Cara Menghitung Luas dan Volume Limas | Matematika Kelas 6

Hani Ammariah Mar 15, 2021 • 5 min read


limas4

Di petualangan kali ini, kita akan belajar menghitung luas dan volume limas. Simak ceritanya sampai habis, ya!

--

Pagi ini, langit tampak cerah. Guntur dan Kanguru sedang asik bermain bola di halaman belakang rumah. “Kanguru, lihat nih, aku pasti berhasil nyetak gol,” sahut Guntur. Ia berjalan beberapa langkah ke belakang, bersiap untuk menendang. 

Bek! Bola ditendang. Kali ini, tendangan Guntur melesat cepat.

Hap! Kanguru melompat, berusaha meraih bola.

“Hahahahaha… Kamu lupa? Aku kan paling jago menangkap bola,” ejek Kanguru.

Raut wajah Guntur terlihat kesal. Ini tendangannya yang kelima. Tapi, Kanguru selalu berhasil menangkapnya. 

“Huh! Aku nggak bakal nyerah. Kalo sering latihan, pasti nanti bakal berhasil,” Guntur mengusap keringat di dahinya.

Tiba-tiba, ayah Guntur datang menghampiri mereka.

“Guntur, Kanguru, bantu ayah mengecat loteng, yuk!” ucap ayah Guntur.

Guntur dan Kanguru pun mengangguk. Kemudian, ayah Guntur mengajak mereka berdua pergi ke loteng. Sesampainya di sana, Guntur memandang ke sekeliling ruangan. Terdapat tumpukan kardus dan barang-barang yang sudah jarang dipakai. Loteng rumah Guntur bentuknya cukup unik. Keempat sisi temboknya berbentuk segitiga sama kaki, mengerucut di satu titik sudut.

limas3

“Ini yang mau dicat bagian mana aja, yah?” tanya Guntur.

“Semua permukaannya, dari dinding hingga lantainya. Sekarang kan mulai masuk musim hujan. Loteng ini udah lama nggak ayah rawat. Makanya, ayah mau mengecatnya dengan cat pelapis anti bocor, supaya nggak merembes pas musim hujan nanti. Jadi, dindingnya nggak bakal berjamur,” jelas ayah Guntur.

Ayah menunjuk ke arah beberapa kaleng cat di sudut dinding dekat pintu. “Nah, ini ayah udah beli lima kaleng cat. Tapi, ayah nggak tau cukup untuk seluruh loteng atau nggak. Setahu ayah, satu kaleng cat berukuran 1 liter bisa memenuhi 12 meter persegi ruangan.”  

“Hmm, kalo gitu sih, kita hitung aja luas ruangan ini. Nanti, kita tinggal bagi luas ruangan dengan kapasitas catnya,” jawab Kanguru.

“Aaaahhh... iya, betul tuh, yah!” Guntur menjentikkan jarinya.

“Nah, Guntur, kalo kamu perhatiin, ruangan ini bentuknya seperti bangun apa?” tanya Kanguru.

ciri-ciri limas

Kemudian ayah, Guntur, dan Kanguru mengukur panjang, lebar, dan tinggi ruangan menggunakan meteran. Ternyata, diperoleh panjang dan lebar ruangan 6 meter, tinggi ruangan 4 meter, dan tinggi tiap sisinya 5 meter.

“Sekarang, tinggal kita hitung aja luas ruangannya. Uhm, Kanguru, kamu tau cara menghitung luas bangun limas?” Guntur kebingungan.

“Tahu, dong! Luas permukaan limas itu jumlah luas sisi tegak ditambah luas alasnya. Sisi tegaknya kan berbentuk segitiga, berarti kita cari menggunakan rumus luas segitiga. Kalo alasnya, karena bentuknya persegi, jadi kita cari menggunakan rumus luas persegi. Nanti hasilnya tinggal kita jumlahkan aja,” jelas Kanguru.

Guntur pun mengambil selembar kertas dan pensil untuk menghitung luas permukaan ruangan.

luas permukaan limas

“Nah, udah dapet nih hasilnya. Ternyata, luas ruangan ini 96 m2.” Guntur menunjukkan hasil perhitungannya ke ayah dan Kanguru. 

“Oke, tadi ayah bilang kan satu kaleng cat berisi 1 liter cukup untuk 12 m2 ruangan. Kita bagi aja 96 m2 dengan 12 m2/liter. Hasilnya 8 liter. Berarti, kita butuh 8 kaleng cat dong!” jelas Kanguru. 

“Wah, kurang tiga kaleng cat lagi dong! Kalo gitu, ayah beli dulu sebentar, ya,” kata ayah.

Sambil menunggu ayah membeli cat, tiba-tiba Guntur terpikir akan sesuatu.

volume limas

“Uhm, Kanguru, untuk permukaan ruangan ini kan butuh 8 liter cat. Nah, kalo misalnya ruangan ini diisi cat, bisa muat berapa liter, ya?” Guntur mengernyitkan dahi.

“Hmm, kalo itu sih, bisa kita cari tau menggunakan rumus volume limas,” jawab Kanguru.

volume limas1

Baca juga: Volume Luas dan Permukaan Bola

“Nah, ternyata volume limasnya 48 m3. Tinggal kita ubah aja satuannya ke dalam liter. Kamu ingat nggak 1 liter setara dengan apa?” tanya Kanguru.

“Satu liter setara dengan 1 dm3. Bener nggak, Kanguru?” Guntur memastikan. Kanguru pun mengangguk sambil tersenyum.

“Berarti, karena 1 m3 sama dengan 1.000 dm3, maka 48 m3 sama dengan 48.000 dm3 atau 48.000 liter. Wow, banyak banget!” seru Guntur.

“Iya, satu kaleng cat kan isinya 1 liter. Jadi, kita butuh 48.000 kaleng cat untuk mengisi ruangan ini,” Kanguru membuka kedua lengannya lebar-lebar.

Tanpa mereka sadari, ayah Guntur telah kembali membawa tiga kaleng cat. 

“Wah, wah, seru banget nih kelihatannya pembicaraan kalian,” seru ayah.

“Iya, yah. Tadi, Guntur sama Kanguru menghitung berapa banyak cat yang dibutuhkan untuk mengisi ruangan ini. Ternyata, bisa dicari menggunakan volume limas. Wah, sekarang, Guntur jadi tau deh cara menghitung luas dan volume bangun limas,” ucap Guntur.

Ayah dan Kanguru pun tersenyum mendengar perkataan Guntur. Lalu, mereka bertiga lanjut mengecat ruangan.

Wah, gimana nih, seru nggak cerita petualangan Roro dan Guntur kali ini? Kamu jadi paham ya cara mencari luas dan volume limas. Nah, materi ini bisa kamu pelajari lewat video animasi menarik di ruangbelajar, lho! Semangat belajar dan tunggu cerita petualangan selanjutnya, ya!

New call-to-action

Referensi:

Utomo D.P, Arijanny I, (2009) Matematika untuk SD/MI Kelas VI. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.

Profile

Hani Ammariah

Anaknya seneng ngitung, tapi nggak perhitungan. Dulu pernah kuliah di Institut Pertanian Bogor jurusan Matematika. Sekarang jadi tukang nulis a.k.a Content Writer di Ruangguru.

Beri Komentar