7 Tips Agar Kamu Lebih Berkonsentrasi dalam Belajar

Hani Ammariah Nov 27, 2020 • 7 min read



tips fokus belajar

Artikel ini berisi beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar kamu lebih berkonsentrasi dalam belajar.


--

Sebentar lagi ujian Penilaian Akhir Semester (PAS), nih. Sudah siap belum? Apa masih susah buat fokus belajar? Yuk, simak tips-tips berikut ini agar kamu bisa lebih konsentrasi dalam belajar!

 

1. Pilih tempat yang sesuai untuk belajar

Sebelum mulai belajar, kamu bisa pilih tempat belajar yang menurutmu paling nyaman. Misalnya, kalau kamu merupakan tipe yang gampang terdistraksi, kamu bisa pilih tempat-tempat yang jauh dari gangguan, seperti di dalam kamar. Selain itu, pilih juga tempat belajar dengan penerangan atau pencahayaan yang bagus, supaya nggak mengganggu penglihatan kamu, ya. Oh iya, pastikan juga sinyal internet kamu memadai. Siapa tahu kan, ada materi yang perlu kamu download atau tonton secara online. Eits! Tapi, sinyal internetnya jangan kamu pakai untuk nonton video tiktok, ya! Nanti malah nggak fokus-fokus. Hihihi...

tempat belajar nyamanTempat belajar yang nyaman dapat membantumu agar lebih berkonsentrasi dalam belajar (sumber: zigya.com)

 

2. Rapikan meja atau area belajarmu

Jangankan untuk berkonsentrasi, mungkin kamu bisa nggak mood untuk belajar jika area atau tempat belajar kamu sumpek dan berantakan. Nah, makanya, saat ingin belajar, pastikan tempat belajarmu sudah dalam kondisi yang bersih dan rapi, ya. Kamu bisa pindahkan sementara barang-barang yang nggak sedang dibutuhkan agar kamu memiliki ruang (space) yang cukup. Pastikan juga semua perlengkapan belajar yang kamu butuhkan telah tersedia, nih. Kamu nggak mau kan, misalnya, pas lagi enak-enak belajar, tiba-tiba kamu lupa bawa charger laptop atau handphone. Akhirnya, konsentrasi kamu jadi buyar deh gara-gara harus mencari charger dulu.

 

3. Pilih waktu dan metode belajar yang pas untuk kamu

Setiap orang pasti punya metode belajarnya masing-masing. Nah, kamu bisa cari tahu dulu nih, metode belajarmu yang paling tepat itu seperti apa. Misalnya, jika kamu sulit mengingat istilah-istilah atau poin-poin penting dalam suatu materi, kamu bisa membuat rangkuman materi di kertas kecil (sticky notes) agar bisa kamu tempel dan baca berulang-ulang. Dengan menentukan metode belajar yang pas, otomatis kamu akan lebih mudah memahami suatu materi. Alhasil, kegiatan belajar kamu jadi lebih fokus dan efektif.

membuat rangkuman materiMembuat rangkuman materi dapat memudahkan kamu dalam memahami materi yang sedang dipelajari (sumber: reddit.com)

Selain metode belajar, waktu untuk belajar juga berpengaruh, loh. Pilih waktu belajar yang membuat kamu bisa berkonsentrasi secara penuh. Nah, kalau kamu tipe yang bisa belajar sambil mendengarkan musik, kamu bisa pilih beberapa lagu yang dapat meningkatkan mood atau konsentrasi belajar. Biasanya sih, musik-musik instrumen dengan irama yang slow dan menenangkan gitu, ya. Jangan putar lagu yang biasa kamu nyanyikan, nanti ujung-ujungnya bukannya fokus belajar, malah karokean lagi. Hmm~

Baca juga: Early Bird vs Night Owl: Mana yang Jam Belajarnya Lebih Optimal?

 

4. Tentukan batas waktu belajar

Nah, belajar juga ada batasnya, ya. Jangan mentang-mentang kamu anaknya ambis, ingin mendapat nilai sempurna di ujian nanti, kamu belajar nggak kenal waktu. Ujung-ujungnya, bukannya dapat nilai bagus, kamu malah jadi sakit dan nggak bisa ikut ujian deh gara-gara kelelahan belajar. Ckck!

Kamu harus menentukan batas waktu belajarmu, ya. Jangan kelamaan, juga jangan terlalu sebentar. Misalnya, kamu bisa pilih waktu belajar selama 2 jam. Nah, dalam waktu 2 jam itu, kamu nggak harus fokus belajar terus menerus, nih. Kamu bisa kasih waktu istirahat atau jeda, satu sampai dua kali sekitar 5-10 menit. Ingat! Jangan kelamaan, ya. Ini hanya untuk meregangkan badan dan mengistirahatkan mata aja. Hehew… Dengan adanya waktu istirahat ini, pikiran kamu dapat kembali rileks dan fokus kembali.

istirahat saat belajarIstirahat sejenak saat belajar diperlukan untuk membuat otak rileks dan fokus kembali (sumber: kintec.net) 

 

5. Buat daftar target belajar

Ini bisa berisi target-target yang ingin kamu capai saat belajar nanti. Misalnya, hari ini kamu belajar Biologi. Kamu bisa membuat target, hari ini kamu harus sudah paham dengan materi Biologi di BAB 1. Nah, biasanya, dengan adanya target itu, kamu jadi bisa lebih berkonsentrasi dalam belajar. Usahakan, target yang kamu buat itu sesuai dengan kapasitas belajarmu, ya. Jangan terlalu dipaksakan juga.

 

6. Tidak membuka sosial media atau game saat belajar

Poin yang satu ini penting banget untuk kamu lakukan agar kamu bisa lebih berkonsentrasi dalam belajar. Selama belajar, usahakan kamu nggak membuka sosmed atau game yang kamu punya, meskipun saat sedang beristirahat. Kenapa? Soalnya, ujung-ujungnya pasti kamu bakalan keasyikan main HP daripada belajar. Yuk, paling enggak, nonaktifkan notif sosmed-mu sejenak selama belajar, supaya kamu bisa fokus dulu, nih. Setelah belajar, baru deh kamu bisa aktifkan kembali.

sosial mediaTidak membuka sosial media atau game selama belajar dapat membuatmu lebih fokus selama belajar (sumber: patientpop.com)

 

7. Istirahat dan makan yang cukup

Tips yang terakhir adalah istirahat dan makan yang cukup. Dengan beristirahat yang cukup, otak dan tubuh kamu jadi jauh lebih fresh untuk belajar. Otomatis, kamu jadi lebih mudah untuk berkonsentrasi selama belajar. Selain itu, kamu juga harus makan yang cukup. Diusahakan, sebelum belajar, kamu makan terlebih dahulu, ya. Supaya saat waktunya belajar nanti, kamu nggak kelaparan yang akhirnya mengganggu konsentrasi belajarmu. Istirahat dan makan yang cukup juga membuat kesehatanmu terjaga, loh. Apalagi jika momennya ingin ujian seperti sekarang ini.

 

Oke, itu dia beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar tetap fokus dan berkonsentrasi selama belajar. Ingat, ya! Jangan biasakan diri untuk belajar SKS (Sistem Kebut Semalam) karena itu nggak baik untuk otak dan kesehatan kamu. Hasilnya juga nggak akan maksimal nantinya.

Yuk, mulai persiapkan diri kamu untuk menghadapi ujian Penilaian Akhir Semester (PAS) dengan belajar dari sekarang. Kamu bisa coba cari tambahan referensi materi untuk meningkatkan kemampuan dan pemahamanmu, nih.

Nah, kamu tahu nggak, Brain Academy Online sudah bisa diakses di desktop, loh! Kamu jadi bisa tonton Live Teaching bareng Star Master Teacher Brain Academy Online di layar yang lebih besar. Ini berlaku untuk versi Windows dan MAC, ya. Terus, caranya gimana? Tenang, gampang, kok! Kamu tinggal ikuti beberapa langkah berikut ini:

1. Kunjungi website ruangguru.com

2. Pilih DOWNLOAD RUANGGURU FOR DESKTOP

3. Klik DAPATKAN RUANGGURU, lalu pilih UNTUK MAC atau UNTUK WINDOWS untuk mulai men-download

4. Klik installer dan ikuti petunjuk install-nya di PC atau laptop kamu

5. Buka RUANGGURU FOR DESKTOP dan masuk melalui akun Ruangguru kamu

6. Pilih Brain Academy Online

7. Pilih sesi Live Teaching yang mau kamu ikuti

Tuh, gampang banget, kan? Tunggu apalagi, cobain yuk sekarang!

BA online

Sumber foto:

Ilustrasi tempat belajar yang nyaman [Daring]. Tautan: https://www.zigya.com/blog/making-good-study-place-board-exam/ (Diakses: 27 November 2020)

Ilustrasi membuat rangkuman materi [Daring]. Tautan: https://www.reddit.com/r/PenmanshipPorn/comments/7o0vkw/studying_for_nursing_boards_with_sticky_notes/ (Diakses: 27 November 2020)

Ilustrasi beristirahat sejenak [Daring]. Tautan: https://www.kintec.net/blog/office-stretches/ (Diakses: 27 Nove,ber 2020)

Ilustrasi sosial media [Daring]. Tautan: https://www.patientpop.com/blog/videos/social-media-webinar/ (Diakses: 27 November 2020)

Beri Komentar