Cara Orang Tua Dukung Anak untuk Fasih Berbahasa Inggris Sejak Dini

Ringgana Wandy Wiguna Jan 21, 2021 • 4 min read


tips belajar bahasa inggris untuk anak

Artikel ini membahas tentang cara orang tua mendukung anak agar fasih berbahasa Inggris.

--

Kita sering mendengar perkataan dari orang tua kita tentang menjaga dan melestarikan budaya kita sendiri. Budaya ibu tersebut meliputi berbagai macam bentuk, mulai dari artefak, hingga bahasa yang bermacam-macam setiap daerahnya. Sudah seharusnya kita bangga dan terus melestarikan budaya tersebut, kan? Nah, hal itu seringkali berbenturan dengan satu kebutuhan manusia yang harus dimiliki sekarang ini.

Kebutuhan yang selalu menjadi kambing hitam bagi masyarakat sekarang adalah kebutuhan berbahasa asing. Bahasa asing seringkali menjadi hal yang benar-benar asing bagi beberapa kalangan. Menurutnya, bahasa asing tidaklah penting dipelajari dan malahan membunuh budaya ibu dan menghilangkan kecintaan terhadap budaya ibu.

Hal tersebut adalah salah satu penghambat kurangnya pendidikan terkait bahasa asing di Indonesia ini. Orang Indonesia cenderung malu dan takut dibicarakan oleh orang lain ketika menggunakan bahasa asing, terutama bahasa Inggris sebagai bahasa Internasional. Harus kita terima juga bahwa pada perkembangan zaman sekarang ini, bahasa Inggris menjadi suatu hal yang harus kita pelajari juga.

cara belajar bahasa inggris

 

Namun, karena adanya budaya, kita jadi gagap dan merasa sulit untuk mempelajari bahasa asing tersebut. Sebenarnya, ada beberapa cara untuk belajar bahasa Inggris dan menjadi fasih. Ada beberapa cara untuk belajar Bahasa Inggris yang sangat menyenangkan sampai yang paling membuat kita pusing.

Tapi, tak usah risau parent, anak Anda bisa secara mudah belajar bahasa Inggris karena pada zaman teknologi seperti sekarang ini, Anda dapat memanfaatkan berbagai hal untuk dapat menambah pemahaman bahasa Inggris anak Anda. 

Banyak tempat yang bisa Anda akses juga untuk menambah kefasihan berbahasa Inggris. Seperti pada aplikasi Ruangguru yang menyediakan produk English Academy, yang sangat dapat membantu anak Anda semuanya pintar dan terbiasa dengan bahasa Inggris.

Parents, mau tau nggak keunggulan dari English Academy by ruangguru? Jadi, jika kita berlangganan English Academy, kita akan mendapatkan berbagai macam benefit karena produk ini menjawab berbagai cara belajar anak Anda. 

tips belajar bahasa inggris untuk anak 3

 

Dalam belajar berbahasa asing, kita haruslah didukung oleh banyak pihak, seperti lingkungan keluarga, lingkungan bermain, atau tempat belajar yang pas dan dapat benar-benar maksimal memberikan pembelajaran bagi anak Anda. 

Dari keluarga yang dapat menjadi tempat yang asik, dan terus mendorong anak memperdalam bahasa Inggris, lingkungan pertemanan, permainan, dan sosial yang mendukung untuk menggunakan bahasa asing, sampai tempat belajar yang memberikan berbagai kelebihan dalam proses belajar.

Baca Juga: Orang Tua Harus Cermat dalam Memilih Aplikasi Belajar yang Efektif untuk Anak

Nah, sebenarnya untuk dapat belajar dan fasih berbahasa Inggris adalah dengan cara terus belajar dan membiasakan diri menggunakan bahasa tersebut sehari-hari. Hal ini bukan berarti menanggalkan bahasa Ibu, menyeimbangkan kebutuhan berbahasa untuk kepentingan perkembangan zaman sekarang ini.

Globalisasi dan modernisasi adalah hal yang harus kita terima dan jalani pada saat ini. Kita tidak dapat menolak perkembangan zaman, pilihannya hanya dua, kita tertinggal atau kita mencoba untuk menyesuaikan dengan kondisi sekarang ini. 

Keduanya harus dijalani dengan seimbang antara kebudayaan dengan perkembangan zaman. Hal yang harus dilakukan adalah memikirkan bagaimana caranya reproduksi kebudayaan ibu terus terpelihara dan kita tidak terlindas oleh cepatnya arus perubahan globalisasi dan modernisasi. 

Stigma yang mengarahkan kita menjadi seseorang yang malah menjauhi produk zaman sekarang, akan membuat kita tertinggal lho, parents. Stigma tersebut bisa kita lihat dengan contoh menertawakan orang yang sedang belajar bahasa asing, menghujat, bahkan merendahkan, sehingga anak jadi malu, malas, bahkan takut untuk belajar berbahasa Inggris. 

Nah, parents sudah tau kan bagaimana cara memenuhi kebutuhan anak untuk dapat fasih berbahasa asing? Jadi, jangan takut untuk mendobrak stigma dan teruslah berlatih berbahasa Inggris, karena kuncinya adalah membiasakan diri, entah dari membaca, menulis, berbicara dan sebagainya. Untuk membantu anak Anda belajar agar fasih berbahasa Inggris Ruangguru dapat menjadi bagian dalam proses belajar anak Anda dengan English Academy! yuk bergabung!

New call-to-action

Referensi: 

Aldama, F. F. (2018). The Effect Of Using English to Indonesian position Beside of Science Knowledge Development. Universitas Sebelas Maret.

Susanthi, I. G. (2021). Kendala dalam Belajar Bahasa Inggris dan Cara Mengatasinya. Linguistic Community Services Journal, Vol. 1 , 64 - 70.

Profile

Ringgana Wandy Wiguna

Beri Komentar