Keselamatan Kerja di Laboratorium yang Perlu Kamu Perhatikan | Biologi Kelas 10

Keselamatan Kerja di Laboratorium

Saat ingin dan sedang bekerja di laboratorium, kamu perlu memperhatikan beberapa hal. Apa saja kira-kira? Yuk, baca selengkapnya di artikel Biologi kelas 10 berikut ini!

 

--

Siapa yang kalau sudah besar nanti ingin jadi ilmuwan? Seperti yang sudah diketahui sebelumnya, ilmuwan sering bekerja di laboratorium, ya kan? Nah, tahukah kamu, bekerja di laboratorium itu berbeda dengan bekerja di ruangan biasa. Ada beberapa peraturan yang harus kamu patuhi jika kamu akan bekerja atau berkegiatan di laboratorium. Apa saja ya? Yuk, kita mengenal keselamatan kerja di laboratorium!

hal yang harus diperhatikan saat bekerja di laboratorium

Mengetahui keselamatan kerja di laboratorium sangat penting (sumber: freepik.com)

 

Tata Tertib di Laboratorium

Teman-teman, untuk menunjang keselamatan kerjamu di laboratorium, ada beberapa tata tertib yang harus kamu taati. Tata tertib tersebut, antara lain wajib menggunakan jas lab, tidak makan dan minum di dalam lab, dan meja kerja yang harus selalu rapi. Kamu diwajibkan memakai jas lab karena di lab banyak sekali bahan kimia yang mungkin berbahaya jika langsung terkena kulitmu.

Oleh karena itu, jas lab berfungsi untuk melindungimu selama berkegiatan di laboratorium. Terus, kenapa kita nggak boleh makan di laboratorium, ya? Kamu tidak boleh makan di laboratorium karena nanti dikhawatirkan akan ada kontaminasi, baik dari zat kimia ke makanan atau sebaliknya. Selain itu, kamu juga harus selalu menjaga kebersihan, kan?

Baca Juga: Apa Itu Replikasi Virus dan Bagaimana Prosesnya?

Oh iya, kamu juga harus membersihkan alat praktikum ketika sudah selesai memakainya. Pada laboratorium, sampah padat dan cair memiliki tempat pembuangannya masing-masing, lho! Oleh karena itu, jangan lupa dipatuhi, ya!

 

Hal yang Harus Diperhatikan di Laboratorium

Selain tata tertib di atas, ada beberapa poin penting yang harus kamu perhatikan sebelum, selama, dan setelah kamu beraktivitas di laboratorium. Kuy, perhatikan daftar berikut ini!

hal yang harus diperhatikan saat bekerja di laboratorium

 

Simbol-Simbol Keselamatan Kerja di Laboratorium

Salah satu hal penting yang nggak boleh kamu lupakan adalah memahami simbol-simbol keselamatan kerja yang ada di laboratorium. Jangan sampai tertukar, ya! Supaya nggak lupa, yuk, simak gambar berikut!

Simbol Keselamatan di Laboratorium

 

Pertolongan Pertama Kecelakaan Kerja di Laboratorium

Nah teman-teman, poin ini juga harus kamu pahami dan ingat baik-baik ya. Mungkin kita sudah berusaha menaati peraturan tata tertib saat sedang bekerja di laboratorium, agar tercegah dari bahaya yang bakal terjadi. Tapi, yang namanya musibah, nggak ada yang tau, ya kan? 

Jika kamu atau temanmu mengalami kecelakaan kerja di laboratorium, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah tetap tenang dan jangan panik. Ini sangat membantu agar rasa panik yang kamu timbulkan nggak membahayakan sekitar, menyenggol peralatan atau bahan kimia yang lain misalnya. 

Baca Juga: Bahaya Pencemaran Lingkungan bagi Aliran Energi

Kemudian, beda kejadian, beda juga penanganannya. Berikut beberapa macam pertolongan pertama kecelakaan kerja di laboratorium:

 

1. Terkena asam dan basa kuat

Jika ada anggota tubuhmu yang terkena asam/basa kuat secara langsung, kamu bisa menanganinya dengan mencuci tangan menggunakan air mengalir. Tujuannya untuk mengurangi dari asam maupun basa kuat tersebut. Selain itu, kamu juga bisa menetralisir dengan basa lemah, atau bisa juga mengoleskannya dengan salep.

2. Luka bakar

Siapa yang masih percaya kalau mengoleskan odol dapat mengurangi efek yang ditimbulkan dari luka bakar, hayooo? Itu salah besar ya, guys! Langkah yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengoleskan salep jika luka bakar tergolong ringan. Tapi, jika nampak parah dan menimbulkan rasa nyeri, segera kompres dengan air es, atau periksa ke dokter, ya.

Pengertian Biosafety Level

 

3. Mata terkena percikan zat kimia

Jika mata kamu terkena percikan zat kimia, jangan dikucek meskipun perih. Segera basuh dengan air bersih, dan kalau masih perih, segera bawa ke dokter.

4. Bila terhirup bahan kimia

Lalu, bagaimana jika kamu nggak sengaja menghirup bahan kimia. Nah, kamu bisa jauhkan dirimu dari kerumunan, atau keluar dari lab untuk mencari udara segar. Nah, kalau kamu merasa sudah kesulitan bernapas, segera pergi ke dokter, ya. 

5. Bila tertelan zat kimia 

Jika tertelan zat kimia, segera muntahkan dan kumur-kumur dengan air. Kalau sampai pingsan, segera bawa ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan medis lebih lanjut.

---

Nah, itu dia penjelasan singkat mengenai keselamatan kerja di laboratorium yang perlu kamu perhatikan. Jangan sampai lupa ya, Guys! Yuk, semangat belajar supaya cita-citamu menjadi ilmuwan bisa tercapai. Supaya belajarnya semakin seru, yuk belajar bersama ruangguruPrivat! Tinggal foto soal PR atau materi yang sulit, lalu tanyakan deh ke kakak tutor berpengalaman yang seru abis cara ngajarnya! Siap-siap jadi juara, ya!

New call-to-action

Referensi:

Irnaningtyas. (2016). Biologi Untuk SMA/MA Kelas X Kurikulum 2013. Jakarta: Erlangga.

Sumber foto:

Foto 'Keselamatan Kerja di Laboratorium' [daring] Tautan: https://www.freepik.com/free-photo/close-up-dentist-looking-dental-impression-clinic_2690852.htm#page=1&query=dental%20impression&position=10

 

Artikel ini diperbarui pada 24 Juni 2022.

Profile

Embun Bening Diniari