Kejar Cita-citamu Hingga ke Negeri Jepang Bersama Mitsui-Bussan Scholarship

header beasiswa mitsui busan jepang 2021

Wow, kuliah S1 di Jepang? Siapa sih yang gak mau. Tapi biayanya gimana ya? Pasti mahal banget. Eits, tenang aja! Ada Beasiswa Mitsui-Bussan yang siap mengantar kamu kuliah gratis ke Jepang. Yuk, simak informasinya di bawah ini! 

---

Tak dipungkiri, Jepang memang menjadi salah satu negara incaran pelajar untuk melanjutkan pendidikan. Terkenal dengan kecanggihan teknologinya, menjadi bukti keberhasilan Jepang dalam memberikan pendidikan. Selain itu, kebudayaan yang unik dan kedisiplinan yang begitu ketat, punya daya tarik sendiri bagi para pelajar yang melanjutkan pendidikan disana. Tapi biayanya ‘gimana ya? Pasti mahal deh

Kamu tidak perlu khawatir. Jepang cukup sering memberikan beasiswa bagi pelajar internasional (termasuk Indonesia). Program beasiswa ini diberikan langsung oleh universitas ataupun pemerintahan Jepang. Salah satunya, yaitu Mitsui-Bussan Scholarship. Program beasiswa ini ditujukan bagi lulusan SMA yang ingin melanjutkan kuliah di Jepang. Mitsui-Bussan Scholarship didanai oleh Mitsui & Co. Ltd yang bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI. 

Wah, menarik banget nih! Tidak hanya itu, beasiswa ini bersifat beasiswa penuh lho! Jadi, kalian tidak perlu khawatir soal biayanya. So, tunggu apa lagi? Yuk, simak persyaratan selengkapnya di bawah ini. 

suasana belajar di kampus beasiswa mitsui busan

Suasana belajar mahasiswa. (Sumber: mbkscholarship-id.com)

Cakupan Beasiswa:

  1. GRATIS biaya pendaftaran beasiswa
  2. Tunjangan biaya hidup senilai 145,000 yen (± Rp 19,6 juta) setiap bulan.
  3. Tiket pesawat kelas ekonomi PP Indonesia – Jepang pada awal dan akhir masa pemberian beasiswa.
  4. Tunjangan kedatangan senilai 50,000 yen (± Rp 6,7juta) yang diberikan pada saat kedatangan di Jepang.
  5. GRATIS biaya perkuliahan termasuk biaya pendaftaran dan biaya kursus bahasa Jepang.
  6. Akomodasi:
    – Pada 1,5 tahun pertama selama masa kursus bahasa Jepang, penerima beasiswa akan tinggal di asrama Japanese Language Center. Penerima beasiswa akan mendapatkan subsidi lodging sejumlah 5.000 yen per bulan.
    – Saat menjalani masa perkuliahan, pelamar dapat tinggal di asrama, kos, atau apartemen yang telah ditentukan oleh Mitsui Bussan Scholarship. Penerima beasiswa akan mendapatkan subsidi lodging sejumlah 25.000 yen per bulan.
  7. Asuransi kesehatan, penerbangan, dan kecelakaan selama masa penerimaan beasiswa.
  8. Pembiayaan buku dan materi saat kursus bahasa Jepang dan selama masa kuliah di universitas.

Catatan: Untuk biaya makan, transportasi lokal selama masa studi dan biaya lainnya ditanggung oleh masing-masing peserta.

Syarat dan Ketentuan:

  1. Merupakan Warga Negara Indonesia.
  2. Pelamar berusia kurang dari 20 tahun per tanggal 1 April 2021.
  3. Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama menjalani masa penerimaan beasiswa.
  4. Dibuka untuk lulusan SMA/MAN jurusan IPA atau IPS (pelamar dari SMK atau SMA/MAN jurusan Bahasa tidak dapat mendaftar beasiswa ini).
    a. Untuk jurusan IPA, nilai Matematika, Fisika, Kimia dan bahasa Inggris minimal 80.
    b. Untuk jurusan IPS, nilai Matematika, Ekonomi, Geografi, dan bahasa Inggris minimal 80.
    Nilai minimal tersebut dilihat pada dua semester terakhir (misal: nilai semester 2 di kelas 11 dan nilai semester 1 di kelas 12. Tetapi jika nilai semester 1 di kelas 12 belum ada, bisa melampirkan nilai di semester 1 dan 2 kelas 11.
  5. Bersedia untuk belajar bahasa Jepang dan mendapatkan pendidikan di universitas dalam bahasa Jepang.
  6. Sehat jasmani dan rohani dan tidak memiliki penyakit menular.

Berkas Dokumen yang Dibutuhkan:

  1. 1 (Satu) lembar fotocopy Formulir Pendaftaran setelah mengisi data yang diperlukan pada website di atas yang menunjukkan nomer registrasi peserta.
  2. 1 (Satu) pasfoto terbaru ukuran 4 cm x 3 cm yang diambil dalam jangka waktu 6 bulan terakhir.
  3. 1 (Satu) fotocopy raport nilai dari tahun pertama, kedua, dan ketiga di SMA yang telah dilegalisir. Jika nilai semester dari semester kedua pada tingkat ketiga di SMA belum keluar, maka dapat menyertakan fotocopy nilai dari semester 1 pada tingkat ketiga.
  4. 1 (Satu) lembar Surat Rekomendasi dari Kepala Sekolah SMA yang ditulis dalam bahasa Inggris. 

pengajar dan mahasiswa mitsui busanPengajar dan mahasiswa. (Sumber: mbkscholarship-id.com)

Untuk mendaftar, kamu dapat mendaftarkan email yang kamu miliki pada link berikut: www.mbkscholarship-id.com. Pastikan email tersebut benar dan aktif ya! Cek email, kemudian klik link yang dikirimkan oleh panitia penyelenggara untuk mengisi Formulir Pendaftaran Online (catatan: periksa Folder Spam/Junk Email jika tidak menemukan email aktivasi dari panitia).

Isi seluruh formulir pendaftaran online, kemudian klik SUBMIT. Cetak (print-out) formulir pendaftaran yang telah dilengkapi. Setelah mendapatkan nomer pendaftaran (Registration Number), harap disimpan dengan baik ya! 

Info lebih lanjut

Kampus Universitas Darma Persada (UNSADA)

Jl. Radin Inten II (Terusan Casablanca), Pondok Kelapa,

Jakarta Timur 13450 , Indonesia

Telephone: (021) 8647373

Sumber Informasi Resmi: www.mbkscholarship-id.com 

Mumpung jalan menuju ke Jepang sudah terbuka, persiapkan dirimu secara matang yuk! Baca setiap persyaratannya secara teliti ya, dan pastikan tidak ada berkas dokumen yang terlewat. Meskipun nilai rapot yang digunakan adalah rapot semester sebelumnya, bukan berarti kamu tidak perlu belajar lho. Selalu asah kemampuan kamu dengan rajin mengerjakan latihan soal dan belajar di ruangbelajar plus.

New call-to-action

Beri Komentar