Ikatan Logam dan Contoh Penerapannya | Kimia Kelas 10

Ikatan Logam

Panel surya merupakan salah satu contoh penerapan ikatan logam. Apa itu ikatan logam? Yuk, simak pembahasannya pada artikel berikut!

 

Coba deh, kamu ingat-ingat! Waktu kecil, kamu sering nggak mengeluh kalau suhunya panas? Terus setelah kamu makin dewasa, gimana? Makin sering ngeluh, kan?

Yap, kondisi bumi kita semakin hari memang semakin tidak baik-baik saja. Iklim berubah dan suhu bumi terus meningkat. Dampaknya nggak main-main. Mulai dari pengasaman air laut, kelangkaan air, rusaknya rantai makanan, hingga meningkatnya tinggi air laut yang bila dibiarkan dapat menenggelamkan sebuah kota! Bahaya, kan?

Melihat adanya kejadian-kejadian itu, akhirnya dibuatlah Perjanjian Paris oleh 144 negara untuk membatasi kenaikan suhu bumi sebesar 1,5°C. Kenaikan suhu bumi bisa dicegah dengan membatasi polusi udara. Padahal, 2/3 polusi udara berasal dari sektor energi. Makanya, Indonesia lagi menggalakkan pengembangan sumber Energi Baru dan Terbarukan (EBT), termasuk panel surya.

Panel surya adalah alat yang berguna untuk menghasilkan listrik dari cahaya matahari. Nah, panel surya ini merupakan salah satu contoh penerapan ikatan logam, lho! Komponen pada panel surya bisa dibuat dari paduan logam.

 

panel surya pada atap rumah

Panel surya (Sumber: bumienergisurya.com)

 

Paduan logam adalah dua atau lebih jenis logam berbeda digabungkan jadi satu. Contoh logam yang bisa digabungkan adalah Gallium dan Bismut. Mereka bisa digabungkan dengan memanfaatkan sifat-sifat ikatan logam.

Apa sih, ikatan logam itu?

 

Ikatan Logam

Ikatan logam adalah suatu jenis ikatan kimia yang melibatkan gaya tarik elektrostatik antara elektron konduksi yang dikumpulkan di dalam suatu awan elektron dan ion logam bermuatan positif. Kalau digambarkan strukturnya, logam itu adalah kumpulan kation-kation (ion positif) yang tersusun rapi. Nah, di antara kation-kation tersebut, ada “lautan elektron” yang bisa bergerak bebas dan berpindah ke kation mana saja. Elektron ini bertindak seperti “lem perekat”. Itulah mengapa disebut ikatan logam.

Supaya lebih paham, kamu bisa lihat ilustrasi ikatan logam pada gambar berikut. 

 

Ilustrasi Ikatan Logam

 

Kalau kamu melihat satu batang Gallium, sebenarnya kamu sedang melihat kumpulan kation Gallium yang tersusun rapi dan dikelilingi oleh elektron-elektronnya. Nah, struktur seperti ini pastinya punya keuntungan maupun kelemahan. Yuk, kita bahas keuntungan dan kelemahan logam!

Baca juga: Bentuk Molekul berdasarkan Teori Domain Elektron dan Teori Hibridisasi

 

Keuntungan Logam

  • Logam mudah menghantarkan listrik karena elektronnya bebas berpindah.

  • Logam mudah menghantarkan panas karena elektronnya bebas berpindah.

  • Logam punya permukaan mengkilap karena partikel cahaya dipantulkan oleh “lautan elektron”.

  • Logam bisa dibentuk atau ditempa tanpa hancur karena tetap ada ikatan logam dari elektronnya walaupun saat kation dikenai gaya.

 

Kelemahan Logam

  • Beberapa logam bisa berkarat.

  • Bila dikenai gaya terlalu besar terus-menerus, logam bisa hancur.

 

Alloy (Paduan Logam)

Ikatan logam juga bisa terjadi antar logam yang berlainan, lho! Ini dilakukan dengan membuat paduan logam atau disebut juga sebagai alloy. Hasilnya? Kelemahan-kelemahan di atas bisa tertutupi dan keuntungannya bisa ditingkatkan, deh!

Bagaimana sih, cara membuat alloy? Nah, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat alloy. Check it out!

 

Cara Membuat Alloy

 

Contoh alloy adalah paduan Gallium dan Bismut, serta tambahan atom lain yaitu Arsenik dan Nitrogen untuk membuat panel surya. Bila tidak dipadukan, logam-logam tersebut tidak bisa dibuat panel surya, tuh. Tapi saat digabungkan, keuntungannya besar sekali!

Dahulu efisiensi panel surya sekitar 25%. Paduan Gallium, Bismut, Arsenik, dan Nitrogen membuat efisiensinya meningkat jadi 50% dan biaya pembuatannya 25% lebih murah! Keren kan? Bila kamu terus belajar tentang ikatan logam, pasti bisa menciptakan panel surya yang lebih bagus, deh!

 

Panel Surya CPV

 

Masih banyak yang bisa kamu cari tau lho, mengenai ikatan logam ini. Daftar aja di ruangbelajar! Dijamin video materi dan pembahasan soal di sana bakal memuaskan rasa ingin tahu kamu, deh. Tunggu apa lagi? Sikat!

IDN CTA Blog ruangbelajar Ruangguru

Sumber Gambar:

Gambar ‘Panel Surya’ [Daring]. Tautan: https://bumienergisurya.com/jenis-panel-surya/ (Diakses: 15 Desember 2021).

 

Artikel ini telah diperbarui pada 15 Desember 2021.

Rangga Putra Pertama