5 Manfaat Belajar Bilingual Sejak Dini Untuk Anak, Yuk Simak!

Manfaat Belajar Bilingual Untuk Anak

Kenapa kita harus membiasakan bilingual pada anak? Apa sih manfaat bilingual bagi anak? Yuk, simak pembahasannya dalam artikel berikut!

--

Sebagai orang tua di era digital, mungkin kita pernah bertanya-tanya, 

Perlukah mengajari anak bahasa asing sejak dini?

Apa benar mengenalkan konsep bilingual kepada anak sejak kecil dapat membantu mereka ketika sudah dewasa nanti?

Apa saja sih manfaat belajar bilingual untuk anak?

Dan berbagai pertanyaan lain yang serupa.

Hal-hal di atas sebenarnya lumrah dipertanyakan oleh para orang tua. Apalagi di era digital ini, akses terhadap bahasa asing sudah semakin mudah, sehingga orang tua merasa memiliki kewajiban untuk mengenalkan bahasa asing kepada anak sejak dini, terutama bahasa Inggris.

Di artikel ini, kita akan membahas tentang konsep bilingual serta manfaatnya bagi anak. Supaya nggak makin penasaran, yuk langsung simak pembahasannya!

 

Apa Itu Bilingual?

Pertama-tama, kita mulai dari pertanyaan basic terlebih dahulu. Sebenarnya bilingual itu apa sih? Bilingual berasal dari kata bi yang artinya dua, dan lingual yang artinya bahasa. Sehingga, secara bahasa pengertian dari bilingual adalah dua bahasa. Maksudnya adalah menggunakan dua bahasa dalam keseharian, baik dalam membaca, berbicara, menulis, maupun mendengar. 

Penggunaan konsep bilingual dalam keseharian semakin marak dilakukan akibat adanya globalisasi dan kemajuan teknologi. Bahkan, tidak hanya bilingual, orang-orang juga mulai menerapkan konsep multilingual atau lebih dari dua bahasa.

Kalau kita perhatikan, mungkin sebenarnya kita sudah menerapkan konsep bilingual maupun multilingual dalam keseharian kita, lho! Sebagai orang Indonesia, umumnya orang tua akan mengajarkan kepada anak mereka bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional, serta bahasa daerah sesuai suku/etnis dan tempat tinggal masing-masing. Lalu, ditambah lagi dengan bahasa Inggris yang merupakan bahasa Internasional. Setidaknya, orang Indonesia pada umumnya sudah mempelajari tiga bahasa sejak kecil, meskipun tidak semuanya dipelajari sampai fasih.

Lalu, sebenarnya apa sih manfaat belajar bilingual bagi anak? Apakah orang tua benar-benar perlu menerapkan konsep bilingual kepada anak sedari dini?

Baca Juga: 5 Tips Jitu Mengajarkan Dua Bahasa (Bilingual) untuk Anak

 

Manfaat Bilingual Untuk Anak

Ada beberapa manfaat yang bisa diperoleh jika orang tua menerapkan konsep bilingual maupun multilingual kepada anak sejak kecil, di antaranya yaitu:

 

1. Meningkatkan Kemampuan Kognitif

Mengajarkan anak dua atau lebih bahasa sejak dini akan meningkatkan kemampuan kognitif mereka. Bahkan, jika kebiasaan bilingual ini dirawat hingga dewasa, maka kemampuan kognitif mereka juga akan terus berkembang seiring dengan pertumbuhan mereka.

kemampuan kognitif anak

Kemampuan kognitif (Sumber: unsplash.com)

 

Jika anak kesulitan mendeskripsikan sesuatu dalam satu bahasa tertentu, maka mereka akan otomatis mencari padanan katanya dalam bahasa lain. Oleh karena itu, anak yang terbiasa bilingual akan memiliki kemampuan berbahasa dan intelegensi yang lebih tinggi dibandingkan dengan anak yang tidak menerapkan konsep bilingual.

 

2. Mendorong Empati

Anak yang terbiasa bilingual sejak kecil, ternyata memiliki empati dan pemahaman sosial yang lebih besar ketimbang anak yang dibesarkan dengan satu bahasa. Hal ini dikarenakan mereka terbiasa memahami berbagai kata, ungkapan, ekspresi, maupun intonasi atau nada bicara dari berbagai bahasa, sehingga mereka lebih bisa memahami dan ‘membaca’ ekspresi orang lain dari ucapan mereka.

 

3. Melatih Kepercayaan Diri

Jika anak terbiasa menggunakan dua atau lebih bahasa sejak kecil, terutama saat berbicara, maka mereka akan lebih percaya diri ketika harus berbicara dalam bahasa yang bukan bahasa ibunya.

kepercayaan diri anak

Percaya diri (Sumber: unsplash.com)

 

Misalnya, ketika anak diminta guru untuk memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris di depan kelas, mereka akan bisa melakukannya dengan lebih lancar dan percaya diri karena sudah terbiasa melakukannya di rumah bersama orang tua. Atau ketika mereka diajak ngobrol oleh keluarga besar menggunakan bahasa daerah, maka mereka akan bisa melakukannya dengan percaya diri juga.

 

4. Mempersiapkan Pilihan Pendidikan yang Lebih Luas

Dengan membiasakan bilingual sejak dini, terutama bahasa Inggris sebagai bahasa internasional, nantinya anak akan menjadi lebih cepat fasih seiring dengan pertumbuhannya. Hal ini tentunya akan membuka banyak kesempatan bagi mereka untuk memilih pendidikan yang sesuai, seperti misalnya sekolah internasional atau bahkan sekolah di luar negeri. Anak pun juga lebih berkesempatan untuk mendapat beasiswa luar negeri yang mencantumkan syarat mampu berbahasa Inggris dengan lancar.

 

5. Memudahkan Saat Ingin Mempelajari Bahasa Asing Lainnya

Ketika anak sudah terbiasa bilingual atau multilingual sejak kecil, mereka akan lebih mudah dalam mempelajari bahasa asing lainnya yang belum pernah mereka pelajari. Misalnya, sejak kecil mereka sudah terbiasa menggunakan bahasa Indonesia, bahasa Jawa, dan bahasa Inggris sejak kecil, maka nantinya ketika mereka ingin mempelajari bahasa lain, misalnya bahasa Thailand, mereka akan lebih mudah menguasainya.

bahasa thailand

Bahasa Thailand (Sumber: unsplash.com)

 

Menerapkan konsep bilingual dalam keseharian memang memiliki banyak manfaat. Tapi, di balik berbagai kelebihan ini, konsep bilingual maupun multilingual juga punya kekurangan, lho. Kekurangannya adalah kecenderungan seseorang untuk bingung atau lupa saat mencari kata-kata dalam bahasa tertentu.

Misalnya, mau bilang ndlosor dalam bahasa Indonesia, tapi bahasa Indonesianya apa ya, yang paling sesuai? Atau mau ngomong dalam bahasa Inggris, “Aku lagi masuk angin, nih!” tapi mendadak bingung sendiri, masuk angin itu bahasa Inggrisnya apa, ya? Nah, kecenderungan lupa atau bingung-bingung seperti ini istilah kerennya adalah byelingual, yang merupakan plesetan dari kata bilingual.

Tapi, tenang saja! Kalau kebiasaan bilingual ini dilatih dan dirawat terus dengan baik, harusnya sih nggak akan jadi byelingual, ya!

Baca Juga: Cara Orang Tua Dukung Anak untuk Fasih Berbahasa Inggris di Usia Dini

Oke, segitu aja nih, pembahasan kita tentang manfaat bilingual untuk anak. Yuk, biasakan anak kita menggunakan berbagai bahasa sejak kecil agar saat dewasa nanti, mereka tidak perlu belajar dari nol lagi. Tentunya, ditemani dengan Kursus Ruangguru for Kids yang dapat membantu Ayah dan Bunda dalam memberikan pendidikan terbaik bagi si kecil!

Kursus Ruangguru for Kids

Sumber Gambar:

Gambar ‘Kemampuan kognitif’ [Daring]. Tautan: https://unsplash.com/photos/Y9RFMB7Gb94 (Diakses: 18 Agustus 2022)

Gambar ‘Percaya diri’ [Daring]. Tautan: https://unsplash.com/photos/N_aihp118p8 (Diakses: 18 Agustus 2022)

Gambar ‘Bahasa Thailand’ [Daring]. Tautan: https://unsplash.com/photos/IMKuwK3rNN8 (Diakses: 18 Agustus 2022)

Profile

Kenya Swawikanti

A full-time cat person who likes spicy food a bit more than Oreo cheesecake and chocolate ice cream. You can call me Kenya or Kay. Nice to meet you!