Memahami Hukum Kekekalan Energi | Fisika Kelas 10

Coba tebak, benda apa yang bisa menghasilkan energi panas saat memasak? Kompor? Yup! Lalu kenapa kompor bisa menghasilkan energi panas, ya? Kompor merupakan salah satu konsep konversi energi atau disebut dengan hukum kekekalan energi. Kalau zaman nenek kita dulu masih memasak dengan kompor minyak, ada sumbu yang dijadikan sebagai media perantara untuk menyerap minyak tanah. Sedangkan, pada kompor yang RG Squad gunakan di rumah saat ini, energi panas tersebut berasal dari listrik atau gas. Nah, sekarang supaya lebih paham, simak penjelasannya di bawah ini ya! 

Semua energi yang ada di alam semesta ini tidak dapat dihilangkan. Energi hanya dapat diubah bentuknya menjadi energi bentuk lain. Contohnya, panas setrika merupakan hasil perubahan dari energi listrik. Nah, itulah yang dimaksud dengan konversi energi. Konversi energi ini sangat berkaitan sekali dengan hukum kekekalan energi.

Namun, sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan energi? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, energi adalah kemampuan untuk melakukan kerja sehingga dapat terciptanya suatu kegiatan. Selain itu ada pula beberapa pengertian tentang macam-macam energi:

1. Energi kinetik

Energi yang disebabkan oleh gerak suatu benda yang memiliki massa/berat. Energi kinetik bergantung pada kuadrat kecepatan sebuah benda.

2. Energi potensial

Energi yang ada di suatu benda karena letak benda itu berada dalam medan gaya. Contohnya, medan gaya gravitasi menyebabkan benda berbeda-beda energi potensial bergantung pada ketinggian benda. 

3. Energi mekanik

Penjumlahan energi kinetik dan energi potensial pada suatu benda atau sistem.    

Energi dapat dituliskan dalam bentuk persamaan matematis, yaitu :

Rumus hukum kekekalan energi

Sedangkan, rumus Hukum kekekalan energi mekanik adalah :

Rumus Hukum kekekalan energi mekanik

Jadi, keterangan 1 dan 2 pada rumus bukan berarti bendanya ada dua ya, RG Squad. Benda bergantung pada posisi benda. Benda di posisi pertama memiliki Energi Mekanik pertama. Benda di posisi kedua memiliki Energi Mekanik kedua. Sekarang, perhatikan cara mengaplikasikan hukum kekekalan energi mekanik ke dalam soal ya.

Jika benda bermasa 2 kg bergerak dari posisi A ke B, berapa kecepatan benda pada posisi B? Ketinggian benda dari posisi A ke posisi B adalah 2 m.

Jawab :

Contoh spal hukum kekekalan energi

Mau melatih diri dengan menjawab soal kekekalan energi lainnya? Yuk, belajar bersama STAR Master Teacher lulusan PTN dan universitas luar negeri secara online hanya di Brain Academy Online!

BA online - Brain Academy

Rabia Edra