5 Alasan Pentingnya Menyusun Rencana Pembelajaran

Tedy Rizkha Heryansyah Des 24, 2020 • 3 min read



menyusun rencana pembelajaran

Dalam artikel berikut ini akan diinformasikan alasan pentingnya bagi seorang guru untuk menyusun rencana pembelajaran. Mau tahu apa saja alasan-alasan tersebut? Simak artikel berikut ini.

---

Menjelang semester baru, sebagai seorang guru umumnya sudah mempersiapakan rencana pembelajaran yang akan dilakukan selama satu tahun ajaran. Rencana belajar yang sudah disiapkan ini biasa disebut dengan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran).

RPP sendiri merupakan rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu atau beberapa kali tatap muka. RPP ini dikembangkan dari silabus dengan tujuan untuk mengarahkan kegiatan belajar mengajar dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD). Seorang tenaga pendidik, dalam hal ini guru, pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis.

Mengapa rencana pelaksanaan pembelajaran ini wajib disusun? Apa sih pentingnya menyusun rencana pembelajaran itu sendiri?

1. Pembelajaran lebih sistematis

Adanya RPP ini bisa mengarahkan guru agar merancang sebuah metode pembelajaran yang disenangi siswa. Rancangan metode pembelajaran tersebut sangat memungkinkan dilakukan variasi oleh guru. Jadi, dalam satu materi penyampaian (misal materi teks observasi dalam Bahasa Indonesia), guru bisa merancang metode belajar diskusi dan kerja kelompok.

2. Memudahkan analisis keberhasilan belajar siswa

RPP yang sudah disusun oleh guru, tentunya memiliki butir penilaian yang akan diberikan kepada siswa. Butir penilaian dalam RPP tersebut jika sudah diterapkan ke siswa dan guru bisa melihat nilai yang didapat mereka. Dari nilai tersebut, guru bisa melihat apakah butir penilaian yang ada di dalam RPP sudah dicapai oleh siswa dengan baik atau tidak.

3. Memudahkan penyampaian materi

Dalam hal penyampaian materi, guru sangat dibantu dengan adanya RPP yang telah dibuat. Ini dikarenakan guru bisa memprediksi, dalam sebuah materi itu bisa diselesaikan dalam berapa kali tatap muka. Satu kali? Dua kali? Atau bahkan lebih dari itu. Jika, ada ketidaksesuaian jumlah tatap muka dalam penyampaian materi di RPP dengan yang ada di kelas, maka guru bisa mencari tahu sekiranya dipoin mana penyampaian materi tersebut berjalan kurang efektif.

simulasi mengajarSimulasi penyampaian materi di kelas. (sumber: lombokpost.jawapos.com)

Baca Juga: 5 Tips Mendidik Siswa Berkebutuhan Khusus

4. Pengatur pola pembelajaran

Beberapa materi yang diajarkan tidak semuanya bisa selesai dalam satu kali tatap muka. Ada kalanya guru memerlukan beberapa kali tatap muka untuk menuntaskan satu bahasan materi. Nah, dengan adanya RPP ini guru bisa merancang pola penyampaian materi, misal di tatap muka pertama membahas tentang dasar-dasarnya, baru di tatap muka yang kedua membahas hal yang lebih detail dari materi tersebut

5. Menghemat waktu dan tenaga

Alasan yang kelima ini pastinya bisa menghemat waktu dan tenaga dari guru. Guru tidak perlu bingung memikirkan model, metode, dan sumber belajar yang sekiranya nanti akan digunakan oleh siswa. Pastinya dengan adanya RPP yang sudah dibuat, guru bisa menentukan apa-apa saja yang dibutuhkan dalam penyampaian materi ajarnya.

menyusun rencana pembelajaran guru

Demikian tadi penjelasan singkat alasan pentingnya menyusun rencana pembelajaran. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Bapak/Ibu Guru semua. Bagi Bapak/Ibu Guru yang mau mendapatkan penghasilan tambahan dari kegiatan mengajar, Ruangguru kini menghadirkan layanan ruangpengajar. Dengan berbagai pilihan jenis dan cara mengajar (privat atau pun online), bisa Anda pilih. Daftar sekarang juga ya!

ruangpengajar

Sumber Referensi

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang

Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. wikipedia.org (daring). Tautan: https://id.wikipedia.org/wiki/Rencana_pelaksanaan_pembelajaran

Mengapa RPP Penting Dibuat oleh Pendidik. Etik Riyaningsih, S.Pd. jatengpos.co.id (daring). Tautan: http://jatengpos.co.id/mengapa-rpp-penting-dibuat-oleh-pendidik/

Manfaat Perencanaan Pembelajaran Bagi Guru. M.Rasyid. STKIP-Arramaniyah ilearning (daring). Tautan:

http://stkip-arramaniyah.ilearning.me/2017/10/29/manfaat-perencanaan-pembelajaran-bagi-guru/

Sumber Foto

Simulasi guru mengajar di kelas. Tautan: https://lombokpost.jawapos.com/pendidikan/14/11/2020/banyak-beri-keuntungan-guru-ntb-diharapkan-ikut-pgp/

Beri Komentar