Macam-Macam Keberagaman Budaya di Indonesia | IPS Terpadu Kelas 4

Macam-Macam Keberagaman Budaya di Indonesia

Puti dan Bona menemukan macam-macam keberagaman Indonesia saat berada di museum, lho! Ada apa aja, ya? Yuk, kita baca bersama!

Puti dan Bona mengikuti kegiatan karya wisata ke museum yang diselenggarakan oleh SD Nusantara. Setiap anak, wajib memahami keberagaman budaya yang ditampilkan di museum ini. Bona mengambil beberapa gambar keberagaman menggunakan kamera ponselnya.

Wih! Kamu kayaknya banyak foto-foto di sini, Bon! Ada apa aja tuh? Kasih tau dong…” kata Puti saat Bona fokus mengambil gambar.

“Banyak deh. Soalnya keberagaman di Indonesia itu banyak banget. Ada keberagaman suku bangsa, keberagaman budaya, dan keberagaman agama. Makanya, aku foto semuanya.”

Puti sangat penasaran dengan hasil foto Bona “Mau liat Bon, hasil fotonya!” 

“Boleh. Kita mulai lihat dari keberagaman suku bangsa, ya.” ujar Bona.

“Tapi sebelumnya kamu tau gak, Put? Indonesia itu memiliki suku bangsa yang sangat beragam, loh. Kurang lebih ada sekitar 1.300 suku bangsa yang tersebar di wilayah Indonesia. Nah, setiap pulau di Indonesia biasanya memiliki suku bangsa yang berbeda. Beberapa contoh di antaranya ada suku Minang dari pulau Sumatra, suku Sunda dari pulau Jawa, suku Banjar dari pulau Kalimantan, suku Makassar dari pulau Sulawesi, dan suku Asmat dari pulau Papua. Nih kamu lihat, deh!” jelas Bona sambil memperlihatkan ponselnya.

 

Contoh Keberagaman Suku Bangsa di Indonesia

 

Hmm, kalo yang kamu sebutin itu baru beberapa, berarti masih ada ribuan suku lainnya dong, Bon?” tanya Puti. Bona pun mengangguk.

Oke! Sekarang aku mau lihat foto yang berikutnya, tentang keberagaman budaya.” ujar Puti.

Nah, kita kan udah tau kalau suku bangsa di Indonesia itu beragam. Setiap suku bangsa tersebut memiliki kebudayaan dengan ciri khas yang membuatnya berbeda dengan suku bangsa lainnya. Hal inilah yang menyebabkan Indonesia memiliki keberagaman budaya yang begitu banyak.” jelas Bona.

“Keberagaman budaya ini bisa dilihat dari berbagai jenis, seperti bahasa daerah, tarian tradisional, lagu daerah, alat musik, pakaian adat, rumah adat, makanan tradisional, sampai adat istiadat. Contohnya gini…” Bona menggeser layar ponselnya.

“Dalam hal keberagaman bahasa, suku Minang berbicara dalam bahasa Minang, sedangkan suku Sunda berbicara dalam bahasa Sunda. Lalu, berdasarkan keberagaman tariannya, ada suku Makassar yang memiliki tari tradisional bernama Tari Paraga, dan ada suku Banjar memiliki Tari Baksa Kembang. Masih banyak juga lho contoh lainnya!” seru Bona.

 

Contoh Keberagaman Budaya di Indonesia

 

“Selain keberagaman suku bangsa dan budaya, ada keberagaman agama juga, Put.” tambah Bona. 

Ah! Aku tau itu” balas Puti bersemangat.

“Indonesia memiliki keberagaman agama yang dianut oleh masyarakatnya. Jadi, pemerintah Indonesia secara resmi mengakui enam agama di Indonesia. Agama-agama tersebut adalah Islam, Kristen Protestan, Kristen Katolik, Hindu, Buddha, dan Konghucu.” jelas Puti. 

Bona pun mengangguk setuju.

 

Keberagaman Agama di Indonesia

 

“Keren Bon! Aku jadi semakin paham soal keberagaman di Indonesia.” seru Puti.

“Put, aku juga banyak ngambil foto lainnya. Kamu mau lihat gak?” tanya Bona.

“Mau! Mau!” sorak Puti bersemangat.

Selama di museum, Puti dan Bona sudah belajar tentang keberagaman yang ada di Indonesia. Ternyata Indonesia memiliki suku bangsa, budaya, serta agama yang berbeda-beda. Semuanya harus kita hargai dan hormati.

Kegiatan Bona dan Puti di museum seru sekali, bukan? Mau tahu keseruan cerita Bona, Puti, dan teman-teman lainnya? Tonton video Dafa & Lulu di ruangbelajar sekarang, yuk!

IDN CTA Blog Dafa Lulu Ruangguru 2022

Materi oleh: Prabowo Aji Nugroho

Disunting oleh: Levina Sandra Supadi

Nada Amelia