Keanekaragaman Makhluk Hidup: Manfaat dan Upaya Pelestariannya | Biologi Kelas 10

keanekaragaman makhluk hidup

Artikel Biologi kelas X kali ini membahas tentang manfaat dan upaya pelestarian keanekaragaman makhluk hidup.

Squad, tahukah kamu kalau Indonesia merupakan negara yang memiliki keanekaragaman makhluk hidup yang sangat tinggi? Oleh karena itu, Indonesia dijuluki sebagai negara mega biodiversity, lho. Tentunya, keanekaragaman ini memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia serta menjadi tanggung jawab bagi kita untuk bisa menjaga dan melestarikannya. Hmm, kira-kira apa saja ya manfaatnya? Lalu, apa sih upaya yang bisa kita lakukan untuk melestarikan keanekaragaman makhluk hidup tersebut? Yuk Squad, simak artikelnya di bawah ini!

keanekaragaman makhluk hidup

 Kekayaan terumbu karang di Taman Nasional Bunaken, Sulawesi Utara

(sumber: limakaki.com)

keanekaragaman makhluk hidup

1. Sumber kehidupan

Manfaat yang pertama adalah sebagai sumber kehidupan manusia. Hal ini meliputi kebutuhan sandang, pangan, papan, hingga obat-obatan. Squad, coba kamu bayangkan jika kita hidup di daerah yang gersang? Tak ada air, tumbuhan, maupun hewan yang dapat kita makan. Kita juga tidak bisa tinggal di rumah yang nyaman seperti sekarang karena tidak tersedianya bahan baku bangunan. Obat-obatan juga sulit kita dapatkan. Nggak kebayang deh Squad. Oleh karena itu, kita harus banyak bersyukur nih karena kita tinggal di tempat dengan sumber daya alam yang beraneka ragam.

2. Sumber ekonomi

Sektor industri merupakan salah satu sektor pendukung berkembangnya perekonomian negara. Tentunya, sektor industri ini tidak akan bisa berjalan tanpa adanya bahan baku. Misalnya, tanpa adanya hewan yang dapat menghasilkan susu, telur, atau daging, maka industri makanan maupun minuman tidak akan bisa berjalan. Ternyata tumbuhan dan hewan sangat besar kontribusinya dalam kehidupan kita lho, Squad!

keanekaragaman makhluk hidup

 Salah satu kawasan industri terbesar di Indonesia yang terletak di Karawang, Jawa Barat

(sumber: klikkarawang.com)

3. Membantu menjaga keseimbangan ekosistem

Squad, coba kamu pikirkan, apa yang terjadi jika di dalam sebuah ekosistem sawah, populasi burung pemakan hama mengalami kepunahan? Hal yang sudah pasti terjadi adalah populasi hama akan meningkat secara besar-besaran. Akibatnya, kualitas hasil produksi padi menjadi berkurang. Oleh karena itu, keanekaragaman makhluk hidup berfungsi untuk membantu dalam menyeimbangkan ekosistem.

4. Membantu mencegah terjadinya kerusakan lahan

Keanekaragaman makhluk hidup dapat bermanfaat untuk mencegah terjadinya kerusakan lahan. Banyaknya jenis tanaman yang tumbuh di suatu lahan akan melindungi lahan tersebut dari terjadinya erosi (pengikisan tanah) yang disebabkan oleh air hujan.

5. Kemajuan ilmu pengetahuan dan transportasi

Ternyata, keanekaragaman makhluk hidup dapat digunakan sebagai objek penelitian nih, Squad. Tentunya, hal ini akan sangat bermanfaat untuk perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK). Selain itu, beberapa hewan seperti kuda, unta, dan kerbau masih dimanfaatkan tenaganya sebagai alat transportasi sampai sekarang, lho. Hayo, siapa yang pernah naik delman?

6. Agen daur materi

Pernahkah kamu membayangkan jika seluruh sampah yang ada di bumi ini tidak bisa diuraikan? Mungkin kamu akan kesulitan untuk bernapas karena bau yang ditimbulkan oleh sampah tersebut. Lingkungan di sekitarmu juga akan menjadi kotor dan sering kedatangan banjir akibat sampah yang menumpuk di selokan. Dengan adanya keanekaragaman makhluk hidup berupa hewan-hewan detritivor (pengurai), sampah-sampah tersebut dapat diuraikan menjadi bahan yang mudah diserap oleh tanah maupun tumbuhan.

Nah, sekarang kamu sudah tahu kan seberapa besar manfaat keanekaragaman makhluk hidup bagi kehidupan kita. Sayang lho Squad jika kita tidak bisa menjaga dan merawatnya. Eits! tapi tenang, di bawah ini telah dijelaskan cara untuk melestarikannya, lho. Yuk, simak!

keanekaragaman makhluk hidup

 

1. Sistem tebang pilih dan reboisasi

Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk melestarikan keanekaragaman makhluk hidup adalah dengan melakukan sistem tebang pilih dan melakukan penanaman kembali (reboisasi). Hal ini penting sekali untuk dilakukan karena selain dapat melindungi makhluk hidup yang tinggal di ekosistem tersebut, juga sebagai pencegahan terjadinya bencana tanah longsor.

2. Pengolahan limbah industri yang tepat

Squad, banyak sekali pencemaran lingkungan yang ditimbulkan oleh limbah industri. Mulai dari limbah cair (minyak, sisa-sisa bahan kimia, dsb) sampai limbah padat (plastik, kain, dsb). Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya dalam mengatasinya. Contohnya dengan melakukan daur ulang limbah plastik atau botol-botol bekas menjadi produk yang bermanfaat dan memiliki nilai jual.

3. Penangkaran dan perlindungan terhadap spesies langka

Keberadaan spesies langka saat ini semakin mengkhawatirkan. Hal ini disebabkan oleh ulah tangan-tangan jahil yang hanya mementingkan keuntungan pribadinya saja. Adanya tempat penangkaran bagi spesies langka tersebut membantu untuk menjaga kelestarian keanekaragaman makhluk hidup. Terdapat dua macam cara yang dapat dilakukan, diantaranya:

  • Pelestarian in situ

Merupakan pelestarian yang dilakukan di dalam habitat aslinya. Contohnya: Taman Nasional Ujung Kulon, Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Taman Nasional Komodo, dan masih banyak lagi.

  • Pelestarian ex situ

Merupakan pelestarian yang dilakukan di luar habitat aslinya. Contohnya: Kebun Koleksi Kelapa di Bone Bone, Kebun Raya Bogor, dan lain sebagainya.

 4. Menjaga kebersihan lingkungan

Salah satu upaya termudah yang bisa kita lakukan adalah menjaga kebersihan lingkungan. Caranya, kita bisa mulai membiasakan diri untuk membuang sampah pada tempatnya nih, Squad. Sesimpel itu lho ternyata. Lingkungan yang bersih akan menjadi tempat tinggal yang nyaman bagi makhluk hidup di sekitarnya. Kamu suka lingkungan yang bersih bukan?

keanekaragaman makhluk hidup

 Cintai lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan (sumber: giphy.com)

Squad, selain upaya-upaya yang sudah disebutkan di atas, masih banyak cara lho yang bisa kamu lakukan untuk menjaga dan melestarikan keanekaragaman makhluk hidup. Semoga artikel kali ini bisa menambah pengetahuan kamu ya, Squad. Ingat, masa depan bumi ini ada di tangan kita! Oke, bagi kamu yang ingin mempelajari materi ini lebih lanjut lagi, kamu bisa pakai Ruangguru ruangbelajar. Belajar menjadi lebih mudah karena kamu akan diajar oleh Master Teacher terbaik lewat video animasi yang asik.

IDN CTA Blog ruangbelajar Ruangguru

 

Referensi: 

Irmaningtyas. (2016). Biologi untuk SMA/MA Kelas X Kurikulum 2013. Jakarta: Penerbit Erlangga. 

Sumber Foto:

Foto ‘Taman Laut Bunaken, Sulawesi Utara’ [daring], Tautan: https://limakaki.com/keunikan-taman-laut-bunaken-yang-wajib-diketahui.html

Foto ‘Kawasan Industri di Karawang’ [daring], Tautan: https://www.klikkarawang.com/2019/11/upah-karawang-tertinggi-lagi.html

Foto ‘Cintai lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan’ [daring], Tautan: https://giphy.com/explore/woodsy-owl 

 

Artikel ini diperbarui pada 30 Desember 2020.

Hani Ammariah