Olahraga Pagi vs Sore Hari, Mana Yang Lebih Baik?

Waktu yang tepat untuk berolahraga

Di artikel ini, kita akan membahas tentang waktu yang paling tepat untuk berolahraga. Menurutmu, mana yang paling ideal, olahraga saat pagi atau sore hari? Lalu, bagaimana jika sedang berpuasa? Kita cari tau di artikel ini, yuk!

–-

Sebagai pelajar yang tugasnya belajar untuk meraih cita-cita, kita juga bertanggung jawab untuk menjaga kesehatan, guys! Salah satunya dengan rutin berolahraga. 

Nah, siapa di antara kamu yang senang berolahraga, nih? Bagi yang suka olahraga, kamu cenderung olahraganya di saat pagi atau sore hari?

Tunggu dulu, emangnya beda ya manfaat antara olahraga pas pagi, dengan pas sore? 

Tentunya ada dong! Pemilihan waktu ini juga berkaitan dengan tipe masing-masing orang. Ada yang lebih enerjik memulai hari saat pagi (early bird) dan juga ada yang lebih nyaman ngalong sampai larut malam (night owl).

Tapi dari segi kesehatan dan dampaknya ke tubuh kita, bedanya gimana ya? Yuk kita bahas secara lengkap satu persatu manfaat olahraga pagi dan sore hari!

Baca juga: Suka Olahraga? 7 Jurusan di Bidang Olahraga Ini Bisa Dipilih

 

Manfaat Olahraga Saat Pagi

Pertama, kita bahas mulai dari olahraga pagi. Kalau dari hitung-hitungannya, ada jauh lebih banyak keunggulan yang kamu dapatkan saat berolahraga pada pagi hari. 

 

1. Bisa menaikkan mood seharian

Hal yang pertama kali kamu kerjakan bisa jadi menentukan mood-mu seharian. Jika kamu memilih untuk berolahraga saat matahari baru terbit, kamu bakal dapat keuntungan berupa endorfin yang bisa naikin mood beraktivitas seharian.

Selain itu, kamu juga bakal ngerasain badan jadi terasa lebih segar untuk melanjutkan aktivitasmu yang lain. Kalau udah jadi semangat, dijamin nggak bakal ngantuk dan bisa lebih fokus saat belajar atau mengerjakan kegiatanmu.

 

2. Punya banyak waktu luang di sore hari

Keuntungan lainnya, karena kamu sudah olahraga pas pagi, tentu saja kamu bisa punya waktu luang pas sore hari. Kamu bisa milih ingin santai-santai dulu setelah seharian belajar, membaca buku, atau mungkin lanjutin film series favoritmu!

Buat kamu yang suka berkegiatan di sekolah, baik ekstrakurikuler atau kumpul-kumpul hobi bareng teman, udah pasti bakal bisa punya waktu luang, nih pas sore hari. Olahraga tetap lancar, belajar jadi fokus, hobi juga tetap bisa jalan!

 

3.Cocok untuk program diet

Kamu punya niatan untuk mulai program diet dan menurunkan berat badan? Olahraga saat pagi hari sangat cocok untukmu! Ketika kamu memulai pagi dengan lari-lari pagi atau sepedaan cantik memutari komplek, akan ada manfaat berupa peningkatan pada metabolisme kamu.

Efeknya adalah, kamu bakal lebih energik sepanjang hari, dan cenderung bakal lebih banyak membakar kalori melalui aktivitasmu. Berolahraga pagi hari, juga disarankan untuk kamu lakukan sebelum sarapan, ya!

Karena saat kamu melakukan aktivitas fisik dengan perut kosong, kamu bisa membakar lebih banyak lemak. Menurut sebuah studi kesehatan, berolahraga di pagi hari sebelum sarapan, dapat meningkatkan metabolisme postprandial, sehingga kamu bisa membakar hingga 20 persen lebih banyak lemak tubuh saat berolahraga dengan perut kosong. 

Tapi-tapi, kalau kamu tipenya yang gak bisa olahraga dengan perut kosong, jangan terlalu dipaksa ya, guys. Kamu bisa sarapan ringan lebih dulu, dan kasih jeda waktu sebelum kamu mulai olahraga paginya!  

 

4. Baik untuk kualitas tidur

Alasan lain kenapa lebih disarankan berolahraga di pagi hari? Simpelnya karena ketika kamu memilih untuk olahraga waktu sore, fungsi tubuh dan fisikmu akan meningkat mendekati waktu istirahat di malam hari.

Saat berolahraga, respon yang diberikan oleh badanmu antara lain peningkatan detak jantung, dan suhu tubuh. Saat hal tersebut terjadi, tubuhmu memerlukan waktu lagi untuk relaksasi dan pendinginan. 

Kalau di sore hari badanmu kondisinya masih terlalu aktif, akan berakibat pada kualitas tidur dan kamu akan sulit untuk tidur tepat waktu. Ujung-ujungnya, jadi begadang hingga larut malam, dan bangun pagi jadi lesu. 

Baca juga: 5 Olahraga Ekstrem Kekinian yang Bisa Kamu Coba! Tertarik?

Manfaat olahraga pagi dan sore hari

 

Manfaat Olahraga Saat Sore

Setelah tadi kita sudah tau banyak manfaat olahraga saat pagi, bukan berarti olahraga saat sore tidak disarankan ya. Yuk kita bahas juga alasan kenapa sore hari adalah waktu yang tepat untuk berolahraga!

 

1. Lebih kecil kemungkinan mengalami cedera

Kamu khawatir bisa keseleo atau bakal nge-drop sehabis olahraga? Memilih untuk berolahraga saat sore adalah solusinya. Berdasarkan penelitian dari sebuah studi, dipaparkan bahwa kemampuan tubuh manusia, pada umumnya mengalami puncak kemampuannya pada sore hari. 

Selain itu, fungsi dan kekuatan otot juga sedang dalam tahap optimal, dan aktivitas enzim, bisa meningkatkan daya tahan saat sedang berolahraga. Dengan kesiapan tubuhmu yang sudah optimal, kemungkinan terjadinya cedera pada otot dan sendi akan lebih kecil, guys!

 

2. Jadwal yang efektif untuk berolahraga

Saat sore hari, bisa dikatakan kondisi badanmu berada pada titik terbaiknya untuk berolahraga. Berdasarkan jurnal pada sumber yang sama, tepatnya saat jam 2 siang hingga jam 6 sore, suhu tubuh akan berada pada titik yang tinggi dan “lebih siap”, untuk jogging, atau memainkan olahraga favoritmu. 

Saat tubuhmu telah siap, maka hasil olahraganya akan lebih efektif untuk kebugaran dan kamu tidak merasakan lelah yang berlebihan.

 

3. Cocok untuk olahraga berat dan intensitas tinggi

Tahukah kamu, diluar dari kondisi fisik yang lebih optimal saat sore hari, kondisi tubuh juga cenderung mampu bereaksi dengan cepat. Pada kondisi tersebut, badanmu akan oke-oke saja untuk latihan dengan intensitas tinggi.

Misalnya kamu ingin melatih kecepatan lari dengan latihan sprint, melatih otot dan tekanan darahmu dengan sit up, push up, maupun aerobik. Saat sore hari, ritme detak jantung dan tekanan darah juga tergolong rendah ke normal, sehingga akan lebih aman untuk kondisi organ dalam yang tidak bekerja terlalu keras. 

Kurang lebih itulah manfaat yang bisa kamu dapatkan, ketika memutuskan untuk berolahraga saat sore hari. Hmmm gimana? Tertarik untuk lari-lari pagi saat udara masih segar, atau waktu sore pas jingga langit senja sedang cantik-cantiknya? 

Baca juga: 10 Hobi yang Dijamin Meningkatkan Kecerdasan Kamu

 

Tips Berolahraga Saat Puasa

Nah, memasuki bulan ramadan, bagi umat muslim tentunya mengalami perubahan gaya hidup, ‘kan? Mulai dari jam tidur, aktivitas sehari-hari, juga termasuk jadwal olahraga. Nah, buat kamu yang saat ini menjalankan ibadah puasa, olahraganya berubah jadwal, atau jadi sama sekali nggak jalan lagi nih? Hehe

Pastinya, diusahakan untuk selalu menyempatkan aktivitas fisik ya guys! Biar badan selalu bugar, imun jadi kuat, dan tidak mudah sakit. Khusus kamu yang mungkin bingung nyari-nyari waktu yang pas buat berolahraga, bisa cek tips berikut ini ya:

Tips olahraga saat puasa

 

1. Rekomendasi Waktu Olahraga

  • Menjelang buka puasa
  • Hindari olahraga di luar ruangan saat matahari terik agar tidak dehidrasi
  • Lakukan olahraga ringan setelah sahur
  • Lakukan olahraga berat setelah tarawih atau setidaknya 1 jam setelah berbuka puasa

2. Intensitas dan Durasi Olahraga

Intensitas yang paling ideal untuk kamu terapkan saat berolahraga, yakni selama 30 menit. Kemudian jaga rutinitasnya setidaknya kamu berolahraga 2-3 kali dalam seminggu.

 

3. Asupan Nutrisi saat Buka dan Sahur

Makanan dan asupan nutrisi juga sangat penting! Konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, dan makanan juga berprotein. Tidak lupa juga, pastikan kebutuhan air putih kamu tercukupi ya. Ingat! minimal 2 liter per hari :)

 

4. Perhatikan Kondisi Tubuh

Penting juga untuk tidak memaksakan diri, guys. Bila sudah mulai terasa lemas, gemetar, pusing, mata berkunang-kunang, tubuh sempoyongan, dan keringat dingin, segera beristirahat dan hentikan kegiatan olahraga. Santai saja, besok masih bisa dilanjutkan ya :)

Baca juga: Kenapa Mulut Bau Tak Sedap Saat Puasa? Ini Penyebabnya!

Itulah tadi pembahasan mengenai waktu yang tepat untuk berolahraga. Kamu tim yang mana nih, tim olahraga pagi, atau sore? Terlepas dari siang atau sore, yang terpenting adalah, tetap rutin olahraga, ya guys! 

Selain bisa menyehatkan badan, meningkatkan imunitas, kamu juga akan lebih bugar dan tidak mudah kelelahan. Kalau fisik prima, bisa lebih banyak belajar dan tingkatkan nilai sekolahmu.

Jangan lupa juga, selain melatih kekuatan fisik, bisa banget nih melatih pemahamanmu pada materi sekolah dengan mengikuti tryout di ruanguji! Ada ribuan bank soal dan tryout PTS, PAS, dan UTBK sebagai materi latihan mu!

Soal di ruanguji juga dilengkapi dengan pembahasan yang lengkap serta mudah untuk dipahami. Yuk cobain sekarang dengan klik tombol dibawah ini!

tryout ruanguji

Referensi:

Gonzalez JT, Veasey RC, Rumbold PL, Stevenson EJ. Breakfast and exercise contingently affect postprandial metabolism and energy balance in physically active males. Br J Nutr. 2013 Aug;110   [Daring] Tautan:  https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/23340006/ (Diakses 18 April 2022)

Racinais S. Different effects of heat exposure upon exercise performance in the morning and afternoon. Scand J Med Sci Sports. 2010 Oct;20 Suppl 3:80 [Daring] Tautan: https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/21029194/  (Diakses 18 April 2022)

Profile

Leo Bisma

Suka nonton film, liat bulan kalau malam, dan membaca semua kecuali pikiran. Oh ya, suka menulis juga di Ruangguru