Bentuk Molekul berdasarkan Teori Domain Elektron dan Teori Hibridisasi | Kimia Kelas 10

Bentuk Molekul berdasarkan Teori Domain Elektron dan Teori Hibridisasi

Seperti apa ya, macam-macam bentuk molekul berdasarkan Teori Domain Elektron dan Teori Hibridisasi? Yuk, kenali bentuk-bentuk molekul dengan membaca artikel berikut!

--

 

Kalau kamu mendengar kata 'ikatan', kira-kira hal apa yang muncul di pikiranmu? Apakah ikatan persaudaraan? Atau mungkin ikatan simpul? Atau.... ikatan dengan si dia? Hehehe..

Tentunya ada banyak ya, hal yang muncul di pikiranmu saat kamu mendengar kata 'ikatan'!

Eits, tapi tau nggak, sih? Ternyata dalam ilmu kimia, kita juga mempelajari yang namanya ikatan lho, tepatnya ikatan antarunsur yang membentuk molekul. Contohnya seperti cuplikan video di bawah ini nih, guys! Unsur hidrogen (H) berikatan dengan unsur hidrogen (H) lain dan juga unsur oksigen (O), yang kemudian membentuk molekul air (H2O).

Molekul H2O (Sumber: giphy.com)

Bentuk molekul itu ada bermacam-macam, tapi kita bisa memprediksi bentuk molekul dengan menggunakan teori domain elektron dan teori hibridisasi. Wah, seperti apa tuh, teorinya? Yuk, kita pelajari bersama!

Teori Domain Elektron

Teori domain elektron adalah teori yang menyatakan bahwa pasangan elektron ikatan (PEI) dan pasangan elektron bebas (PEB) saling tolak-menolak. Tolakan juga disebabkan oleh pasangan elektron yang sejenis, sehingga tiap-tiap pasangan elektron cenderung berjauhan satu sama lain untuk meminimalkan gaya tolakan tersebut. Urutan tolakannya adalah sebagai berikut:

Tolakan PEB - PEB > PEB - PEI > PEI - PEI.

Teori domain elektron juga dikenal dengan teori VSEPR (Valence Shell Electron Pair Repulsion) atau teori tolakan pasangan elektron valensi. Teori ini dapat kita gunakan untuk memprediksi bentuk molekul.

Hal yang harus kamu ingat baik-baik adalah bentuk molekul berdasarkan teori domain elektron ditentukan berdasarkan jumlah PEI dan PEB-nya, di mana keduanya dapat dilihat dari struktur lewisnya.

Nah, untuk menentukan bentuk molekul menggunakan teori domain elektron, kamu bisa mengacu pada rumus berikut: 

AXnEm

Keterangan:

A: atom pusat

X: pasangan elektron ikatan (PEI)

n: jumlah PEI dalam molekul

E: pasangan elektron bebas (PEB)

m: jumlah PEB dalam molekul

Ada 11 bentuk molekul berdasarkan teori domain elektron, yaitu linear, segitiga planar, segiempat piramida, seesaw atau jungkat-jungkit, bentuk T, oktahedral, bentuk bengkok, tetrahedral, segitiga piramida, bentuk V, dan segitiga bipiramida. Seperti apa sih, bentuknya? Simak infografik di bawah ini, ya!

Bentuk Molekul berdasarkan Teori Domain Elektron

 

Teori Hibridisasi

Teori selanjutnya yang dapat digunakan untuk memprediksi bentuk molekul yaitu teori hibridisasi. Teori hibridisasi adalah teori yang mengacu pada proses hibridisasi yaitu proses penggabungan orbital-orbital asli dengan tingkat energi berbeda menjadi orbital-orbital baru dengan tingkat energi sama.

Baca juga: Memahami Konfigurasi Elektron dan Diagram Orbital Lebih Mudah

Ada 5 bentuk molekul berdasarkan teori hibridisasi yaitu linear, trigonal planar, tetrahedral, segitiga bipiramida, dan oktahedral. Kamu bisa mengetahui bentuknya dengan melihat infografik berikut.

Bentuk Molekul berdasarkan Teori Hibridisasi

 

Nah, itu tadi penjelasan tentang bentuk-bentuk molekul berdasarkan teori domain elektron dan teori hibridisasi. Ternyata bentuk molekul itu sangat beragam, ya! Kamu bingung nggak, menghapalnya? Kalau bingung, gabung di BAO Elite aja. Di sana, kamu bisa belajar dengan lebih asyik dan jadi lebih cepat paham, lho! Yuk, daftar sekarang!

BA online

Sumber Gambar:

GIF ‘Molekul Air (H2O)’ [Daring]. Tautan: https://giphy.com/gifs/wikitude-mobile-augmented-reality-apps-ZFWUjnVj4uxcl1WRou (Diakses: 6 Oktober 2021)

 

Artikel ini telah diperbarui pada 6 Oktober 2021.

Profile

Embun Bening Diniari

Beri Komentar