Manusia dapat berjalan dan berlari, begitu pula dengan hewan. Bahkan, tumbuhan ternyata juga bergerak, lho! Misalnya, pergerakan bagian batang mengikuti cahaya matahari.

makhluk hidup bernafas

Ikannya lagi bergerak-gerak, nih! (sumber: giphy.com)

 

2. Membutuhkan Makanan

Berikutnya adalah membutuhkan makanan. Semua makhluk hidup membutuhkan makan sebagai sumber energi. Ada 2 macam cara untuk mendapatkan makanan bagi makhluk hidup, yaitu autotrof dan heterotrof. Autotrof adalah kemampuan makhluk hidup untuk dapat menghasilkan makanan sendiri. Contohnya, seperti tumbuhan yang mendapatkan makanan dari fotosintesis. Sementara itu, heterotrof adalah kemampuan makhluk hidup yang tidak dapat menghasilkan makanan sendiri, jadi harus mendapatkan makanan dari organisme lain. Contohnya, manusia yang harus makan nasi untuk dapat energi. Nasi itu berasal dari organisme lain, yaitu tumbuh-tumbuhan.

 

3. Bernapas

Karakteristik selanjutnya adalah bernapas. Bernapas adalah cara makhluk hidup untuk mendapatkan energi dari pemecahan makanan. Bernapas akan memasok oksigen ke dalam tubuh makhluk hidup. Oksigen tersebut penting untuk metabolisme tubuh karena dapat menghasilkan energi bagi tubuh. Nah, manusia dan hewan darat bernapas dengan paru-paru. Kalo ikan bernapas dengan insang, sedangkan tumbuhan bernapas dengan mulut daun (stomata).

 

4. Tumbuh dan Berkembang

Selanjutnya, semua makhluk hidup pasti mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Pertumbuhan pada makhluk hidup dapat ditandai dengan penambahan tinggi, berat, dan volume. Misalnya, seperti yang kamu alami saat ini. Tinggi badan kamu sekarang tidak seperti pada saat masih SD 'kan? Nah, pertumbuhan berbeda dengan perkembangan. Perkembangan adalah fase makhluk hidup menjadi dewasa atau pematangan fungsi organ pada makhluk hidup. Contohnya, pubertas yang dialami manusia.

karakteristik-makhluk-hidup

 Pertumbuhan anak. (Sumber: inside.akronchildrens.org)

 

Pubertas pada manusia menandakan bahwa telah terjadi kematangan secara seksual. Contoh lainnya, yaitu tumbuhan yang awalnya cuma ada daun dan batang, akhirnya bisa menghasilkan bunga, buah, dan biji untuk berkembang biak. 

 

5. Berkembang Biak

Karakteristik berikutnya yaitu berkembang biak. Makhluk hidup akan terus berkembang biak atau bereproduksi untuk menghasilkan keturunan dan memperbanyak diri. Hal itu dilakukan untuk mempertahankan jenis dari makhluk hidup tersebut agar tidak punah.

 

6. Peka Terhadap Rangsangan (Iritabilitas)

Karakteristik lainnya yaitu peka terhadap rangsangan atau iritabilitas. Ini merupakan ciri-ciri makhluk hidup yang mengandalkan indera-indera yang ada pada tubuhnya untuk mendeteksi rangsangan, lalu merespon rangsangan tersebut. Misalnya, kulit kita pasti peka terhadap sentuhan, dingin, panas, dan sebagainya. Tanaman juga dapat bereaksi ketika mendapatkan rangsangan. Contohnya, tanaman Mimosa Pudica atau putri malu. Daun-daunnya akan segera menutup apabila kita menyentuhnya.

Baca juga: Mengenali 6 Organ Sistem Pernapasan Manusia

 

7. Melakukan Ekskresi

Berikutnya yaitu melakukan ekskresi. Ekskresi adalah pembuangan zat sisa dari tubuh. Manusia dan hewan akan mengeluarkan zat sisa berupa CO2 dari proses respirasi. Sementara itu, tumbuhan akan mengeluarkan zat sisa berupa CO2 dari proses respirasi dan O2 dari proses fotosintesis.

 

8. Mampu Menyesuaikan Diri dengan Lingkungan

Karakteristik yang terakhir yaitu mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan atau beradaptasi. Makhluk hidup akan melakukan adaptasi terhadap lingkungannya untuk bertahan hidup. Contohnya, anjing kutub yang hidup di tempat bersalju akan memiliki rambut yang sangat tebal agar tetap hangat. Nah, contoh lainnya, tumbuhan saat kekurangan air akan menggugurkan daunnya agar air tidak banyak menguap lewat daun.

8 karakteristik makhluk hidup

 

Nah, sekarang terjawab ya kenapa tanah itu nggak termasuk makhluk hidup. Wah wah wah, kalau aja tanah beneran bisa meluas dengan sendirinya, pasti bahagia banget, tuh. Gimana nggak bahagia, tanah itu kan punya banyak manfaat bagi kehidupan mahkluk hidup. Mau bikin rumah aja kita butuh punya tanah, mau nanam pohon juga butuh tanah, banyak deh gunanya.

Oke, itu tadi artikel yang membahas tentang macam-macam karakteristik makhluk hidup yang harus kita ketahui. Mulai sekarang, kamu pasti sudah tahu bagaimana cara membedakan benda hidup dan tak hidup 'kan?

Masih bingung buat memahami pelajaran Biologi? Jangan khawatir, yuk belajar dengan tutor-tutor berpengalaman melalui video belajar animasi. Kalian bisa akses video belajar itu melalui fitur ruangbelajar.

New Call-to-action 

Artikel diperbarui pada 14 Juli 2021.

Profile

Fahri Abdillah

Lulusan Ilmu Komunikasi Universitas Jenderal Soedirman. Tertarik dengan isu pendidikan, literasi media, dan budaya. Suka jalan-jalan ke tempat asing, fotografi, dan menulis.

Beri Komentar